Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajerial Entrepreneurship

8700302008

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=4

P=0

ECTS=10.08

2

3 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Siti Sri Wulandari., M.Pd Prof. Dr. Hariyati, Ak., M.Si., CA. Dr. Ni Nyoman Alit Triani, S.E., M.Ak.




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai filosofi ilmu ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan baru pada bidang pendidikan ekonomi yang logis, kritis, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.

PLO-6

Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS.

PLO-7

Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau penciptaan karya kreatif, original, dan teruji dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah.

PLO-8

Menguasai filosofi teori manajerial serta mengembangkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Konsep Dasar Kepemimpinan dalam Manajerial dan Kewirausahaan

PO - 2

Entrepreneurial Leadership

PO - 3

Manajerial dalam Kewirausahaan (Managerial Entrepreneurship)

PO - 4

Kepemimpinan dalam Dinamika Organisasi

PO - 5

Kepemimpinan dalam Konteks Global dan Digital

PO - 6

Etika dan Tanggung Jawab Sosial dalam Kepemimpinan

PO - 7

Pengukuran Keberhasilan dalam Kepemimpinan Manajerial dan Wirausaha

PO - 8

Social Entrepreneurship Leadership Project

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4     
PO-5     
PO-6     
PO-7     
PO-8     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Deskripsi mata kuliah membahas konsep kepemimpinan dalam konteks manajerial dan kewirausahaan. Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam memimpin organisasi, baik dalam bisnis rintisan (startup) maupun perusahaan yang sudah mapan, dengan pendekatan inovatif dan strategis yaitu menggunakan project based learning. Penilaian didasarkan pada semangat partisipatif, unjuk kerja/produk, dan tes.

Pustaka

Utama :

  1. Entrepreneurial Leadership: The Art of Launching New Ventures, Inspiring Others, and Running Stuff
  2. "Leadership in the Digital Age: Disruptive Leaders of the Future" oleh Jeffrey Johnson (2021)
  3. "The Innovator's Spirit: Discover the Mindset to Pursue the Impossible" oleh Chuck Swoboda (2020)
  4. "Humanocracy: Creating Organizations as Amazing as the People Inside Them" oleh Gary Hamel dan Michele Zanini (2020)
  5. Kewirusahaan berbasis Project Based Learning oleh Siti Sri Wulandari (2024)
  6. Modal Dasar Kewirausahaan oleh Siti Sri Wulandari (2024)
  7. Financial Technology oleh Siti Sri Wulandari (2024)
  8. Digitalisasi Kewirausahaan oleh Siti Sri Wulandari (2024)

Pendukung :

  1. Siti Sri Wulandari, Susanti at all. (2024). Tren Penelitian Minat Wirausaha di Lingkungan Pendidikan dan Masyarakat Tahun 2019 - 2024: Systematic Literature Review. Jurnal ilmiah Profesi Pendidikan, Vol.9 No. 2
  2. Siti Sri Wulandari et all. (2024). Development of Entrepreneurship Textbooks Using Project-Based Learning for Economic Education Graduate Students. Technium Social Sciences Journal. Vol. 66, 132-140
  3. Siti Sri Wulandari et all. (2024). The effect of creative project learning outcomes and entrepreneurship on entrepreneurial interest through internal locus of control. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial . Vol. 34 No.1
  4. Siti Sri Wulandari et all. (2024). Analysis of the Role of Sustainable Entrepreneurship Education to Increase Interest in Entrepreneurship in the Digital Era Through Literature Review Analysis. Edutama Education Journal. Volumes 11 Numbers 2
  5. Siti Sri Wulandari et all. (2024). MSMES marketing strategies through the use of social media: a systematic literature review. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita.Vol.13, No.1: 65-84
  6. Siti Sri Wulandari et all. (2024). Does Financial Literacy Influence Students' Level Of Consumptive Behavior?: The Moderating Role Of Self-Control. Technium Social Sciences Journal. Vol 58. 113-127

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Hariyati, Ak., M.Si., CA.

Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Dr. Ni Nyoman Alit Triani, S.E., M.Ak.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan konsep antara kepemimpinan tradisional, kewirausahaan, dan kepemimpinan manajerial.

  1. Mahasiswa mampu menganalisis Teori Kepemimpinan Teori Trait (sifat kepribadian pemimpin)
  2. Mahasiswa mampu menganalisis Teori Kepemimpinan Teori Behavioral (perilaku pemimpin)
  3. Mahasiswa mampu menganalisis Teori Kepemimpinan Teori Situasional (fleksibilitas pemimpin terhadap lingkungan)
  4. Mahasiswa mampu menganalisis Teori Kepemimpinan Teori Transformasional dan Transaksional
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
Diskusi review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
Materi: 1,2,3,4,5
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami Entrepreneurial Leadership

  1. Mahasiswa dapat menganalisis perbedaan Pemimpin Konvensional vs. Pemimpin Wirausaha
  2. Mahasiswa dapat menganalisis kepemimpinan dalam Inovasi dan Perubahan
  3. Mahasiswa dapat menganalisis kreativitas dan pengambilan Risiko dalam Kepemimpinan
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi untuk review artikel/ buku.
Diskusi untuk review artikel/ buku.
Materi: 1,2,3,4,5
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami Entrepreneurial Leadership

  1. Mahasiswa dapat menganalisis pemimpin sebagai visioner dan penggerak perubahan
  2. Mahasiswa dapat menganalisis bagaimana pemimpin kewirausahaan membangun ekosistem inovatif
  3. Mahasiswa dapat menganalisis Pemimpin Wirausaha Sukses dan rencana strateginya
Kriteria:

Penguasaan topik dan kesesuaian dengan kajiannya


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Brainstorming, dan review artikel/buku
Diskusi dan review artikel/buku/buku series
Materi: 1,2,3,4,5
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami manajerial dalam kewirausahaan

  1. Mahasiswa mampu menganalisis model bisnis dan perencanaan strategi
  2. Mahasiswa mampu menganalisis Pengambilan keputusan berbasis data
  3. Mahasiswa mampu menganalisis manajemen keuangan dan investasi bisnis
  4. Mahasiswa mampu menganalisis manajemen operasional dalam bisnis wirausaha
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan
Brainstorming serta
review
artikel/buku
Diskusi dan
review
artikel/buku
Materi: 1,2,3,4,5
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami manajerial dalam kewirausahaan (Managerial Entrepreneurship)

  1. Mahasiswa mampu menganalisis rekrutmen dan retensi talenta
  2. Mahasiswa mampu menganalisis motivasi dan pemberdayaan karyawan
  3. Mahasiswa mampu menganalisis membangun budaya organisasi yang inovatif
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Brainstorming dan review artikel/buku
Brainstorming dan review artikel/buku
Materi: 1,2,3,4,5
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami kepemimpinan dalam dinamika organisasi

  1. Mahasiswa mampu menganalisis cara membangun dan menjaga budaya
  2. Mahasiswa mampu membangun Motivasi dan Pengaruh dalam Kepemimpinan
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan Komunikasi yang Efektif dalam Tim dan Organisasi
  4. Mahasiswa mampu menganalisis Negosiasi dan Manajemen Konflik
  5. Mahasiswa mampu menjelaskan Kepemimpinan dalam Organisasi yang Berorientasi pada Perubahan
Kriteria:

Penguasaan topik kajian Ketepatan, dan kesesuaiannya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dalam pendekatan project Study Methods
Diskusi dalam pendekatan project Study Methods
5%

7

Minggu ke 7

Kepemimpinan dalam Konteks Global dan Digital

  1. Kepemimpinan dalam Era Digital dan Revolusi Industri 4.0
  2. Adaptasi Pemimpin terhadap Teknologi dan Transformasi Digital
  3. Digital Leadership dan Virtual Teams
  4. Strategi Manajerial untuk Bisnis Digital dan Startup
Kriteria:

Penguasaan topik kajiannya, Ketepatan, Dan kesesuaiannya.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dalam pendekatan Project Study Methods
Diskusi dalam pendekatan Project Study Methods
Materi: 1,2,3,4,5
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

Kemampuan akhir dari TM1 sampai TM7

Ujian Tengah Semester


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ujian Tengah Semester
Ujian Tengah Semester
Materi: 1,2,3,4,5
Pustaka:
10%

9

Minggu ke 9

Etika dan Tanggung Jawab Sosial dalam Kepemimpinan

  1. Etika Bisnis dalam Pengambilan Keputusan
  2. Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kepemimpinan Berkelanjutan
  3. Keberlanjutan (Sustainability) dalam Kepemimpinan
  4. Membangun Perusahaan dengan Prinsip ESG (Environmental, Social, Governance)
Kriteria:

Penguasaan topik kajiannya, Ketepatan, dan kesesuaiannya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan review artikel/buku/buku series
Diskusi dan review artikel/buku/buku series
Materi: 1,2,3,4,5
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Pengukuran Keberhasilan dalam Kepemimpinan Manajerial dan Wirausaha

  1. Indikator Keberhasilan Seorang Pemimpin dalam Organisasi
  2. Evaluasi Kinerja dan Feedback dalam Kepemimpinan
  3. Metrik Keberhasilan dalam Manajerial dan Kewirausahaan
  4. Pengembangan Diri dan Growth Mindset sebagai Pemimpin
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dan review artikel/buku/buku series
Diskusi dan review artikel/buku/buku series
Materi: 1,2,3,4,5
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Social Entrepreneurship Leadership Project

  1. Mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan kepemimpinan nyata dalam konteks bisnis dan kewirausahaan.
  2. Mahasiswa mampu mendorong inovasi & pemikiran strategis dalam menghadapi tantangan bisnis.
  3. Mahasiswa mampu memahami peran kepemimpinan dalam manajemen organisasi.
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Materi: Topik 1: Kisah Pemimpin Bisnis Sukses
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Social Entrepreneurship Leadership Project

  1. Mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan kepemimpinan nyata dalam konteks bisnis dan kewirausahaan.
  2. Mahasiswa mampu mendorong inovasi & pemikiran strategis dalam menghadapi tantangan bisnis.
  3. Mahasiswa mampu memahami peran kepemimpinan dalam manajemen organisasi.
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Materi: Topik 2: Panduan Menjadi PemimpinWirausaha
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Social Entrepreneurship Leadership Project

  1. Mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan kepemimpinan nyata dalam konteks bisnis dan kewirausahaan.
  2. Mahasiswa mampu mendorong inovasi & pemikiran strategis dalam menghadapi tantangan bisnis.
  3. Mahasiswa mampu memahami peran kepemimpinan dalam manajemen organisasi.
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Materi: Topik 3 : Transformasi Kepemimpinan dalam Perusahaan
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Social Entrepreneurship Leadership Project

  1. Mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan kepemimpinan nyata dalam konteks bisnis dan kewirausahaan.
  2. Mahasiswa mampu mendorong inovasi & pemikiran strategis dalam menghadapi tantangan bisnis.
  3. Mahasiswa mampu memahami peran kepemimpinan dalam manajemen organisasi.
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Materi: Topik 4: Kepemimpinan Digital: Future of Leadership in AI & Tech
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Social Entrepreneurship Leadership Project

  1. Mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan kepemimpinan nyata dalam konteks bisnis dan kewirausahaan.
  2. Mahasiswa mampu mendorong inovasi & pemikiran strategis dalam menghadapi tantangan bisnis.
  3. Mahasiswa mampu memahami peran kepemimpinan dalam manajemen organisasi.
Kriteria:

Buku yang disusu untuk didaftarkan ISBN


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Model Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), Metode diskusi dan tanya jawab
Materi: Topik 5: “Why Leadership Matters”
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

Kemampuan akhir dari TM 9 sampai TM 15

Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Ujian Akhir Semester (HKI)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes

Ujian Akhir Semester
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 42.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 12.5%
4. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.