Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sosiologi Kepelatihan Olahraga

8520202210

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

1 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes




Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menjelaskan konsep dasar dan teori sosiologi dalam konteks olahraga dan kepelatihan.

PO - 2

Menganalisis dinamika sosial dalam lingkungan kepelatihan olahraga.

PO - 3

Mengembangkan sikap inklusif, kolaboratif, dan etis dalam praktik kepelatihan berdasarkan nilai sosial dan budaya.

PO - 4

Mengintegrasikan pendekatan sosiologis dalam merancang pembelajaran dan kepelatihan olahraga yang inovatif dan efektif.

PO - 5

Menyusun solusi atas permasalahan sosial dalam kepelatihan olahraga berdasarkan hasil analisis kritis dan reflektif.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-6
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas peran dan pengaruh olahraga dalam struktur sosial serta bagaimana kepelatihan olahraga berinteraksi dengan dinamika sosial di masyarakat. Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar sosiologi, teori-teori sosial yang relevan dalam konteks olahraga, serta isu-isu sosial seperti identitas, kelas sosial, gender, budaya, dan kekuasaan dalam dunia kepelatihan olahraga. Fokus juga diberikan pada pemahaman hubungan antara pelatih, atlet, institusi olahraga, dan masyarakat luas. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kesadaran kritis terhadap tanggung jawab sosial sebagai pelatih, membangun hubungan sosial yang positif dalam proses pelatihan, dan mengelola dinamika sosial yang muncul dalam praktik keolahragaan secara profesional dan etis.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Kamanto Sunarto, 2004. Pengantar Sosiologi. Edisi Revisi, Lembaga Penerbit FE UI Jakarta.
  2. 2. Khairuddin, 2002. Sosiologi Keluarga. Penerbit, Liberty Yogyakarta.
  3. 3. Ritzer G dan Goodman D.J, 2004. Teori Sosiologi Modern, Edisi keenam. Cetakan keempat. Penerbit Kencana Prenada Media Group.Jakarta.
  4. 4. Yanuar Kiram, ........ Hand Out Sosiologi Olahraga, FIK-Universitas Negeri Padang.
  5. 5. Siantoro, Gigih, 2016, Bahan ajar mahasiswa
  6. 6. UU SKN Nomor 03 Tahun 2005 dan Kepres 16, 17 dan 18 Tahun 2007

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof.Dr. Imam Marsudi, M.Si.

Dr. Rini Ismalasari, S.Pd., M.Kes.

Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Prof. Dr. Or. Gigih Siantoro, S.Pd., M.Pd.

Dr. Aghus Sifaq, S.Or., M.Pd.

Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes.

Dani Primanata, S.Pd.,M.Pd.

Yanuar Alfan Triardhana, S.Or., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan landasan dan konsep teori sosiologi

Mahasiswa mampu menjelaskan landasan dan konsep teori sosiologi kepada orang lain


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
2x50
Materi: Landasan Mata Kuliah Sosiologi Olahraga
Pustaka:
2%

2

Minggu ke 2

Pemahaman perkembangan sosiologi abad 20 sampai terkini

Definisi dan sejarah perkembangan sosiologi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
Materi: Perkembangan sosiologi
Pustaka:
2%

3

Minggu ke 3

Pemahaman teori makro, meso dan mikro

Sejarah perkembangan sosiologi khususnya teori sosiologi makro, meso dan mikrososiologi

Kriteria:

Penilaian Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
2x50

Materi: Teori makro, meso dan mikro
Pustaka:
2%

4

Minggu ke 4

Pemahaman ruang lingkup sosiologi olahraga

Tatanan social dan pengendalian sosial

Kriteria:

Studi kasus mini


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
2x50

Materi: Ruang lingkup sosiologi olahraga
Pustaka:
2%

5

Minggu ke 5

Pemahaman perubahan sosial

Pengertian dan pemahaman perubahan sosial ruang lingkup perubahan atlet, pelatih dan Pembina olahraga

Kriteria:

Presentasi kelompok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
2x50

Materi: Perubahan sosial
Pustaka:
2%

6

Minggu ke 6

Pemahaman pengaruh olahraga pada individu dan masyarakat

Fungsi dan pengaruh olahraga terhadap individu

Kriteria:

Tugas analisis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
2x50

Materi: Fungsi dan pengaruh olahraga terhadap masyarakat
Pustaka:
2%

7

Minggu ke 7

Pemahaman pengaruh olahraga pada individu dan masyarakat

Fungsi dan pengaruh olahraga terhadap individu

Kriteria:

Refleksi kritis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
2x50

Materi: Fungsi dan pengaruh olahraga terhadap masyarakat
Pustaka:
2%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

Penilaian Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes

UTS
2X50
Materi: Evaluasi formatif (individu tertulis)
Pustaka:
16%

9

Minggu ke 9

Pemahaman penerapan teori konflik pada implementasi organisasi olahraga

Konflik dalam olahraga (kajian konflik pada Kepres dan Problem teknik )

Kriteria:

Penilaian forum diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
2x50

Materi: Teori konflik dalam implementasi organisasi olahraga
Pustaka:
3%

10

Minggu ke 10

Pemahaman penerapan teori konflik pada implementasi organisasi olahraga

Konflik dalam olahraga (kajian konflik pada Kepres dan Problem teknik )

Kriteria:

Penilaian Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
2x50

Materi: Teori konflik dalam implementasi organisasi olahraga
Pustaka:
3%

11

Minggu ke 11

Pemahaman penerapan teori konflik pada implementasi kompetisi olahraga

Perubahan perilaku atlet , pelatih, pembina dan masyarakat olahraga

Kriteria:

Tugas desain pembelajaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
2x50
Materi: Teori konflik dalam implementasi kompetisi olahraga
Pustaka:
3%

12

Minggu ke 12

Pemahaman penerapan teori konflik pada implementasi kebijakan pemerintah dalam olahraga

hasil review

Kriteria:

Penilaian Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
2x50

Materi: Teori konflik dalam implementasi kebijakan pemerintah dalam olahraga
Pustaka:
3%

13

Minggu ke 13

Pemahaman penerapan teori konflik pada implementasi olahraga pendidikan

Pemahaman perubahan perilaku masyarakat olahraga pendidikan

Kriteria:

Penilaian Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
2x50

Materi: Teori konflik dalam implementasi olahraga pendidikan
Pustaka:
4%

14

Minggu ke 14

Pemahaman penerapan teori konflik pada implementasi olahraga prestasi

Pemahaman perubahan perilaku masyarakat olahraga khususnya (supporter dan orang tua)

Kriteria:

Proposal solusi


Bentuk Penilaian :
Tes

Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
2x50
Materi: Teori konflik dalam implementasi olahraga prestasi
Pustaka:
4%

15

Minggu ke 15

Pemahaman penerapan teori konflik pada implementasi olahraga rekreasi

Seminar pemahaman perubahan perilaku masyarakat olahraga khususnya (masalah gender)

Kriteria:

Presentasi kelompok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes

Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
2x50
Materi: Teori konflik dalam implementasi olahraga rekreasi
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

UAS

Kriteria:

Penilaian Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
UAS
2X50

Materi: UAS
Pustaka:
45%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 57%
2. Penilaian Praktikum 1%
3. Praktik / Unjuk Kerja 24%
4. Tes 18%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.