
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sosiologi Kepelatihan Olahraga |
8520202210 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
1 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes
|
Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menjelaskan konsep dasar dan teori sosiologi dalam konteks olahraga dan kepelatihan.
|
PO - 2 |
Menganalisis dinamika sosial dalam lingkungan kepelatihan olahraga.
|
PO - 3 |
Mengembangkan sikap inklusif, kolaboratif, dan etis dalam praktik kepelatihan berdasarkan nilai sosial dan budaya.
|
PO - 4 |
Mengintegrasikan pendekatan sosiologis dalam merancang pembelajaran dan kepelatihan olahraga yang inovatif dan efektif.
|
PO - 5 |
Menyusun solusi atas permasalahan sosial dalam kepelatihan olahraga berdasarkan hasil analisis kritis dan reflektif.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-6 | PO-1 | | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ | PO-5 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas peran dan pengaruh olahraga dalam struktur sosial serta bagaimana kepelatihan olahraga berinteraksi dengan dinamika sosial di masyarakat. Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar sosiologi, teori-teori sosial yang relevan dalam konteks olahraga, serta isu-isu sosial seperti identitas, kelas sosial, gender, budaya, dan kekuasaan dalam dunia kepelatihan olahraga. Fokus juga diberikan pada pemahaman hubungan antara pelatih, atlet, institusi olahraga, dan masyarakat luas.
Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kesadaran kritis terhadap tanggung jawab sosial sebagai pelatih, membangun hubungan sosial yang positif dalam proses pelatihan, dan mengelola dinamika sosial yang muncul dalam praktik keolahragaan secara profesional dan etis. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Kamanto Sunarto, 2004. Pengantar Sosiologi. Edisi Revisi, Lembaga Penerbit FE UI Jakarta.
- 2. Khairuddin, 2002. Sosiologi Keluarga. Penerbit, Liberty Yogyakarta.
- 3. Ritzer G dan Goodman D.J, 2004. Teori Sosiologi Modern, Edisi keenam. Cetakan keempat. Penerbit Kencana Prenada Media Group.Jakarta.
- 4. Yanuar Kiram, ........ Hand Out Sosiologi Olahraga, FIK-Universitas Negeri Padang.
- 5. Siantoro, Gigih, 2016, Bahan ajar mahasiswa
- 6. UU SKN Nomor 03 Tahun 2005 dan Kepres 16, 17 dan 18 Tahun 2007
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof.Dr. Imam Marsudi, M.Si. Dr. Rini Ismalasari, S.Pd., M.Kes. Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Or. Gigih Siantoro, S.Pd., M.Pd. Dr. Aghus Sifaq, S.Or., M.Pd. Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes. Dani Primanata, S.Pd.,M.Pd. Yanuar Alfan Triardhana, S.Or., M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan landasan dan konsep teori sosiologi |
Mahasiswa mampu menjelaskan landasan dan konsep teori sosiologi kepada orang lain |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab 2x50 |
Materi: Landasan Mata Kuliah Sosiologi Olahraga Pustaka: |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Pemahaman perkembangan sosiologi abad 20 sampai terkini |
Definisi dan sejarah perkembangan sosiologi |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
|
Materi: Perkembangan sosiologi Pustaka: |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Pemahaman teori makro, meso dan mikro |
Sejarah perkembangan sosiologi khususnya teori sosiologi makro, meso dan mikrososiologi |
Kriteria:
Penilaian Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Teori makro, meso dan mikro Pustaka: |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Pemahaman ruang lingkup sosiologi olahraga |
Tatanan social dan pengendalian sosial |
Kriteria:
Studi kasus mini Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Ruang lingkup sosiologi olahraga Pustaka: |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Pemahaman perubahan sosial |
Pengertian dan pemahaman perubahan sosial ruang lingkup perubahan atlet, pelatih dan Pembina olahraga |
Kriteria:
Presentasi kelompok Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Perubahan sosial Pustaka: |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Pemahaman pengaruh olahraga pada individu dan masyarakat |
Fungsi dan pengaruh olahraga terhadap individu |
Kriteria:
Tugas analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Fungsi dan pengaruh olahraga terhadap masyarakat Pustaka: |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Pemahaman pengaruh olahraga pada individu dan masyarakat |
Fungsi dan pengaruh olahraga terhadap individu |
Kriteria:
Refleksi kritis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Fungsi dan pengaruh olahraga terhadap masyarakat Pustaka: |
2% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
Penilaian Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
|
UTS 2X50 |
Materi: Evaluasi formatif (individu tertulis) Pustaka: |
16% |
9
Minggu ke 9 |
Pemahaman penerapan teori konflik pada implementasi organisasi olahraga |
Konflik dalam olahraga (kajian konflik pada Kepres dan Problem teknik ) |
Kriteria:
Penilaian forum diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Teori konflik dalam implementasi organisasi olahraga Pustaka: |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Pemahaman penerapan teori konflik pada implementasi organisasi olahraga |
Konflik dalam olahraga (kajian konflik pada Kepres dan Problem teknik ) |
Kriteria:
Penilaian Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Teori konflik dalam implementasi organisasi olahraga Pustaka: |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Pemahaman penerapan teori konflik pada implementasi kompetisi olahraga |
Perubahan perilaku atlet , pelatih, pembina dan masyarakat olahraga |
Kriteria:
Tugas desain pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab 2x50 |
Materi: Teori konflik dalam implementasi kompetisi olahraga Pustaka: |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Pemahaman penerapan teori konflik pada implementasi kebijakan pemerintah dalam olahraga |
hasil review |
Kriteria:
Penilaian Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Teori konflik dalam implementasi kebijakan pemerintah dalam olahraga Pustaka: |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Pemahaman penerapan teori konflik pada implementasi olahraga pendidikan |
Pemahaman perubahan perilaku masyarakat olahraga pendidikan |
Kriteria:
Penilaian Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab 2x50 |
|
Materi: Teori konflik dalam implementasi olahraga pendidikan Pustaka: |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Pemahaman penerapan teori konflik pada implementasi olahraga prestasi |
Pemahaman perubahan perilaku masyarakat olahraga khususnya (supporter dan orang tua) |
Kriteria:
Proposal solusi Bentuk Penilaian : Tes |
|
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab 2x50 |
Materi: Teori konflik dalam implementasi olahraga prestasi Pustaka: |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Pemahaman penerapan teori konflik pada implementasi olahraga rekreasi |
Seminar pemahaman perubahan perilaku masyarakat olahraga khususnya (masalah gender) |
Kriteria:
Presentasi kelompok Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
|
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab 2x50 |
Materi: Teori konflik dalam implementasi olahraga rekreasi Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Kriteria:
Penilaian Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
UAS 2X50 |
|
Materi: UAS Pustaka: |
45% |