Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

asesmen pendidikan teknologi dan kejuruan

8310103151

T=3

P=0

ECTS=6.72

1

7 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Joko, M.Pd. MT.




.......................................




Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-10

Mampu merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi program pembelajaran inovatif yang efektif dan efisien pada pendidikan S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan yang relevan dengan perkembangan industri global.

PLO-12

Memiliki pengetahuan yang komprehensif sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang khas di program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dan mengikuti kaidah penulisan ilmiah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menganalisis dan mensintesis serta mengevaluasi perbedaan evaluasi, pengukuran, dan penilaian, dan sistem penilaian

PO - 2

Merencanakan, melaksanakan, dan menganalisis hasil penilaian

PO - 3

Mampu melakukan tindak lanjut dari hasil analisis hasil penilaan dan melaporkan hasilnya

PO - 4

Mampu merencanakan, melaksanaan, melakukan pengujian, dan melaporkan hasil pekerjaan melaksanakan evaluasi

PO - 5

Mampu menganalisis dan mengevaluasi paradigma penilaian kelas dalam proses pembelajaran di SMK, penilaian oleh pendidik, penilaian oleh satuan pendidikan, penilaian oleh pemerintah, dikaitkan dengan tren globa ldan melaporkan hasilnya dalam bentuk makalah yang diseminarkan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-10PLO-12
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali kemampuan mahasiswa tentang konsep evaluasi, pengukuran, dan penilaian atau asesmen pada Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK), sistem penilaian (PAN dan PAP), Asesmen Alternatif (secara online dan offline), dan asesmen yang adaptif. Mahasiswa jjuga mampu berpikir kritis dan mampu melakukan inovasi dalam mempersiapkan, merencanakan, mengkonstruksi, dan mengembangkan perangkat asesmen dan untu selanjutnya melakukan validasi, melakukan ujicoba, melakukan analis, melakukan evaluasi, dan melaporkan hasill produknya.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Griffin, Patricand EstherCare. 2015. Assessment and Teaching of 21stCentury Skills.New Y ork: Springer
  2. 2. Anderson,Lorin W. 2008.Classroom Assessment Enhancing the Quality of Teacher Decision Making.London:\Lawrence Erlbaum Associates
  3. 3. Brookhart, Susan M. 2013. How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. USA: ASCD
  4. 4. Endang Mulyatiningsih. 2018. Asesmen pembelajaran kejuruan bidang pariwisata & tata boga. Edisi pertama. UNY Press
  5. 5. Jaap Scheerens, Cees Glas, Sally M.Thomas, 2005. Educational evaluation, assessment, and monitoring. A systemic approach. Published by: Swets & Zeitlinger Publisher, Lisse Abingdon Exton (Pa) Tokyo
  6. 6. Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2022). Educational Assessment of Students (8th Edition). Boston: Pearson.
  7. 7. McMillan, J. H. (2018). Classroom Assessment: Principles and Practice for Effective Standards-Based Instruction (7th Edition). Boston: Pearson
  8. A. Matt Andrews, Lant Pritchett, and Michael Woolcock. 2017. Building State Capability Evidence, Analysis, Action

Pendukung :

  1. 1. Rahmi Ramadhani, dkk. 2020. Teori & Praktik. Platform asesmen untuk pembelajaran daring. Yayasan Kita Menulis.
  2. 2. Tim Penyusun, 2021. Panduan pembelajaran dan asesmen. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  3. 3. Popham, W. J. (2019). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know (9th Edition). Boston: Pearson

Dosen Pengampu

Dr. Tri Rijanto, M.Pd., M.T.

Prof. Dr. Joko, M.Pd., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. 1. Menjelaskan pengertian asesmen, pengukuran, dan evaluasi
  2. 2. Menjelaskan prinsip asesmen dalam paradigma penilaian kelas
  1. 1. Menjelaskan Pengertian asesmen, penilaian, pengukuran, dan evaluasi.
  2. 2. Menjelaskan Prinsip, fungsi, kegunaan, dan jenis- jenis asesmen
Kriteria:
  1. 1. Ketepatan menjelaskan pengertian asesmen, penilaian, pengukuran, dan evaluasi, skor maks 20
  2. 2. Ketepatan menjelaskan prinsip asesmen dalam paradigma penilaian kelas, skor maks 10

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2 x 50
Presentasi, menelusur sumber informasi, diskusi, dan penugasan membuat makalah dan PPT
2 x 50 menit
Materi: Strategig Managemen
Pustaka: A. Matt Andrews, Lant Pritchett, and Michael Woolcock. 2017. Building State Capability Evidence, Analysis, Action
0%

2

Minggu ke 2

  1. 3. Menganalisis fungsi asesmen tentang standar penilaian.
  2. 4. Menerapkan kegunaan asesmen dan jenis-jenis asesmen dalam proses pembelajaran
  1. 3. Menganalisis fungsi asesmen tentang standar penilaian.
  2. 4. Menerapkan kegunaan asesmen dan jenis-jenis asesmen dalam proses pembelajaran
Kriteria:
  1. 3. Ketepatan hasil analisis fungsi asesmen berkaitan standar penilaian, skor maks 10
  2. 4. Ketepatan menerapkan asesmen sesuai jenisnya dalam proses pembelajaran, skor maks 10

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi, menelusur sumber informasi, diskusi, dan penugasan membuat makalah dan PPT
2 x 50 menit
Materi: fungsi asesmen tentang standar penilaian.
Pustaka: 1. Griffin, Patricand EstherCare. 2015. Assessment and Teaching of 21stCentury Skills.New Y ork: Springer

Materi: kegunaan asesmen dan jenis-jenis asesmen dalam proses pembelajaran
Pustaka: 2. Anderson,Lorin W. 2008.Classroom Assessment Enhancing the Quality of Teacher Decision Making.London:\Lawrence Erlbaum Associates
0%

3

Minggu ke 3

Memahami paradigma penilaian kelas, menganalisis penilaian berdasarkan stándar /kebijakan penilaian, dan menerapkan penilaian dalam proses pembelajaran

  1. 1. Paradigma penilaian kelas
  2. 2. Penilaian oleh pendidik
  3. 3. Penilaian oleh satuan pendidikan
  4. 4. Penilaian oleh pemerintah berdasarkan undang- undang
Kriteria:

ketepatan menjelaskan Paradigma penilaian kelas, Penilaian oleh pendidik, dan Penilaian oleh satuan pendidikan serta Penilaian oleh pemerintah berdasarkan undang- undang


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi, menelusur sumber informasi, diskusi, dan penugasan proyek merangkum atau paper ringkas materi paradigma penilaian
2 x 50 menit
Materi: Paradigma penilaian kelas, Penilaian oleh pendidik, dan Penilaian oleh satuan pendidikan serta Penilaian oleh pemerintah berdasarkan undang- undang
Pustaka: 2. Tim Penyusun, 2021. Panduan pembelajaran dan asesmen. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
5%

4

Minggu ke 4

Merencanakan, melaksanakan, dan menganalisis hasil penilaian

Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif

Kriteria:

1. Penilaian portofolio, skor maks 10 2. Penilaian proses, skor maks 10 3. Penilaian produk, skor maks 15 4. Penilaian scientific, skor maks 15 5. Partisipatif, skor maks 50


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Diskusi, menelusur sumber informasi, diskusi, penugasan membuat makalah dan PPT tentang penilaian portofolio dan penilaian proses, penilaian produk, penilaian scientific.
2 x 50 menit
Materi: Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif
Pustaka: 3. Brookhart, Susan M. 2013. How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. USA: ASCD

Materi: Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif
Pustaka: 1. Rahmi Ramadhani, dkk. 2020. Teori & Praktik. Platform asesmen untuk pembelajaran daring. Yayasan Kita Menulis.
5%

5

Minggu ke 5

Merencanakan, melaksanakan, dan menganalisis hasil penilaian

Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif

Kriteria:

1. Penilaian portofolio, skor maks 10 2. Penilaian proses, skor maks 10 3. Penilaian produk, skor maks 15 4. Penilaian scientific, skor maks 15 5. Partisipatif, skor maks 50


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Diskusi, menelusur sumber informasi, diskusi, penugasan membuat makalah dan PPT tentang penilaian portofolio dan penilaian proses, penilaian produk, penilaian scientific.
2 x 50 menit
Materi: Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif
Pustaka: 3. Brookhart, Susan M. 2013. How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. USA: ASCD

Materi: Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif
Pustaka: 1. Rahmi Ramadhani, dkk. 2020. Teori & Praktik. Platform asesmen untuk pembelajaran daring. Yayasan Kita Menulis.
5%

6

Minggu ke 6

Merencanakan, melaksanakan, dan menganalisis hasil penilaian

Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif

Kriteria:

1. Penilaian portofolio, skor maks 10 2. Penilaian proses, skor maks 10 3. Penilaian produk, skor maks 15 4. Penilaian scientific, skor maks 15 5. Partisipatif, skor maks 50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi, menelusur sumber informasi, diskusi, penugasan membuat makalah dan PPT tentang penilaian portofolio dan penilaian proses, penilaian produk, penilaian scientific.
2 x 50 menit
Materi: Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif
Pustaka: 3. Brookhart, Susan M. 2013. How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. USA: ASCD

Materi: Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif
Pustaka: 1. Rahmi Ramadhani, dkk. 2020. Teori & Praktik. Platform asesmen untuk pembelajaran daring. Yayasan Kita Menulis.
5%

7

Minggu ke 7

Merencanakan, melaksanakan, dan menganalisis hasil penilaian

Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif

Kriteria:

1. Penilaian portofolio, skor maks 10 2. Penilaian proses, skor maks 10 3. Penilaian produk, skor maks 15 4. Penilaian scientific, skor maks 15 5. Partisipatif, skor maks 50


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, menelusur sumber informasi, diskusi, penugasan membuat makalah dan PPT tentang penilaian portofolio dan penilaian proses, penilaian produk, penilaian scientific.
2 x 50 menit

Materi: Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif
Pustaka: 3. Brookhart, Susan M. 2013. How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. USA: ASCD

Materi: Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif
Pustaka: 1. Rahmi Ramadhani, dkk. 2020. Teori & Praktik. Platform asesmen untuk pembelajaran daring. Yayasan Kita Menulis.
5%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER

Memahami materi minggu 1-7

Kriteria:

sesuai rubrik penilaian portofolio


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Aktifitas Partisipasif, Tes
Materi: Rubrik penilaian portofolio, proses, produk dan saintific beserta penerapan di kelas
Pustaka: 3. Brookhart, Susan M. 2013. How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. USA: ASCD
15%

9

Minggu ke 9

Melakukan tindak lanjut hasil analisis dan melaporkan hasilnya

Melaporkan hasil analisis

Kriteria:

1. Ketepatan laporan, skor maks 25 2. Ketepatan makalah, skor maks 25 3. Partisipatif, skor min 50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi, menelusur sumber informasi, diskusi, mempresentasikan laporan hasil analisis, dan membuat makalah mekanisme penilaian pada
siswa SMK
2 x 50 menit
Materi: lpenilaian pembelajaran
Pustaka: 3. Brookhart, Susan M. 2013. How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. USA: ASCD
5%

10

Minggu ke 10

Perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan hasil evaluasi

1. Tes tulis (benar salah, isian, menjodohkan, pilihan ganda, essay) 2.Tes lisan 3.Tes unjuk kerja

Kriteria:

1. Ketepatan untuk tes tulis, skor maks 20 2. Ketepatan tes lisan, skor maks 15 3. Ketepatan tes unjuk kertja, skor maks 15


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Presentasi dosen, menelusur sumber informasi, diskusi, dan penugasan membuat makalah tentang teknik pengebangan evaluasi penskoran pada siswa SMK untuk ranah kognitif dan mempresentasikan
2 x 50 menit
Materi: Praktik penilaian pembelajaran
Pustaka: 1. Rahmi Ramadhani, dkk. 2020. Teori & Praktik. Platform asesmen untuk pembelajaran daring. Yayasan Kita Menulis.
10%

11

Minggu ke 11

Perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan hasil evaluasi

1. Tes tulis (benar salah, isian, menjodohkan, pilihan ganda, essay) 2.Tes lisan 3.Tes unjuk kerja

Kriteria:

1. Ketepatan untuk tes tulis, skor maks 20 2. Ketepatan tes lisan, skor maks 15 3. Ketepatan tes unjuk kertja, skor maks 15


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi dosen, menelusur sumber informasi, diskusi, dan penugasan membuat makalah tentang teknik pengebangan evaluasi penskoran pada siswa SMK untuk ranah kognitif dan mempresentasikan
2 x 50 menit
Materi: Praktik penilaian pembelajaran
Pustaka: 1. Rahmi Ramadhani, dkk. 2020. Teori & Praktik. Platform asesmen untuk pembelajaran daring. Yayasan Kita Menulis.
5%

12

Minggu ke 12

Perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan hasil evaluasi

1. Tes tulis (benar salah, isian, menjodohkan, pilihan ganda, essay) 2.Tes lisan 3.Tes unjuk kerja

Kriteria:

1. Ketepatan untuk tes tulis, skor maks 20 2. Ketepatan tes lisan, skor maks 15 3. Ketepatan tes unjuk kertja, skor maks 15


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Presentasi dosen, menelusur sumber informasi, diskusi, dan penugasan membuat makalah tentang teknik pengebangan evaluasi penskoran pada siswa SMK untuk ranah kognitif dan mempresentasikan
2 x 50 menit
Materi: Praktik penilaian pembelajaran
Pustaka: 1. Rahmi Ramadhani, dkk. 2020. Teori & Praktik. Platform asesmen untuk pembelajaran daring. Yayasan Kita Menulis.
10%

13

Minggu ke 13

Menganalisis paradigma penilaian kelas dalam proses pembelajaran di SMK, penilaian oleh pendidik, penilaian oleh satuan pendidikan, penilaian oleh pemerintah berdasarkan permendikbud, dan membuat penilaian dalam modul belajar SMK (Kurmer)

1. Menganalisis paradigma penilaian kelas dalam proses pembelajaran di SMK 2. Menganalisis paradigma penilaian oleh pendidik 3. Menganalisis paradigma penilaian oleh satuan pendidikan 4. Menganalisis paradigma penilaian oleh pemerintah berdasarkan permendikbud 5. Membuat penilaian dalam modul belajar SMK (Kurmer)

Kriteria:

1. Ketepatan analisis paradigma penilaian kelas, skor maks 10 2. Ketepatan analisis paradigma penilaian oleh pendidik, skor maks 10 3. Ketepatan analisis paradigma penilaian oleh satuan pendidikan, skor maks 10 4. Ketepatan analisis paradigma penilaian oleh pemerintah , skor maks 10 5. Ketepatan guru membuat penilaian dalam modul belajar SMK (Kurmer), skor maks 10 6. Partisipatif, skor min 50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi dosen, menelusur sumber informasi, diskusi, dan penugasan membuat makalah singkat penyusunan kisi-kisi butir soal dan mempresentasikan hasilnya.
2 x 50 menit
Materi: paradigma penilaian kelas dalam proses pembelajaran di SMK
Pustaka: 2. Tim Penyusun, 2021. Panduan pembelajaran dan asesmen. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
5%

14

Minggu ke 14

Menganalisis paradigma penilaian kelas dalam proses pembelajaran di SMK, penilaian oleh pendidik, penilaian oleh satuan pendidikan, penilaian oleh pemerintah berdasarkan permendikbud, dan membuat penilaian dalam modul belajar SMK (Kurmer)

1. Menganalisis paradigma penilaian kelas dalam proses pembelajaran di SMK 2. Menganalisis paradigma penilaian oleh pendidik 3. Menganalisis paradigma penilaian oleh satuan pendidikan 4. Menganalisis paradigma penilaian oleh pemerintah berdasarkan permendikbud 5. Membuat penilaian dalam modul belajar SMK (Kurmer)

Kriteria:
  1. 1. Ketepatan analisis paradigma penilaian kelas, skor maks 10
  2. 2. Ketepatan analisis paradigma penilaian oleh pendidik, skor maks 10
  3. 3. Ketepatan analisis paradigma penilaian oleh satuan pendidikan, skor maks 10
  4. 4. Ketepatan analisis paradigma penilaian oleh pemerintah , skor maks 10
  5. 5. Ketepatan guru membuat penilaian dalam modul belajar SMK (Kurmer), skor maks 10
  6. 6. Partisipatif, skor min 50

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dosen, menelusur sumber informasi, diskusi, dan penugasan membuat makalah singkat penyusunan kisi-kisi butir soal dan mempresentasikan hasilnya.
2 x 50 menit

Materi: paradigma penilaian kelas dalam proses pembelajaran di SMK
Pustaka: 2. Tim Penyusun, 2021. Panduan pembelajaran dan asesmen. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
5%

15

Minggu ke 15

Menganalisis paradigma penilaian kelas dalam proses pembelajaran di SMK, penilaian oleh pendidik, penilaian oleh satuan pendidikan, penilaian oleh pemerintah berdasarkan permendikbud, dan membuat penilaian dalam modul belajar SMK (Kurmer)

1. Menganalisis paradigma penilaian kelas dalam proses pembelajaran di SMK 2. Menganalisis paradigma penilaian oleh pendidik 3. Menganalisis paradigma penilaian oleh satuan pendidikan 4. Menganalisis paradigma penilaian oleh pemerintah berdasarkan permendikbud 5. Membuat penilaian dalam modul belajar SMK (Kurmer)

Kriteria:
  1. Menganalisis dan mengevaluasi , skor maks 50%
  2. Partisipatif, skor min 50%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Presentasi dosen, menelusur sumber informasi, diskusi, dan penugasan membuat makalah singkat dan mempresentasikan hasilnya.
2 x 50 menit
Materi: paradigma penilaian kelas dalam proses pembelajaran di SMK
Pustaka: 2. Tim Penyusun, 2021. Panduan pembelajaran dan asesmen. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
10%

16

Minggu ke 16

UJIAN AKHIR SEMESTER

pengembangan, penerapan asesmen dan pelaporan hasil

Kriteria:

Kesesuaian dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Presentasi hasil pekerjaan mahasiswa dalam merencanakan dan membuat instrumen penilaian, hasil validasi, dan hasil hasil analisis butir soal yang telah dilakukan

Materi: penyusunan rubrik dan penerapan asesmen
Pustaka: 3. Brookhart, Susan M. 2013. How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. USA: ASCD

Materi: penyusunan dan penerapan rubrik asesmen pembelajaran
Pustaka: 2. Tim Penyusun, 2021. Panduan pembelajaran dan asesmen. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Penilaian Portofolio 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.