Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S2 Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Jaringan Komputer

2010102133

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

24 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




UNIT THREE KARTINI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai konsep teoretis rekayasa (Engineering) secara mendalam pada bidang Teknik Elektro

PLO-9

Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghaslkan karya inovatif dan teruji

PLO-13

Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan di bidang rekayasa teknik elektro untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui riset dengan pendekatan interdisiplin atau multidisiplin

PLO-14

Memformulasikan ide ide baru (new research question/desain/model baru) di bidang teknik elektro dari hasil riset yang dilaksanakan untuk pengembangan ilmu dan teknologi di bidang rekayasa

PLO-16

Mengembangkan metode, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan menganalisis secara detail topik penelitian yang menjadi bidang konsentrasi masing-masing

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis dan memahami berbagai protokol jaringan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dalam berbagai skenario jaringan (C4)

PO - 2

Mengevaluasi kinerja jaringan menggunakan berbagai tools dan teknik simulasi untuk memastikan efisiensi dan keamanan jaringan (C5)

PO - 3

Menciptakan desain jaringan yang inovatif yang mengintegrasikan teknologi terkini untuk memenuhi kebutuhan spesifik organisasi atau industri (C6)

PO - 4

Menganalisis keamanan jaringan dan mengidentifikasi potensi risiko serta mengusulkan solusi mitigasi yang efektif (C4)

PO - 5

Mengevaluasi berbagai arsitektur jaringan dan memilih yang paling sesuai berdasarkan kriteria performa, skalabilitas, dan biaya (C5)

PO - 6

Menciptakan protokol jaringan baru atau memodifikasi protokol yang ada untuk meningkatkan efisiensi transmisi data (C6)

PO - 7

Menganalisis pengaruh teknologi jaringan terbaru terhadap infrastruktur IT eksisting dan mengusulkan rencana integrasi (C4)

PO - 8

Mengevaluasi dan memilih perangkat keras jaringan yang sesuai untuk mendukung implementasi jaringan yang efisien dan aman (C5)

PO - 9

Menciptakan model simulasi jaringan untuk menguji teori atau hipotesis baru dalam penelitian jaringan komputer (C6)

PO - 10

Menganalisis dan mengoptimalkan algoritma routing dan switching untuk meningkatkan performa jaringan (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-5PLO-9PLO-13PLO-14PLO-16
PO-1       
PO-2       
PO-3       
PO-4       
PO-5       
PO-6       
PO-7       
PO-8       
PO-9       
PO-10       

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pustaka

Utama :

  1. Peterson, Larry. 2019. Computer Networks: A Systems Approach. United States: Princeton University

Pendukung :

Dosen Pengampu

I GUSTI PUTU ASTO BUDITJAHJANTO

Prof. Dr. I Gusti Putu Asto Buditjahjanto, S.T., M.T.

Prof. Dr. I Gusti Putu Asto Buditjahjanto, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan memahami berbagai protokol jaringan serta model OSI dan TCP/IP untuk mengidentifikasi bagaimana data bergerak melalui jaringan.

  1. 1. Analisis protokol jaringan
  2. 2. Pemahaman model OSI dan TCP/IP
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasusPembelajaran
berbasis
diskusi dan
studi kasus
90 menit
Diskusi daring tentang implementasi protokol jaringan yang relevan
90 menit
Materi: protokol jaringan
Pustaka: Peterson, Larry. 2019. Computer Networks: A Systems Approach. United States: Princeton University
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan evaluasi keamanan jaringan dengan menggunakan metode dan teknologi terkini, serta mampu menilai kerentanan dan risiko dalam jaringan.

  1. 1. Analisis kerentanan jaringan
  2. 2. Evaluasi risiko keamanan jaringan
  3. 3. Penerapan metode dan teknologi terkini dalam evaluasi keamanan jaringan
Kriteria:

Penilaian Portofolio


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Pembelajaran
berbasis
proyek
90
Diskusi daring tentang analisis kerentanan jaringan, Pengembangan proyek evaluasi risiko keamanan jaringan
90
Materi: keamanan jaringan
Pustaka: Peterson, Larry. 2019. Computer Networks: A Systems Approach. United States: Princeton University
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan desain jaringan yang optimal dan inovatif untuk berbagai skenario bisnis dan teknis menggunakan perangkat lunak simulasi jaringan.

1. Kemampuan dalam menciptakan desain jaringan yang optimal dan inovatif

Kriteria:

Penilaian Portofolio


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran
berbasis
proyek
90
Penugasan proyek desain jaringan melalui LMS
90
Materi: desain jaringan
Pustaka: Peterson, Larry. 2019. Computer Networks: A Systems Approach. United States: Princeton University
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis performa jaringan, mengidentifikasi bottleneck, dan merancang solusi peningkatan performa berdasarkan teori dan praktik terkini dalam jaringan komputer.

  1. 1. Analisis performa jaringan
  2. 2. Identifikasi bottleneck
  3. 3. Solusi peningkatan performa
Kriteria:

Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Pembelajaran
berbasis
masalah
(Problem-
Based
Learning)
90
Diskusi daring tentang studi kasus analisis performa jaringan dan identifikasi bottleneck
90
Materi: performa jaringan, mengidentifikasi bottleneck, dan merancang solusi peningkatan performa
Pustaka: Peterson, Larry. 2019. Computer Networks: A Systems Approach. United States: Princeton University
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis performa jaringan dengan cermat, mengidentifikasi bottleneck yang terjadi, dan mengusulkan solusi peningkatan berdasarkan teori dan praktik terkini.

  1. 1. Analisis Performa Jaringan
  2. 2. Identifikasi Bottleneck
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran
Berbasis
Masalah
90
Diskusi daring tentang studi kasus performa jaringan, Menganalisis data performa jaringan secara online
90"
Materi: performa jaringan
Pustaka: Peterson, Larry. 2019. Computer Networks: A Systems Approach. United States: Princeton University
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan evaluasi dan perbandingan protokol routing dan switching untuk menentukan solusi terbaik dalam berbagai skenario jaringan.

  1. 1. Kemampuan membandingkan karakteristik protokol routing dan switching
  2. 2. Kemampuan mengevaluasi kelebihan dan kekurangan protokol routing dan switching
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran
Berbasis
Masalah
90"
Diskusi daring tentang kelebihan dan kekurangan protokol routing dan switching, Membuat laporan evaluasi protokol routing dan switching
90"
Materi: protokol routing dan switching
Pustaka: Peterson, Larry. 2019. Computer Networks: A Systems Approach. United States: Princeton University
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan membandingkan protokol routing dan switching untuk menentukan solusi terbaik dalam berbagai skenario jaringan.

  1. 1. Mampu menganalisis kelebihan dan kekurangan protokol routing dan switching
  2. 2. Mampu memilih protokol yang tepat untuk skenario jaringan tertentu
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi
kelompok
dan studi
kasus
90"
Diskusi daring
tentang
kelebihan dan
kekurangan
protokol routing
dan switching
90"
Materi: protokol routing dan switching
Pustaka: Peterson, Larry. 2019. Computer Networks: A Systems Approach. United States: Princeton University
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

-

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Tes
-
100x2

Materi: UTS
Pustaka: Peterson, Larry. 2019. Computer Networks: A Systems Approach. United States: Princeton University
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi keamanan jaringan yang inovatif berdasarkan analisis kebutuhan dan risiko yang ada, serta mengintegrasikan teknologi terbaru.

  1. 1. analisis kebutuhan keamanan jaringan
  2. 2. kreativitas dalam menciptakan solusi keamanan
  3. 3. integrasi teknologi terbaru
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah
90
Diskusi daring
tentang analisis
kebutuhan
keamanan
jaringan,
Penugasan
proyek
pengembangan
solusi keamanan
inovatif
90
Materi: keamanan jaringan
Pustaka: Peterson, Larry. 2019. Computer Networks: A Systems Approach. United States: Princeton University
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kasus-kasus nyata kegagalan jaringan, mengidentifikasi penyebabnya, dan mengembangkan strategi mitigasi yang tepat.

1. Mampu mengidentifikasi penyebab kegagalan jaringan

Kriteria:

-

Pembelajaran
Berbasis
Masalah
90
Diskusi daring
tentang studi
kasus kegagalan
jaringan dan
penyebabnya
90
Materi: kegagalan jaringan
Pustaka: Peterson, Larry. 2019. Computer Networks: A Systems Approach. United States: Princeton University
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kasus-kasus nyata dari kegagalan jaringan, mengidentifikasi penyebabnya, dan mengembangkan strategi mitigasi yang efektif.

  1. 1. Mampu mengidentifikasi penyebab kegagalan jaringan
  2. 2. Mampu menganalisis kasus-kasus nyata secara mendalam
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran
berbasis
kasus
90
Diskusi daring
tentang studi
kasus kegagalan
jaringan,
Penyusunan
laporan analisis
kasus jaringan
90
Materi: kegagalan jaringan
Pustaka: Peterson, Larry. 2019. Computer Networks: A Systems Approach. United States: Princeton University
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi penggunaan cloud computing dan virtualisasi dalam jaringan untuk menentukan efektivitas dan efisiensi operasional.

1. Analisis efektivitas penggunaan cloud computing

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran
Berbasis
Proyek
90
Pengembangan
Proyek
Implementasi
Cloud Computing
90
Materi: cloud computing dan virtualisasi
Pustaka: Peterson, Larry. 2019. Computer Networks: A Systems Approach. United States: Princeton University
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi penggunaan cloud computing dan virtualisasi dalam jaringan untuk menentukan efektivitas dan efisiensi operasional.

  1. 1. Efektivitas penggunaan cloud computing dalam jaringan
  2. 2. Efisiensi operasional dengan virtualisasi
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran
berbasis
proyek
90
Diskusi daring
tentang
implementasi
cloud computing,
Analisis kasus
studi tentang
efisiensi
virtualisasi
Materi: cloud computing dan virtualisasi
Pustaka: Peterson, Larry. 2019. Computer Networks: A Systems Approach. United States: Princeton University
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan ide-ide baru dalam pengembangan protokol jaringan berdasarkan riset yang dilakukan, serta mampu memformulasikan pertanyaan riset baru dan desain/model baru di bidang teknik elektro.

  1. 1. Kemampuan menciptakan protokol jaringan baru
  2. 2. Kemampuan memanfaatkan teknologi terkini
  3. 3. Kemampuan memformulasikan ide-ide baru
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran
Berbasis
Proyek
90
Penugasan
Proyek
Kolaboratif
90
Materi: protokol jaringan
Pustaka: Peterson, Larry. 2019. Computer Networks: A Systems Approach. United States: Princeton University
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai konsep teoretis rekayasa (Engineering) pada bidang Teknik Elektro secara mendalam, serta mengembangkan metode, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan menganalisis topik penelitian dalam bidang konsentrasi masing-masing.

1. C4

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Tes
Pembelajaran
berbasis
proyek
90
Penugasan
proyek online
90
Materi: konsep teoretis rekayasa
Pustaka: Peterson, Larry. 2019. Computer Networks: A Systems Approach. United States: Princeton University
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Tes


20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 21.67%
3. Penilaian Portofolio 9.17%
4. Penilaian Praktikum 4.58%
5. Praktik / Unjuk Kerja 2.08%
6. Tes 42.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.