Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Penelitian dan Pengembangan

8610302063

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

27 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




ANDI MARIONO

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif yang meliputi disain, pengembangan (penciptaan), pengelolaan, pemanfaatan dan evaluasi dalam sistem pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui perencanaan, proses, evaluasi dan desiminasi berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

PLO-9

Mampu menyelesaikan permasalahan pendidikan melalui kajian teknologi pendidikan/ pembelajaran secara multidispliner dengan memperhatikan faktor ekonomi, sosial kultural, teknologi informasi

PLO-11

Mampu menguasai pengetahuan tentang teori penerapan teknologi pendidikan/pembelajaran berdasarkan kawasan atau paradigma teknologi pendidikan/pembelajaran

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan konsep dan teori dalam pengembangan media pembelajaran yang inovatif sesuai dengan kebutuhan pendidikan saat ini (C3)

PO - 2

Mampu menganalisis kebutuhan pembelajaran untuk menentukan jenis media dan sumber belajar yang efektif (C4)

PO - 3

Mampu mengevaluasi efektivitas media dan sumber belajar yang telah dikembangkan berdasarkan kriteria dan standar yang ditetapkan (C5)

PO - 4

Mampu menciptakan prototipe media pembelajaran digital yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pengguna (C6)

PO - 5

Mampu menerapkan prinsip desain instruksional dalam pengembangan sumber belajar untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran (C3)

PO - 6

Mampu menganalisis dan memilih teknologi yang tepat untuk mendukung pengembangan media pembelajaran (C4)

PO - 7

Mampu mengevaluasi dan mengintegrasikan feedback dari pengguna untuk penyempurnaan media pembelajaran (C5)

PO - 8

Mampu menciptakan strategi diseminasi untuk media pembelajaran yang dikembangkan agar dapat diakses oleh target pengguna yang lebih luas (C6)

PO - 9

Mampu menerapkan metode penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan sumber belajar yang valid dan reliabel (C3)

PO - 10

Mampu menganalisis dampak penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-9PLO-11
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  
PO-9  
PO-10  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata Kuliah ini membahas tentang pengertian, karakteristik, klasifikasi media, kriteria media pembelajaran, instrumen penilaian media, analisis kebutuhan, langkah-langkah pengembangan media dan sumber belajar untuk keperluan pembelajaran melalui pembelajaran project-based lerning. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara hybrid learning. Penilaian dilakukan dengan cara tes tertulis dan tes kinerja.

Pustaka

Utama :

  1. Smaldino, S E, Lowther, D L, Russell, J. D, & Mims, C. 2008. Instructional technology and media for learning.
  2. Seels, BB, & Richey, R C. 2012. Instructional technology: The definition and domains of the field. IAP.
  3. Orey , Michael, McClendon , V J, Branch , Robert Maribe. 2017. Educational Media and Technology Yearbook. Springer US.
  4. Martin , Florence, Betrus , Anthony Karl. 2019. Digital Media for Learning. Springer International Publishing.
  5. Branch , Robert Maribe, Lee , Hyewon, Tseng , Sheng Shiang. 2019. Educational Media and Technology Yearbook. Springer International Publishing.
  6. LIN , Tzu-Bin, Chen , Der Thanq Victor, CHAI , Ching Sing. 2015. New Media and Learning in the 21st Century. Springer Singapore.

Pendukung :

Dosen Pengampu

ANDI MARIONO

KHUSNUL KHOTIMAH

Dr. Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd.

Dr. Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd.

Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.

Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pemahaman tentang media dan sumber belajar

  1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan definisi media dan sumber belajar
  2. Mahasiswa mampu mendeskripsikan manfaat media dan sumber belajar
  3. Mahasiswa mampu mendeskripsikan karakteristik media dan sumber belajar
Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Problem-based lerning
3 X 50

Materi: Konsep dasar pengembangan media dan sumber belajar
Pustaka:

Materi: Karakteristik peserta didik dalam konteks pembelajaran
Pustaka:

Materi: Analisis kebutuhan pengembanhan media dan sumber belajar
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Pemahaman tentang kriteria media pembelajaran dan instrumen penilaian media pembelajaran

  1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan tentang kriteria media pembelajaran
  2. Mahasiswa mampu mendeskripsikan instrumen penilaian media pembelajaran
Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Problem-based learning
3 X 50

Materi: Konsep dasar analisis kebutuha dalam pengembangan media dan sumber belajar
Pustaka:

Materi: Karakteristik peserta didik dan implikasinya terhadap pengembangan media
Pustaka:

Materi: Konteks pembelajaran dan pengaruhnya terhadap pemilihan sumber belajar
Pustaka:

Materi: Teknik analisis kebutuhan dan pengumpulan data
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Pemahaman tentang langkah-langkah analisis kebutuhan

Mahasiswa mampu mendeskripsikan langkah-langkah analisis kebutuhan

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Problem-based learning
3 X 50

Materi: Kriteria pedagogis dalam evakuasi media dan sumber belajar
Pustaka:

Materi: kriteria teknis dalam evaluasi media dan sumber belajar
Pustaka:

Materi: Teknik evakluasi dan rekomendasi perbaikan
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Pemahaman tentang media visual

  1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan Definisi media visual
  2. Mahasiswa mampu mendeskripsikan Manfaat media visual
  3. Mahasiswa mampu mendeskripsikan Bentuk-bentuk media visual
  4. Mahasiswa mampu mendeskripsikan Karakteristik media visual
Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Problem-based learning
3 X 50

Materi: Kriteria pedagogis dalam evalusi media dan sumber belajar
Pustaka:

Materi: Kriteria teknis dalam evaluasi media an sumber belajar
Pustaka:

Materi: Teknik evaluasi media dan sumber belajar
Pustaka:

Materi: Studi kasus evaluassi media dan sumber belajar
Pustaka:

Materi: Prinsip desain media pembelajaran
Pustaka:

Materi: Teori dan paradigma teknologi pendidikan
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Pemahaman tentang media audio pembelajaran

  1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan definisi media audio
  2. Mahasiswa mampu mendeskripsikan manfaat media audio
  3. Mahasiswa mampu mendeskripsikan karakteristik media audio
  4. Mahasiswa mampu mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan media audio
Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Problem-based learning
3 X 50

Materi: Prinsip desain media pembelajaran
Pustaka:

Materi: teori dan paradigma teknologi pendidikan
Pustaka:

Materi: Inovasi dalam sumber belajar
Pustaka:

Materi: Studi kasus mdi pembelajaran inovatif
Pustaka:
6%

6

Minggu ke 6

Pengembangan Media Audio

Mahasiswa mampu menerapkan langkah-langkah mengembangkan media audio

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project-based learning
3 X 50

Materi: Konsep dasar desain instruksional
Pustaka:

Materi: prinsip-prinsip desain instruksional dalam pengembangan media
Pustaka:

Materi: studi kasus penerapan desain instruksional dalam media pembelajaran
Pustaka:

Materi: Evaluasi efektivitas media berdasrkan prinsip desain instruksional
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Pemahaman tentang media audio visual

  1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan definisi media audio visual
  2. Mahasiswa mampu mendeskripsikan manfaat media audio visual
  3. Mahasiswa mampu mendeskripsikan karakteristik media audio visual
Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Problem-based learning
3 X 50

Materi: Kriteria evaluasi media pembelajaran berbasis TIK
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UTS
3 X 50

Materi: UTS
Pustaka:
10%

9

Minggu ke 9

Pemahaman tentang media audio visual

Mahasiswa mampu mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan media audio visual

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Problem-based learning
3 X 50

Materi: Media Pembelajaran Interaktif
Pustaka:
10%

10

Minggu ke 10

Pemahaman tentang multimedia

  1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan definisi multimedia
  2. Mahasiswa mampu mendeskripsikan manfaat multimedia
  3. Mahasiswa mampu mendeskripsikan karakteristik multimedia
Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Problem-based learning
3 X 50

Materi: Faktor sosial kultural dalam Pendidikan
Pustaka:
8%

11

Minggu ke 11

Pemahaman tentang multimedia

Mahasiswa mampu mendeskripsikan jenis-jenis multimedia

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-based learning
3 X 50

Materi: Dampak ekonomi dalam pengebangan media pembelajaran
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu mengaplikasikan dan mempraktikkan konsep pengembangan media dan sumber belajar

Mahasiswa mampu mengembangkan media dan sumber belajar

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project-based learning
3 X 50

Materi: Prinsip pengembangan media untuk abad 21
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mengaplikasikan dan mempraktikkan konsep pengembangan media dan sumber belajar

Mahasiswa mampu mengembangkan media dan sumber belajar

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project-based learning
3 X 50

Materi: Model pengembangan media adaptif
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mengaplikasikan dan mempraktikkan konsep pengembangan media dan sumber belajar

Mahasiswa mampu mengembangkan media dan sumber belajar

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project-based learning
3 X 50

Materi: Teknik merancang media adaptif
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mengaplikasikan dan mempraktikkan konsep pengembangan media dan sumber belajar

Mahasiswa mampu mengembangkan media dan sumber belajar

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project-based learning
3 X 50

Materi: Tren terkini alam pengembangan media
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
3 X 50

Materi: UAS
Pustaka:
11%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 15%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 59%
3. Penilaian Praktikum 5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 10%
5. Tes 11%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.