
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajerial Entrepreneurship |
8700302008 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=10.08 |
2 |
3 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Siti Sri Wulandari., M.Pd Prof. Dr. Hariyati, Ak., M.Si., CA. Dr. Ni Nyoman Alit Triani, S.E., M.Ak.
|
Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai filosofi ilmu ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan baru pada bidang pendidikan ekonomi yang logis, kritis, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global. |
PLO-6 |
Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS. |
PLO-7 |
Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau penciptaan karya kreatif, original, dan teruji dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah. |
PLO-8 |
Menguasai filosofi teori manajerial serta mengembangkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Konsep Dasar Kepemimpinan dalam Manajerial dan Kewirausahaan
|
PO - 2 |
Entrepreneurial Leadership
|
PO - 3 |
Manajerial dalam Kewirausahaan (Managerial Entrepreneurship)
|
PO - 4 |
Kepemimpinan dalam Dinamika Organisasi
|
PO - 5 |
Kepemimpinan dalam Konteks Global dan Digital
|
PO - 6 |
Etika dan Tanggung Jawab Sosial dalam Kepemimpinan
|
PO - 7 |
Pengukuran Keberhasilan dalam Kepemimpinan Manajerial dan Wirausaha
|
PO - 8 |
Social Entrepreneurship Leadership Project
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-3 | | ✔ | | ✔ | | ✔ | | | PO-4 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-5 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | PO-7 | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | PO-8 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Deskripsi mata kuliah membahas konsep kepemimpinan dalam konteks manajerial dan kewirausahaan. Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan
pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam memimpin organisasi, baik dalam bisnis rintisan (startup) maupun perusahaan yang sudah mapan, dengan
pendekatan inovatif dan strategis yaitu menggunakan project based learning. Penilaian didasarkan pada semangat partisipatif, unjuk kerja/produk, dan tes. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Entrepreneurial Leadership: The Art of Launching New Ventures, Inspiring Others, and Running Stuff
- "Leadership in the Digital Age: Disruptive Leaders of the Future" oleh Jeffrey Johnson (2021)
- "The Innovator's Spirit: Discover the Mindset to Pursue the Impossible" oleh Chuck Swoboda (2020)
- "Humanocracy: Creating Organizations as Amazing as the People Inside Them" oleh Gary Hamel dan Michele Zanini (2020)
- Kewirusahaan berbasis Project Based Learning oleh Siti Sri Wulandari (2024)
- Modal Dasar Kewirausahaan oleh Siti Sri Wulandari (2024)
- Financial Technology oleh Siti Sri Wulandari (2024)
- Digitalisasi Kewirausahaan oleh Siti Sri Wulandari (2024)
|
Pendukung : |
|
- Siti Sri Wulandari, Susanti at all. (2024). Tren Penelitian Minat Wirausaha di Lingkungan Pendidikan dan Masyarakat Tahun 2019 - 2024: Systematic Literature Review. Jurnal ilmiah Profesi Pendidikan, Vol.9 No. 2
- Siti Sri Wulandari et all. (2024). Development of Entrepreneurship Textbooks Using Project-Based Learning for Economic Education Graduate Students. Technium Social Sciences Journal. Vol. 66, 132-140
- Siti Sri Wulandari et all. (2024). The effect of creative project learning outcomes and entrepreneurship on entrepreneurial interest through internal locus of control. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial . Vol. 34 No.1
- Siti Sri Wulandari et all. (2024). Analysis of the Role of Sustainable Entrepreneurship Education to Increase Interest in Entrepreneurship in the Digital Era Through Literature Review Analysis. Edutama Education Journal. Volumes 11 Numbers 2
- Siti Sri Wulandari et all. (2024). MSMES marketing strategies through the use of social media: a systematic literature review. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita.Vol.13, No.1: 65-84
- Siti Sri Wulandari et all. (2024). Does Financial Literacy Influence Students' Level Of Consumptive Behavior?: The Moderating Role Of Self-Control. Technium Social Sciences Journal. Vol 58. 113-127
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Hariyati, Ak., M.Si., CA. Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. Dr. Ni Nyoman Alit Triani, S.E., M.Ak. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan konsep antara kepemimpinan tradisional, kewirausahaan, dan kepemimpinan manajerial. |
- Mahasiswa mampu menganalisis Teori Kepemimpinan Teori Trait (sifat kepribadian pemimpin)
- Mahasiswa mampu menganalisis Teori Kepemimpinan Teori Behavioral (perilaku pemimpin)
- Mahasiswa mampu menganalisis Teori Kepemimpinan Teori Situasional (fleksibilitas pemimpin terhadap lingkungan)
- Mahasiswa mampu menganalisis Teori Kepemimpinan Teori Transformasional dan Transaksional
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
|
Diskusi review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
|
Materi: 1,2,3,4,5 Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami Entrepreneurial Leadership |
- Mahasiswa dapat menganalisis perbedaan Pemimpin Konvensional vs. Pemimpin Wirausaha
- Mahasiswa dapat menganalisis kepemimpinan dalam Inovasi dan Perubahan
- Mahasiswa dapat menganalisis kreativitas dan pengambilan Risiko dalam Kepemimpinan
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi untuk review artikel/ buku.
|
Diskusi untuk review artikel/ buku.
|
Materi: 1,2,3,4,5 Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami Entrepreneurial Leadership |
- Mahasiswa dapat menganalisis pemimpin sebagai visioner dan penggerak perubahan
- Mahasiswa dapat menganalisis bagaimana pemimpin kewirausahaan membangun ekosistem inovatif
- Mahasiswa dapat menganalisis Pemimpin Wirausaha Sukses dan rencana strateginya
|
Kriteria:
Penguasaan topik dan kesesuaian dengan kajiannya Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Brainstorming, dan review artikel/buku
|
Diskusi dan review artikel/buku/buku series
|
Materi: 1,2,3,4,5 Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami manajerial dalam kewirausahaan |
- Mahasiswa mampu menganalisis model bisnis dan perencanaan strategi
- Mahasiswa mampu menganalisis Pengambilan keputusan berbasis data
- Mahasiswa mampu menganalisis manajemen keuangan dan investasi bisnis
- Mahasiswa mampu menganalisis manajemen operasional dalam bisnis wirausaha
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan
Brainstorming serta
review
artikel/buku
|
Diskusi dan
review
artikel/buku
|
Materi: 1,2,3,4,5 Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami manajerial dalam kewirausahaan (Managerial Entrepreneurship) |
- Mahasiswa mampu menganalisis rekrutmen dan retensi talenta
- Mahasiswa mampu menganalisis motivasi dan pemberdayaan karyawan
- Mahasiswa mampu menganalisis membangun budaya organisasi yang inovatif
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Brainstorming dan review artikel/buku
|
Brainstorming dan review artikel/buku
|
Materi: 1,2,3,4,5 Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami kepemimpinan dalam dinamika organisasi |
- Mahasiswa mampu menganalisis cara membangun dan menjaga budaya
- Mahasiswa mampu membangun Motivasi dan Pengaruh dalam Kepemimpinan
- Mahasiswa mampu menjelaskan Komunikasi yang Efektif dalam Tim dan Organisasi
- Mahasiswa mampu menganalisis Negosiasi dan Manajemen Konflik
- Mahasiswa mampu menjelaskan Kepemimpinan dalam Organisasi yang Berorientasi pada Perubahan
|
Kriteria:
Penguasaan topik kajian Ketepatan, dan kesesuaiannya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi dalam pendekatan project Study Methods
|
Diskusi dalam pendekatan project Study Methods
|
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
Kepemimpinan dalam Konteks Global dan Digital |
- Kepemimpinan dalam Era Digital dan Revolusi Industri 4.0
- Adaptasi Pemimpin terhadap Teknologi dan Transformasi Digital
- Digital Leadership dan Virtual Teams
- Strategi Manajerial untuk Bisnis Digital dan Startup
|
Kriteria:
Penguasaan topik kajiannya, Ketepatan, Dan kesesuaiannya. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dalam pendekatan Project Study Methods
|
Diskusi dalam pendekatan Project Study Methods
|
Materi: 1,2,3,4,5 Pustaka: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Kemampuan akhir dari TM1 sampai TM7 |
Ujian Tengah Semester |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ujian Tengah Semester
|
Ujian Tengah Semester
|
Materi: 1,2,3,4,5 Pustaka: |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Etika dan Tanggung Jawab Sosial dalam Kepemimpinan |
- Etika Bisnis dalam Pengambilan Keputusan
- Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kepemimpinan Berkelanjutan
- Keberlanjutan (Sustainability) dalam Kepemimpinan
- Membangun Perusahaan dengan Prinsip ESG (Environmental, Social, Governance)
|
Kriteria:
Penguasaan topik kajiannya, Ketepatan, dan kesesuaiannya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan review artikel/buku/buku series
|
Diskusi dan review artikel/buku/buku series
|
Materi: 1,2,3,4,5 Pustaka: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Pengukuran Keberhasilan dalam Kepemimpinan Manajerial dan Wirausaha |
- Indikator Keberhasilan Seorang Pemimpin dalam Organisasi
- Evaluasi Kinerja dan Feedback dalam Kepemimpinan
- Metrik Keberhasilan dalam Manajerial dan Kewirausahaan
- Pengembangan Diri dan Growth Mindset sebagai Pemimpin
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi dan review artikel/buku/buku series
|
Diskusi dan review artikel/buku/buku series
|
Materi: 1,2,3,4,5 Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Social Entrepreneurship Leadership Project |
- Mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan kepemimpinan nyata dalam konteks bisnis dan kewirausahaan.
- Mahasiswa mampu mendorong inovasi & pemikiran strategis dalam menghadapi tantangan bisnis.
- Mahasiswa mampu memahami peran kepemimpinan dalam manajemen organisasi.
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Materi: Topik 1: Kisah Pemimpin Bisnis Sukses Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Social Entrepreneurship Leadership Project |
- Mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan kepemimpinan nyata dalam konteks bisnis dan kewirausahaan.
- Mahasiswa mampu mendorong inovasi & pemikiran strategis dalam menghadapi tantangan bisnis.
- Mahasiswa mampu memahami peran kepemimpinan dalam manajemen organisasi.
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Materi: Topik 2: Panduan Menjadi PemimpinWirausaha Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Social Entrepreneurship Leadership Project |
- Mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan kepemimpinan nyata dalam konteks bisnis dan kewirausahaan.
- Mahasiswa mampu mendorong inovasi & pemikiran strategis dalam menghadapi tantangan bisnis.
- Mahasiswa mampu memahami peran kepemimpinan dalam manajemen organisasi.
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Materi: Topik 3 : Transformasi Kepemimpinan dalam Perusahaan Pustaka: |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Social Entrepreneurship Leadership Project |
- Mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan kepemimpinan nyata dalam konteks bisnis dan kewirausahaan.
- Mahasiswa mampu mendorong inovasi & pemikiran strategis dalam menghadapi tantangan bisnis.
- Mahasiswa mampu memahami peran kepemimpinan dalam manajemen organisasi.
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Materi: Topik 4: Kepemimpinan Digital: Future of Leadership in AI & Tech Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Social Entrepreneurship Leadership Project |
- Mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan kepemimpinan nyata dalam konteks bisnis dan kewirausahaan.
- Mahasiswa mampu mendorong inovasi & pemikiran strategis dalam menghadapi tantangan bisnis.
- Mahasiswa mampu memahami peran kepemimpinan dalam manajemen organisasi.
|
Kriteria:
Buku yang disusu untuk didaftarkan ISBN Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
|
Materi: Topik 5: “Why Leadership Matters” Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Kemampuan akhir dari TM 9 sampai TM 15 |
Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Ujian Akhir Semester (HKI) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
|
Ujian Akhir Semester
|
|
20% |