Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Kimia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Khusus

4710203064

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

2

5 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Pirim Setiarso, M.Si




Prof.Dr. Titik Taufikurohmah, M.Si




NUNIEK HERDYASTUTI

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami orientasi matakuliah Analis Khusus

PO - 2

Perkembangan Analisis Kimia Analitik terkini

PO - 3

Teknik sampling

PO - 4

Prinsip Analisis Instrumen

PO - 5

Analisis Spektrometri

PO - 6

Analisis IR

PO - 7

Analisis IR

PO - 8

Analisis AAS

PO - 9

Analisis AAS

PO - 10

Analisis MS

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7   
PO-8   
PO-9   
PO-10   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pustaka

Utama :

  1. (1)Gary D. Christian,2004 ,Analytical Chemistry, 6th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York .
  2. (2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York.
  3. (3)Doglas A. Skooge & Donald M.West, 1986. An Introduction to Analytical Chemistry, 4th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York.

Pendukung :

Dosen Pengampu

PIRIM SETIARSO

MARIA MONICA SIANITA BASUKIWARDOJO

TITIK TAUFIKUROHMAH

Prof. Dr. Pirim Setiarso, M.Si.

Prof. Dr. Pirim Setiarso, M.Si.

Prof. Dr. Titik Taufikurohmah, S.Si., M.Si.

Prof. Dr. Titik Taufikurohmah, S.Si., M.Si.

Dr. Maria Monica Sianita Basukiwardojo, M.Si.

Dr. Maria Monica Sianita Basukiwardojo, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

orientasi matakuliah Analisis Khusus

memahami analisis secara umum

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 x 50
zoom
3 x 50
Materi: Orientasi Matakuliah Analisis Khusus
Pustaka: (1)Gary D. Christian,2004 ,Analytical Chemistry, 6th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York .
0%

2

Minggu ke 2

orientasi matakuliah Analisis Khusus

memahami analisis secara umum

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
3 x 50
zoom
3 x 50
Materi: Orientasi Matakuliah Analisis Khusus
Pustaka: (1)Gary D. Christian,2004 ,Analytical Chemistry, 6th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York .
5%

3

Minggu ke 3

Teknik Sampling

Memahami teknik sampling

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
luring
3x50

Materi: Teknik Sampling
Pustaka: (1)Gary D. Christian,2004 ,Analytical Chemistry, 6th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York .
5%

4

Minggu ke 4

Teknik sampling

memahami teknik sampling

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
3x50

Materi: Sampling
Pustaka: (1)Gary D. Christian,2004 ,Analytical Chemistry, 6th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York .
5%

5

Minggu ke 5

Review Teknik Analisis Instrumen

Memahami analisis Instrumen UV

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
3x50

Materi: Analisis UV
Pustaka: (1)Gary D. Christian,2004 ,Analytical Chemistry, 6th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York .
5%

6

Minggu ke 6

memahami prinsip Analisis UV

Mahasiswa memahami prinsip analisis UV

Kriteria:

terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
3x50

Materi: Prisip Analisis UV
Pustaka: (2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York.
5%

7

Minggu ke 7

memahami prinsip Analisis UV

Mahasiswa memahami prinsip analisis UV


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
3x50

Materi: Prisip Analisis UV
Pustaka: (2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York.
5%

8

Minggu ke 8

memahami prinsip Analisis UV

Mahasiswa memahami Analisis Instrumen dan prinsip analisis UV

Kriteria:

bertanya, menjawab, mengajukan pendapat/menyanggah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
3x50

Materi: Prisip Analisis UV
Pustaka: (2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York.
20%

9

Minggu ke 9

mampu melakukan analisis menggunakan instrumen AAS

Memahami prinsip IR

Kriteria:

bertanya, menjawab, mengajukan pendapat/menyanggah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3x50

5%

10

Minggu ke 10

memahami analisis IR

Memahami analisis IR

Kriteria:

bertanya, menjawab, mengajukan pendapat/menyanggah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
3x50

Materi: Analisis IR
Pustaka: (3)Doglas A. Skooge & Donald M.West, 1986. An Introduction to Analytical Chemistry, 4th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York.
5%

11

Minggu ke 11

memahami analisis IR

Memahami analisis IR


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
3x50

Materi: Analisis IR
Pustaka: (3)Doglas A. Skooge & Donald M.West, 1986. An Introduction to Analytical Chemistry, 4th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York.
5%

12

Minggu ke 12

Analisis AAS

Mahasisiswa memahami analisis AAS

Kriteria:

bertanya, menjawab, mengajukan pendapat/menyanggah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
luring
3x50

Materi: Analisis AAS
Pustaka: (2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York.
5%

13

Minggu ke 13

Analisis AAS

Mahasisiswa memahami analisis AAS

Kriteria:

bertanya, menjawab, mengajukan pendapat/menyanggah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
luring
3x50

Materi: Analisis AAS
Pustaka: (2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York.
5%

14

Minggu ke 14

Analisis data Instrumen

mahasiswa dapat membaca data instrumen

Kriteria:

bertanya, menjawab, mengajukan pendapat/menyanggah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
3x50

Materi: Membacadata Instrumen
Pustaka: (3)Doglas A. Skooge & Donald M.West, 1986. An Introduction to Analytical Chemistry, 4th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York.
5%

15

Minggu ke 15

Analisis data Instrumen

mahasiswa dapat membaca data instrumen

Kriteria:

bertanya, menjawab, mengajukan pendapat/menyanggah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
3x50

Materi: Membacadata Instrumen
Pustaka: (3)Doglas A. Skooge & Donald M.West, 1986. An Introduction to Analytical Chemistry, 4th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York.
5%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes


15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 52.5%
2. Tes 47.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.