Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Psikologi Klinis dan Abnormalitas

7320104230

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=4

P=0

ECTS=6.36

4

20 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Qurrota A‘yuni Fitriana, M.Psi., Psikolog., Nanda Audia Vrisaba, M.Psi., Psikolog., Lely Nur Azizah., M.Si., Ribka Mutiara Simatupang, M.Psi., Psikolog. Onny Fransinata Anggara, M.Psi., Psikolog




Fitrania Maghfiroh, M.Psi., Psikolog




Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu berkomunikasi dan mengembangkan kolaborasi dengan mitra dalam bidang ilmu yang sama maupun lintas ilmu

PLO-6

Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerjanya berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan, agama, dan kode etik yang berlaku

PLO-8

Mampu menerapkan prinsip-prinsip literasi data dan pelaporan hasil sainstifik yang bebas plagiarisme dan berlandaskan pada integritas akademik

Program Objectives (PO)

PO - 1

konsep dasar psikologi klinis

PO - 2

Gangguan psikologis dalam berbagai perspektif

PO - 3

Pengenalan Pedoman Diagnosis (PPDGJ III dan DSM-V)

PO - 4

Jenis-jenis dan kriteria diagnostik Gangguan Psikologis

PO - 5

Asesmen dalam seting klinis (observasi, wawancara, alat tes dan FGD)

PO - 6

Intervensi dalam seting klinis

PO - 7

Kaitan psikologi klinis dengan neuropsikologi, psikologi forensik dan psikologi komunitas

PO - 8

Konsep dasar konseling dan psikoterapi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-8
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5   
PO-6    
PO-7    
PO-8    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Psikologi Klinis dan Abnormalitas (4 sks) membahas tentang teori, konsep, dan praktik dalam bidang psikologi klinis, terutama dalam konteks gangguan dan abnormalitas psikologis. Mahasiswa akan mempelajari berbagai jenis gangguan psikologis, kriteria diagnosis, kaitannya dengan bidang lain hingga intervensi yang diperlukan. Mata kuliah ini juga menekankan tentang jenis-jenis gangguan psikologis baik neurotik dan psikotik serta intervensi dengan psikoterapi. Tujuan dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa dapat memahami dan mengenali berbagai gangguan psikologi, serta mampu mengidentifikasi intervensi yang tepat sesuai dengan prinsip-prinsip psikologi klinis.

Pustaka

Utama :

  1. American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed., text rev.).
  2. Departemen Kesehatan RI. (1993). PPDGJ - III (Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa)di Indonesia III (1st ed.).
  3. Bernstein, D. A., Teachman, B. A., Olatunji, B. O., & Lilienfeld, S. O. (2021). Introduction to clinical psychology: Bridging Science and Practice. Cambridge University Press.
  4. Sommers-Flanagan, J., & Sommers-Flanagan, R. (2015). Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice, with Video Resource Center: Skills, Strategies, and Techniques. John Wiley & Sons.
  5. Whitbourne, S.K. (2023). Abnormal Psychology 10 Edition. New York: McGraw Hill.
  6. Kramer, G.P., Bernstein, D. A., & Phares, V. (2014). Introduction to Clinical Psychology. US: Pearson Education, Inc.

Pendukung :

  1. Andriyana, I.A & Fitriana, Q. A. (2024). Clinical Analysis of Manic Episode Bipolar Patients with Psychotic Symptoms. The 3rd International Conference on Psychology and Education. https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/icpe/article/view/3645/761
  2. Rosyidi, H & Fitriana, Q. A. (2023). Borderline Personality Disorder Patients with Suicidal Tendencies: A Case Study. Proceedings of International Conference on Psychology, Mental Health, Religion and Spirituality, 1 (1), 20-24. http://proceedings.uinsby.ac.id/index.php/PMHRS/article/view/1156
  3. Permatasari, D., & Vrisaba, N. A. (2024). Psychological Dynamics of Individual with Acute and Transitional Psychotic Disorders . International Conference on Psychology and Education (ICPE), 3(1).
  4. Vrisaba, N. A., & Dianovinina, K. (2019). Dinamika Kepribadian Narapidana Kasus Pembunuhan dengan Gangguan Kepribadian Antisosial. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 4(2), 130-147. https://doi.org/10.33367/psi.v4i2.827

Dosen Pengampu

Onny Fransinata Anggara, S.Psi., M.Psi., Psikolog

Ribka Mutiara Simatupang, M.Psi.

Qurrota A'yuni Fitriana, S.Psi., M.Psi., Psikolog.

Nanda Audia Vrisaba, S.Psi., M.Psi., Psikolog

Lely Nur Azizah, S.Psi., M.Si.

Erizza Farizan Adani, M.Psi.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mampu mendefinisikan konsep dasar psikologi klinis
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep normal dan abnormalitas
  1. Mahasiswa mampu memahami definisi, ruang lingkup dan konsep dasar psikologi klinis
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep abnormalitas dan gangguan psikologi
Kriteria:

keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan analisis kasus
200 menit

Materi: An Overview of Clinical Psychology
Pustaka: Bernstein, D. A., Teachman, B. A., Olatunji, B. O., & Lilienfeld, S. O. (2021). Introduction to clinical psychology: Bridging Science and Practice. Cambridge University Press.
0%

2

Minggu ke 2

  1. Mampu menjelaskan tentang pedoman diagnosis PPDGJ dan DSM
  2. Asesmen dalam seting klinis (observasi, wawancara, alat tes, FGD)
  1. Kemampuan Menjelaskan Hubungan Teori dengan Perilaku Abnormal
  2. Kemampuan Menerapkan Teori dalam Kasus Studi
Kriteria:

keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan analisis kasus
200 menit

Materi: pedoman diagnosis PPDGJ dan DSM
Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed., text rev.).

Materi: pedoman diagnosis PPDGJ dan DSM
Pustaka: Departemen Kesehatan RI. (1993). PPDGJ - III (Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa)di Indonesia III (1st ed.).
0%

3

Minggu ke 3

  1. Definisi dan jenis-jenis gangguan psikotik
  2. Skizofrenia dan Bipolar Disorder
  1. Mampu memahami tentang gangguan skizofrenia dan Bipolar Disorder
  2. Kemampuan merumuskan diagnosis yang akurat
Kriteria:

keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok dan analisis kasus
200 menit

Materi: Departemen Kesehatan RI. (1993). PPDGJ - III (Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa)di Indonesia III (1st ed.).
Pustaka:

Materi: Diagnostic and statistical manual of mental disorders
Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed., text rev.).

Materi: Social Systems Approaches
Pustaka: Bernstein, D. A., Teachman, B. A., Olatunji, B. O., & Lilienfeld, S. O. (2021). Introduction to clinical psychology: Bridging Science and Practice. Cambridge University Press.
0%

4

Minggu ke 4

  1. Gangguan Kepribadian
  2. Gangguan Disosiatif
  1. Mahasiswa mampu memahami kriteria diagnosis gangguan kepribadian
  2. Mahasiswa mampu memahami kriteria diagnosis gangguan disosiatif
Kriteria:

keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi kelompok dan analisis kasus
200 menit

Materi: Departemen Kesehatan RI. (1993). PPDGJ - III (Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa)di Indonesia III (1st ed.).
Pustaka:

Materi: Diagnostic and statistical manual of mental disorders
Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed., text rev.).
0%

5

Minggu ke 5

  1. Gangguan Neurokognitif
  2. Definisi dan jenis-jenis gangguan neurokognitif
  3. Gangguan Neurotik
  4. Deffinisi dan Jenis-jenis gangguan neurotik
  1. Mahasiswa mampu memahami kriteria diagnosis gangguan neurokognitif dan disabilitas
  2. Mahasiswa mampu memahami kriteria diagnosis gangguan neurotik
Kriteria:

keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan studi kasus
200 menit

Materi: Departemen Kesehatan RI. (1993). PPDGJ - III (Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa)di Indonesia III (1st ed.).
Pustaka:

Materi: Diagnostic and statistical manual of mental disorders
Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed., text rev.).
0%

6

Minggu ke 6

  1. Gangguan Afektif (Anxiety, OCD, Depresi)
  2. Gangguan Makan (Anorexia, Bullimia, Binge Eating) dan Gangguan Tidur
  1. Mahasiswa mampu memahami kriteria diagnosis Gangguan Afektif (Anxiety, OCD, Depresi)
  2. Mahasiswa mampu memahami kriteria diagnosis Gangguan Makan (Anorexia, Bullimia, Binge Eating) dan Gangguan Tidur
Kriteria:

Kesesuaian dengan teori, ketajaman analisis kasus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok dan presentasi kasus.
Diskusi kasus online
Materi: Interviewing and Observation in Clinical Psychology
Pustaka: Bernstein, D. A., Teachman, B. A., Olatunji, B. O., & Lilienfeld, S. O. (2021). Introduction to clinical psychology: Bridging Science and Practice. Cambridge University Press.

Materi: Testing in Clinical Psychology
Pustaka: Bernstein, D. A., Teachman, B. A., Olatunji, B. O., & Lilienfeld, S. O. (2021). Introduction to clinical psychology: Bridging Science and Practice. Cambridge University Press.
10%

7

Minggu ke 7

  1. Gangguan Parafilia dan Gender Dysphoria
  2. Gangguan Adiksi dan Substance Disorder
  1. Mahasiswa mampu memahami kriteria diagnosis Gangguan Parafilia dan Gender Dysphoria
  2. Mahasiswa mampu memahami kriteria diagnosis Gangguan Adiksi dan Substance Disorder
Kriteria:

keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan presentasi kasus.
200 menit

Materi: Basic Features of Clinical Interventions
Pustaka: Bernstein, D. A., Teachman, B. A., Olatunji, B. O., & Lilienfeld, S. O. (2021). Introduction to clinical psychology: Bridging Science and Practice. Cambridge University Press.

Materi: Clinical Neuropsychology
Pustaka: Bernstein, D. A., Teachman, B. A., Olatunji, B. O., & Lilienfeld, S. O. (2021). Introduction to clinical psychology: Bridging Science and Practice. Cambridge University Press.
15%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Penerapan konsep dalam analisis kasus nyata dari film

Kriteria:

Kesesuaian dengan teori, ketajaman analisis kasus


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Analisis film tentang penerapan konsep dasar psikologi klinis dalam kasus nyata
Analisis film tentang penerapan konsep dasar psikologi klinis dalam kasus nyata
200 menit
Materi: Pengertian Psikologi Klinis, Ruang Lingkup Psikologi Klinis, Sejarah Perkembangan Psikologi Klinis, Pentingnya Konsep Dasar Psikologi Klinis
Pustaka: Handbook Perkuliahan
20%

9

Minggu ke 9

  1. 9.1 Mahasiswa memahami Kaitan antara psikologi klinis dengan psikologi forensik (Definisi, peranan dan bentuk psikologi forensik)
  2. 9.2 Mahasiswa memahami kaitan antara psikologi klinis dengan psikologi komunitas (Definisi, peranan dan bentuk psikologi komunitas)
  1. Mahasiswa memahami Kaitan antara psikologi klinis dengan psikologi forensik (Definisi, peranan dan bentuk psikologi forensik)
  2. Mahasiswa memahami Kaitan antara psikologi klinis dengan psikologi komunitas
Kriteria:

keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi dan tanya jawab
200 menit
Diskusi dan tanya jawab
Materi: Definisi dan konsep neuropsikologi, Penerapan psikologi forensik dalam kasus klinis, Peran psikologi komunitas dalam mendukung praktik psikologi klinis
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Forensic Psychology
Pustaka: Bernstein, D. A., Teachman, B. A., Olatunji, B. O., & Lilienfeld, S. O. (2021). Introduction to clinical psychology: Bridging Science and Practice. Cambridge University Press.

Materi: INTRODUCTION: HISTORICAL BACKGROUND
Pustaka: Moritsugu, J., Duffy, K. G., Vera, E., & Wong, F. Y. (2013). Community Psychology. Psychology Press.
0%

10

Minggu ke 10

Penelitian dalam Setting Klinis

  1. Mahasiswa mampu memahami penelitian dalam Setting Klinis
  2. Mahasiswa mampu memahami Ethical dan Legal Issues
Kriteria:

keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis proyek.
200 menit
Diskusi daring tentang Penelitian dalam Setting Klinis
Materi: Pengembangan program intervensi inovatif, Strategi intervensi yang efektif, Evaluasi program intervensi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

11

Minggu ke 11

Studi lapangan ke RSJ Lawang

Pembelajaran aktif melalui studi lapangan dan studi kasus

Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran aktif melalui studi lapangan dan studi kasus
200 menit

Materi: Pengertian konseling dan psikoterapi, Etika dalam konseling dan psikoterapi, Teknik dasar konseling, Tujuan konseling, Peran konselor dalam konseling dan psikoterapi
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Psychotherapy and Counseling Essentials: An Introduction
Pustaka: Bernstein, D. A., Teachman, B. A., Olatunji, B. O., & Lilienfeld, S. O. (2021). Introduction to clinical psychology: Bridging Science and Practice. Cambridge University Press.
0%

12

Minggu ke 12

  1. Kaitan antara psikologi klinis dengan neuropsikologi (Definisi, peranan dan bentuk neuropsikologi)
  2. Jenis-jenis intervensi klinis (definisi, peranan dan bentuk intervensi klinis)
  1. Kemampuan mengidentifikasi keanekaragaman dalam kasus psikologi klinis
  2. Penghargaan terhadap keanekaragaman budaya dalam praktik psikologi klinis
  3. Kemampuan menunjukkan kepekaan sosial dalam interaksi klinis
Kriteria:

keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi kelompok dan studi kasus.
200 menit

Materi: Psychotherapy and Counseling Essentials: An Introduction
Pustaka: Sommers-Flanagan, J., & Sommers-Flanagan, R. (2015). Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice, with Video Resource Center: Skills, Strategies, and Techniques. John Wiley & Sons.

Materi: Individual Psychology and Adlerian Therapy
Pustaka: Sommers-Flanagan, J., & Sommers-Flanagan, R. (2015). Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice, with Video Resource Center: Skills, Strategies, and Techniques. John Wiley & Sons.
0%

13

Minggu ke 13

  1. 13.1 Mahasiswa memahami Teknik psikoterapi dengan pendekatan Humanistik
  2. 13.2 Mahasiswa memahami Teknik psikoterapi dengan pendekatan Eksistensial

Mahasiswa mampu memahami konsep dasar Konseling dan Psikoterapi serta memahami perbedaannya

Kriteria:

keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
200 menit
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Materi: Existential Theory and Therapy
Pustaka: Sommers-Flanagan, J., & Sommers-Flanagan, R. (2015). Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice, with Video Resource Center: Skills, Strategies, and Techniques. John Wiley & Sons.
0%

14

Minggu ke 14

  1. Teknik psikoterapi dengan pendekatan Humanistik dan Eksistensial
  2. Teknik psikoterapi dengan pendekatan behavior
  1. Mahasiswa mampu memahami Teknik psikoterapi dengan pendekatan Humanistik dan Eksistensial
  2. Mahasiswa mampu memahami Teknik psikoterapi dengan pendekatan behavior
Kriteria:

keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
200 menit
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Materi: Person-Centered Theory and Therapy
Pustaka: Sommers-Flanagan, J., & Sommers-Flanagan, R. (2015). Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice, with Video Resource Center: Skills, Strategies, and Techniques. John Wiley & Sons.
15%

15

Minggu ke 15

  1. 15. 1 Mahasiswa memahami Teknik psikoterapi dengan pendekatan behavior
  2. 15.2 Mahasiswa memahami teknik psikoterapi dengan pendekatan kognitif dan pendekatan cognitive behavior therapy

Mahasiswa mampu memahami teknik psikoterapi dengan pendekatan CBT

Kriteria:

keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
200 menit

Materi: Behavioral Theory and Therapy
Pustaka: Sommers-Flanagan, J., & Sommers-Flanagan, R. (2015). Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice, with Video Resource Center: Skills, Strategies, and Techniques. John Wiley & Sons.

Materi: Cognitive-Behavioral Theory and Therapy
Pustaka: Sommers-Flanagan, J., & Sommers-Flanagan, R. (2015). Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice, with Video Resource Center: Skills, Strategies, and Techniques. John Wiley & Sons.
0%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

  1. Kesesuaian psikoterapi dengan teori
  2. Kesesuaian format
  3. Orisinalitas ide
Kriteria:

Kesesuaian dengan teori, inovasi dan aplikasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Membuat modul psikoterapi (tugas kelompok)
Materi: Teori dan praktek psikoterapi
Pustaka: Sommers-Flanagan, J., & Sommers-Flanagan, R. (2015). Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice, with Video Resource Center: Skills, Strategies, and Techniques. John Wiley & Sons.

Materi: Teori abnormalitas
Pustaka: Whitbourne, S.K. (2023). Abnormal Psychology 10 Edition. New York: McGraw Hill.
40%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 25%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
3. Penilaian Portofolio 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.