
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
asesmen pendidikan teknologi dan kejuruan |
8310103151 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
1 |
7 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Joko, M.Pd. MT.
|
.......................................
|
Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-10 |
Mampu merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi program pembelajaran inovatif yang efektif dan efisien pada pendidikan S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan yang relevan dengan perkembangan industri global. |
PLO-12 |
Memiliki pengetahuan yang komprehensif sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang khas di program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dan mengikuti kaidah penulisan ilmiah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mensintesis serta mengevaluasi perbedaan evaluasi, pengukuran, dan penilaian, dan sistem penilaian
|
PO - 2 |
Merencanakan, melaksanakan, dan menganalisis hasil penilaian
|
PO - 3 |
Mampu melakukan tindak lanjut dari hasil analisis hasil penilaan dan melaporkan hasilnya
|
PO - 4 |
Mampu merencanakan, melaksanaan, melakukan pengujian, dan melaporkan hasil pekerjaan melaksanakan evaluasi
|
PO - 5 |
Mampu menganalisis dan mengevaluasi paradigma penilaian kelas dalam proses pembelajaran di SMK, penilaian oleh pendidik, penilaian oleh satuan pendidikan, penilaian oleh pemerintah, dikaitkan dengan tren globa ldan melaporkan hasilnya dalam bentuk makalah yang diseminarkan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-10 | PLO-12 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | | ✔ | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | | ✔ | | PO-5 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | ✔ | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membekali kemampuan mahasiswa tentang konsep evaluasi, pengukuran, dan penilaian atau asesmen pada Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK), sistem penilaian (PAN dan PAP), Asesmen Alternatif (secara online dan offline), dan asesmen yang adaptif. Mahasiswa jjuga mampu berpikir kritis dan mampu melakukan inovasi dalam mempersiapkan, merencanakan, mengkonstruksi, dan mengembangkan perangkat asesmen dan untu selanjutnya melakukan validasi, melakukan ujicoba, melakukan analis, melakukan evaluasi, dan melaporkan hasill produknya. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Griffin, Patricand EstherCare. 2015. Assessment and Teaching of 21stCentury Skills.New Y ork: Springer
- 2. Anderson,Lorin W. 2008.Classroom Assessment Enhancing the Quality of Teacher Decision Making.London:\Lawrence Erlbaum Associates
- 3. Brookhart, Susan M. 2013. How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. USA: ASCD
- 4. Endang Mulyatiningsih. 2018. Asesmen pembelajaran kejuruan bidang pariwisata & tata boga. Edisi pertama. UNY Press
- 5. Jaap Scheerens, Cees Glas, Sally M.Thomas, 2005. Educational evaluation, assessment, and monitoring. A systemic approach. Published by: Swets & Zeitlinger Publisher, Lisse Abingdon Exton (Pa) Tokyo
- 6. Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2022). Educational Assessment of Students (8th Edition). Boston: Pearson.
- 7. McMillan, J. H. (2018). Classroom Assessment: Principles and Practice for Effective Standards-Based Instruction (7th Edition). Boston: Pearson
- A. Matt Andrews, Lant Pritchett, and Michael Woolcock. 2017. Building State Capability Evidence, Analysis, Action
|
Pendukung : |
|
- 1. Rahmi Ramadhani, dkk. 2020. Teori & Praktik. Platform asesmen untuk pembelajaran daring. Yayasan Kita Menulis.
- 2. Tim Penyusun, 2021. Panduan pembelajaran dan asesmen. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
- 3. Popham, W. J. (2019). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know (9th Edition). Boston: Pearson
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Tri Rijanto, M.Pd., M.T. Prof. Dr. Joko, M.Pd., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- 1. Menjelaskan pengertian asesmen, pengukuran, dan evaluasi
- 2. Menjelaskan prinsip asesmen dalam paradigma penilaian kelas
|
- 1. Menjelaskan Pengertian asesmen, penilaian, pengukuran, dan evaluasi.
- 2. Menjelaskan Prinsip, fungsi, kegunaan, dan jenis- jenis asesmen
|
Kriteria:
- 1. Ketepatan menjelaskan pengertian asesmen, penilaian, pengukuran, dan evaluasi, skor maks 20
- 2. Ketepatan menjelaskan prinsip asesmen dalam paradigma penilaian kelas, skor maks 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2 x 50 |
Presentasi, menelusur sumber informasi, diskusi, dan penugasan membuat makalah dan PPT 2 x 50 menit |
Materi: Strategig Managemen Pustaka: A. Matt Andrews, Lant Pritchett, and Michael Woolcock. 2017. Building State Capability Evidence, Analysis, Action |
0% |
2
Minggu ke 2 |
- 3. Menganalisis fungsi asesmen tentang standar penilaian.
- 4. Menerapkan kegunaan asesmen dan jenis-jenis asesmen dalam proses pembelajaran
|
- 3. Menganalisis fungsi asesmen tentang standar penilaian.
- 4. Menerapkan kegunaan asesmen dan jenis-jenis asesmen dalam proses pembelajaran
|
Kriteria:
- 3. Ketepatan hasil analisis fungsi asesmen berkaitan standar penilaian, skor maks 10
- 4. Ketepatan menerapkan asesmen sesuai jenisnya dalam proses pembelajaran, skor maks 10
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi, menelusur sumber informasi, diskusi, dan penugasan membuat makalah dan PPT 2 x 50 menit |
Materi: fungsi asesmen tentang standar penilaian. Pustaka: 1. Griffin, Patricand EstherCare. 2015. Assessment and Teaching of 21stCentury Skills.New Y ork: Springer Materi: kegunaan asesmen dan jenis-jenis asesmen dalam proses pembelajaran Pustaka: 2. Anderson,Lorin W. 2008.Classroom Assessment Enhancing the Quality of Teacher Decision Making.London:\Lawrence Erlbaum Associates |
0% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami paradigma penilaian kelas, menganalisis penilaian berdasarkan stándar /kebijakan penilaian, dan menerapkan penilaian dalam proses pembelajaran |
- 1. Paradigma penilaian kelas
- 2. Penilaian oleh pendidik
- 3. Penilaian oleh satuan pendidikan
- 4. Penilaian oleh pemerintah berdasarkan undang- undang
|
Kriteria:
ketepatan menjelaskan Paradigma penilaian kelas, Penilaian oleh pendidik, dan Penilaian oleh satuan pendidikan serta Penilaian oleh pemerintah berdasarkan undang- undang Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi, menelusur sumber informasi, diskusi, dan penugasan proyek merangkum atau paper ringkas materi paradigma penilaian 2 x 50 menit |
Materi: Paradigma penilaian kelas, Penilaian oleh pendidik, dan Penilaian oleh satuan pendidikan serta Penilaian oleh pemerintah berdasarkan undang- undang Pustaka: 2. Tim Penyusun, 2021. Panduan pembelajaran dan asesmen. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Merencanakan, melaksanakan, dan menganalisis hasil penilaian |
Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif |
Kriteria:
1. Penilaian portofolio, skor maks 10 2. Penilaian proses, skor maks 10 3. Penilaian produk, skor maks 15 4. Penilaian scientific, skor maks 15 5. Partisipatif, skor maks 50 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Diskusi, menelusur sumber informasi, diskusi, penugasan membuat makalah dan PPT tentang penilaian portofolio dan penilaian proses, penilaian produk, penilaian scientific. 2 x 50 menit |
Materi: Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif Pustaka: 3. Brookhart, Susan M. 2013. How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. USA: ASCD Materi: Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif Pustaka: 1. Rahmi Ramadhani, dkk. 2020. Teori & Praktik. Platform asesmen untuk pembelajaran daring. Yayasan Kita Menulis. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Merencanakan, melaksanakan, dan menganalisis hasil penilaian |
Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif |
Kriteria:
1. Penilaian portofolio, skor maks 10 2. Penilaian proses, skor maks 10 3. Penilaian produk, skor maks 15 4. Penilaian scientific, skor maks 15 5. Partisipatif, skor maks 50 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Diskusi, menelusur sumber informasi, diskusi, penugasan membuat makalah dan PPT tentang penilaian portofolio dan penilaian proses, penilaian produk, penilaian scientific. 2 x 50 menit |
Materi: Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif Pustaka: 3. Brookhart, Susan M. 2013. How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. USA: ASCD Materi: Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif Pustaka: 1. Rahmi Ramadhani, dkk. 2020. Teori & Praktik. Platform asesmen untuk pembelajaran daring. Yayasan Kita Menulis. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Merencanakan, melaksanakan, dan menganalisis hasil penilaian |
Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif |
Kriteria:
1. Penilaian portofolio, skor maks 10 2. Penilaian proses, skor maks 10 3. Penilaian produk, skor maks 15 4. Penilaian scientific, skor maks 15 5. Partisipatif, skor maks 50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Diskusi, menelusur sumber informasi, diskusi, penugasan membuat makalah dan PPT tentang penilaian portofolio dan penilaian proses, penilaian produk, penilaian scientific. 2 x 50 menit |
Materi: Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif Pustaka: 3. Brookhart, Susan M. 2013. How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. USA: ASCD Materi: Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif Pustaka: 1. Rahmi Ramadhani, dkk. 2020. Teori & Praktik. Platform asesmen untuk pembelajaran daring. Yayasan Kita Menulis. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Merencanakan, melaksanakan, dan menganalisis hasil penilaian |
Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif |
Kriteria:
1. Penilaian portofolio, skor maks 10 2. Penilaian proses, skor maks 10 3. Penilaian produk, skor maks 15 4. Penilaian scientific, skor maks 15 5. Partisipatif, skor maks 50 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, menelusur sumber informasi, diskusi, penugasan membuat makalah dan PPT tentang penilaian portofolio dan penilaian proses, penilaian produk, penilaian scientific. 2 x 50 menit |
|
Materi: Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif Pustaka: 3. Brookhart, Susan M. 2013. How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. USA: ASCD Materi: Penilaian portofolio 2.Penilaian proses 3.Penilaian produk 4.Penilaian scientific 5.Partisipatif Pustaka: 1. Rahmi Ramadhani, dkk. 2020. Teori & Praktik. Platform asesmen untuk pembelajaran daring. Yayasan Kita Menulis. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER |
Memahami materi minggu 1-7 |
Kriteria:
sesuai rubrik penilaian portofolio Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Aktifitas Partisipasif, Tes
|
Materi: Rubrik penilaian portofolio, proses, produk dan saintific beserta penerapan di kelas Pustaka: 3. Brookhart, Susan M. 2013. How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. USA: ASCD |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Melakukan tindak lanjut hasil analisis dan melaporkan hasilnya |
Melaporkan hasil analisis |
Kriteria:
1. Ketepatan laporan, skor maks 25 2. Ketepatan makalah, skor maks 25 3. Partisipatif, skor min 50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Diskusi, menelusur sumber informasi, diskusi, mempresentasikan laporan hasil analisis, dan membuat makalah mekanisme penilaian pada
siswa SMK 2 x 50 menit |
Materi: lpenilaian pembelajaran Pustaka: 3. Brookhart, Susan M. 2013. How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. USA: ASCD |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan hasil evaluasi |
1. Tes tulis (benar salah, isian, menjodohkan, pilihan ganda, essay) 2.Tes lisan 3.Tes unjuk kerja |
Kriteria:
1. Ketepatan untuk tes tulis, skor maks 20 2. Ketepatan tes lisan, skor maks 15 3. Ketepatan tes unjuk kertja, skor maks 15 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Presentasi dosen, menelusur sumber informasi, diskusi, dan penugasan membuat makalah tentang teknik pengebangan evaluasi penskoran pada siswa SMK untuk ranah kognitif dan mempresentasikan 2 x 50 menit |
Materi: Praktik penilaian pembelajaran Pustaka: 1. Rahmi Ramadhani, dkk. 2020. Teori & Praktik. Platform asesmen untuk pembelajaran daring. Yayasan Kita Menulis. |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan hasil evaluasi |
1. Tes tulis (benar salah, isian, menjodohkan, pilihan ganda, essay) 2.Tes lisan 3.Tes unjuk kerja |
Kriteria:
1. Ketepatan untuk tes tulis, skor maks 20 2. Ketepatan tes lisan, skor maks 15 3. Ketepatan tes unjuk kertja, skor maks 15 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi dosen, menelusur sumber informasi, diskusi, dan penugasan membuat makalah tentang teknik pengebangan evaluasi penskoran pada siswa SMK untuk ranah kognitif dan mempresentasikan 2 x 50 menit |
Materi: Praktik penilaian pembelajaran Pustaka: 1. Rahmi Ramadhani, dkk. 2020. Teori & Praktik. Platform asesmen untuk pembelajaran daring. Yayasan Kita Menulis. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan hasil evaluasi |
1. Tes tulis (benar salah, isian, menjodohkan, pilihan ganda, essay) 2.Tes lisan 3.Tes unjuk kerja |
Kriteria:
1. Ketepatan untuk tes tulis, skor maks 20 2. Ketepatan tes lisan, skor maks 15 3. Ketepatan tes unjuk kertja, skor maks 15 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Presentasi dosen, menelusur sumber informasi, diskusi, dan penugasan membuat makalah tentang teknik pengebangan evaluasi penskoran pada siswa SMK untuk ranah kognitif dan mempresentasikan 2 x 50 menit |
Materi: Praktik penilaian pembelajaran Pustaka: 1. Rahmi Ramadhani, dkk. 2020. Teori & Praktik. Platform asesmen untuk pembelajaran daring. Yayasan Kita Menulis. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Menganalisis paradigma penilaian kelas dalam proses pembelajaran di SMK, penilaian oleh pendidik, penilaian oleh satuan pendidikan, penilaian oleh pemerintah berdasarkan permendikbud, dan membuat penilaian dalam modul belajar SMK (Kurmer) |
1. Menganalisis paradigma penilaian kelas dalam proses pembelajaran di SMK 2. Menganalisis paradigma penilaian oleh pendidik 3. Menganalisis paradigma penilaian oleh satuan pendidikan 4. Menganalisis paradigma penilaian oleh pemerintah berdasarkan permendikbud 5. Membuat penilaian dalam modul belajar SMK (Kurmer) |
Kriteria:
1. Ketepatan analisis paradigma penilaian kelas, skor maks 10 2. Ketepatan analisis paradigma penilaian oleh pendidik, skor maks 10 3. Ketepatan analisis paradigma penilaian oleh satuan pendidikan, skor maks 10 4. Ketepatan analisis paradigma penilaian oleh pemerintah , skor maks 10 5. Ketepatan guru membuat penilaian dalam modul belajar SMK (Kurmer), skor maks 10 6. Partisipatif, skor min 50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi dosen, menelusur sumber informasi, diskusi, dan penugasan membuat makalah singkat penyusunan kisi-kisi butir soal dan mempresentasikan hasilnya. 2 x 50 menit |
Materi: paradigma penilaian kelas dalam proses pembelajaran di SMK Pustaka: 2. Tim Penyusun, 2021. Panduan pembelajaran dan asesmen. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menganalisis paradigma penilaian kelas dalam proses pembelajaran di SMK, penilaian oleh pendidik, penilaian oleh satuan pendidikan, penilaian oleh pemerintah berdasarkan permendikbud, dan membuat penilaian dalam modul belajar SMK (Kurmer) |
1. Menganalisis paradigma penilaian kelas dalam proses pembelajaran di SMK 2. Menganalisis paradigma penilaian oleh pendidik 3. Menganalisis paradigma penilaian oleh satuan pendidikan 4. Menganalisis paradigma penilaian oleh pemerintah berdasarkan permendikbud 5. Membuat penilaian dalam modul belajar SMK (Kurmer) |
Kriteria:
- 1. Ketepatan analisis paradigma penilaian kelas, skor maks 10
- 2. Ketepatan analisis paradigma penilaian oleh pendidik, skor maks 10
- 3. Ketepatan analisis paradigma penilaian oleh satuan pendidikan, skor maks 10
- 4. Ketepatan analisis paradigma penilaian oleh pemerintah , skor maks 10
- 5. Ketepatan guru membuat penilaian dalam modul belajar SMK (Kurmer), skor maks 10
- 6. Partisipatif, skor min 50
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dosen, menelusur sumber informasi, diskusi, dan penugasan membuat makalah singkat penyusunan kisi-kisi butir soal dan mempresentasikan hasilnya. 2 x 50 menit |
|
Materi: paradigma penilaian kelas dalam proses pembelajaran di SMK Pustaka: 2. Tim Penyusun, 2021. Panduan pembelajaran dan asesmen. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis paradigma penilaian kelas dalam proses pembelajaran di SMK, penilaian oleh pendidik, penilaian oleh satuan pendidikan, penilaian oleh pemerintah berdasarkan permendikbud, dan membuat penilaian dalam modul belajar SMK (Kurmer) |
1. Menganalisis paradigma penilaian kelas dalam proses pembelajaran di SMK 2. Menganalisis paradigma penilaian oleh pendidik 3. Menganalisis paradigma penilaian oleh satuan pendidikan 4. Menganalisis paradigma penilaian oleh pemerintah berdasarkan permendikbud 5. Membuat penilaian dalam modul belajar SMK (Kurmer) |
Kriteria:
- Menganalisis dan mengevaluasi , skor maks 50%
- Partisipatif, skor min 50%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Presentasi dosen, menelusur sumber informasi, diskusi, dan penugasan membuat makalah singkat dan mempresentasikan hasilnya. 2 x 50 menit |
Materi: paradigma penilaian kelas dalam proses pembelajaran di SMK Pustaka: 2. Tim Penyusun, 2021. Panduan pembelajaran dan asesmen. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
UJIAN AKHIR SEMESTER |
pengembangan, penerapan asesmen dan pelaporan hasil |
Kriteria:
Kesesuaian dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Presentasi hasil pekerjaan mahasiswa dalam merencanakan dan membuat instrumen penilaian, hasil validasi, dan hasil hasil analisis butir soal yang telah dilakukan
|
|
Materi: penyusunan rubrik dan penerapan asesmen Pustaka: 3. Brookhart, Susan M. 2013. How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. USA: ASCD Materi: penyusunan dan penerapan rubrik asesmen pembelajaran Pustaka: 2. Tim Penyusun, 2021. Panduan pembelajaran dan asesmen. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. |
10% |