Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Luar Biasa

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PROPOSAL TUGAS AKHIR

8611703059

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=3

P=0

ECTS=6.72

3

9 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Asri Wijiastuti, M. Pd.




.......................................




Dr. Asri Wijiastuti, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu menemukan sumber masalah rekayasa melalui proses penelitian, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa di bidang Pendidikan Luar Biasa;

PLO-7

Mampu memformulasikan ide, hasil pemikiran, dan argument saintifik secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik di bidang pendidikan luar biasa;

PLO-8

Mampu memilih dan memanfaatkan system teknologi informasi dan yang adaptif dan kontekstual mendukung perencanaan, rekayasa, dan layanan di bidang Pendidikan Luar Biasa;

PLO-9

Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan luar biasa secara kontekstual;

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu mengidentifikasi dan menyusun latar belakang, rumusan dan batasan masalah, kontribusi, kajian pustaka suatu artikel ilmiah/penelitian

PO - 2

Mampu mengidentifikasi dan menyusun metodologi, analisis data, dan kesimpulan suatu artikel ilmiah/penelitian.

PO - 3

Mampu menyusun sebuah dokumen ilmiah yang dilengkapi dengan kajian pustaka, identifikasi celah riset, metodologi penelitian, analisis data, dan kesimpulan, dengan etika ilmiah

PO - 4

Mampu menyusun proposal tesis dan menyajikannya pada ujian proposal tesis

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-7PLO-8PLO-9
PO-1    
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembahasan tentang skop materi proposal tugass akhir, mahasiswa akan dibekali pengetahuan dan keterampilan untuk menyusun proposal tugas akhir yang baik, serta mempersiapkan diri untuk menjalani proses penelitian dengan baik. Konsep dalam proposal tugas akhir merupakan ide utama atau pokok permasalahan yang akan diteliti dalam tesis. Mata kuliah Proposal tugas akhir berfungsi untuk memberikan gambaran tentang topik yang akan diteliti, tujuan penelitian, metodologi yang digunakan, serta pentingnya penelitian tersebut dalam mengisi kekosongan ilmu atau memberikan solusi terhadap masalah tertentu.

Pustaka

Utama :

  1. WRITING A THESIS PROPOSAL: INDEPENDENT LEARNING RESOURCES © Learning Centre, The University of Sydney
  2. Pedoman Penulisan Tesis & Disertasi Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.2019
  3. University of Pretoria etd – Pottas, L (2005) CHAPTER 1 INTRODUCTION, BACKGROUND AND RESEARCH PROBLEM
  4. Pedoman Tugas Akhir Edisi II. Universitas Negeri Surabaya (2024)
  5. Mendeley http://mendeley.com (panduan http://lib.ugm.ac.id/ind/?page_id=725) - E-book Mendeley

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Asri Wijiastuti, M.Pd.

Dr. H. Pamuji, M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mengidentifikasi dan menyusun latar belakang, rumusan dan batasan masalah, kontribusi, kajian pustaka suatu artikel ilmiah/penelitian.

Ketepatan identifikasi dan penyusunan latar belakang, rumusan dan batasan masalah, kontribusi, kajian pustaka suatu artikel ilmiah/penelitian

Kriteria:

Identifikasi dan merangkum bagian artikel ilmiah: latar belakang, rumusan dan batasan masalah, kontribusi, kajian pustaka tepat dan sesuai


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

3 X 50
Kolaboratif dan diskusi
Materi: Identifikasi dan memahami: latar belakang, rumusan dan batasan masalah, kontribusi, kajian pustaka suatu artikel ilmiah/penelitian.
Pustaka:
3%

2

Minggu ke 2

Mampu mengidentifikasi dan menyusun latar belakang, rumusan dan batasan masalah, kontribusi, kajian pustaka suatu artikel ilmiah/penelitian.

Ketepatan identifikasi dan penyusunan latar belakang, rumusan dan batasan masalah, kontribusi, kajian pustaka suatu artikel ilmiah/penelitian.

Kriteria:

Ketepan dan kesesuaian isi dan panduan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

4 X 50
Kolaboratif dan diskusi
Materi: Identifikasi dan memahami: latar belakang, rumusan dan batasan masalah, kontribusi, kajian pustaka suatu artikel ilmiah/penelitian.
Pustaka:
3%

3

Minggu ke 3

Mampu mengidentifikasi dan menyusun metode, analisis data, dan kesimpulan suatu artikel ilmiah/penelitian.

Ketepatan identifikasi dan penyusunan metode, analisis data, dan kesimpulan suatu artikel ilmiah/penelitian.

Kriteria:

Ketepatan dan kesesuain


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

3 X 50
Inquiry dan diskusi
Materi: Identifikasi dan memahami: metode, analisis data, dan kesimpulan suatu artikel ilmiah/penelitian.
Pustaka:
2%

4

Minggu ke 4

Mampu mengidentifikasi dan menyusun metode, analisis data, dan kesimpulan suatu artikel ilmiah/penelitian.

Ketepatan identifikasi dan penyusunan metodologi, analisis data, dan kesimpulan suatu artikel ilmiah/penelitian.

Kriteria:

Ketepatan dan kesesuai


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

3 X 50
Inquiry dan diskusi
Materi: Identifikasi dan memahami: metodologi, analisis data, dan kesimpulan suatu artikel ilmiah/penelitian.
Pustaka:
2%

5

Minggu ke 5

Mampu mengidentifikasi dan menyusun metode, analisis data, dan kesimpulan suatu artikel ilmiah/penelitian.

Ketepatan Identifikasi dan merangkum bagian artikel ilmiah, metodologi, analisis data, dan kesimpulan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

3 X 50
Inquiry dan diskusi
Materi: Plagiarisme dan tata cara sitasi.
Pustaka:
2%

6

Minggu ke 6

Mampu mengidentifikasi dan menyusun metodologi, analisis data, dan kesimpulan suatu artikel ilmiah/penelitian.

Ketepatan Identifikasi dan merangkum bagian artikel ilmiah, metodologi, analisis data, dan kesimpulan.

Kriteria:

Ketepatan dan kesesuaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

3 X 50
Inquiry dan diskusi
Materi: Plagiarisme dan tata cara sitasi
Pustaka:
2%

7

Minggu ke 7

Mampu menyusun sebuah dokumen ilmiah yang dilengkapi dengan kajian pustaka, identifikasi celah riset, metodologi penelitian, analisis data, dan kesimpulan, dengan etika ilmiah.

Ketepatan dan kejelasan isi dokumen ilmiah yang dilengkapi dengan kajian pustaka, identifikasi celah riset, metodologi penelitian, analisis data, dan kesimpulan.

Kriteria:

Ketepatan dan Kejelasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

3 X 50
Project Base Learning dan Diskusi
Materi: Penggunaan software referensi.
Pustaka:
2%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
3 X 50

Materi: UTS
Pustaka:
10%

9

Minggu ke 9

Mampu menyusun sebuah dokumen ilmiah yang dilengkapi dengan kajian pustaka, identifikasi celah riset, metodologi penelitian, analisis data, dan kesimpulan, dengan etika ilmiah

Penyusunan proposal tesis

Kriteria:

Sistematis, komprehensif dan sesuai dengan panduan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja

3 X 50
PjBL dan Diskusi
Materi: Etika penulisan dan publikasi.
Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Edisi II. Universitas Negeri Surabaya (2024)
5%

10

Minggu ke 10

Mampu menyusun sebuah dokumen ilmiah yang dilengkapi dengan kajian pustaka, identifikasi celah riset, metodologi penelitian, analisis data, dan kesimpulan, dengan etika ilmiah

Penyusunan proposal tesis

Kriteria:

sistematis, komprehensif, dan sesuai panduan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

3 X 50
PjBL dan diskusi
Materi: Etika penulisan dan publikasi.
Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Edisi II. Universitas Negeri Surabaya (2024)
6%

11

Minggu ke 11

Mampu menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, etika ilmiah, dan mendokumentasikannya.

Tercapainya penyusunan proposal tesis

Kriteria:

Proposal Tesis tepat dan sesuai


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja

3 X 50
PjBL
Materi: Mandiri dan bimbingan penyusun proposal tesis
Pustaka:
10%

12

Minggu ke 12

Mampu menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, etika ilmiah, dan mendokumentasikannya.

Tercapainya penyusunan proposal tesis

Kriteria:

Ketepatan dan kesesuaian isi proposal dan topik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

3 X 50
PjBL
Materi: Pembingan dan mandiri menyusun draft proposal tesis
Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Edisi II. Universitas Negeri Surabaya (2024)
6%

13

Minggu ke 13

Mampu menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, etika ilmiah, dan mendokumentasikannya.

Tercapainya penyusunan proposal tesis

Kriteria:

Ketepatan dan kesesuaian proposal tesis dengan topik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

3 X 50
PjBL
Materi: Pembimbngan dan mandiri menyusun proposal tesis
Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Edisi II. Universitas Negeri Surabaya (2024)
10%

14

Minggu ke 14

Mampu menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, etika ilmiah, dan mendokumentasikannya.

Tercapainya penyusunan proposal tesis

Kriteria:

Ketepatan dan kesesuaian proposal tesis dengan topik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

3 X 50
PjBL
Materi: Pembimbingan dan mandiri menyusun proposal tesis
Pustaka: WRITING A THESIS PROPOSAL: INDEPENDENT LEARNING RESOURCES © Learning Centre, The University of Sydney
10%

15

Minggu ke 15

Mampu menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, etika ilmiah, dan mendokumentasikannya.

Pemberian umpan balik terhadap draft proposal tesis

Kriteria:

Penyajian runtut


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja

3 X 50
Diskusi
Materi: Diskusi dan pemberian umpan balik terhadap draft proposal tesis
Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Edisi II. Universitas Negeri Surabaya (2024)
10%

16

Minggu ke 16

UJIAN SUMATIF

UJIAN SUMATIF

Kriteria:

UJIAN SUMATIF


Bentuk Penilaian :
Tes
UJIAN SUMATIF
3 X 50

Materi: UAS
Pustaka:
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 9%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 41.83%
3. Penilaian Portofolio 11.33%
4. Praktik / Unjuk Kerja 10.83%
5. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.