
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kewirausahaan Digital |
8722002147 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
5 |
1 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ladi wajuba perdini fisabilillah,M.SE
|
Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.
|
Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-7 |
Mampu berkomunikasi secara efektif secara lisan dan tertulis di bidang ekonomi |
PLO-8 |
Mampu menerapkan teknologi informasi dalam pemecahan masalah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menginterpertasikan secara jelas konsep dasar kewirausahaan digital
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu membuat business plan secara tepat
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu Menganalisis model bisnis digital
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu Merancang strategi pemasaran digital
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu Menggunakan berbagai teknologi digital dan platform online
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu Mengidentifikasi aspek legal dan etika dalam kewirausahaan digital
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-4 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | | | | ✔ | PO-6 | ✔ | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Kewirausahaan Digital membahas prinsip-prinsip dasar dan praktik kewirausahaan dalam konteks ekonomi digital. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana peluang bisnis dapat diidentifikasi, dirancang, dan dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi digital. Materi mencakup pemahaman tentang model bisnis digital, pemasaran digital, e-commerce, transformasi digital, serta strategi membangun startup berbasis teknologi. Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali dengan keterampilan dasar dalam penggunaan berbagai platform digital dan alat teknologi untuk mendukung proses kewirausahaan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Osterwalder, Alexander dan Yves Pigneur., 2014. Business Model Generation. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo
- Hendro. M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
- Leonardus Saiman.2009. Kewirausahaan, Teori, Praktik dan Kasus kasus. Salemba Empat
- Robert T Kyiuosaki. 2004. Rich Dad, Poor Dad. Jakarta: PT SUN
- Pedoman PKM 2016. Direktorat jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Jakarta: Kemenristekdikti
|
Pendukung : |
|
- Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya
- Tim Kewirausahaan FE Unesa 2015. Kewirausahaan. UNIPRESS. Surabaya
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mendiskripsikan konsep dasar kewirausahaan |
- Menjelaskan konsep kewirausahaan
- Mengidentifikasisikapmental dan karakter wirausaha
- Menjelaskanmacam- macam wirausaha
|
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
Materi: konsep kewirausahaan Pustaka: Hendro. M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mampumemotivasi diri sendiri dalam mewujudkan “dream” |
- 1.Mampu membuat mimpi bagi dirinya sendiri
- 2.Mampu menentukan cara bagaimana agar mimpi itu tercapai
- 3.Menggabungkan antara mimpi dengan realitas kebutuhan masyarakat
- 4.Merumuskan apa yang menjadi keinginan dalam karir untuk diri sendiri
- 5.Menjelaskan peluang dan ide bisnis.
- 6.Mengidentifikasi sumber peluang
- 7.Mengembangkan ide bisnis: - Menemukan - Menganalisis - Memutuskan
|
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
Materi: motivasi kewirausahaan Pustaka: Hendro. M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mendiskripsikan Sumber Daya Manusia dalam sebuah usaha dan Mendiskripsikan rencana pemasaran dalam menjalankan sebuah usaha |
- 1.Mengidentifikasi kebutuhan tenaga kerja
- 2.Mengidentifikasi keahlian yang dibutuhkan
- 3.Menentukan Jam kerja
- 4.Merancang sistem kompensasi
|
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
Materi: SDM dalam kewirausahaan Pustaka: Leonardus Saiman.2009. Kewirausahaan, Teori, Praktik dan Kasus kasus. Salemba Empat |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mendiskripsikan Sumber Daya Manusia dalam sebuah usaha dan Mendiskripsikan rencana pemasaran dalam menjalankan sebuah usaha |
- 1.Menyusun susunan personalia
- 2.Menjelaskan Segmenting Targeting Positioning (STP)
- 3.Menjelaskan Customer value
- 4.Menjelaskan Marketing Mix
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
Materi: SDM Pustaka: Leonardus Saiman.2009. Kewirausahaan, Teori, Praktik dan Kasus kasus. Salemba Empat |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu merencanakan produksi keuangan dalam sebuah usaha |
- mengidentifikasi kebutuhan dan sumber dana
- menyusun rencana arus kas
- menyusun rencana laporan keuangan (neraca dan laporan laba rugi)
|
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
Materi: Laporan keuangan Pustaka: Leonardus Saiman.2009. Kewirausahaan, Teori, Praktik dan Kasus kasus. Salemba Empat |
4% |
6
Minggu ke 6 |
mahasiswa mampu menganalisis etika bisnis |
- membedakan bisnis etis dan bisnis tidak etis
- menjelaskan hak dan kewajiban wirausaha
- menjelaskan macam-macam izin usaha
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
Materi: Etika bisnis Pustaka: Osterwalder, Alexander dan Yves Pigneur., 2014. Business Model Generation. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo |
5% |
7
Minggu ke 7 |
menyusun rencana bisnis terkait dengan teori bisnis plan, proposal dan BMC (bisnis model canva) |
- menyusun rencana bisnis
- memaparkan rencana bisnis
- mempersiapkan proposal dan dan business model canva
|
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
Materi: BMC Pustaka: Osterwalder, Alexander dan Yves Pigneur., 2014. Business Model Generation. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo |
5% |
8
Minggu ke 8 |
menyusun rencana bisnis terkait dengan teori bisnis plan, proposal dan BMC (bisnis model canva) |
- menyusun rencana bisnis
- memaparkan rencana bisnis
- mempersiapkan proposal dan dan business model canva
|
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
Materi: BMC Pustaka: Osterwalder, Alexander dan Yves Pigneur., 2014. Business Model Generation. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo |
5% |
9
Minggu ke 9 |
UTS |
mahasiswa mampu melakukan presentasi BMC dengan baik |
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa melakukan presentasi 2 x 50 |
Mahasiswa melakukan presentasi 2 x 50 |
|
10% |
10
Minggu ke 10 |
mahasiswa mampu mendeskripsikan teori survey pasar |
mahasiswa mampu mendeskripsikan teori survey pasar dan menganalisis nya |
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
Materi: Survey pasar Pustaka: Robert T Kyiuosaki. 2004. Rich Dad, Poor Dad. Jakarta: PT SUN |
5% |
11
Minggu ke 11 |
melakukan survey pasar sesuai dengan produk yang dikembangkan |
mahasiswa melakukan survei pasar terkait dengan marketing, produksi dan penjualan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
Materi: Survey pasar Pustaka: Robert T Kyiuosaki. 2004. Rich Dad, Poor Dad. Jakarta: PT SUN |
5% |
12
Minggu ke 12 |
mahasiswa mampu Memberikan laporan terkait hasil survey pasar |
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
Materi: Survey pasar Pustaka: Robert T Kyiuosaki. 2004. Rich Dad, Poor Dad. Jakarta: PT SUN |
5% |
13
Minggu ke 13 |
mahasiswa mampu Membuat prototype produk dari yang dikembangkan |
Mahasiswa diharapkan mampu membuat prototype produk dari yang sudah dikembangkan dan dipelajari dari survey pasar |
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
Materi: produk bisnis Pustaka: Leonardus Saiman.2009. Kewirausahaan, Teori, Praktik dan Kasus kasus. Salemba Empat |
5% |
14
Minggu ke 14 |
mahasiswa mampu Membuat prototype produk dari yang dikembangkan |
Mahasiswa diharapkan mampu membuat prototype produk dari yang sudah dikembangkan dan dipelajari dari survey pasar |
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
Materi: produk bisnis Pustaka: Leonardus Saiman.2009. Kewirausahaan, Teori, Praktik dan Kasus kasus. Salemba Empat |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Monitoring dan evaluasi (Monev) |
Mahasiswa melakukan monitoring dan evaluasi terkait hasil kerja yang sudah dilakukan terkait dengan rubrik penilaian seperti jumlah like, dll |
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x 50 |
diskusi, presentasi, tanya jawab dan praktikum 2 x50 |
Materi: produk bisnis Pustaka: Leonardus Saiman.2009. Kewirausahaan, Teori, Praktik dan Kasus kasus. Salemba Empat |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
mahasiswa mampu melakukan presentasi produk akhir |
Kriteria:
pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan praktikum 2 x 50 |
|
|
30% |