Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF

8500103009

T=3

P=0

ECTS=7.56

2

25 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




TIM MBKM




TIM MBKM




HERYANTO NUR MUHAMMAD

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-9

Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam Pendidikan Jasmani pada forum akademik dan public.

PLO-10

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan.

PO - 2

Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi dan berkolaborasi.

PO - 3

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.

PO - 4

Menganalisis secara kritis dan sistematis pendekatan-pendekatan pedagogis dalam pembelajaran jasmani adaptif yang berbasis bukti (evidence-based), serta mengevaluasi efektivitas implementasinya pada berbagai konteks pendidikan inklusif

PO - 5

Merancang inovasi model pembelajaran jasmani adaptif yang responsif terhadap kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus dengan mempertimbangkan pendekatan interdisipliner, teknologi pendidikan, dan prinsip inklusivitas.

PO - 6

Menyusun laporan ilmiah berbasis hasil analisis dan inovasi pembelajaran jasmani adaptif yang memenuhi kaidah akademik serta layak diseminasi dalam forum ilmiah nasional maupun internasional.

PO - 7

Mendemonstrasikan kepemimpinan akademik dalam mengembangkan kebijakan atau praktik pembelajaran jasmani adaptif yang berorientasi pada perubahan sistemik dan pemberdayaan peserta didik berkebutuhan khusus

PO - 8

Mengintegrasikan nilai-nilai etika, profesionalisme, dan humanisme dalam merancang serta mengevaluasi pembelajaran jasmani adaptif untuk peserta didik berkebutuhan khusus

PO - 9

Mengkritisi dan mengembangkan teori atau model konseptual baru dalam pembelajaran jasmani adaptif melalui pendekatan transdisipliner dan kajian reflektif yang mendalam.

PO - 10

Melakukan diseminasi hasil analisis, inovasi, dan pengembangan model pembelajaran jasmani adaptif melalui publikasi ilmiah bereputasi dan forum akademik profesional.

PO - 11

Mengembangkan dan mengimplementasikan program pelatihan profesional berkelanjutan bagi tenaga pendidik dalam pembelajaran jasmani adaptif berbasis hasil penelitian dan analisis mendalam

PO - 12

Menyusun strategi advokasi dan kebijakan publik yang mendukung implementasi pembelajaran jasmani adaptif dalam sistem pendidikan nasional

PO - 13

Mengembangkan kerangka evaluasi berkelanjutan untuk pembelajaran jasmani adaptif yang mengintegrasikan aspek sosial, psikologis, dan fisik peserta didik dengan kebutuhan khusus

PO - 14

Mengembangkan dan menerapkan strategi kolaborasi multidisipliner untuk memperkuat kualitas pembelajaran jasmani adaptif di berbagai lingkungan pendidikan.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-4PLO-9PLO-10
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5    
PO-6    
PO-7    
PO-8    
PO-9    
PO-10    
PO-11    
PO-12    
PO-13    
PO-14    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji secara mendalam teori serta praktik pendidikan jasmani adaptif, menelaah berbagai jenis disabilitas dan kebutuhan khusus dalam konteks pembelajaran olahraga. Fokusnya mencakup karakteristik psikologis individu, desain dan modifikasi kurikulum yang inklusif, strategi pedagogik adaptif, serta metodologi evaluasi efektivitas program pembelajaran bagi peserta dengan kebutuhan khusus

Pustaka

Utama :

  1. Buku metodologi penelitian tingkat lanjut (misalnya Creswell, Denzin/Patton)

Pendukung :

  1. Kumpulan artikel jurnal internasional terbaru (Springer, Emerald, dll.)
  2. Teks tentang pendidikan jasmani adaptif, inklusi pendidikan, dan inovasi pembelajaran olahraga.

Dosen Pengampu

ABDUL RACHMAN SYAM TUASIKAL

DWI CAHYO KARTIKO

Prof. Dr. Drs. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd.

Prof. Dr. Drs. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd.

Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes.

Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengantar dan Paradigma Penjas Adaptif


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    3x50 menit

    5%

    2

    Minggu ke 2

    Teori perkembangan motorik adaptif

    Kriteria:

    Rubrik penilaian partisipasi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    3x50menit

    5%

    3

    Minggu ke 3

    Identifikasi dan Klasifikasi Individu dengan Kebutuhan Khusus

    mahasiswa dapat mengidentifikasikan klasifikasi individu dengan kebutuhan khusus


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    3x50

    5%

    4

    Minggu ke 4

    Asesmen dalam Pembelajaran Penjas Adaptif


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring

    5%

    5

    Minggu ke 5

    Asesmen dalam Pembelajaran Penjas Adaptif


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    3x50menit

    5%

    6

    Minggu ke 6

    Strategi Modifikasi dan Adaptasi dalam Pembelajaran Penajs Adaptif

    Kriteria:

    Rubrik penilaian partisipasi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    3x50menit

    5%

    7

    Minggu ke 7

    Strategi Modifikasi dan Adaptasi dalam Pembelajaran Penjas Adaptif


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif


    5%

    8

    Minggu ke 8

    UTS


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
    Luring
    100 menit

    15%

    9

    Minggu ke 9

    Strategi Modifikasi dan Adaptasi dalam Pembelajaran Penjas Adaptif


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif

    Daring
    3x50menit
    5%

    10

    Minggu ke 10

    Pengembangan Gerak Fundamental dan Motorik Kasar dalam kelas Adaptif


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio


    5%

    11

    Minggu ke 11

    Penjas adaptif untuk Siswa dengan Disabilitas Fisik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum

    Online
    3x50menit
    5%

    12

    Minggu ke 12

    Penjas adaptif untuk Siswa dengan Disabilitas Sensorik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
    Luring
    3x50menit

    5%

    13

    Minggu ke 13

    Penajs Adaptif untuk Siswa dengan Disabilitas Intelektual dan Perkembangan


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Luring
    3x50menit

    5%

    14

    Minggu ke 14

    Peran Orang Tua, Komunitas, dan Kolaborasi Tim dalam penjas adaptif


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    3x50menit

    5%

    15

    Minggu ke 15

    Inovasi dan teknologi dalam penjas adaptif

    Rubrik penilaian partisipasi

    Kriteria:

    Rubrik penilaian partisipasi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    3x50menit

    5%

    16

    Minggu ke 16

    UAS

    Kriteria:

    Rubrik penilaian partisipasi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
    Luring
    100menit

    15%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 68.75%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 11.25%
    3. Penilaian Portofolio 6.25%
    4. Penilaian Praktikum 13.75%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.