
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
UI/UX |
5720103145 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
2 |
15 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Berlian Maulidya Izzati, S.Kom. M.Kom.
|
Berlian Maulidya Izzati, S.Kom. M.Kom.
|
I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-9 |
Mampu memahami, mengidentifikasi,menganalisis, menerapkan konsep UI/UX, metodologi, dan bahasa pemrograman dan membangun perangkat lunak sistem informasi untuk mendukung inovasi digital |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu memahami konsep dan prinsip penerapan UI/UX
|
PO - 2 |
Mampu memahami dan menerapkan proses perancangan UI
|
PO - 3 |
Mampu membuat protoyping berdasarkan studi kasus
|
PO - 4 |
Mampu memahami dan menerapkan tahapan dari user research
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini berfokus pada perancangan desain antarmuka pengguna (UI) yang tidak terlepas dari aspek pengalaman pengguna (UX). Mahasiswa akan mempelajari bagaimana membuat sebuah desain yang tidak hanya menarik namun juga fungsional bagi penggunanya. Tujuaan dari mata kuliah ini adalah meningkatkan pemahaman terkait dasar UI/UX, mengembangkan keterampilan desain antarmuka, menerapkan metode pembuatan desain yang berfokus pada pengguna serta meningkatkan kemampuan problem solving. Hasil akhir dari mata kuliah ini maka harapannya mahasiswa mampu merancang antarmuka pengguna yang efektif, melakukan riset dan analisa pengguna, mengembangkan prototipe dan melakukan pengujian serta berpikir kritis, kreatif dalam mendesain antarmuka pengguna. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- About Face 3, The Essentials of Interaction Design, Alan Cooper (2007)
- Designing Interactive Systems, David Benyon (2010);
- Handbook of Usability Testing (1994);
- The Design of Everyday Things, D. Norman (1988);
- www.skilvul.com
- Introduction to Design Thinking for UX Beginners: 5 Steps to Creating a Digital Experience That Engages Users with UX Design, UI Design, and User Research. Start Building Your UX Career. (Uijun Park, 2023)
|
Pendukung : |
|
- www.figma.com
- Google Material Design Guidelines (online)
- https://www.nngroup.com/
|
Dosen Pengampu
|
Ardhini Warih Utami, S.Kom., M.Kom. Berlian Maulidya Izzati, S.Kom. M.Kom. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami dasar UI / UX |
Mahasiswa mampu memahami dasar UI / UX dan tools Figma |
Kriteria:
Kuis pilihan ganda Bentuk Penilaian : Tes |
Ceramah dan diskusi 3x50‘ |
|
Materi: The Psychopathology of Everyday Things Pustaka: The Design of Everyday Things, D. Norman (1988); |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami User Goals, mental model dan user types dalam perancangan UI/UX |
Mahasiswa mampu memahami User Goals, mental model dan user types dalam perancangan UI/UX |
Kriteria:
Kuis pilihan ganda Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan diskusi 3x50‘ |
|
Materi: Implementation Models and Mental Models Pustaka: About Face 3, The Essentials of Interaction Design, Alan Cooper (2007) Materi: Goal-Directed Design Pustaka: About Face 3, The Essentials of Interaction Design, Alan Cooper (2007) |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami dan menerapkan proses Desain UX dan Persona |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan proses desain UX dan Persona |
Kriteria:
UTS pilihan ganda dan Pre-Project (Tugas 1,2,3) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan diskusi 3x50‘ |
|
Materi: Design Thinking Process Pustaka: www.skilvul.com Materi: The process of human-centred interactive systems design Pustaka: About Face 3, The Essentials of Interaction Design, Alan Cooper (2007) |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami dan menerapkan userflow dan wireframe |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan userflow dan wireframe |
Kriteria:
UTS pilihan ganda dan Pre-Project (Tugas 1,2,3) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ceramah dan diskusi 3x50‘ |
|
Materi: User Flow dan Wireframe Pustaka: www.skilvul.com Materi: 5 Steps to Design Thinking - User Flow Pustaka: Introduction to Design Thinking for UX Beginners: 5 Steps to Creating a Digital Experience That Engages Users with UX Design, UI Design, and User Research. Start Building Your UX Career. (Uijun Park, 2023) |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami dasar-dasar UI design |
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar UI design |
Kriteria:
UTS pilihan ganda Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan diskusi 3x50‘ |
|
Materi: UI principles Pustaka: https://www.nngroup.com/... |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami pola dan komponen user interface (1) |
Mahasiswa mampu memahami pola dan komponen user interface |
Kriteria:
Tugas project akhir mata kuliah Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah dan Diskusi 3x50‘ |
|
Materi: UI Component Pustaka: Google Material Design Guidelines (online) |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami pola dan komponen user interface (2) |
Memahami pola dan komponen user interface (2) |
Kriteria:
Tugas project akhir mata kuliah Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan diskusi 3x50‘ |
|
Materi: UI Component Pustaka: Google Material Design Guidelines (online) |
10% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Mahasiswa mampu memahami teori pada materi minggu 3,4 dan 5 |
Kriteria:
UTS pilihan ganda Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
Materi: 5 Steps to Design Thinking Pustaka: Introduction to Design Thinking for UX Beginners: 5 Steps to Creating a Digital Experience That Engages Users with UX Design, UI Design, and User Research. Start Building Your UX Career. (Uijun Park, 2023) |
0% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami konsep usability |
Mahasiswa mampu memahami konsep usability |
Kriteria:
Tugas project akhir mata kuliah Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan Diskusi 3x50‘ |
|
Materi: Usability Testing Pustaka: Handbook of Usability Testing (1994); |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami konsep dan metode dari user research |
Memahami konsep dan metode dari user research |
Kriteria:
Tugas project akhir mata kuliah Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan Diskusi 3x50‘ |
|
Materi: Understanding Users: Qualitative Research Pustaka: About Face 3, The Essentials of Interaction Design, Alan Cooper (2007) |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Mempraktekkan desain UI menggunakan tools figma (1) |
Mahasiswa mampu mempraktekkan desain UI menggunakan tools figma (1) |
Kriteria:
Konsultasi progress project akhir oleh kelompok Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Konsultasi dan diskusi 3x50‘ |
|
Materi: Tools Figma Pustaka: www.figma.com |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mempraktekkan desain UI menggunakan tools figma (2) |
Mahasiswa mampu mempraktekkan desain UI menggunakan tools figma (2) |
Kriteria:
Konsultasi progress project akhir oleh kelompok Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Konsultasi dan diskusi 3x50‘ |
|
Materi: Tools Figma Pustaka: www.figma.com |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mempraktekkan desain UI menggunakan tools figma (3) |
Mahasiswa mampu mempraktekkan desain UI menggunakan tools figma (3) |
Kriteria:
Konsultasi progress project akhir oleh kelompok Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Konsultasi dan diskusi 3x50‘ |
|
Materi: Tools Figma Pustaka: www.figma.com |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mempraktekkan desain UI menggunakan tools figma (4) |
Mahasiswa mampu mempraktekkan desain UI menggunakan tools figma (4) |
Kriteria:
Konsultasi progress project akhir oleh kelompok Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Konsultasi dan diskusi 3x50‘ |
|
Materi: Tools Figma Pustaka: www.figma.com |
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mempraktekkan desain UI menggunakan tools figma (5) |
Mahasiswa mampu mempraktekkan desain UI menggunakan tools figma (5) |
Kriteria:
Konsultasi progress project akhir oleh kelompok Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Konsultasi dan diskusi 3x50‘ |
|
Materi: Tools Figma Pustaka: www.figma.com |
10% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Mahasiswa mampu mempraktekkan penggunaan figma untuk membuat prototype dan melakukan usability testing |
Kriteria:
Tugas project akhir mata kuliah Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi Akhir
|
|
Materi: Tools Figma Pustaka: www.figma.com |
0% |