
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Teknologi Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Penelitian dan Pengembangan |
8610302063 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
27 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
ANDI MARIONO |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif yang meliputi disain, pengembangan (penciptaan), pengelolaan, pemanfaatan dan evaluasi dalam sistem pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui perencanaan, proses, evaluasi dan desiminasi berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah. |
PLO-9 |
Mampu menyelesaikan permasalahan pendidikan melalui kajian teknologi pendidikan/ pembelajaran secara multidispliner dengan memperhatikan faktor ekonomi, sosial kultural, teknologi informasi |
PLO-11 |
Mampu menguasai pengetahuan tentang teori penerapan teknologi pendidikan/pembelajaran berdasarkan kawasan atau paradigma teknologi pendidikan/pembelajaran |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menerapkan konsep dan teori dalam pengembangan media pembelajaran yang inovatif sesuai dengan kebutuhan pendidikan saat ini (C3)
|
PO - 2 |
Mampu menganalisis kebutuhan pembelajaran untuk menentukan jenis media dan sumber belajar yang efektif (C4)
|
PO - 3 |
Mampu mengevaluasi efektivitas media dan sumber belajar yang telah dikembangkan berdasarkan kriteria dan standar yang ditetapkan (C5)
|
PO - 4 |
Mampu menciptakan prototipe media pembelajaran digital yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pengguna (C6)
|
PO - 5 |
Mampu menerapkan prinsip desain instruksional dalam pengembangan sumber belajar untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran (C3)
|
PO - 6 |
Mampu menganalisis dan memilih teknologi yang tepat untuk mendukung pengembangan media pembelajaran (C4)
|
PO - 7 |
Mampu mengevaluasi dan mengintegrasikan feedback dari pengguna untuk penyempurnaan media pembelajaran (C5)
|
PO - 8 |
Mampu menciptakan strategi diseminasi untuk media pembelajaran yang dikembangkan agar dapat diakses oleh target pengguna yang lebih luas (C6)
|
PO - 9 |
Mampu menerapkan metode penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan sumber belajar yang valid dan reliabel (C3)
|
PO - 10 |
Mampu menganalisis dampak penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa (C4)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-7 | PLO-9 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | | ✔ | | PO-6 | | ✔ | | PO-7 | | ✔ | | PO-8 | | | ✔ | PO-9 | | | ✔ | PO-10 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata Kuliah ini membahas tentang pengertian, karakteristik, klasifikasi media, kriteria media pembelajaran, instrumen penilaian media, analisis kebutuhan, langkah-langkah pengembangan media dan sumber belajar untuk keperluan pembelajaran melalui pembelajaran project-based lerning. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara hybrid learning. Penilaian dilakukan dengan cara tes tertulis dan tes kinerja. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Smaldino, S E, Lowther, D L, Russell, J. D, & Mims, C. 2008. Instructional technology and media for learning.
- Seels, BB, & Richey, R C. 2012. Instructional technology: The definition and domains of the field. IAP.
- Orey , Michael, McClendon , V J, Branch , Robert Maribe. 2017. Educational Media and Technology Yearbook. Springer US.
- Martin , Florence, Betrus , Anthony Karl. 2019. Digital Media for Learning. Springer International Publishing.
- Branch , Robert Maribe, Lee , Hyewon, Tseng , Sheng Shiang. 2019. Educational Media and Technology Yearbook. Springer International Publishing.
- LIN , Tzu-Bin, Chen , Der Thanq Victor, CHAI , Ching Sing. 2015. New Media and Learning in the 21st Century. Springer Singapore.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
ANDI MARIONO KHUSNUL KHOTIMAH Dr. Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd. Dr. Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd. Dr. H. Andi Mariono, M.Pd. Dr. H. Andi Mariono, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pemahaman tentang media dan sumber belajar |
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan definisi media dan sumber belajar
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan manfaat media dan sumber belajar
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan karakteristik media dan sumber belajar
|
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem-based lerning 3 X 50 |
|
Materi: Konsep dasar pengembangan media dan sumber belajar Pustaka: Materi: Karakteristik peserta didik dalam konteks pembelajaran Pustaka: Materi: Analisis kebutuhan pengembanhan media dan sumber belajar Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Pemahaman tentang kriteria media pembelajaran dan instrumen penilaian media pembelajaran |
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan tentang kriteria media pembelajaran
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan instrumen penilaian media pembelajaran
|
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem-based learning 3 X 50 |
|
Materi: Konsep dasar analisis kebutuha dalam pengembangan media dan sumber belajar Pustaka: Materi: Karakteristik peserta didik dan implikasinya terhadap pengembangan media Pustaka: Materi: Konteks pembelajaran dan pengaruhnya terhadap pemilihan sumber belajar Pustaka: Materi: Teknik analisis kebutuhan dan pengumpulan data Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Pemahaman tentang langkah-langkah analisis kebutuhan |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan langkah-langkah analisis kebutuhan |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem-based learning 3 X 50 |
|
Materi: Kriteria pedagogis dalam evakuasi media dan sumber belajar Pustaka: Materi: kriteria teknis dalam evaluasi media dan sumber belajar Pustaka: Materi: Teknik evakluasi dan rekomendasi perbaikan Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Pemahaman tentang media visual |
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan Definisi media visual
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan Manfaat media visual
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan Bentuk-bentuk media visual
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan Karakteristik media visual
|
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem-based learning 3 X 50 |
|
Materi: Kriteria pedagogis dalam evalusi media dan sumber belajar Pustaka: Materi: Kriteria teknis dalam evaluasi media an sumber belajar Pustaka: Materi: Teknik evaluasi media dan sumber belajar Pustaka: Materi: Studi kasus evaluassi media dan sumber belajar Pustaka: Materi: Prinsip desain media pembelajaran Pustaka: Materi: Teori dan paradigma teknologi pendidikan Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Pemahaman tentang media audio pembelajaran |
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan definisi media audio
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan manfaat media audio
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan karakteristik media audio
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan media audio
|
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem-based learning 3 X 50 |
|
Materi: Prinsip desain media pembelajaran Pustaka: Materi: teori dan paradigma teknologi pendidikan Pustaka: Materi: Inovasi dalam sumber belajar Pustaka: Materi: Studi kasus mdi pembelajaran inovatif Pustaka: |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Pengembangan Media Audio |
Mahasiswa mampu menerapkan langkah-langkah mengembangkan media audio |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning 3 X 50 |
|
Materi: Konsep dasar desain instruksional Pustaka: Materi: prinsip-prinsip desain instruksional dalam pengembangan media Pustaka: Materi: studi kasus penerapan desain instruksional dalam media pembelajaran Pustaka: Materi: Evaluasi efektivitas media berdasrkan prinsip desain instruksional Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Pemahaman tentang media audio visual |
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan definisi media audio visual
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan manfaat media audio visual
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan karakteristik media audio visual
|
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem-based learning 3 X 50 |
|
Materi: Kriteria evaluasi media pembelajaran berbasis TIK Pustaka: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UTS 3 X 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Pemahaman tentang media audio visual |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan media audio visual |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Problem-based learning 3 X 50 |
|
Materi: Media Pembelajaran Interaktif Pustaka: |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Pemahaman tentang multimedia |
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan definisi multimedia
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan manfaat multimedia
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan karakteristik multimedia
|
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem-based learning 3 X 50 |
|
Materi: Faktor sosial kultural dalam Pendidikan Pustaka: |
8% |
11
Minggu ke 11 |
Pemahaman tentang multimedia |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan jenis-jenis multimedia |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based learning 3 X 50 |
|
Materi: Dampak ekonomi dalam pengebangan media pembelajaran Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan dan mempraktikkan konsep pengembangan media dan sumber belajar |
Mahasiswa mampu mengembangkan media dan sumber belajar |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project-based learning 3 X 50 |
|
Materi: Prinsip pengembangan media untuk abad 21 Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan dan mempraktikkan konsep pengembangan media dan sumber belajar |
Mahasiswa mampu mengembangkan media dan sumber belajar |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project-based learning 3 X 50 |
|
Materi: Model pengembangan media adaptif Pustaka: |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan dan mempraktikkan konsep pengembangan media dan sumber belajar |
Mahasiswa mampu mengembangkan media dan sumber belajar |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project-based learning 3 X 50 |
|
Materi: Teknik merancang media adaptif Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan dan mempraktikkan konsep pengembangan media dan sumber belajar |
Mahasiswa mampu mengembangkan media dan sumber belajar |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project-based learning 3 X 50 |
|
Materi: Tren terkini alam pengembangan media Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 3 X 50 |
|
Materi: UAS Pustaka: |
11% |