Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Fisika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Proposal Tugas Akhir/Tesis

8410302031

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=2

ECTS=4.48

2

1 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Oka Saputra, M.Pd




Dr. Titin Sunarti, M.SI




TITIN SUNARTI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mengembangkan pengetahuan pedagogik dan implikasinya pada pembelajaran fisika dengan menggunakan Hybrid Blended Learning, STEM Education, TPACK, ETNOFISIKA, Pembelajaran SDGs, dan TIK

PLO-6

Mengembangkan pembelajaran terkait konsep teoritis fisika klasik dan modern dalam penyelesaian masalah kontekstual

PLO-7

Mengelola dan mengembangkan penelitian Pendidikan fisika untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan pendekatan inter atau multidisipliner sehingga menghasilkan karya inovatif dan teruji

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan penelitian yang relevan sesuai dengan bidang kajian.

PO - 2

Mahasiswa mampu merumuskan latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian secara logis dan sistematis.

PO - 3

Mahasiswa mampu menyusun kajian pustaka yang mendukung landasan teoritis penelitian dengan menggunakan sumber yang valid dan mutakhir.

PO - 4

Mahasiswa mampu merancang metodologi penelitian secara tepat sesuai pendekatan kuantitatif, kualitatif, atau campuran.

PO - 5

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis secara utuh dan sistematis sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.

PO - 6

Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal penelitian secara akademik dan mempertahankan gagasannya secara argumentatif.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4     
PO-5     
PO-6     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Proposal Penelitian Tesis membekali mahasiswa dengan kemampuan merumuskan masalah penelitian, menyusun tinjauan pustaka, merancang metodologi penelitian, serta menyusun proposal penelitian tesis yang sistematis dan sesuai dengan kaidah ilmiah. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diarahkan untuk mengidentifikasi isu-isu relevan dalam bidang pendidikan fisika, mengembangkan pertanyaan penelitian, serta merancang instrumen dan rencana pelaksanaan penelitian. Capaian akhir dari mata kuliah ini adalah dokumen proposal tesis yang siap diajukan untuk seminar atau ujian proposal.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
  2. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
  3. Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston, MA: Pearson Education.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa mampu mengkaji isu-isu aktual dalam bidang keilmuan untuk menemukan celah penelitian.
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan merumuskan masalah berdasarkan kajian teori dan hasil penelitian terdahulu.
  3. Mahasiswa mampu menilai relevansi dan urgensi suatu topik penelitian dalam konteks keilmuan dan kebutuhan lapangan.
  4. Mahasiswa mampu menyusun fokus penelitian yang spesifik dan terarah dari permasalahan yang telah diidentifikasi.
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan isu-isu terkini yang relevan dengan bidang kajian.
  2. Mahasiswa mampu menyusun rumusan masalah yang jelas dan terfokus berdasarkan kajian tersebut.
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan signifikansi topik penelitian terhadap perkembangan keilmuan dan praktik di lapangan.
  4. Mahasiswa mampu merumuskan fokus penelitian yang jelas, terbatas, dan terukur.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi
2x50 menit

Materi: Mengidentifikasi permasalahan penelitian
Pustaka: Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
5%

2

Minggu ke 2

  1. Mahasiswa mampu mengkaji isu-isu aktual dalam bidang keilmuan untuk menemukan celah penelitian.
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan merumuskan masalah berdasarkan kajian teori dan hasil penelitian terdahulu.
  3. Mahasiswa mampu menilai relevansi dan urgensi suatu topik penelitian dalam konteks keilmuan dan kebutuhan lapangan.
  4. Mahasiswa mampu menyusun fokus penelitian yang spesifik dan terarah dari permasalahan yang telah diidentifikasi.
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan isu-isu terkini yang relevan dengan bidang kajian.
  2. Mahasiswa mampu menyusun rumusan masalah yang jelas dan terfokus berdasarkan kajian tersebut.
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan signifikansi topik penelitian terhadap perkembangan keilmuan dan praktik di lapangan.
  4. Mahasiswa mampu merumuskan fokus penelitian yang jelas, terbatas, dan terukur.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi
2x50 menit

Materi: mengidentifikasi permasalahan penelitian
Pustaka: Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
5%

3

Minggu ke 3

  1. Mahasiswa mampu menyusun latar belakang penelitian dengan menguraikan kondisi ideal, fakta lapangan, dan kesenjangan yang terjadi.
  2. Mahasiswa mampu merumuskan permasalahan penelitian secara spesifik dan terukur berdasarkan latar belakang.
  3. Mahasiswa mampu merumuskan tujuan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah.
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat teoritis dan praktis dari penelitian yang diusulkan.
  5. Mahasiswa mampu menyusun bagian latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat secara sistematis sesuai kaidah penulisan ilmiah.

Mahasiswa mampu menyusun latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian secara terstruktur, logis, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.

Kriteria:

Nontes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50 menit

Materi: Menyusun latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian secara terstruktur, logis, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
5%

4

Minggu ke 4

  1. Mahasiswa mampu menyusun latar belakang penelitian dengan menguraikan kondisi ideal, fakta lapangan, dan kesenjangan yang terjadi.
  2. Mahasiswa mampu merumuskan permasalahan penelitian secara spesifik dan terukur berdasarkan latar belakang.
  3. Mahasiswa mampu merumuskan tujuan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah.
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat teoritis dan praktis dari penelitian yang diusulkan.
  5. Mahasiswa mampu menyusun bagian latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat secara sistematis sesuai kaidah penulisan ilmiah.

Mahasiswa mampu menyusun latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian secara terstruktur, logis, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.

Kriteria:

Nontes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50 menit

Materi: Menyusun latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian secara terstruktur, logis, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
5%

5

Minggu ke 5

  1. Mahasiswa mampu menyusun latar belakang penelitian dengan menguraikan kondisi ideal, fakta lapangan, dan kesenjangan yang terjadi.
  2. Mahasiswa mampu merumuskan permasalahan penelitian secara spesifik dan terukur berdasarkan latar belakang.
  3. Mahasiswa mampu merumuskan tujuan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah.
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat teoritis dan praktis dari penelitian yang diusulkan.
  5. Mahasiswa mampu menyusun bagian latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat secara sistematis sesuai kaidah penulisan ilmiah.

Mahasiswa mampu menyusun latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian secara terstruktur, logis, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.

Kriteria:

Nontes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50 menit

Materi: Menyusun latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian secara terstruktur, logis, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
5%

6

Minggu ke 6

  1. Mahasiswa mampu menyusun latar belakang penelitian dengan menguraikan kondisi ideal, fakta lapangan, dan kesenjangan yang terjadi.
  2. Mahasiswa mampu merumuskan permasalahan penelitian secara spesifik dan terukur berdasarkan latar belakang.
  3. Mahasiswa mampu merumuskan tujuan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah.
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat teoritis dan praktis dari penelitian yang diusulkan.
  5. Mahasiswa mampu menyusun bagian latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat secara sistematis sesuai kaidah penulisan ilmiah.

Mahasiswa mampu menyusun latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian secara terstruktur, logis, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.

Kriteria:

Nontes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50 menit

Materi: Menyusun latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian secara terstruktur, logis, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
5%

7

Minggu ke 7

  1. ahasiswa mampu mengidentifikasi teori-teori utama yang relevan dengan topik penelitian.
  2. Mahasiswa mampu mencari dan memilih sumber ilmiah yang valid, seperti jurnal terindeks, buku akademik, dan laporan penelitian.
  3. Mahasiswa mampu mengelola referensi ilmiah dengan teknik parafrase dan kutipan yang sesuai kaidah ilmiah.
  4. Mahasiswa mampu menyusun kajian pustaka secara sistematis untuk membangun landasan teoritis yang mendukung arah penelitian.

Mahasiswa mampu menyusun kajian pustaka secara sistematis dengan menggunakan sumber ilmiah yang valid dan mutakhir untuk membangun landasan teoritis yang mendukung penelitian

Kriteria:

Nontes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50 menit

Materi: Menyusun kajian pustaka
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
5%

8

Minggu ke 8

  1. ahasiswa mampu mengidentifikasi teori-teori utama yang relevan dengan topik penelitian.
  2. Mahasiswa mampu mencari dan memilih sumber ilmiah yang valid, seperti jurnal terindeks, buku akademik, dan laporan penelitian.
  3. Mahasiswa mampu mengelola referensi ilmiah dengan teknik parafrase dan kutipan yang sesuai kaidah ilmiah.
  4. Mahasiswa mampu menyusun kajian pustaka secara sistematis untuk membangun landasan teoritis yang mendukung arah penelitian.

Mahasiswa mampu menyusun kajian pustaka secara sistematis dengan menggunakan sumber ilmiah yang valid dan mutakhir untuk membangun landasan teoritis yang mendukung penelitian

Kriteria:

Nontes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50 menit

Materi: Menyusun kajian pustaka
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
5%

9

Minggu ke 9

  1. Mahasiswa mampu menentukan jenis pendekatan penelitian (kuantitatif, kualitatif, atau campuran) yang sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian.
  2. Mahasiswa mampu merancang teknik pengumpulan data (instrumen, wawancara, observasi, dll.) yang sesuai dengan pendekatan penelitian.
  3. Mahasiswa mampu menetapkan populasi, sampel, atau subjek penelitian dengan pertimbangan ilmiah dan prosedur yang tepat.
  4. Mahasiswa mampu menyusun prosedur analisis data yang sesuai dengan pendekatan dan jenis data yang dikumpulkan.
  5. Mahasiswa mampu menyusun bagian metodologi penelitian secara sistematis dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.

Mahasiswa mampu merancang metodologi penelitian secara sistematis dan tepat, meliputi pendekatan, teknik pengumpulan data, subjek penelitian, dan analisis data sesuai dengan permasalahan yang dikaji.

Kriteria:

Nontes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50 menit

Materi: Merancang metodologi penelitian
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
5%

10

Minggu ke 10

  1. Mahasiswa mampu menentukan jenis pendekatan penelitian (kuantitatif, kualitatif, atau campuran) yang sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian.
  2. Mahasiswa mampu merancang teknik pengumpulan data (instrumen, wawancara, observasi, dll.) yang sesuai dengan pendekatan penelitian.
  3. Mahasiswa mampu menetapkan populasi, sampel, atau subjek penelitian dengan pertimbangan ilmiah dan prosedur yang tepat.
  4. Mahasiswa mampu menyusun prosedur analisis data yang sesuai dengan pendekatan dan jenis data yang dikumpulkan.
  5. Mahasiswa mampu menyusun bagian metodologi penelitian secara sistematis dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.

Mahasiswa mampu merancang metodologi penelitian secara sistematis dan tepat, meliputi pendekatan, teknik pengumpulan data, subjek penelitian, dan analisis data sesuai dengan permasalahan yang dikaji.

Kriteria:

Nontes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50 menit

Materi: Merancang metodologi penelitian
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
5%

11

Minggu ke 11

  1. Mahasiswa mampu menyusun struktur proposal yang mencakup seluruh komponen utama (latar belakang, rumusan masalah, kajian pustaka, metodologi, dll.) secara lengkap.
  2. Mahasiswa mampu mengorganisasi isi proposal secara logis dan runtut sesuai alur berpikir ilmiah.
  3. Mahasiswa mampu menggunakan bahasa akademik dan gaya penulisan yang sesuai dengan pedoman penulisan ilmiah.
  4. Mahasiswa mampu menerapkan aturan sitasi dan daftar pustaka sesuai gaya referensi yang ditentukan (misalnya APA, IEEE, atau lainnya).
  5. Mahasiswa mampu merevisi proposal berdasarkan masukan pembimbing atau penguji untuk menghasilkan naskah yang siap diseminarkan.

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis secara utuh, runtut, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, termasuk penggunaan bahasa akademik, sitasi, dan format yang benar.

Kriteria:

Nontes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50 menit

Materi: Menyusun proposal penelitian tesis
Pustaka: Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston, MA: Pearson Education.
5%

12

Minggu ke 12

  1. Mahasiswa mampu menyusun struktur proposal yang mencakup seluruh komponen utama (latar belakang, rumusan masalah, kajian pustaka, metodologi, dll.) secara lengkap.
  2. Mahasiswa mampu mengorganisasi isi proposal secara logis dan runtut sesuai alur berpikir ilmiah.
  3. Mahasiswa mampu menggunakan bahasa akademik dan gaya penulisan yang sesuai dengan pedoman penulisan ilmiah.
  4. Mahasiswa mampu menerapkan aturan sitasi dan daftar pustaka sesuai gaya referensi yang ditentukan (misalnya APA, IEEE, atau lainnya).
  5. Mahasiswa mampu merevisi proposal berdasarkan masukan pembimbing atau penguji untuk menghasilkan naskah yang siap diseminarkan.

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis secara utuh, runtut, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, termasuk penggunaan bahasa akademik, sitasi, dan format yang benar.

Kriteria:

Nontes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50 menit

Materi: Menyusun proposal penelitian tesis
Pustaka: Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston, MA: Pearson Education.
5%

13

Minggu ke 13

  1. Mahasiswa mampu menyusun struktur proposal yang mencakup seluruh komponen utama (latar belakang, rumusan masalah, kajian pustaka, metodologi, dll.) secara lengkap.
  2. Mahasiswa mampu mengorganisasi isi proposal secara logis dan runtut sesuai alur berpikir ilmiah.
  3. Mahasiswa mampu menggunakan bahasa akademik dan gaya penulisan yang sesuai dengan pedoman penulisan ilmiah.
  4. Mahasiswa mampu menerapkan aturan sitasi dan daftar pustaka sesuai gaya referensi yang ditentukan (misalnya APA, IEEE, atau lainnya).
  5. Mahasiswa mampu merevisi proposal berdasarkan masukan pembimbing atau penguji untuk menghasilkan naskah yang siap diseminarkan.

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis secara utuh, runtut, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, termasuk penggunaan bahasa akademik, sitasi, dan format yang benar.

Kriteria:

Nontes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50 menit

Materi: Menyusun proposal penelitian tesis
Pustaka: Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston, MA: Pearson Education.
5%

14

Minggu ke 14

  1. Mahasiswa mampu menyusun struktur proposal yang mencakup seluruh komponen utama (latar belakang, rumusan masalah, kajian pustaka, metodologi, dll.) secara lengkap.
  2. Mahasiswa mampu mengorganisasi isi proposal secara logis dan runtut sesuai alur berpikir ilmiah.
  3. Mahasiswa mampu menggunakan bahasa akademik dan gaya penulisan yang sesuai dengan pedoman penulisan ilmiah.
  4. Mahasiswa mampu menerapkan aturan sitasi dan daftar pustaka sesuai gaya referensi yang ditentukan (misalnya APA, IEEE, atau lainnya).
  5. Mahasiswa mampu merevisi proposal berdasarkan masukan pembimbing atau penguji untuk menghasilkan naskah yang siap diseminarkan.

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis secara utuh, runtut, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, termasuk penggunaan bahasa akademik, sitasi, dan format yang benar.

Kriteria:

Nontes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50 menit

Materi: Menyusun proposal penelitian tesis
Pustaka: Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston, MA: Pearson Education.
5%

15

Minggu ke 15

  1. Mahasiswa mampu menyusun struktur proposal yang mencakup seluruh komponen utama (latar belakang, rumusan masalah, kajian pustaka, metodologi, dll.) secara lengkap.
  2. Mahasiswa mampu mengorganisasi isi proposal secara logis dan runtut sesuai alur berpikir ilmiah.
  3. Mahasiswa mampu menggunakan bahasa akademik dan gaya penulisan yang sesuai dengan pedoman penulisan ilmiah.
  4. Mahasiswa mampu menerapkan aturan sitasi dan daftar pustaka sesuai gaya referensi yang ditentukan (misalnya APA, IEEE, atau lainnya).
  5. Mahasiswa mampu merevisi proposal berdasarkan masukan pembimbing atau penguji untuk menghasilkan naskah yang siap diseminarkan.

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis secara utuh, runtut, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, termasuk penggunaan bahasa akademik, sitasi, dan format yang benar.

Kriteria:

Nontes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50 menit

Materi: Menyusun proposal penelitian tesis
Pustaka: Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston, MA: Pearson Education.
5%

16

Minggu ke 16

  1. Mahasiswa mampu menyusun bahan presentasi proposal penelitian secara sistematis dan komunikatif.
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan isi proposal dengan bahasa akademik yang runtut, jelas, dan sesuai waktu yang disediakan.
  3. Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan dan kritik dengan argumentasi ilmiah yang logis dan didukung oleh referensi yang relevan.
  4. Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terbuka, percaya diri, dan profesional dalam forum akademik.

Mahasiswa mampu menyampaikan proposal penelitian secara sistematis, menggunakan bahasa akademik yang jelas, serta mampu mempertahankan gagasannya melalui argumentasi ilmiah yang logis dan didukung referensi relevan.

Kriteria:

Nontes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2x50 menit

Materi: Seminar proposal
Pustaka: Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston, MA: Pearson Education.
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.