Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Psikologi dan Kreativitas Pendidikan Seni

8810904842

T=2

P=2

ECTS=8.96

1

2 September 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




ANIK JUWARIYAH

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner .

PLO-10

Mampu mengembangkan desain, teknologi dan multimedia pembelajaran seni yang inovatif.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan prinsip-prinsip psikologi dalam menganalisis proses kreativitas peserta didik dalam pendidikan seni (C3)

PO - 2

Menganalisis faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi pengembangan kreativitas dalam konteks pembelajaran seni budaya (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas berbagai pendekatan psikologis dalam meningkatkan kreativitas seni peserta didik (C5)

PO - 4

Menciptakan model pembelajaran seni yang inovatif berbasis psikologi kreativitas (C6)

PO - 5

Menerapkan teori-teori psikologi kognitif dalam merancang strategi pembelajaran seni yang kreatif (C3)

PO - 6

Menganalisis hubungan antara perkembangan psikologis dengan kemampuan berkreasi dalam bidang seni budaya (C4)

PO - 7

Mengevaluasi karya seni peserta didik berdasarkan prinsip-prinsip psikologi persepsi dan apresiasi seni (C5)

PO - 8

Menciptakan media pembelajaran seni digital yang memanfaatkan prinsip psikologi motivasi dan kreativitas (C6)

PO - 9

Menerapkan teknik assessment psikologis untuk mengukur perkembangan kreativitas dalam pendidikan seni (C3)

PO - 10

Menganalisis dampak lingkungan psikososial terhadap pengembangan kreativitas seni dalam setting pendidikan (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-10
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5
PO-6 
PO-7 
PO-8 
PO-9 
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pengetahuan dan kajian tentang perilaku manusia dalam mengungkapkan ide serta gagasan dalam nilai estetis karya seni, penguasaan kreativitas seni, hubungan psikologi dan seni, kemanfaatan psikologi dalam seni, terapi seni

Pustaka

Utama :

  1. Damajanti, Irma. 2006. Psikologi Seni Sebuah pengantar . Bandung: PT Kiblat Buku Utama
  2. Harbungangi, Buntje. 2016. Art & Jung . Jakarta: Antara Publising
  3. Tabrani, Primadi. 2006. Kreativitas dan Humanita s Sebuah studi tentang peranan kreativitas dalam Perikehidupan manusia . Yogyakarta: Jalasutra
  4. Djohan. 2003. Psikologi Musik . Yogyakarta: Penerbit Buku Baik
  5. Santosa. 2011. Komunikasi Seni. Surakarta: ISI Press
  6. Hagman George. 2010. The Artist’Mind ( Psychoanalytic Perspectif Creativity Modern Art and Modern Artists .Prancis e-Library
  7. Desmond, Kathleen K. 2011. As Abaut Art . USA:
  8. Handayaningrum, Warih.2020. Psikologi Seni. Surabaya: Bintang Surabaya

Pendukung :

Dosen Pengampu

WARIH HANDAYANINGRUM

EKO WAHYUNI RAHAYU

INDAR SABRI

Prof. Dr. Hj. Warih Handayaningrum, M.Pd.

Prof. Dr. Hj. Warih Handayaningrum, M.Pd.

Dr. Indar Sabri, S.Sn., M.Pd.

Dr. Indar Sabri, S.Sn., M.Pd.

Dr. Eko Wahyuni Rahayu, M.Hum.

Dr. Eko Wahyuni Rahayu, M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami ruang lingkup dan meknisme perkuliahan

Menjelaskan Ruang lingkup dan mekanisme perkuliahan, kontrak perkuliahan dan pengantar psikologi seni

Kriteria:

Merumuskan bahan ajar perihal pengantar psikologi seni


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi
4 X 50

Materi: Perbedaan dan persamaan psikologi dan seni
Pustaka: Handayaningrum, Warih.2020. Psikologi Seni. Surabaya: Bintang Surabaya
8%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep dasar psikologi seni , prinsip, dan karakteristik, keindahan, proses kekaryaan, pikiran dan perasaan, dorongan seniman berkreasi

Membedakan psikologi dan seni Mendeskripsikan materi psikologi seni: Keindahan, Kreativitas, Seniman, Penonton, Proses kekaryaan, Macam-macam karya seni, Kepribadian, Pengalaman, Pikiran, Perasaan

Kriteria:

Menjemukan konsep psikologi seni


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penjelasan dan diskusi, presentasi
4 X 50

Materi: Keindahan, Kreativitas, Seniman, Penonton, Proses kekaryaan, Macam-macam karya seni, Kepribadian, Pengalaman, Pikiran, Perasaan
Pustaka: Handayaningrum, Warih.2020. Psikologi Seni. Surabaya: Bintang Surabaya
8%

3

Minggu ke 3

Memahami proses kreasi dan kreativitas seniman

Menjelaskan pengertian kreativitas Mengkaji dorongan seniman berkreasi

Kriteria:

Menjawab dengan benar

Diskusi
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Memahami model kreativitas Jung , Adler dan tokoh-tokoh lainya

Membedakan kreativitas menurut ahli Menemukan hubungan kretivitas dengan karya seni

Kriteria:
  1. Disampaikan dalam power poin yang jelas
  2. Disampaikan dengan contoh-contoh empirik
  3. Menjawab pertanyaan audien dengan benar
Diskusi
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Memahami konsep dasar kreativitas kesadaran dan tidak kesadaran

Menjelaskan arti sadaran dalam kreativitas Menjelaskan ketidak sadaran dalam kreativitas dan subjektivitas Mengidentifikasi arikep dan ragam artikep

Kriteria:
  1. power poin yang jelas
  2. Disampaikan dengan contoh-contoh empirik
  3. Menjawab pertanyaan
Diskusi
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Memahami konsep dasar kreativitas kesadaran dan tidak kesadaran

Menjelaskan arti sadaran dalam kreativitas Menjelaskan ketidak sadaran dalam kreativitas dan subjektivitas Mengidentifikasi arikep dan ragam artikep

Kriteria:
  1. power poin yang jelas
  2. Disampaikan dengan contoh-contoh empirik
  3. Menjawab pertanyaan
Diskusi
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Memahami komunikasi dalam seni pertunjukan

Menjelaskan konsep dasar komunikasi musikal Mengidentifikasi pesan dalam pertunjukan gamelan Mengkaji proses komunikasi musikal

Diskusi
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UTS


    2 X 50

    0%

    9

    Minggu ke 9

    Memahami musik dan pendidikan, serta musik sebagai terapi

    · Mendeskripsikan unsur-unsur musik · Menjelaskan fungsi pendidikan musik - Mengkaji musik sebagai terapi

    Diskusi
    2 X 50

    0%

    10

    Minggu ke 10

    Memahami musik dan pendidikan, serta musik sebagai terapi

    · Mendeskripsikan unsur-unsur musik · Menjelaskan fungsi pendidikan musik - Mengkaji musik sebagai terapi

    Diskusi
    2 X 50

    0%

    11

    Minggu ke 11

    Menganalisis latar belakang dan karya seniman

    · Mengidentifikasi latar bekang seniman - Mendeskripsikan hubungan konsep karya dengan latar belakang seniman .

    Kriteria:
    1. Tulisan lengkap
    2. Pilihan studi tokoh sesuai ketokohan
    3. Ditulis dalam laporan yang sistematis
    Discovery-inquiry
    2 X 50

    0%

    12

    Minggu ke 12

    Menganalisis latar belakang dan karya seniman

    · Mengidentifikasi latar bekang seniman - Mendeskripsikan hubungan konsep karya dengan latar belakang seniman .

    Kriteria:
    1. Tulisan lengkap
    2. Pilihan studi tokoh sesuai ketokohan
    3. Ditulis dalam laporan yang sistematis
    Discovery-inquiry
    2 X 50

    0%

    13

    Minggu ke 13

    Memahami perbedaan keindahan seni

    Mengidentifikasi aliran-aliran dadaisme dan surealis Mengkaji konsep art menurut Dhucamp

    Diskusi
    2 X 50

    0%

    14

    Minggu ke 14

    Memahami aliran modern di Amerika

    Menjelaskan seni modern di Amerika

    Diskusi
    2 X 50

    0%

    15

    Minggu ke 15

    Memahami aliran modern di Amerika

    Menjelaskan seni modern di Amerika

    Diskusi
    2 X 50

    0%

    16

    Minggu ke 16

    UAS


      2 X 50

      0%



      Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

      No Evaluasi Persentase
      1. Aktifitas Partisipasif 8%
      2. Praktik / Unjuk Kerja 8%
      16%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.