Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Instrumen Penelitian

8610702030

T=1

P=0

ECTS=2.24

2

9 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Wulan Patria Saroinsong, S.Psi., M.Pd., Ph.D.




Wulan Patria Saroinsong, S.Psi., M.Pd., Ph.D.




Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai konsep dan teori PAUD, metode penelitian terkini tentang AUD, manajemen mutu, sumber belajar multi moda, dan isu terkini terkait kebijakan PAUD dan implementasinya; (Pengetahuan);

PLO-6

Mampu mengomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik terkait konsep dan teori PAUD secara bertanggung jawab yang didasarkan pada etika akademik, melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; (Keterampilan Umum)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami secara mendalam konsep dasar pengembangan instrumen penelitian, mencakup pengertian, tujuan, peran instrumen dalam metodologi penelitian, jenis-jenis instrumen (kualitatif, kuantitatif, dan mixed methods), serta prinsip-prinsip dasar penyusunan variabel, indikator, dan skala pengukuran yang sesuai dengan pendekatan penelitian yang digunakan.

PO - 2

Mahasiswa mampu merancang dan menyusun instrumen penelitian yang valid secara konseptual dan teknis, berdasarkan analisis variabel dan indikator penelitian, dengan mengembangkan kisi-kisi dan butir-butir pertanyaan atau pernyataan yang relevan, logis, serta disesuaikan dengan tujuan penelitian dan jenis data yang akan dikumpulkan.

PO - 3

Mahasiswa mampu menerapkan prosedur validasi dan uji reliabilitas instrumen secara tepat dan sistematis, termasuk validasi isi melalui expert judgment, uji coba instrumen pada responden terbatas (pilot study), serta analisis validitas dan reliabilitas secara statistik dengan menggunakan pendekatan dan perangkat yang sesuai seperti Aiken’s V, Pearson Product Moment, Cronbach’s Alpha, dan lain sebagainya.

PO - 4

Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil pengembangan instrumen secara ilmiah dan akuntabel, serta mempresentasikan proses dan hasil pengembangan instrumen secara sistematis, kritis, dan reflektif, dengan memanfaatkan perangkat teknologi pendukung seperti SPSS, Microsoft Excel, atau aplikasi lainnya untuk analisis data dan pengolahan instrumen.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang penilaian keterampilan berpikir tingkat tinggi yang mengacu pada taksonomi Bloom-Krathwhol, penilaian psikomotor (rubrik kegiatan laboratorium), dan penilaian afektif (sikap, dan karakter), prosedur pengembangan instrumen penilaian proses dan hasil belajar/Higher-order thinking skills assessment based on Bloom’s taxonomy-Krathwhol, psychomotor assessment (rubrics activities laboratory), and assessment of affective (attitude and character), the procedure of instrumental assessment development in learning.

Pustaka

Utama :

  1. Downing, S. M., & Haladyna, T. M. (Eds.). (2006). Handbook of test development. Lawrence Erlbaum Associates.
  2. Borsboom, D. (2005). Measuring the mind: Conceptual issues in contemporary psychometrics. Cambridge University Press.
  3. Crocker, L., & Algina, J. (1986). Introduction to classical and modern test theory. Harcourt Brace Jovanovich College Publishers.
  4. Bollen, K. A. (1989). Structural equations with latent variables. John Wiley & Sons.
  5. American Educational Research Association, American Psychological Association, & National Council on Measurement in Education. (2014). Standards for educational and psychological testing (7th ed.). AERA.

Pendukung :

  1. Khanal, B., & Chhetri, D. (2024). A pilot study approach to assessing the reliability and validity of relevancy and efficacy survey scale. Janabhawana Research Journal, 3(1), 35–49. https://doi.org/10.3126/jrj.v3i1.68384
  2. Aumann, A., Schnebel, S., & Weitzel, H. (2023). The EnTPACK rubric: Development, validation, and reliability of an instrument for measuring pre-service science teachers’ enacted TPACK. Frontiers in Education, 8. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.119015
  3. Freed, R., McKinnon, D., Fitzgerald, M., & Norris, C. M. (2022). Development and validation of an astronomy self-efficacy instrument for understanding and doing. arXiv. Retrieved from https://arxiv.org/abs/2204.13803
  4. Bulut, O., Beiting-Parrish, M., Casabianca, J. M., Slater, S. C., Jiao, H., Song, D., Ormerod, C. M., Fabiyi, D. G., Ivan, R., Walsh, C., Rios, O., Wilson, J., Yildirim-Erbasli, S. N., Wongvorachan, T., Liu, J. X., Tan, B., & Morilova, P. (2024). The rise of artificial intelligence in educational measurement: Opportunities and ethical challenges. arXiv. Retrieved from https://arxiv.org/abs/2406.18900

Dosen Pengampu

Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si.,Psikolog

Wulan Patria Saroinsong, S.Psi., M.Pd., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengelola waktu belajar sesuai lingkup dan tugas dalam perkuliahan.

Ketepatan mahasiswa dalam memehami kesepakatan perkuliahan yang ada dalam kontrak perkuliahan. .

Kriteria:

1. sikap 2. pengetahuan 3. keterampilan umum Bentuk Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
150
Luring
Materi: Sumber komprehensif yang membahas seluruh tahapan pengembangan tes, mulai dari perancangan hingga validitas, reliabilitas, dan implementasinya .
Pustaka: Downing, S. M., & Haladyna, T. M. (Eds.). (2006). Handbook of test development. Lawrence Erlbaum Associates.
5%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep pengukuran dan membedakan jenis data menurut hasil pengukurannya

Menentukan konsep pengukuran dan membedakan jenis data menurut hasil pengukurannya

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pengukuran secara jelas dan tepat, serta mengidentifikasi dan membedakan jenis data (nominal, ordinal, interval, rasio) berdasarkan karakteristik hasil pengukuran secara logis dan sesuai dengan prinsip-prinsip statistik pendidikan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Kooperatif,Pembelajaran Berbasis Masalah
150 Menit
150

Materi: Konsep pengukuran dan jenis data menurut hasil pengukurannya
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Memahami konsep pengukuran dan membedakan jenis data menurut hasil pengukurannya

Menentukan konsep pengukuran dan membedakan jenis data menurut hasil pengukurannya

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pengukuran secara jelas dan tepat, serta mengidentifikasi dan membedakan jenis data (nominal, ordinal, interval, rasio) berdasarkan karakteristik hasil pengukuran secara logis dan sesuai dengan prinsip-prinsip statistik pendidikan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Kooperatif,Pembelajaran Berbasis Masalah
150 Menit
150

Materi: Konsep pengukuran dan jenis data menurut hasil pengukurannya
Pustaka:

Materi: Mengupas teori pengukuran, termasuk classical test theory, IRT, dan konstruksi konsep validitas .
Pustaka: Borsboom, D. (2005). Measuring the mind: Conceptual issues in contemporary psychometrics. Cambridge University Press.
5%

4

Minggu ke 4

Mendeskripsikan prosedur dalam pengembangan instrumen penelitian pendidikan

Mahasiswa mendiskusikan prosedur dalam pengembangan instrumen penelitian pendidikan

Kriteria:

Mahasiswa mampu menguraikan secara sistematis langkah-langkah dalam pengembangan instrumen penelitian pendidikan, mulai dari identifikasi indikator, penyusunan butir instrumen, uji validitas dan reliabilitas, hingga revisi akhir, serta menunjukkan pemahaman kritis terhadap prinsip-prinsip ilmiah yang mendasarinya.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
150

Materi: Prosedur dalam pengembangan instrumen penelitian;
Pustaka:

Materi: Referensi dasar mengenai teori pengujian klasik dan kontemporer, sangat relevan untuk validitas dan reliabilitas instrumen .
Pustaka: Crocker, L., & Algina, J. (1986). Introduction to classical and modern test theory. Harcourt Brace Jovanovich College Publishers.
5%

5

Minggu ke 5

Mendeskripsikan prosedur dalam pengembangan instrumen penelitian pendidikan

Mahasiswa dapat Menguasai syaratsyarat instrumen yang baik: validitas dan reliabilitas

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaskan secara jelas dan tepat makna, jenis, serta prosedur pengujian validitas dan reliabilitas instrumen penelitian, serta menunjukkan pemahaman kritis terhadap pentingnya kedua syarat tersebut dalam menghasilkan data yang sahih dan konsisten.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
150

Materi: Kajian teori sebagai acuan penyusunan instrumen; Menentukan syarat-syarat instrumen yang baik: validitas dan reliabilitas
Pustaka:

Materi: Membahas penggunaan SEM untuk uji reliabilitas dan validitas konstruk instrumen
Pustaka: Bollen, K. A. (1989). Structural equations with latent variables. John Wiley & Sons.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat mengestimasi validitas konstruk dan reliabilitas instrumen penelitian yang telah disusun

Mahasiswa dapat melakukan simulasi untuk mengestimasi validitas konstruk dan reliabilitas instrumen yang telah disusun, dengan berbantuan program SPSS atau Lisrel

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjalankan simulasi analisis data menggunakan SPSS atau Lisrel secara tepat untuk mengestimasi validitas konstruk dan reliabilitas, serta menafsirkan hasil analisis dengan akurat sesuai kaidah statistik dan prinsip pengembangan instrumen penelitian.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150

Materi: Analisis Faktor (EFA) untuk menentukan Instrument Konstruk
Pustaka:

Materi: Pedoman internasional standar terbaik untuk pengembangan, validasi, dan penggunaan instrumen pendidikan dan psikologi
Pustaka: American Educational Research Association, American Psychological Association, & National Council on Measurement in Education. (2014). Standards for educational and psychological testing (7th ed.). AERA.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat mengestimasi validitas konstruk dan reliabilitas instrumen penelitian yang telah disusun

Mahasiswa dapat melakukan simulasi untuk mengestimasi validitas konstruk dan reliabilitas instrumen yang telah disusun, dengan berbantuan program SPSS atau Lisrel

Kriteria:

Mahasiswa mampu melakukan simulasi analisis validitas konstruk dan reliabilitas secara tepat menggunakan program SPSS atau Lisrel, menyajikan output dengan benar, serta menafsirkan hasilnya secara logis dan sesuai dengan prinsip statistik pengujian instrumen.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150

Materi: Analisis Faktor (CFA) untuk menentukan Realiabilitas Instrument Konstruk
Pustaka:

Materi: reliabilitas
Pustaka: Khanal, B., & Chhetri, D. (2024). A pilot study approach to assessing the reliability and validity of relevancy and efficacy survey scale. Janabhawana Research Journal, 3(1), 35–49. https://doi.org/...
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa dapat mengembangkan instrument berdasarkan variabel penelitian

Mahasiswa dapat menyusun dan mengembangkan instrument berdasarkan variabel penyusunan thesis

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester dengan baik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Luring
150

Materi: Instrument berdasarkan variabel penelitian
Pustaka:
5%

9

Minggu ke 9

Praktek analisis SPSS CFA dan AMOS EFA

Mampu mengerjakan rancangan pengembangan instrumen

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun rancangan pengembangan instrumen secara sistematis, mulai dari perumusan tujuan, penyusunan kisi-kisi, perumusan butir-butir instrumen, hingga perencanaan uji validitas dan reliabilitas, dengan memperhatikan kesesuaian terhadap jenis data dan karakteristik responden.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
150

Materi: Validasi instrumen
Pustaka: Freed, R., McKinnon, D., Fitzgerald, M., & Norris, C. M. (2022). Development and validation of an astronomy self-efficacy instrument for understanding and doing. arXiv. Retrieved from https://arxiv.org/...
15%

10

Minggu ke 10

Praktek analisis SPSS CFA dan AMOS EFA

1. Mahasiswa dapat mengoperasikan SPSS untuk melakukan Confirmatory Factor Analysis (CFA). 2. Mahasiswa dapat menggunakan AMOS untuk melakukan Exploratory Factor Analysis (EFA). 3. Mahasiswa dapat menginterpretasikan output hasil analisis

Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu menjalankan prosedur CFA menggunakan SPSS secara tepat, mulai dari penginputan data, pemilihan model, hingga analisis output, serta menunjukkan pemahaman terhadap asumsi dan langkah-langkah teknis yang diperlukan.
  2. Mahasiswa mampu menggunakan software AMOS untuk melakukan EFA dengan benar, mengidentifikasi struktur faktor berdasarkan hasil loading, dan menjelaskan proses analisis sesuai prinsip-prinsip dasar analisis faktor eksploratori.
  3. Mahasiswa mampu menginterpretasikan output hasil analisis CFA dan/atau EFA secara akurat, termasuk menilai validitas konstruk, keandalan instrumen, serta kelayakan model berdasarkan nilai-nilai statistik yang relevan seperti goodness of fit, eigenvalues, dan loading factors.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Luring
150

Materi: Penggunaan AI pada instrumen penelitian
Pustaka: Bulut, O., Beiting-Parrish, M., Casabianca, J. M., Slater, S. C., Jiao, H., Song, D., Ormerod, C. M., Fabiyi, D. G., Ivan, R., Walsh, C., Rios, O., Wilson, J., Yildirim-Erbasli, S. N., Wongvorachan, T., Liu, J. X., Tan, B., & Morilova, P. (2024). The rise of artificial intelligence in educational measurement: Opportunities and ethical challenges. arXiv. Retrieved from https://arxiv.org/...
5%

11

Minggu ke 11

Menganalisis hasil data collection

1. Mahasiswa dapat membersihkan dan mempersiapkan data hasil pengumpulan menggunakan SPSS. 2. Mahasiswa dapat melakukan uji validitas dan reliabilitas data.

Kriteria:

Pembelajaran Berbasis Masalah


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Luring
150

Materi: Penggunaan tes pada instrumen
Pustaka: Crocker, L., & Algina, J. (1986). Introduction to classical and modern test theory. Harcourt Brace Jovanovich College Publishers.
5%

12

Minggu ke 12

Menganalisis hasil data collection

1. Mahasiswa dapat melakukan analisis deskriptif dan eksploratif data. 2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi pola dan distribusi data

Kriteria:

Pembelajaran Berbasis Masalah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Luring
150

Materi: Referensi dasar mengenai teori pengujian klasik dan kontemporer, sangat relevan untuk validitas dan reliabilitas instrumen .
Pustaka: Crocker, L., & Algina, J. (1986). Introduction to classical and modern test theory. Harcourt Brace Jovanovich College Publishers.
5%

13

Minggu ke 13

Menganalisis hasil data collection

  1. 1. Mahasiswa dapat melakukan uji asumsi statistik sebelum analisis
  2. Mahasiswa dapat memahami pemilihan teknik analisis lanjutan berdasarkan jenis data.
Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu melaksanakan uji asumsi statistik secara tepat (normalitas, linearitas, homogenitas, multikolinearitas), serta menjelaskan hasilnya secara logis sebagai dasar kelayakan analisis data lebih lanjut.
  2. Mahasiswa mampu memilih dan menjelaskan teknik analisis lanjutan secara tepat berdasarkan jenis data dan tujuan penelitian, serta menunjukkan pemahaman atas relevansi pendekatan statistik dengan desain penelitian yang digunakan.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
150

Materi: Uji normalitas, homogenitas, dan multikolinearitas
Pustaka:

Materi: Pemilihan teknik analisis data berdasarkan jenis variabel dan skala pengukuran
Pustaka:

Materi: Pengenalan regresi dan korelasi sebagai metode analisis
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Menganalisis hasil data collection

  1. Mahasiswa dapat melakukan uji hipotesis menggunakan teknik statistik yang sesuai.
  2. Mahasiswa dapat menginterpretasikan hasil uji statistik dalam konteks penelitian.
Kriteria:

Pembelajaran Berbasis Proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
150

Materi: Membahas penggunaan SEM untuk uji reliabilitas dan validitas konstruk instrumen
Pustaka: Bollen, K. A. (1989). Structural equations with latent variables. John Wiley & Sons.
5%

15

Minggu ke 15

Presentasi Hasil Analisis

  1. Mahasiswa dapat menyusun laporan hasil analisis dengan format akademik yang baik.
  2. Mahasiswa dapat menyajikan hasil analisis dalam bentuk presentasi yang jelas dan sistematis.
Kriteria:

Pembelajaran Berbasis Proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
150

Materi: Mengupas teori pengukuran, termasuk classical test theory, IRT, dan konstruksi konsep validitas .
Pustaka: Borsboom, D. (2005). Measuring the mind: Conceptual issues in contemporary psychometrics. Cambridge University Press.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Mampu menciptakan instrumen penelitian sesuai dengan prosedur

Kriteria:

Mahasiswa mampu mempresentasikan dan merevisi instrumen berdasarkan masukan.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
150

Materi: Sumber komprehensif yang membahas seluruh tahapan pengembangan tes, mulai dari perancangan hingga validitas, reliabilitas, dan implementasinya .
Pustaka: Downing, S. M., & Haladyna, T. M. (Eds.). (2006). Handbook of test development. Lawrence Erlbaum Associates.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 26.67%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 49.17%
3. Penilaian Portofolio 5%
4. Penilaian Praktikum 11.67%
5. Praktik / Unjuk Kerja 7.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.