
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Fisika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Proposal Tugas Akhir/Tesis |
8410302031 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=2 |
ECTS=4.48 |
2 |
1 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Oka Saputra, M.Pd
|
Dr. Titin Sunarti, M.SI
|
TITIN SUNARTI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mengembangkan pengetahuan pedagogik dan implikasinya pada pembelajaran fisika dengan menggunakan Hybrid Blended Learning, STEM Education, TPACK, ETNOFISIKA, Pembelajaran SDGs, dan TIK |
PLO-6 |
Mengembangkan pembelajaran terkait konsep teoritis fisika klasik dan modern dalam penyelesaian masalah kontekstual |
PLO-7 |
Mengelola dan mengembangkan penelitian Pendidikan fisika untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan pendekatan inter atau multidisipliner sehingga menghasilkan karya inovatif dan teruji |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan penelitian yang relevan sesuai dengan bidang kajian.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu merumuskan latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian secara logis dan sistematis.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menyusun kajian pustaka yang mendukung landasan teoritis penelitian dengan menggunakan sumber yang valid dan mutakhir.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu merancang metodologi penelitian secara tepat sesuai pendekatan kuantitatif, kualitatif, atau campuran.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis secara utuh dan sistematis sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal penelitian secara akademik dan mempertahankan gagasannya secara argumentatif.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | PO-5 | | | | | ✔ | | PO-6 | | | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Proposal Penelitian Tesis membekali mahasiswa dengan kemampuan merumuskan masalah penelitian, menyusun tinjauan pustaka, merancang metodologi penelitian, serta menyusun proposal penelitian tesis yang sistematis dan sesuai dengan kaidah ilmiah. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diarahkan untuk mengidentifikasi isu-isu relevan dalam bidang pendidikan fisika, mengembangkan pertanyaan penelitian, serta merancang instrumen dan rencana pelaksanaan penelitian. Capaian akhir dari mata kuliah ini adalah dokumen proposal tesis yang siap diajukan untuk seminar atau ujian proposal. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
- Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
- Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston, MA: Pearson Education.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa mampu mengkaji isu-isu aktual dalam bidang keilmuan untuk menemukan celah penelitian.
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan merumuskan masalah berdasarkan kajian teori dan hasil penelitian terdahulu.
- Mahasiswa mampu menilai relevansi dan urgensi suatu topik penelitian dalam konteks keilmuan dan kebutuhan lapangan.
- Mahasiswa mampu menyusun fokus penelitian yang spesifik dan terarah dari permasalahan yang telah diidentifikasi.
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan isu-isu terkini yang relevan dengan bidang kajian.
- Mahasiswa mampu menyusun rumusan masalah yang jelas dan terfokus berdasarkan kajian tersebut.
- Mahasiswa mampu menjelaskan signifikansi topik penelitian terhadap perkembangan keilmuan dan praktik di lapangan.
- Mahasiswa mampu merumuskan fokus penelitian yang jelas, terbatas, dan terukur.
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi 2x50 menit |
|
Materi: Mengidentifikasi permasalahan penelitian Pustaka: Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Mahasiswa mampu mengkaji isu-isu aktual dalam bidang keilmuan untuk menemukan celah penelitian.
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan merumuskan masalah berdasarkan kajian teori dan hasil penelitian terdahulu.
- Mahasiswa mampu menilai relevansi dan urgensi suatu topik penelitian dalam konteks keilmuan dan kebutuhan lapangan.
- Mahasiswa mampu menyusun fokus penelitian yang spesifik dan terarah dari permasalahan yang telah diidentifikasi.
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan isu-isu terkini yang relevan dengan bidang kajian.
- Mahasiswa mampu menyusun rumusan masalah yang jelas dan terfokus berdasarkan kajian tersebut.
- Mahasiswa mampu menjelaskan signifikansi topik penelitian terhadap perkembangan keilmuan dan praktik di lapangan.
- Mahasiswa mampu merumuskan fokus penelitian yang jelas, terbatas, dan terukur.
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi 2x50 menit |
|
Materi: mengidentifikasi permasalahan penelitian Pustaka: Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Mahasiswa mampu menyusun latar belakang penelitian dengan menguraikan kondisi ideal, fakta lapangan, dan kesenjangan yang terjadi.
- Mahasiswa mampu merumuskan permasalahan penelitian secara spesifik dan terukur berdasarkan latar belakang.
- Mahasiswa mampu merumuskan tujuan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah.
- Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat teoritis dan praktis dari penelitian yang diusulkan.
- Mahasiswa mampu menyusun bagian latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat secara sistematis sesuai kaidah penulisan ilmiah.
|
Mahasiswa mampu menyusun latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian secara terstruktur, logis, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah. |
Kriteria:
Nontes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 menit |
|
Materi: Menyusun latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian secara terstruktur, logis, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah. Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mahasiswa mampu menyusun latar belakang penelitian dengan menguraikan kondisi ideal, fakta lapangan, dan kesenjangan yang terjadi.
- Mahasiswa mampu merumuskan permasalahan penelitian secara spesifik dan terukur berdasarkan latar belakang.
- Mahasiswa mampu merumuskan tujuan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah.
- Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat teoritis dan praktis dari penelitian yang diusulkan.
- Mahasiswa mampu menyusun bagian latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat secara sistematis sesuai kaidah penulisan ilmiah.
|
Mahasiswa mampu menyusun latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian secara terstruktur, logis, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah. |
Kriteria:
Nontes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 menit |
|
Materi: Menyusun latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian secara terstruktur, logis, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah. Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Mahasiswa mampu menyusun latar belakang penelitian dengan menguraikan kondisi ideal, fakta lapangan, dan kesenjangan yang terjadi.
- Mahasiswa mampu merumuskan permasalahan penelitian secara spesifik dan terukur berdasarkan latar belakang.
- Mahasiswa mampu merumuskan tujuan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah.
- Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat teoritis dan praktis dari penelitian yang diusulkan.
- Mahasiswa mampu menyusun bagian latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat secara sistematis sesuai kaidah penulisan ilmiah.
|
Mahasiswa mampu menyusun latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian secara terstruktur, logis, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah. |
Kriteria:
Nontes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 menit |
|
Materi: Menyusun latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian secara terstruktur, logis, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah. Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Mahasiswa mampu menyusun latar belakang penelitian dengan menguraikan kondisi ideal, fakta lapangan, dan kesenjangan yang terjadi.
- Mahasiswa mampu merumuskan permasalahan penelitian secara spesifik dan terukur berdasarkan latar belakang.
- Mahasiswa mampu merumuskan tujuan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah.
- Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat teoritis dan praktis dari penelitian yang diusulkan.
- Mahasiswa mampu menyusun bagian latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat secara sistematis sesuai kaidah penulisan ilmiah.
|
Mahasiswa mampu menyusun latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian secara terstruktur, logis, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah. |
Kriteria:
Nontes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 menit |
|
Materi: Menyusun latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian secara terstruktur, logis, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah. Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- ahasiswa mampu mengidentifikasi teori-teori utama yang relevan dengan topik penelitian.
- Mahasiswa mampu mencari dan memilih sumber ilmiah yang valid, seperti jurnal terindeks, buku akademik, dan laporan penelitian.
- Mahasiswa mampu mengelola referensi ilmiah dengan teknik parafrase dan kutipan yang sesuai kaidah ilmiah.
- Mahasiswa mampu menyusun kajian pustaka secara sistematis untuk membangun landasan teoritis yang mendukung arah penelitian.
|
Mahasiswa mampu menyusun kajian pustaka secara sistematis dengan menggunakan sumber ilmiah yang valid dan mutakhir untuk membangun landasan teoritis yang mendukung penelitian |
Kriteria:
Nontes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 menit |
|
Materi: Menyusun kajian pustaka Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
- ahasiswa mampu mengidentifikasi teori-teori utama yang relevan dengan topik penelitian.
- Mahasiswa mampu mencari dan memilih sumber ilmiah yang valid, seperti jurnal terindeks, buku akademik, dan laporan penelitian.
- Mahasiswa mampu mengelola referensi ilmiah dengan teknik parafrase dan kutipan yang sesuai kaidah ilmiah.
- Mahasiswa mampu menyusun kajian pustaka secara sistematis untuk membangun landasan teoritis yang mendukung arah penelitian.
|
Mahasiswa mampu menyusun kajian pustaka secara sistematis dengan menggunakan sumber ilmiah yang valid dan mutakhir untuk membangun landasan teoritis yang mendukung penelitian |
Kriteria:
Nontes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 menit |
|
Materi: Menyusun kajian pustaka Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
- Mahasiswa mampu menentukan jenis pendekatan penelitian (kuantitatif, kualitatif, atau campuran) yang sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian.
- Mahasiswa mampu merancang teknik pengumpulan data (instrumen, wawancara, observasi, dll.) yang sesuai dengan pendekatan penelitian.
- Mahasiswa mampu menetapkan populasi, sampel, atau subjek penelitian dengan pertimbangan ilmiah dan prosedur yang tepat.
- Mahasiswa mampu menyusun prosedur analisis data yang sesuai dengan pendekatan dan jenis data yang dikumpulkan.
- Mahasiswa mampu menyusun bagian metodologi penelitian secara sistematis dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.
|
Mahasiswa mampu merancang metodologi penelitian secara sistematis dan tepat, meliputi pendekatan, teknik pengumpulan data, subjek penelitian, dan analisis data sesuai dengan permasalahan yang dikaji. |
Kriteria:
Nontes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 menit |
|
Materi: Merancang metodologi penelitian Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Mahasiswa mampu menentukan jenis pendekatan penelitian (kuantitatif, kualitatif, atau campuran) yang sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian.
- Mahasiswa mampu merancang teknik pengumpulan data (instrumen, wawancara, observasi, dll.) yang sesuai dengan pendekatan penelitian.
- Mahasiswa mampu menetapkan populasi, sampel, atau subjek penelitian dengan pertimbangan ilmiah dan prosedur yang tepat.
- Mahasiswa mampu menyusun prosedur analisis data yang sesuai dengan pendekatan dan jenis data yang dikumpulkan.
- Mahasiswa mampu menyusun bagian metodologi penelitian secara sistematis dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.
|
Mahasiswa mampu merancang metodologi penelitian secara sistematis dan tepat, meliputi pendekatan, teknik pengumpulan data, subjek penelitian, dan analisis data sesuai dengan permasalahan yang dikaji. |
Kriteria:
Nontes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 menit |
|
Materi: Merancang metodologi penelitian Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Mahasiswa mampu menyusun struktur proposal yang mencakup seluruh komponen utama (latar belakang, rumusan masalah, kajian pustaka, metodologi, dll.) secara lengkap.
- Mahasiswa mampu mengorganisasi isi proposal secara logis dan runtut sesuai alur berpikir ilmiah.
- Mahasiswa mampu menggunakan bahasa akademik dan gaya penulisan yang sesuai dengan pedoman penulisan ilmiah.
- Mahasiswa mampu menerapkan aturan sitasi dan daftar pustaka sesuai gaya referensi yang ditentukan (misalnya APA, IEEE, atau lainnya).
- Mahasiswa mampu merevisi proposal berdasarkan masukan pembimbing atau penguji untuk menghasilkan naskah yang siap diseminarkan.
|
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis secara utuh, runtut, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, termasuk penggunaan bahasa akademik, sitasi, dan format yang benar. |
Kriteria:
Nontes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 menit |
|
Materi: Menyusun proposal penelitian tesis Pustaka: Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston, MA: Pearson Education. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Mahasiswa mampu menyusun struktur proposal yang mencakup seluruh komponen utama (latar belakang, rumusan masalah, kajian pustaka, metodologi, dll.) secara lengkap.
- Mahasiswa mampu mengorganisasi isi proposal secara logis dan runtut sesuai alur berpikir ilmiah.
- Mahasiswa mampu menggunakan bahasa akademik dan gaya penulisan yang sesuai dengan pedoman penulisan ilmiah.
- Mahasiswa mampu menerapkan aturan sitasi dan daftar pustaka sesuai gaya referensi yang ditentukan (misalnya APA, IEEE, atau lainnya).
- Mahasiswa mampu merevisi proposal berdasarkan masukan pembimbing atau penguji untuk menghasilkan naskah yang siap diseminarkan.
|
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis secara utuh, runtut, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, termasuk penggunaan bahasa akademik, sitasi, dan format yang benar. |
Kriteria:
Nontes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 menit |
|
Materi: Menyusun proposal penelitian tesis Pustaka: Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston, MA: Pearson Education. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Mahasiswa mampu menyusun struktur proposal yang mencakup seluruh komponen utama (latar belakang, rumusan masalah, kajian pustaka, metodologi, dll.) secara lengkap.
- Mahasiswa mampu mengorganisasi isi proposal secara logis dan runtut sesuai alur berpikir ilmiah.
- Mahasiswa mampu menggunakan bahasa akademik dan gaya penulisan yang sesuai dengan pedoman penulisan ilmiah.
- Mahasiswa mampu menerapkan aturan sitasi dan daftar pustaka sesuai gaya referensi yang ditentukan (misalnya APA, IEEE, atau lainnya).
- Mahasiswa mampu merevisi proposal berdasarkan masukan pembimbing atau penguji untuk menghasilkan naskah yang siap diseminarkan.
|
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis secara utuh, runtut, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, termasuk penggunaan bahasa akademik, sitasi, dan format yang benar. |
Kriteria:
Nontes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 menit |
|
Materi: Menyusun proposal penelitian tesis Pustaka: Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston, MA: Pearson Education. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Mahasiswa mampu menyusun struktur proposal yang mencakup seluruh komponen utama (latar belakang, rumusan masalah, kajian pustaka, metodologi, dll.) secara lengkap.
- Mahasiswa mampu mengorganisasi isi proposal secara logis dan runtut sesuai alur berpikir ilmiah.
- Mahasiswa mampu menggunakan bahasa akademik dan gaya penulisan yang sesuai dengan pedoman penulisan ilmiah.
- Mahasiswa mampu menerapkan aturan sitasi dan daftar pustaka sesuai gaya referensi yang ditentukan (misalnya APA, IEEE, atau lainnya).
- Mahasiswa mampu merevisi proposal berdasarkan masukan pembimbing atau penguji untuk menghasilkan naskah yang siap diseminarkan.
|
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis secara utuh, runtut, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, termasuk penggunaan bahasa akademik, sitasi, dan format yang benar. |
Kriteria:
Nontes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 menit |
|
Materi: Menyusun proposal penelitian tesis Pustaka: Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston, MA: Pearson Education. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Mahasiswa mampu menyusun struktur proposal yang mencakup seluruh komponen utama (latar belakang, rumusan masalah, kajian pustaka, metodologi, dll.) secara lengkap.
- Mahasiswa mampu mengorganisasi isi proposal secara logis dan runtut sesuai alur berpikir ilmiah.
- Mahasiswa mampu menggunakan bahasa akademik dan gaya penulisan yang sesuai dengan pedoman penulisan ilmiah.
- Mahasiswa mampu menerapkan aturan sitasi dan daftar pustaka sesuai gaya referensi yang ditentukan (misalnya APA, IEEE, atau lainnya).
- Mahasiswa mampu merevisi proposal berdasarkan masukan pembimbing atau penguji untuk menghasilkan naskah yang siap diseminarkan.
|
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis secara utuh, runtut, dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, termasuk penggunaan bahasa akademik, sitasi, dan format yang benar. |
Kriteria:
Nontes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 menit |
|
Materi: Menyusun proposal penelitian tesis Pustaka: Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston, MA: Pearson Education. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
- Mahasiswa mampu menyusun bahan presentasi proposal penelitian secara sistematis dan komunikatif.
- Mahasiswa mampu mempresentasikan isi proposal dengan bahasa akademik yang runtut, jelas, dan sesuai waktu yang disediakan.
- Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan dan kritik dengan argumentasi ilmiah yang logis dan didukung oleh referensi yang relevan.
- Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terbuka, percaya diri, dan profesional dalam forum akademik.
|
Mahasiswa mampu menyampaikan proposal penelitian secara sistematis, menggunakan bahasa akademik yang jelas, serta mampu mempertahankan gagasannya melalui argumentasi ilmiah yang logis dan didukung referensi relevan. |
Kriteria:
Nontes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2x50 menit |
|
Materi: Seminar proposal Pustaka: Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston, MA: Pearson Education. |
25% |