
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Luar Biasa
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
PROPOSAL TUGAS AKHIR |
8611703059 |
Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
3 |
9 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Asri Wijiastuti, M. Pd.
|
.......................................
|
Dr. Asri Wijiastuti, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu menemukan sumber masalah rekayasa melalui proses penelitian, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa di bidang Pendidikan Luar Biasa; |
PLO-7 |
Mampu memformulasikan ide, hasil pemikiran, dan argument saintifik secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik di bidang pendidikan luar biasa; |
PLO-8 |
Mampu memilih dan memanfaatkan system teknologi informasi dan yang adaptif dan kontekstual mendukung perencanaan, rekayasa, dan layanan di bidang Pendidikan Luar Biasa; |
PLO-9 |
Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan luar biasa secara kontekstual; |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mengidentifikasi dan menyusun latar belakang, rumusan dan batasan masalah, kontribusi, kajian pustaka suatu artikel ilmiah/penelitian
|
PO - 2 |
Mampu mengidentifikasi dan menyusun metodologi, analisis data, dan kesimpulan suatu artikel ilmiah/penelitian.
|
PO - 3 |
Mampu menyusun sebuah dokumen ilmiah yang dilengkapi dengan kajian pustaka, identifikasi celah riset, metodologi penelitian, analisis data, dan kesimpulan, dengan etika ilmiah
|
PO - 4 |
Mampu menyusun proposal tesis dan menyajikannya pada ujian proposal tesis
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | ✔ | PO-4 | | | ✔ | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | ✔ | PO-4 | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pembahasan tentang skop materi proposal tugass akhir, mahasiswa akan dibekali pengetahuan dan keterampilan untuk menyusun proposal tugas akhir yang baik, serta mempersiapkan diri untuk menjalani proses penelitian dengan baik. Konsep dalam proposal tugas akhir merupakan ide utama atau pokok permasalahan yang akan diteliti dalam tesis. Mata kuliah Proposal tugas akhir berfungsi untuk memberikan gambaran tentang topik yang akan diteliti, tujuan penelitian, metodologi yang digunakan, serta pentingnya penelitian tersebut dalam mengisi kekosongan ilmu atau memberikan solusi terhadap masalah tertentu. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- WRITING A THESIS PROPOSAL: INDEPENDENT LEARNING RESOURCES © Learning Centre, The University of Sydney
- Pedoman Penulisan Tesis & Disertasi Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.2019
- University of Pretoria etd – Pottas, L (2005) CHAPTER 1 INTRODUCTION, BACKGROUND AND RESEARCH PROBLEM
- Pedoman Tugas Akhir Edisi II. Universitas Negeri Surabaya (2024)
- Mendeley http://mendeley.com (panduan http://lib.ugm.ac.id/ind/?page_id=725) - E-book Mendeley
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Asri Wijiastuti, M.Pd. Dr. H. Pamuji, M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu mengidentifikasi dan menyusun latar belakang, rumusan dan batasan masalah, kontribusi, kajian pustaka suatu artikel ilmiah/penelitian. |
Ketepatan identifikasi dan penyusunan latar belakang, rumusan dan batasan masalah, kontribusi, kajian pustaka suatu artikel ilmiah/penelitian |
Kriteria:
Identifikasi dan merangkum bagian artikel ilmiah: latar belakang, rumusan dan batasan masalah, kontribusi, kajian pustaka tepat dan sesuai Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
3 X 50 |
Kolaboratif dan diskusi
|
Materi: Identifikasi dan memahami: latar belakang, rumusan dan batasan masalah, kontribusi, kajian pustaka suatu artikel ilmiah/penelitian. Pustaka: |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mengidentifikasi dan menyusun latar belakang, rumusan dan batasan masalah, kontribusi, kajian pustaka suatu artikel ilmiah/penelitian. |
Ketepatan identifikasi dan penyusunan latar belakang, rumusan dan batasan masalah, kontribusi, kajian pustaka suatu artikel ilmiah/penelitian. |
Kriteria:
Ketepan dan kesesuaian isi dan panduan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
4 X 50 |
Kolaboratif dan diskusi
|
Materi: Identifikasi dan memahami: latar belakang, rumusan dan batasan masalah, kontribusi, kajian pustaka suatu artikel ilmiah/penelitian. Pustaka: |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu mengidentifikasi dan menyusun metode, analisis data, dan kesimpulan suatu artikel ilmiah/penelitian. |
Ketepatan identifikasi dan penyusunan metode, analisis data, dan kesimpulan suatu artikel ilmiah/penelitian. |
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuain Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
3 X 50 |
Inquiry dan diskusi
|
Materi: Identifikasi dan memahami: metode, analisis data, dan kesimpulan suatu artikel ilmiah/penelitian. Pustaka: |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu mengidentifikasi dan menyusun metode, analisis data, dan kesimpulan suatu artikel ilmiah/penelitian. |
Ketepatan identifikasi dan penyusunan metodologi, analisis data, dan kesimpulan suatu artikel ilmiah/penelitian. |
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuai Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
3 X 50 |
Inquiry dan diskusi
|
Materi: Identifikasi dan memahami: metodologi, analisis data, dan kesimpulan suatu artikel ilmiah/penelitian. Pustaka: |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu mengidentifikasi dan menyusun metode, analisis data, dan kesimpulan suatu artikel ilmiah/penelitian. |
Ketepatan Identifikasi dan merangkum bagian artikel ilmiah, metodologi, analisis data, dan kesimpulan. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
3 X 50 |
Inquiry dan diskusi
|
Materi: Plagiarisme dan tata cara sitasi. Pustaka: |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu mengidentifikasi dan menyusun metodologi, analisis data, dan kesimpulan suatu artikel ilmiah/penelitian. |
Ketepatan Identifikasi dan merangkum bagian artikel ilmiah, metodologi, analisis data, dan kesimpulan. |
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
3 X 50 |
Inquiry dan diskusi
|
Materi: Plagiarisme dan tata cara sitasi Pustaka: |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menyusun sebuah dokumen ilmiah yang dilengkapi dengan kajian pustaka, identifikasi celah riset, metodologi penelitian, analisis data, dan kesimpulan, dengan etika ilmiah. |
Ketepatan dan kejelasan isi dokumen ilmiah yang dilengkapi dengan kajian pustaka, identifikasi celah riset, metodologi penelitian, analisis data, dan kesimpulan. |
Kriteria:
Ketepatan dan Kejelasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
3 X 50 |
Project Base Learning dan Diskusi
|
Materi: Penggunaan software referensi. Pustaka: |
2% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 3 X 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menyusun sebuah dokumen ilmiah yang dilengkapi dengan kajian pustaka, identifikasi celah riset, metodologi penelitian, analisis data, dan kesimpulan, dengan etika ilmiah |
Penyusunan proposal tesis |
Kriteria:
Sistematis, komprehensif dan sesuai dengan panduan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
3 X 50 |
PjBL dan Diskusi
|
Materi: Etika penulisan dan publikasi. Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Edisi II. Universitas Negeri Surabaya (2024) |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menyusun sebuah dokumen ilmiah yang dilengkapi dengan kajian pustaka, identifikasi celah riset, metodologi penelitian, analisis data, dan kesimpulan, dengan etika ilmiah |
Penyusunan proposal tesis |
Kriteria:
sistematis, komprehensif, dan sesuai panduan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
3 X 50 |
PjBL dan diskusi
|
Materi: Etika penulisan dan publikasi. Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Edisi II. Universitas Negeri Surabaya (2024) |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, etika ilmiah, dan mendokumentasikannya. |
Tercapainya penyusunan proposal tesis |
Kriteria:
Proposal Tesis tepat dan sesuai Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
3 X 50 |
PjBL
|
Materi: Mandiri dan bimbingan penyusun proposal tesis Pustaka: |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, etika ilmiah, dan mendokumentasikannya. |
Tercapainya penyusunan proposal tesis |
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian isi proposal dan topik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
3 X 50 |
PjBL
|
Materi: Pembingan dan mandiri menyusun draft proposal tesis Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Edisi II. Universitas Negeri Surabaya (2024) |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, etika ilmiah, dan mendokumentasikannya. |
Tercapainya penyusunan proposal tesis |
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian proposal tesis dengan topik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
3 X 50 |
PjBL
|
Materi: Pembimbngan dan mandiri menyusun proposal tesis Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Edisi II. Universitas Negeri Surabaya (2024) |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, etika ilmiah, dan mendokumentasikannya. |
Tercapainya penyusunan proposal tesis |
Kriteria:
Ketepatan dan kesesuaian proposal tesis dengan topik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
3 X 50 |
PjBL
|
Materi: Pembimbingan dan mandiri menyusun proposal tesis Pustaka: WRITING A THESIS PROPOSAL: INDEPENDENT LEARNING RESOURCES © Learning Centre, The University of Sydney |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, etika ilmiah, dan mendokumentasikannya. |
Pemberian umpan balik terhadap draft proposal tesis |
Kriteria:
Penyajian runtut Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
3 X 50 |
Diskusi
|
Materi: Diskusi dan pemberian umpan balik terhadap draft proposal tesis Pustaka: Pedoman Tugas Akhir Edisi II. Universitas Negeri Surabaya (2024) |
10% |
16
Minggu ke 16 |
UJIAN SUMATIF |
UJIAN SUMATIF |
Kriteria:
UJIAN SUMATIF Bentuk Penilaian : Tes |
UJIAN SUMATIF 3 X 50 |
|
Materi: UAS Pustaka: |
20% |