
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Psikologi dan Kreativitas Pendidikan Seni |
8810904842 |
|
T=2 |
P=2 |
ECTS=8.96 |
1 |
2 September 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
ANIK JUWARIYAH |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner . |
PLO-10 |
Mampu mengembangkan desain, teknologi dan multimedia pembelajaran seni yang inovatif. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan prinsip-prinsip psikologi dalam menganalisis proses kreativitas peserta didik dalam pendidikan seni (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi pengembangan kreativitas dalam konteks pembelajaran seni budaya (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas berbagai pendekatan psikologis dalam meningkatkan kreativitas seni peserta didik (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan model pembelajaran seni yang inovatif berbasis psikologi kreativitas (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan teori-teori psikologi kognitif dalam merancang strategi pembelajaran seni yang kreatif (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis hubungan antara perkembangan psikologis dengan kemampuan berkreasi dalam bidang seni budaya (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi karya seni peserta didik berdasarkan prinsip-prinsip psikologi persepsi dan apresiasi seni (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan media pembelajaran seni digital yang memanfaatkan prinsip psikologi motivasi dan kreativitas (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan teknik assessment psikologis untuk mengukur perkembangan kreativitas dalam pendidikan seni (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis dampak lingkungan psikososial terhadap pengembangan kreativitas seni dalam setting pendidikan (C4)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | | PO-3 | ✔ | | PO-4 | | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | | PO-7 | ✔ | | PO-8 | | ✔ | PO-9 | ✔ | | PO-10 | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pengetahuan dan kajian tentang perilaku manusia dalam mengungkapkan ide serta gagasan dalam nilai estetis karya seni, penguasaan kreativitas seni, hubungan psikologi dan seni, kemanfaatan psikologi dalam seni, terapi seni |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Damajanti, Irma. 2006. Psikologi Seni Sebuah pengantar . Bandung: PT Kiblat Buku Utama
- Harbungangi, Buntje. 2016. Art & Jung . Jakarta: Antara Publising
- Tabrani, Primadi. 2006. Kreativitas dan Humanita s Sebuah studi tentang peranan kreativitas dalam Perikehidupan manusia . Yogyakarta: Jalasutra
- Djohan. 2003. Psikologi Musik . Yogyakarta: Penerbit Buku Baik
- Santosa. 2011. Komunikasi Seni. Surakarta: ISI Press
- Hagman George. 2010. The Artist’Mind ( Psychoanalytic Perspectif Creativity Modern Art and Modern Artists .Prancis e-Library
- Desmond, Kathleen K. 2011. As Abaut Art . USA:
- Handayaningrum, Warih.2020. Psikologi Seni. Surabaya: Bintang Surabaya
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
WARIH HANDAYANINGRUM EKO WAHYUNI RAHAYU INDAR SABRI Prof. Dr. Hj. Warih Handayaningrum, M.Pd. Prof. Dr. Hj. Warih Handayaningrum, M.Pd. Dr. Indar Sabri, S.Sn., M.Pd. Dr. Indar Sabri, S.Sn., M.Pd. Dr. Eko Wahyuni Rahayu, M.Hum. Dr. Eko Wahyuni Rahayu, M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami ruang lingkup dan meknisme perkuliahan |
Menjelaskan Ruang lingkup dan mekanisme perkuliahan, kontrak perkuliahan dan pengantar psikologi seni |
Kriteria:
Merumuskan bahan ajar perihal pengantar psikologi seni Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Perbedaan dan persamaan psikologi dan seni Pustaka: Handayaningrum, Warih.2020. Psikologi Seni. Surabaya: Bintang Surabaya |
8% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami konsep dasar psikologi seni , prinsip, dan karakteristik, keindahan, proses kekaryaan, pikiran dan perasaan, dorongan seniman berkreasi |
Membedakan psikologi dan seni Mendeskripsikan materi psikologi seni: Keindahan, Kreativitas, Seniman, Penonton, Proses kekaryaan, Macam-macam karya seni, Kepribadian, Pengalaman, Pikiran, Perasaan |
Kriteria:
Menjemukan konsep psikologi seni Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan dan diskusi, presentasi 4 X 50 |
|
Materi: Keindahan, Kreativitas, Seniman, Penonton, Proses kekaryaan, Macam-macam karya seni, Kepribadian, Pengalaman, Pikiran, Perasaan Pustaka: Handayaningrum, Warih.2020. Psikologi Seni. Surabaya: Bintang Surabaya |
8% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami proses kreasi dan kreativitas seniman |
Menjelaskan pengertian kreativitas Mengkaji dorongan seniman berkreasi |
Kriteria:
Menjawab dengan benar |
Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami model kreativitas Jung , Adler dan tokoh-tokoh lainya |
Membedakan kreativitas menurut ahli Menemukan hubungan kretivitas dengan karya seni |
Kriteria:
- Disampaikan dalam power poin yang jelas
- Disampaikan dengan contoh-contoh empirik
- Menjawab pertanyaan audien dengan benar
|
Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami konsep dasar kreativitas kesadaran dan tidak kesadaran |
Menjelaskan arti sadaran dalam kreativitas Menjelaskan ketidak sadaran dalam kreativitas dan subjektivitas Mengidentifikasi arikep dan ragam artikep |
Kriteria:
- power poin yang jelas
- Disampaikan dengan contoh-contoh empirik
- Menjawab pertanyaan
|
Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami konsep dasar kreativitas kesadaran dan tidak kesadaran |
Menjelaskan arti sadaran dalam kreativitas Menjelaskan ketidak sadaran dalam kreativitas dan subjektivitas Mengidentifikasi arikep dan ragam artikep |
Kriteria:
- power poin yang jelas
- Disampaikan dengan contoh-contoh empirik
- Menjawab pertanyaan
|
Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami komunikasi dalam seni pertunjukan |
Menjelaskan konsep dasar komunikasi musikal Mengidentifikasi pesan dalam pertunjukan gamelan Mengkaji proses komunikasi musikal |
|
Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
|
2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami musik dan pendidikan, serta musik sebagai terapi |
· Mendeskripsikan unsur-unsur musik · Menjelaskan fungsi pendidikan musik - Mengkaji musik sebagai terapi |
|
Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami musik dan pendidikan, serta musik sebagai terapi |
· Mendeskripsikan unsur-unsur musik · Menjelaskan fungsi pendidikan musik - Mengkaji musik sebagai terapi |
|
Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis latar belakang dan karya seniman |
· Mengidentifikasi latar bekang seniman - Mendeskripsikan hubungan konsep karya dengan latar belakang seniman . |
Kriteria:
- Tulisan lengkap
- Pilihan studi tokoh sesuai ketokohan
- Ditulis dalam laporan yang sistematis
|
Discovery-inquiry 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis latar belakang dan karya seniman |
· Mengidentifikasi latar bekang seniman - Mendeskripsikan hubungan konsep karya dengan latar belakang seniman . |
Kriteria:
- Tulisan lengkap
- Pilihan studi tokoh sesuai ketokohan
- Ditulis dalam laporan yang sistematis
|
Discovery-inquiry 2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami perbedaan keindahan seni |
Mengidentifikasi aliran-aliran dadaisme dan surealis Mengkaji konsep art menurut Dhucamp |
|
Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami aliran modern di Amerika |
Menjelaskan seni modern di Amerika |
|
Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami aliran modern di Amerika |
Menjelaskan seni modern di Amerika |
|
Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
|
2 X 50 |
|
|
0% |