
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF |
8500103009 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
2 |
25 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
TIM MBKM
|
TIM MBKM
|
HERYANTO NUR MUHAMMAD |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-9 |
Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam Pendidikan Jasmani pada forum akademik dan public. |
PLO-10 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan.
|
PO - 2 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi dan berkolaborasi.
|
PO - 3 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.
|
PO - 4 |
Menganalisis secara kritis dan sistematis pendekatan-pendekatan pedagogis dalam pembelajaran jasmani adaptif yang berbasis bukti (evidence-based), serta mengevaluasi efektivitas implementasinya pada berbagai konteks pendidikan inklusif
|
PO - 5 |
Merancang inovasi model pembelajaran jasmani adaptif yang responsif terhadap kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus dengan mempertimbangkan pendekatan interdisipliner, teknologi pendidikan, dan prinsip inklusivitas.
|
PO - 6 |
Menyusun laporan ilmiah berbasis hasil analisis dan inovasi pembelajaran jasmani adaptif yang memenuhi kaidah akademik serta layak diseminasi dalam forum ilmiah nasional maupun internasional.
|
PO - 7 |
Mendemonstrasikan kepemimpinan akademik dalam mengembangkan kebijakan atau praktik pembelajaran jasmani adaptif yang berorientasi pada perubahan sistemik dan pemberdayaan peserta didik berkebutuhan khusus
|
PO - 8 |
Mengintegrasikan nilai-nilai etika, profesionalisme, dan humanisme dalam merancang serta mengevaluasi pembelajaran jasmani adaptif untuk peserta didik berkebutuhan khusus
|
PO - 9 |
Mengkritisi dan mengembangkan teori atau model konseptual baru dalam pembelajaran jasmani adaptif melalui pendekatan transdisipliner dan kajian reflektif yang mendalam.
|
PO - 10 |
Melakukan diseminasi hasil analisis, inovasi, dan pengembangan model pembelajaran jasmani adaptif melalui publikasi ilmiah bereputasi dan forum akademik profesional.
|
PO - 11 |
Mengembangkan dan mengimplementasikan program pelatihan profesional berkelanjutan bagi tenaga pendidik dalam pembelajaran jasmani adaptif berbasis hasil penelitian dan analisis mendalam
|
PO - 12 |
Menyusun strategi advokasi dan kebijakan publik yang mendukung implementasi pembelajaran jasmani adaptif dalam sistem pendidikan nasional
|
PO - 13 |
Mengembangkan kerangka evaluasi berkelanjutan untuk pembelajaran jasmani adaptif yang mengintegrasikan aspek sosial, psikologis, dan fisik peserta didik dengan kebutuhan khusus
|
PO - 14 |
Mengembangkan dan menerapkan strategi kolaborasi multidisipliner untuk memperkuat kualitas pembelajaran jasmani adaptif di berbagai lingkungan pendidikan.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-4 | PLO-9 | PLO-10 | PO-1 | | | | | PO-2 | | | | | PO-3 | | | | | PO-4 | | | | | PO-5 | | | | | PO-6 | | | | | PO-7 | | | | | PO-8 | | | | | PO-9 | | | | | PO-10 | | | | | PO-11 | | | | | PO-12 | | | | | PO-13 | | | | | PO-14 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | | ✔ | | | ✔ | | | ✔ | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | ✔ | | PO-11 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-13 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-14 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji secara mendalam teori serta praktik pendidikan jasmani adaptif, menelaah berbagai jenis disabilitas dan kebutuhan khusus dalam konteks pembelajaran olahraga. Fokusnya mencakup karakteristik psikologis individu, desain dan modifikasi kurikulum yang inklusif, strategi pedagogik adaptif, serta metodologi evaluasi efektivitas program pembelajaran bagi peserta dengan kebutuhan khusus |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Buku metodologi penelitian tingkat lanjut (misalnya Creswell, Denzin/Patton)
|
Pendukung : |
|
- Kumpulan artikel jurnal internasional terbaru (Springer, Emerald, dll.)
- Teks tentang pendidikan jasmani adaptif, inklusi pendidikan, dan inovasi pembelajaran olahraga.
|
Dosen Pengampu
|
ABDUL RACHMAN SYAM TUASIKAL DWI CAHYO KARTIKO Prof. Dr. Drs. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd. Prof. Dr. Drs. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd. Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes. Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengantar dan Paradigma Penjas Adaptif |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50 menit |
|
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
Teori perkembangan motorik adaptif |
|
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50menit |
|
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
Identifikasi dan Klasifikasi Individu dengan Kebutuhan Khusus |
mahasiswa dapat mengidentifikasikan klasifikasi individu dengan kebutuhan khusus |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50 |
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
Asesmen dalam Pembelajaran Penjas Adaptif |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Asesmen dalam Pembelajaran Penjas Adaptif |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50menit |
|
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
Strategi Modifikasi dan Adaptasi dalam Pembelajaran Penajs Adaptif |
|
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50menit |
|
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
Strategi Modifikasi dan Adaptasi dalam Pembelajaran Penjas Adaptif |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Luring 100 menit |
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Strategi Modifikasi dan Adaptasi dalam Pembelajaran Penjas Adaptif |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring 3x50menit |
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
Pengembangan Gerak Fundamental dan Motorik Kasar dalam kelas Adaptif |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
|
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Penjas adaptif untuk Siswa dengan Disabilitas Fisik |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
|
Online 3x50menit |
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
Penjas adaptif untuk Siswa dengan Disabilitas Sensorik |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Luring 3x50menit |
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Penajs Adaptif untuk Siswa dengan Disabilitas Intelektual dan Perkembangan |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 3x50menit |
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Peran Orang Tua, Komunitas, dan Kolaborasi Tim dalam penjas adaptif |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50menit |
|
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
Inovasi dan teknologi dalam penjas adaptif |
Rubrik penilaian partisipasi |
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50menit |
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Luring 100menit |
|
|
15% |