Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF

8500103009

T=3

P=0

ECTS=7.56

1

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




TIM MBKM




TIM MBKM




Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional.

PLO-7

Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang Pendidikan Jasmani yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan.

PO - 2

Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi dan berkolaborasi.

PO - 3

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Drs. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd.

Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengantar dan Paradigma Penjas Adaptif


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif


    5%

    2

    Minggu ke 2

    Teori perkembangan motorik adaptif

    Kriteria:

    Rubrik penilaian partisipasi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif


    5%

    3

    Minggu ke 3

    Identifikasi dan Klasifikasi Individu dengan Kebutuhan Khusus


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif


    5%

    4

    Minggu ke 4

    Asesmen dalam Pembelajaran Penjas Adaptif


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif


    5%

    5

    Minggu ke 5

    Pengembangan Program Pembelajaran berdiferensi pada kelas inklusi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif


    5%

    6

    Minggu ke 6

    Strategi Modifikasi dan Adaptasi dalam Pembelajaran Penajs Adaptif

    Kriteria:

    Rubrik penilaian partisipasi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif


    5%

    7

    Minggu ke 7

    Strategi Modifikasi dan Adaptasi dalam Pembelajaran Penjas Adaptif


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif


    5%

    8

    Minggu ke 8

    UTS


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif


    15%

    9

    Minggu ke 9

    Strategi Modifikasi dan Adaptasi dalam Pembelajaran Penjas Adaptif


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif


    5%

    10

    Minggu ke 10

    Pengembangan Gerak Fundamental dan Motorik Kasar dalam kelas Adaptif


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio


    5%

    11

    Minggu ke 11

    Penjas adaptif untuk Siswa dengan Disabilitas Fisik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif


    5%

    12

    Minggu ke 12

    Penjas adaptif untuk Siswa dengan Disabilitas Sensorik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif


    5%

    13

    Minggu ke 13

    Penajs Adaptif untuk Siswa dengan Disabilitas Intelektual dan Perkembangan


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif


    5%

    14

    Minggu ke 14

    Peran Orang Tua, Komunitas, dan Kolaborasi Tim dalam penjas adaptif


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif


    5%

    15

    Minggu ke 15

    Inovasi dan teknologi dalam penjas adaptif

    Rubrik penilaian partisipasi

    Kriteria:

    Rubrik penilaian partisipasi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif


    5%

    16

    Minggu ke 16

    UAS

    Kriteria:

    Rubrik penilaian partisipasi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio


    15%



    Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 87.5%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 5%
    3. Penilaian Portofolio 7.5%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.