
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Matematika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Filsafat Pendidikan Matematika |
8420202057 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
8 |
24 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd
|
.......................................
|
ENDAH BUDI RAHAJU |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Mendemostrasikan keterampilan dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika berwawasan pendidikan realistik berbasis teknologi yang adaptif dan inovatif |
PLO-10 |
Mengambil keputusan berbasis data dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab mahasiswa dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Membedakan pengertian filsafat umum, filsafat matematika, dan filsafat pendidikan matematika secara kritis dan ilmiah.
|
PO - 2 |
Menganalisis peran filsafat pendidikan matematika dalam pembelajaran maupun pengajaran
|
PO - 3 |
Mendeskripsikan berbagai aliran filsafat dalam matematika beserta implikasinya dalam pendidikan matematika.
|
PO - 4 |
Menganalisis estetika matematika
|
PO - 5 |
Menganalisis hubungan berbagai aliran matematika dalam teori belajar, dan prinsip-prinsip dasar dalam mengajar dan belajar matematika.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-8 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | | | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | | ✔ | PO-3 | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | | | ✔ | ✔ | PO-5 | | ✔ | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengaji tentang hakikat matematika, berbagai pandangan tentang matematika, kebenaran dan karakteristik matematika, estetika matematika, kedudukan matematika dalam teori belajar, dan prinsip-prinsip dasar dalam belajar dan mengajar matematika dan menerapkan prinsip-prinsip filosofi dalam belajar dan mengajar matematika melalui pembelajaran aktif berbasis diskusi kelas dan memanfaatkan sumber belajar IT |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Siswono, T. 2014. Filsafat Pendidikan Matematika dan Sejarah Matematika. Modul PLPG UNESA
- FitzSimmons, James A. 2014. Philosophy of Teaching and Learning Mathematics . http://plato.wilmington.edu/f aculty/jfitzs/tchg_phi.htm.
- Ernest, Paul. Tanpa tahun. What is the Philosophy of Mathematics Education http://people.exeter.ac.uk/PErnest/ pome18/PhoM_ for_ICME_04.htm
|
Pendukung : |
|
- Soedjadi, R. 1999. Kiat-Kiat Pendidikan Matematika. Dirjen Dikti, Depdikbud
- Philosophy of Mathematics Education Journal ISSN 1465-2978 (Online)
- Ernest, P. 1991. The Philosophy of Mathematics Education, London: Falmer Press.
|
Dosen Pengampu
|
MEGA TEGUH BUDIARTO TATAG YULI EKO SISWONO Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Mega Teguh Budiarto, M. Pd. Prof. Dr. Mega Teguh Budiarto, M. Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mendeskripsikan pengertian filsafat dan komponen-komponennya secara umum |
Mendeskripsikan pengertian filsafat dan komponen-komponennya secara umum dengan kritis dan ilmiah. |
Kriteria:
Ketepatan Jawaban Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi,
Tanya-jawab 2 x 50‘ |
Materi: Pengertian Filsafat Pendidikan Matematika Pustaka: Siswono, T. 2014. Filsafat Pendidikan Matematika dan Sejarah Matematika. Modul PLPG UNESA |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mendeskripsikan hakekat matematika dan makna filsafat Pendidikan matematika |
Mendeskripsikan hakekat matematika dan makna filsafat Pendidikan matematika dengan kritis dan ilmiah |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas, kedalaman pemahaman terhadap tugas, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, Tanya-jawab. Kasus 1: Ibarat buah, matematika itu buah apa? 2 x 50‘ |
Materi: Hakekat Matematika Pustaka: Siswono, T. 2014. Filsafat Pendidikan Matematika dan Sejarah Matematika. Modul PLPG UNESA |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis kebenaran, karakteristik matematika, dan karakteristik pendidikan matematika |
Mendeskripsikan kebenaran, karakteristik matematika, dan karakteristik pendidikan matematika |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus 2: Bagaimana memeriksa kebenaran matematika? 2 x 50‘ |
Materi: Kebenaran, Karakteristik Matematika, dan Karakteristik Pendidikan Matematika Pustaka: Siswono, T. 2014. Filsafat Pendidikan Matematika dan Sejarah Matematika. Modul PLPG UNESA |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mendeskripsikan peran filsafat pendidikan matematika dalam pembelajaran maupun pengajaran matematika. |
Menganalisis peran filsafat pendidikan matematika dalam pembelajaran matematika. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus3: Apakah guru dapat merancang matematika tanpa mengetahui filsafat? 2 x 50‘ |
Materi: Peran filsafat pendidikan matematika dalam pembelajaran maupun pengajaran matematika. Pustaka: Siswono, T. 2014. Filsafat Pendidikan Matematika dan Sejarah Matematika. Modul PLPG UNESA |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis pandangan logisisme dalam matematika. |
Mendeskripsikan pandangan logisisme dalam matematika. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus 4: Apakah implikasi dari Teorema ketidaklengkapan Godel bagi pandangan Logisisme? 2 x 50‘ |
Materi: Logisisme Pustaka: Siswono, T. 2014. Filsafat Pendidikan Matematika dan Sejarah Matematika. Modul PLPG UNESA Materi: Logisisme Pustaka: Ernest, Paul. Tanpa tahun. What is the Philosophy of Mathematics Education http://people.exeter.ac.uk/... pome18/PhoM_ for_ICME_04.htm |
0% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis pandangan formalisme dalam matematika. |
Mendeskripsikan pandangan formalisme dalam matematika. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus 5: Apakah semua struktur matematika dapat diformalkan? 2 x 50‘ |
Materi: Formalisme Pustaka: Siswono, T. 2014. Filsafat Pendidikan Matematika dan Sejarah Matematika. Modul PLPG UNESA Materi: Formalisme Pustaka: Ernest, Paul. Tanpa tahun. What is the Philosophy of Mathematics Education http://people.exeter.ac.uk/... pome18/PhoM_ for_ICME_04.htm |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis pandangan intusionisme dalam matematika. |
Mendeskripsikan pandangan intusionisme dalam matematika. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus 6: Apakah produk pemikiran matematikawan intuisinis? 2 x 50‘ |
Materi: Intusionisme Pustaka: Siswono, T. 2014. Filsafat Pendidikan Matematika dan Sejarah Matematika. Modul PLPG UNESA Materi: Intusionisme Pustaka: Ernest, Paul. Tanpa tahun. What is the Philosophy of Mathematics Education http://people.exeter.ac.uk/... pome18/PhoM_ for_ICME_04.htm |
4% |
8
Minggu ke 8 |
|
Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
Ketepatan Jawaban Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Tengah Semester 2 x 50‘ |
2 x 50‘ |
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis matematika sebagai body static (platonis), alat (instrumen), atau aktivitas manusia (human activity). |
|
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus 7: Apakah anda yakin matematika itu suatu aktivitas manusia? 2 x 50‘ |
Materi: Matematika sebagai Aktivitas manusia Pustaka: Ernest, Paul. Tanpa tahun. What is the Philosophy of Mathematics Education http://people.exeter.ac.uk/... pome18/PhoM_ for_ICME_04.htm Materi: Matematika sebagai aktivitas manusia Pustaka: Ernest, P. 1991. The Philosophy of Mathematics Education, London: Falmer Press. |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mendeskripsikan estetika matematika dan implikasinya dalam pendidikan matematika. |
Menganalisis estetika matematika dan implikasinya dalam pendidikan matematika |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus 8:Benarkah matematika itu indah? 2 x 50‘ |
Materi: Estetika Matematika Pustaka: FitzSimmons, James A. 2014. Philosophy of Teaching and Learning Mathematics . http://plato.wilmington.edu/... aculty/jfitzs/tchg_phi.htm. |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mendeskripsikan implikasi berbagai pandangan matematika dengan pandangan behariourisme |
Menganalisis implikasi berbagai pandangan matematika dengan pandangan behariourisme |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus 9: Bagaimana implikasi matematikawan logistis, intusinis, dan formalis mengajarkan matematika dengan teori belajar behaouris? 2 x 50‘ |
Materi: Pandangan Matematis dan teori Belajar Behaviourisme Pustaka: FitzSimmons, James A. 2014. Philosophy of Teaching and Learning Mathematics . http://plato.wilmington.edu/... aculty/jfitzs/tchg_phi.htm. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mendeskripsikan implikasi berbagai pandangan matematika dengan pandangan konstruktivisme |
Menganalisis implikasi berbagai pandangan matematika dengan pandangan konstruktivisme |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus 10: Bagaimana implikasi matematikawan logistis, intusinis, dan formalis mengajarkan matematika dengan teori belajar konstruktivisme? 2 x 50‘ |
Materi: Implikasi berbagai pandangan matematika dengan pandangan konstruktivisme Pustaka: FitzSimmons, James A. 2014. Philosophy of Teaching and Learning Mathematics . http://plato.wilmington.edu/... aculty/jfitzs/tchg_phi.htm. |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mendeskripsikan implikasi berbagai pandangan matematika dengan pandangan enactivisme |
Menganalisis implikasi berbagai pandangan matematika dengan pandangan enactivisme |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus 11: Bagaimana implikasi matematikawan logistis, intusinis, dan formalis mengajarkan matematika dengan teori belajar enactivisme? 2 x 50‘ |
Materi: Implikasi berbagai pandangan matematika dengan pandangan enactivisme Pustaka: FitzSimmons, James A. 2014. Philosophy of Teaching and Learning Mathematics . http://plato.wilmington.edu/... aculty/jfitzs/tchg_phi.htm. |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar dalam mengajar dan belajar matematika humanistik. |
Menganalisis prinsip-prinsip dasar dalam mengajar dan belajar matematika humanistik. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi kasus, kedalaman pemahaman terhadap kasus, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Kasus 12: Bagaimana imengajarkan matematika yang humanis? 2 x 50‘ |
Materi: Matematika Humanis Pustaka: FitzSimmons, James A. 2014. Philosophy of Teaching and Learning Mathematics . http://plato.wilmington.edu/... aculty/jfitzs/tchg_phi.htm. |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Menerapkan prinsip-prinsip filosofi pendidikan matematika dalam rancangan aktivitas pembelajaran. |
Merancang pembelajaran matematika dengan mendasarkan pada filosofi pendidikan matematika. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas proyek, kedalaman pemahaman terhadap tugas, kekritisan berpikir dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kolaboratif dan student active learning (Presentasi, diskusi, tanya jawab dan penugasan) 2 x 50‘ |
Langsung (Zoom meeting), Pembelajaran Berbasis Kasus, Diskusi, tanya-jawab. Tugas Proyek: Penyusunan Rancangan Pembelajaran Matematika sesuai pandangan baru dalam pendidikan matematika. 2 x 50‘ |
Materi: Rancangan Pembelajaran Pustaka: FitzSimmons, James A. 2014. Philosophy of Teaching and Learning Mathematics . http://plato.wilmington.edu/... aculty/jfitzs/tchg_phi.htm. Materi: Rancangan Pembelajaran Pustaka: Soedjadi, R. 1999. Kiat-Kiat Pendidikan Matematika. Dirjen Dikti, Depdikbud |
4% |
16
Minggu ke 16 |
|
Ujian Akhir Semester (UAS)-Laporan Tugas |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (30%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (20%), kekritisan berpikir dan kemampuan analisis (20%), kreativitas dalam penyelesaian masalah (30%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
|
|
|
30% |