
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Psikologi Klinis dan Abnormalitas |
7320104230 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
4 |
20 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Qurrota A‘yuni Fitriana, M.Psi., Psikolog., Nanda Audia Vrisaba, M.Psi., Psikolog., Lely Nur Azizah., M.Si., Ribka Mutiara Simatupang, M.Psi., Psikolog. Onny Fransinata Anggara, M.Psi., Psikolog
|
Fitrania Maghfiroh, M.Psi., Psikolog
|
Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu berkomunikasi dan mengembangkan kolaborasi dengan mitra dalam bidang ilmu yang sama maupun lintas ilmu |
PLO-6 |
Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerjanya berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan, agama, dan kode etik yang berlaku |
PLO-8 |
Mampu menerapkan prinsip-prinsip literasi data dan pelaporan hasil sainstifik yang bebas plagiarisme dan berlandaskan pada integritas akademik |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
konsep dasar psikologi klinis
|
PO - 2 |
Gangguan psikologis dalam berbagai perspektif
|
PO - 3 |
Pengenalan Pedoman Diagnosis (PPDGJ III dan DSM-V)
|
PO - 4 |
Jenis-jenis dan kriteria diagnostik Gangguan Psikologis
|
PO - 5 |
Asesmen dalam seting klinis (observasi, wawancara, alat tes dan FGD)
|
PO - 6 |
Intervensi dalam seting klinis
|
PO - 7 |
Kaitan psikologi klinis dengan neuropsikologi, psikologi forensik dan psikologi komunitas
|
PO - 8 |
Konsep dasar konseling dan psikoterapi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | ✔ | | | | | PO-3 | ✔ | | | | | PO-4 | ✔ | | | | | PO-5 | ✔ | | | | ✔ | PO-6 | ✔ | | | | | PO-7 | ✔ | | | | | PO-8 | | ✔ | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | ✔ | | | | | | PO-5 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Psikologi Klinis dan Abnormalitas (4 sks) membahas tentang teori, konsep, dan praktik dalam bidang psikologi klinis, terutama dalam konteks gangguan dan abnormalitas psikologis. Mahasiswa akan mempelajari berbagai jenis gangguan psikologis, kriteria diagnosis, kaitannya dengan bidang lain hingga intervensi yang diperlukan. Mata kuliah ini juga menekankan tentang jenis-jenis gangguan psikologis baik neurotik dan psikotik serta intervensi dengan psikoterapi. Tujuan dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa dapat memahami dan mengenali berbagai gangguan psikologi, serta mampu mengidentifikasi intervensi yang tepat sesuai dengan prinsip-prinsip psikologi klinis. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed., text rev.).
- Departemen Kesehatan RI. (1993). PPDGJ - III (Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa)di Indonesia III (1st ed.).
- Bernstein, D. A., Teachman, B. A., Olatunji, B. O., & Lilienfeld, S. O. (2021). Introduction to clinical psychology: Bridging Science and Practice. Cambridge University Press.
- Sommers-Flanagan, J., & Sommers-Flanagan, R. (2015). Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice, with Video Resource Center: Skills, Strategies, and Techniques. John Wiley & Sons.
- Whitbourne, S.K. (2023). Abnormal Psychology 10 Edition. New York: McGraw Hill.
- Kramer, G.P., Bernstein, D. A., & Phares, V. (2014). Introduction to Clinical Psychology. US: Pearson Education, Inc.
|
Pendukung : |
|
- Andriyana, I.A & Fitriana, Q. A. (2024). Clinical Analysis of Manic Episode Bipolar Patients with Psychotic Symptoms. The 3rd International Conference on Psychology and Education. https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/icpe/article/view/3645/761
- Rosyidi, H & Fitriana, Q. A. (2023). Borderline Personality Disorder Patients with Suicidal Tendencies: A Case Study. Proceedings of International Conference on Psychology, Mental Health, Religion and Spirituality, 1 (1), 20-24. http://proceedings.uinsby.ac.id/index.php/PMHRS/article/view/1156
- Permatasari, D., & Vrisaba, N. A. (2024). Psychological Dynamics of Individual with Acute and Transitional Psychotic Disorders . International Conference on Psychology and Education (ICPE), 3(1).
- Vrisaba, N. A., & Dianovinina, K. (2019). Dinamika Kepribadian Narapidana Kasus Pembunuhan dengan Gangguan Kepribadian Antisosial. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 4(2), 130-147. https://doi.org/10.33367/psi.v4i2.827
|
Dosen Pengampu
|
Onny Fransinata Anggara, S.Psi., M.Psi., Psikolog Ribka Mutiara Simatupang, M.Psi. Qurrota A'yuni Fitriana, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Nanda Audia Vrisaba, S.Psi., M.Psi., Psikolog Lely Nur Azizah, S.Psi., M.Si. Erizza Farizan Adani, M.Psi. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mampu mendefinisikan konsep dasar psikologi klinis
- Mahasiswa mampu memahami konsep normal dan abnormalitas
|
- Mahasiswa mampu memahami definisi, ruang lingkup dan konsep dasar psikologi klinis
- Mahasiswa mampu memahami konsep abnormalitas dan gangguan psikologi
|
Kriteria:
keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi dan analisis kasus 200 menit |
|
Materi: An Overview of Clinical Psychology Pustaka: Bernstein, D. A., Teachman, B. A., Olatunji, B. O., & Lilienfeld, S. O. (2021). Introduction to clinical psychology: Bridging Science and Practice. Cambridge University Press. |
0% |
2
Minggu ke 2 |
- Mampu menjelaskan tentang pedoman diagnosis PPDGJ dan DSM
- Asesmen dalam seting klinis (observasi, wawancara, alat tes, FGD)
|
- Kemampuan Menjelaskan Hubungan Teori dengan Perilaku Abnormal
- Kemampuan Menerapkan Teori dalam Kasus Studi
|
Kriteria:
keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, dan analisis kasus 200 menit |
|
Materi: pedoman diagnosis PPDGJ dan DSM Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed., text rev.). Materi: pedoman diagnosis PPDGJ dan DSM Pustaka: Departemen Kesehatan RI. (1993). PPDGJ - III (Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa)di Indonesia III (1st ed.). |
0% |
3
Minggu ke 3 |
- Definisi dan jenis-jenis gangguan psikotik
- Skizofrenia dan Bipolar Disorder
|
- Mampu memahami tentang gangguan skizofrenia dan Bipolar Disorder
- Kemampuan merumuskan diagnosis yang akurat
|
Kriteria:
keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok dan analisis kasus 200 menit |
|
Materi: Departemen Kesehatan RI. (1993). PPDGJ - III (Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa)di Indonesia III (1st ed.). Pustaka: Materi: Diagnostic and statistical manual of mental disorders Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed., text rev.). Materi: Social Systems Approaches Pustaka: Bernstein, D. A., Teachman, B. A., Olatunji, B. O., & Lilienfeld, S. O. (2021). Introduction to clinical psychology: Bridging Science and Practice. Cambridge University Press. |
0% |
4
Minggu ke 4 |
- Gangguan Kepribadian
- Gangguan Disosiatif
|
- Mahasiswa mampu memahami kriteria diagnosis gangguan kepribadian
- Mahasiswa mampu memahami kriteria diagnosis gangguan disosiatif
|
Kriteria:
keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok dan analisis kasus 200 menit |
|
Materi: Departemen Kesehatan RI. (1993). PPDGJ - III (Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa)di Indonesia III (1st ed.). Pustaka: Materi: Diagnostic and statistical manual of mental disorders Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed., text rev.). |
0% |
5
Minggu ke 5 |
- Gangguan Neurokognitif
- Definisi dan jenis-jenis gangguan neurokognitif
- Gangguan Neurotik
- Deffinisi dan Jenis-jenis gangguan neurotik
|
- Mahasiswa mampu memahami kriteria diagnosis gangguan neurokognitif dan disabilitas
- Mahasiswa mampu memahami kriteria diagnosis gangguan neurotik
|
Kriteria:
keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi dan studi kasus 200 menit |
|
Materi: Departemen Kesehatan RI. (1993). PPDGJ - III (Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa)di Indonesia III (1st ed.). Pustaka: Materi: Diagnostic and statistical manual of mental disorders Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed., text rev.). |
0% |
6
Minggu ke 6 |
- Gangguan Afektif (Anxiety, OCD, Depresi)
- Gangguan Makan (Anorexia, Bullimia, Binge Eating) dan Gangguan Tidur
|
- Mahasiswa mampu memahami kriteria diagnosis Gangguan Afektif (Anxiety, OCD, Depresi)
- Mahasiswa mampu memahami kriteria diagnosis Gangguan Makan (Anorexia, Bullimia, Binge Eating) dan Gangguan Tidur
|
Kriteria:
Kesesuaian dengan teori, ketajaman analisis kasus Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok dan presentasi kasus.
|
Diskusi kasus online
|
Materi: Interviewing and Observation in Clinical Psychology Pustaka: Bernstein, D. A., Teachman, B. A., Olatunji, B. O., & Lilienfeld, S. O. (2021). Introduction to clinical psychology: Bridging Science and Practice. Cambridge University Press. Materi: Testing in Clinical Psychology Pustaka: Bernstein, D. A., Teachman, B. A., Olatunji, B. O., & Lilienfeld, S. O. (2021). Introduction to clinical psychology: Bridging Science and Practice. Cambridge University Press. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
- Gangguan Parafilia dan Gender Dysphoria
- Gangguan Adiksi dan Substance Disorder
|
- Mahasiswa mampu memahami kriteria diagnosis Gangguan Parafilia dan Gender Dysphoria
- Mahasiswa mampu memahami kriteria diagnosis Gangguan Adiksi dan Substance Disorder
|
Kriteria:
keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok dan presentasi kasus. 200 menit |
|
Materi: Basic Features of Clinical Interventions Pustaka: Bernstein, D. A., Teachman, B. A., Olatunji, B. O., & Lilienfeld, S. O. (2021). Introduction to clinical psychology: Bridging Science and Practice. Cambridge University Press. Materi: Clinical Neuropsychology Pustaka: Bernstein, D. A., Teachman, B. A., Olatunji, B. O., & Lilienfeld, S. O. (2021). Introduction to clinical psychology: Bridging Science and Practice. Cambridge University Press. |
15% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Penerapan konsep dalam analisis kasus nyata dari film |
Kriteria:
Kesesuaian dengan teori, ketajaman analisis kasus Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Analisis film tentang penerapan konsep dasar psikologi klinis dalam kasus nyata
|
Analisis film tentang penerapan konsep dasar psikologi klinis dalam kasus nyata 200 menit |
Materi: Pengertian Psikologi Klinis, Ruang Lingkup Psikologi Klinis, Sejarah Perkembangan Psikologi Klinis, Pentingnya Konsep Dasar Psikologi Klinis Pustaka: Handbook Perkuliahan |
20% |
9
Minggu ke 9 |
- 9.1 Mahasiswa memahami Kaitan antara psikologi klinis dengan psikologi forensik (Definisi, peranan dan bentuk psikologi forensik)
- 9.2 Mahasiswa memahami kaitan antara psikologi klinis dengan psikologi komunitas (Definisi, peranan dan bentuk psikologi komunitas)
|
- Mahasiswa memahami Kaitan antara psikologi klinis dengan psikologi forensik (Definisi, peranan dan bentuk psikologi forensik)
- Mahasiswa memahami Kaitan antara psikologi klinis dengan psikologi komunitas
|
Kriteria:
keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi dan tanya jawab 200 menit |
Diskusi dan tanya jawab
|
Materi: Definisi dan konsep neuropsikologi, Penerapan psikologi forensik dalam kasus klinis, Peran psikologi komunitas dalam mendukung praktik psikologi klinis Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Forensic Psychology Pustaka: Bernstein, D. A., Teachman, B. A., Olatunji, B. O., & Lilienfeld, S. O. (2021). Introduction to clinical psychology: Bridging Science and Practice. Cambridge University Press. Materi: INTRODUCTION: HISTORICAL BACKGROUND Pustaka: Moritsugu, J., Duffy, K. G., Vera, E., & Wong, F. Y. (2013). Community Psychology. Psychology Press. |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Penelitian dalam Setting Klinis |
- Mahasiswa mampu memahami penelitian dalam Setting Klinis
- Mahasiswa mampu memahami Ethical dan Legal Issues
|
Kriteria:
keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis proyek. 200 menit |
Diskusi daring tentang Penelitian dalam Setting Klinis
|
Materi: Pengembangan program intervensi inovatif, Strategi intervensi yang efektif, Evaluasi program intervensi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Studi lapangan ke RSJ Lawang |
Pembelajaran aktif melalui studi lapangan dan studi kasus |
Kriteria:
keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran aktif melalui studi lapangan dan studi kasus 200 menit |
|
Materi: Pengertian konseling dan psikoterapi, Etika dalam konseling dan psikoterapi, Teknik dasar konseling, Tujuan konseling, Peran konselor dalam konseling dan psikoterapi Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Psychotherapy and Counseling Essentials: An Introduction Pustaka: Bernstein, D. A., Teachman, B. A., Olatunji, B. O., & Lilienfeld, S. O. (2021). Introduction to clinical psychology: Bridging Science and Practice. Cambridge University Press. |
0% |
12
Minggu ke 12 |
- Kaitan antara psikologi klinis dengan neuropsikologi (Definisi, peranan dan bentuk neuropsikologi)
- Jenis-jenis intervensi klinis (definisi, peranan dan bentuk intervensi klinis)
|
- Kemampuan mengidentifikasi keanekaragaman dalam kasus psikologi klinis
- Penghargaan terhadap keanekaragaman budaya dalam praktik psikologi klinis
- Kemampuan menunjukkan kepekaan sosial dalam interaksi klinis
|
Kriteria:
keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi kelompok dan studi kasus. 200 menit |
|
Materi: Psychotherapy and Counseling Essentials: An Introduction Pustaka: Sommers-Flanagan, J., & Sommers-Flanagan, R. (2015). Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice, with Video Resource Center: Skills, Strategies, and Techniques. John Wiley & Sons. Materi: Individual Psychology and Adlerian Therapy Pustaka: Sommers-Flanagan, J., & Sommers-Flanagan, R. (2015). Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice, with Video Resource Center: Skills, Strategies, and Techniques. John Wiley & Sons. |
0% |
13
Minggu ke 13 |
- 13.1 Mahasiswa memahami Teknik psikoterapi dengan pendekatan Humanistik
- 13.2 Mahasiswa memahami Teknik psikoterapi dengan pendekatan Eksistensial
|
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar Konseling dan Psikoterapi serta memahami perbedaannya |
Kriteria:
keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab 200 menit |
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Materi: Existential Theory and Therapy Pustaka: Sommers-Flanagan, J., & Sommers-Flanagan, R. (2015). Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice, with Video Resource Center: Skills, Strategies, and Techniques. John Wiley & Sons. |
0% |
14
Minggu ke 14 |
- Teknik psikoterapi dengan pendekatan Humanistik dan Eksistensial
- Teknik psikoterapi dengan pendekatan behavior
|
- Mahasiswa mampu memahami Teknik psikoterapi dengan pendekatan Humanistik dan Eksistensial
- Mahasiswa mampu memahami Teknik psikoterapi dengan pendekatan behavior
|
Kriteria:
keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab 200 menit |
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Materi: Person-Centered Theory and Therapy Pustaka: Sommers-Flanagan, J., & Sommers-Flanagan, R. (2015). Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice, with Video Resource Center: Skills, Strategies, and Techniques. John Wiley & Sons. |
15% |
15
Minggu ke 15 |
- 15. 1 Mahasiswa memahami Teknik psikoterapi dengan pendekatan behavior
- 15.2 Mahasiswa memahami teknik psikoterapi dengan pendekatan kognitif dan pendekatan cognitive behavior therapy
|
Mahasiswa mampu memahami teknik psikoterapi dengan pendekatan CBT |
Kriteria:
keaktifan dan ketajaman pertanyaan atau argumentasi di kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab 200 menit |
|
Materi: Behavioral Theory and Therapy Pustaka: Sommers-Flanagan, J., & Sommers-Flanagan, R. (2015). Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice, with Video Resource Center: Skills, Strategies, and Techniques. John Wiley & Sons. Materi: Cognitive-Behavioral Theory and Therapy Pustaka: Sommers-Flanagan, J., & Sommers-Flanagan, R. (2015). Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice, with Video Resource Center: Skills, Strategies, and Techniques. John Wiley & Sons. |
0% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
- Kesesuaian psikoterapi dengan teori
- Kesesuaian format
- Orisinalitas ide
|
Kriteria:
Kesesuaian dengan teori, inovasi dan aplikasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Membuat modul psikoterapi (tugas kelompok)
|
Materi: Teori dan praktek psikoterapi Pustaka: Sommers-Flanagan, J., & Sommers-Flanagan, R. (2015). Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice, with Video Resource Center: Skills, Strategies, and Techniques. John Wiley & Sons. Materi: Teori abnormalitas Pustaka: Whitbourne, S.K. (2023). Abnormal Psychology 10 Edition. New York: McGraw Hill. |
40% |