
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Sains Data
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Data Eksploratif |
4920203067 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
5 |
25 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dinda Galuh Guminta, M.Stat.
|
Dr. Atik Wintarti, M.Kom
|
YULIANI PUJI ASTUTI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-21 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang sains data, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
PLO-25 |
Mampu mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan-kebutuhan pengguna dan mempertimbangkannya dalam memilih, membuat, mengintegrasi, mengevaluasi, dan mengadministrasi sistem berbasis kompetensi interdisiplin keilmuan sains data. |
PLO-26 |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan sains data khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menjelaskan konsep dasar analisis data eksploratif dan peranannya dalam alur analisis data
|
PO - 2 |
Menerapkan teknik analisis deskriptif untuk memahami karakteristik data numerik dan kategorik
|
PO - 3 |
Menerapkan analisis pola distribusi data melalui pendekatan visual maupun numerik
|
PO - 4 |
Mengidentifikasi pola, hubungan, dan anomali dalam data melalui pendekatan visual maupun numerik
|
PO - 5 |
Melakukan eksplorasi data multivariat
|
PO - 6 |
Melakukan eksplorasi data tidak terstruktur
|
PO - 7 |
Mengembangkan visualisasi data yang efektif, dinamis, dan interaktif
|
PO - 8 |
Menyusun analisis eksploratif berbasis proyek dengan data nyata
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-21 | PLO-25 | PLO-26 | | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | PO-3 | | | | ✔ | | PO-4 | ✔ | | ✔ | | | PO-5 | | | ✔ | | | PO-6 | | | ✔ | | | PO-7 | | ✔ | ✔ | | | PO-8 | ✔ | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Analisis Data Eksploratif memperkenalkan teknik-teknik dasar untuk mengeksplorasi, meringkas, dan memvisualisasikan data sebelum melakukan analisis yang lebih kompleks. Tujuan mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk memahami karakteristik data, mengidentifikasi pola, dan mendeteksi anomali. Ruang lingkup mencakup teknik penyajian data (tabel dan grafik), ukuran pemusatan dan penyebaran data, analisis hubungan antar variabel, serta penyajian data secara visualisasi dalam bentuk infografis maupun dashboard. Mahasiswa akan belajar menerapkan pendekatan eksploratif pada berbagai jenis data numerik dan kategorikal. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Knaflic, Cole Nussbaumer. (2015). Storytelling With Data: A Data Visualization Guide for Business Professionals. United States of America: Wiley
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
DINDA GALUH GUMINTA Dinda Galuh Guminta, M.Stat. Dinda Galuh Guminta, M.Stat. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, tujuan, dan peran analisis data eksploratif dalam analisis data |
Dapat memahami dan menjelaskan konsep dasar analisis data eksploratif |
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran kolaboratif (ceramah dan diskusi) 3X50 |
|
Materi: - Pustaka: Knaflic, Cole Nussbaumer. (2015). Storytelling With Data: A Data Visualization Guide for Business Professionals. United States of America: Wiley Materi: Konsep-konsep dasar eksplorasi data: definisi, tujuan, tahapan, perbedaan analisis data eksploratif dengan analisis konfirmatori Pustaka: Knaflic, Cole Nussbaumer. (2015). Storytelling With Data: A Data Visualization Guide for Business Professionals. United States of America: Wiley |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menerapkan teknik analisis deskriptif untuk memahami karakteristik data numerik dan kategorik |
- Dapat menentukan teknik analisis deskriptif yang tepat untuk memahami karakteristik data numerik dan kategorik
- Dapat menginterpretasi hasil secara tepat
|
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran kolaboratif (ceramah dan diskusi) 3X50 |
|
Materi: Teknik analisis deskriptif Pustaka: Knaflic, Cole Nussbaumer. (2015). Storytelling With Data: A Data Visualization Guide for Business Professionals. United States of America: Wiley |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu membuat dan menginterpretasi distribusi data numerik dengan metode visual maupun numerik |
- Mampu membuat visualisasi distribusi dengan tools
- Mampu membedakan berbagai jenis plot distribusi
- Mampu menginterpretasi hasil visualisasi distribusi
|
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran kolaboratif (ceramah dan diskusi) 3x50 |
|
Materi: Eksplorasi distribusi data: histogram, density plot, violin plot, box plot, QQ-plot Pustaka: Knaflic, Cole Nussbaumer. (2015). Storytelling With Data: A Data Visualization Guide for Business Professionals. United States of America: Wiley |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menerapkan analisis data eksploratif untuk data kategorik |
- Mampu menyajikan data kategorik dalam bentuk ringkasan statistik maupun visualisasi
- Mampu menginterpretasi hasil
|
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah, diskusi, dan tanya jawab) 3x50 |
|
Materi: Analisis data kategorik Pustaka: Knaflic, Cole Nussbaumer. (2015). Storytelling With Data: A Data Visualization Guide for Business Professionals. United States of America: Wiley |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menerapkan analisis data eksploratif untuk data kategorik |
- Mampu menyajikan data kategorik dalam bentuk ringkasan statistik maupun visualisasi
- Mampu menginterpretasi hasil
|
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah, diskusi, dan tanya jawab) 3x50 |
|
Materi: Analisis data kategorik Pustaka: Knaflic, Cole Nussbaumer. (2015). Storytelling With Data: A Data Visualization Guide for Business Professionals. United States of America: Wiley |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi hubungan antar dua variabel numerik |
- Mampu memahami analisis korelasi
- Mampu melakukan analisis korelasi dalam bentuk visual
- Mampu menginterpretasi kekuatan & arah hubungan
|
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah, diskusi, dan tanya jawab) 3x50 |
|
Materi: Analisis korelasi, scatter plot, heatmap Pustaka: Knaflic, Cole Nussbaumer. (2015). Storytelling With Data: A Data Visualization Guide for Business Professionals. United States of America: Wiley Materi: Hubungan antar variabel numerik: Analisis korelasi, scatter plot, heatmap Pustaka: Knaflic, Cole Nussbaumer. (2015). Storytelling With Data: A Data Visualization Guide for Business Professionals. United States of America: Wiley |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pola hubungan multivariabel sederhana |
- Mampu membuat grouped plot (boxplot, histogram)
- Mampu menggunakan pairplot untuk analisis
- Mampu menginterpretasi hasil
|
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah, diskusi, dan tanya jawab) 3x50 |
|
Materi: Hubungan lebih dari dua variabel numerik & kategorik: grouped boxplot, histogram by group, pairplot Pustaka: Knaflic, Cole Nussbaumer. (2015). Storytelling With Data: A Data Visualization Guide for Business Professionals. United States of America: Wiley |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
Ujian Tengah Semester Bentuk Penilaian : Tes |
UTS
|
|
Materi: - Pustaka: Knaflic, Cole Nussbaumer. (2015). Storytelling With Data: A Data Visualization Guide for Business Professionals. United States of America: Wiley |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu melakukan eksplorasi data multivariat |
- Mampu membangun scatterplot matrix/pairplot
- Mampu menginterpretasi pola dari hasil visualisasi
|
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah, diskusi, dan tanya jawab) 3X50 |
|
Materi: Teknik eksplorasi multivariat: scatterplot matrix, pairplot, PCA eksploratif Pustaka: Knaflic, Cole Nussbaumer. (2015). Storytelling With Data: A Data Visualization Guide for Business Professionals. United States of America: Wiley |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu melakukan eksplorasi awal pada data tidak terstruktur |
- Mampu melakukan preprocessing teks sederhana menggunakan wordcloud atau frekuensi kata
- Mampu menginterpretasi pola dari hasil visualisasi
|
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah, diskusi, dan tanya jawab) 3X50 |
|
Materi: Eksplorasi data tidak terstruktur: teks (wordcloud, frekuensi kata), gambar sederhana Pustaka: Knaflic, Cole Nussbaumer. (2015). Storytelling With Data: A Data Visualization Guide for Business Professionals. United States of America: Wiley |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu membangun dashboard interaktif |
- Mampu membuat dashboard sederhana menggunakan Tableau/Looker
- Mampu memilih visualisasi yang sesuai
- Mampu menjelaskan insight dari dashboard
|
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah, diskusi, dan tanya jawab) 3X50 |
|
Materi: Analisis dashboard: Tableau, Looker Studio Pustaka: Knaflic, Cole Nussbaumer. (2015). Storytelling With Data: A Data Visualization Guide for Business Professionals. United States of America: Wiley |
2% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mengembangkan visualisasi dinamis berbasis Python/R |
- Mampu membuat plot interaktif menggunakan library python
- Mampu menjelaskan hasil visualisasi
|
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah, diskusi, dan tanya jawab) 3X50 |
|
Materi: Visualisasi dinamis: Plotly, Seaborn, dan Bokeh Pustaka: Knaflic, Cole Nussbaumer. (2015). Storytelling With Data: A Data Visualization Guide for Business Professionals. United States of America: Wiley |
2% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menerapkan prinsip visualisasi yang efektif dan etis |
- Mampu mengidentifikasi visualisasi yang misleading
- Mampu menerapkan prinsip warna, layout, storytelling
- Mampu mengevaluasi kualitas visualisasi
|
Kriteria:
Non Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah, diskusi, dan tanya jawab) 3x50 |
|
Materi: Prinsip visualisasi efektif: storytelling, warna, etika visualisasi Pustaka: Knaflic, Cole Nussbaumer. (2015). Storytelling With Data: A Data Visualization Guide for Business Professionals. United States of America: Wiley |
2% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menghasilkan eksplorasi awal pada data nyata |
- Mampu memilih dataset relevan
- Mampu merumuskan problem statement eksplorasi
- Mampu melakukan preprocessing data awal
|
Kriteria:
Presentasi Ide Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah, diskusi, dan tanya jawab) 3x50 |
|
Materi: Implementasi analisis data eksploratif pada data nyata Pustaka: Knaflic, Cole Nussbaumer. (2015). Storytelling With Data: A Data Visualization Guide for Business Professionals. United States of America: Wiley |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menghasilkan eksplorasi awal |
- Mampu menghasilkan statistik deskriptif, visualisasi distribusi, dan analisis hubungan
- Mampu menuliskan interpretasi awal
|
Kriteria:
Presentasi Progress Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah, diskusi, dan tanya jawab) 3x50 |
|
Materi: Implementasi analisis data eksploratif pada data nyata Pustaka: Knaflic, Cole Nussbaumer. (2015). Storytelling With Data: A Data Visualization Guide for Business Professionals. United States of America: Wiley |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu menyajikan hasil analisis eksploratif dalam laporan dashboard' |
- Mampu menerapkan analisis eksplorasi data multivariat
- Mampu membangun visualisasi interaktif
- Mampu menyajikan hasil secara visual dan lisan
- Mampu menyusun laporan eksplorasi data
|
Kriteria:
Presentasi Final Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah, diskusi, dan tanya jawab) 3x50 |
|
Materi: Implementasi analisis data eksploratif pada data nyata Pustaka: Knaflic, Cole Nussbaumer. (2015). Storytelling With Data: A Data Visualization Guide for Business Professionals. United States of America: Wiley |
30% |