Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Etika Pemerintahan

6310602019

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

31 Juli 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si




.......................................




Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-5

Mampu mengembangkan pengetahuan tentang administrasi, organisasi dan manajemen publik

PLO-6

Menguasai teori dan praktik dalam kebijakan publik

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis nilai-nilai etika pemerintahan dan nilai kebangsaan dalam pengambilan keputusan di lingkungan administrasi publik (C4)

PO - 2

Mengevaluasi kasus-kasus etika dalam pemerintahan untuk mengidentifikasi dilema etis dan solusi yang sesuai dalam pengelolaan sumber daya manusia di sektor publik (C5)

PO - 3

Mengevaluasi dampak kebijakan publik terhadap peningkatan etika pemerintahan (C5)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-5PLO-6
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Etika Pemerintahan pada jenjang S2 program studi Administrasi Publik membahas tentang prinsip-prinsip etika yang berkaitan dengan tata kelola pemerintahan. Tujuan dari matakuliah ini adalah untuk memperdalam pemahaman mahasiswa terkait dengan dilema etika yang sering dihadapi dalam konteks pemerintahan serta memberikan landasan bagi pengambilan keputusan yang etis. Ruang lingkupnya meliputi studi tentang nilai-nilai moral, kode etik, konflik kepentingan, transparansi, akuntabilitas, dan tanggung jawab dalam konteks pemerintahan.

Pustaka

Utama :

  1. Frederickson, George H, John A Rohr. 2015. Ebook Ethic and Public Administration. New York.Routledge
  2. James, Svara. 2007. The Ethics Primer for Public Administration in Government and Nonprovit Organizations. Jones and Barltlett Publishers.USA

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. H. Muhammad Turhan Yani, M.A.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi nilai-nilai etika dan dilemma etis pemerintahan dalam situasi pengambilan keputusan yang kompleks di lingkungan administrasi publik

  1. etika dalam pengambilan keputusan
  2. penerapan nilai-nilai etika pemerintahan
Kriteria:
  1. Ketepatan nilai-nilai etika pemerintahan
  2. Kejelasan nilai-nilai etika pemerintahan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2 x 50
Online
2 x 50
Materi: Administrative Ethics : Ideas, Sources and Development
Pustaka: James, Svara. 2007. The Ethics Primer for Public Administration in Government and Nonprovit Organizations. Jones and Barltlett Publishers.USA
4%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi nilai-nilai etika dan dilemma etis pemerintahan dalam situasi pengambilan keputusan yang kompleks di lingkungan administrasi publik

  1. Mampu mengidentifikasi dilema etis dalam kasus pemerintahan
  2. Mampu menganalisis kasus dengan cermat
  3. Mampu menyusun solusi yang etis dan sesuai
Kriteria:
  1. Ketepatan identifikasi dilema etis dalam kasus pemerintahan
  2. Kecermatan analisis kasus
  3. Kejelasan analisis kasus
  4. Kesesuaian solusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

2 x 50
online
2 x 50
Materi: Administrative Ethics : Ideas, Sources and Development
Pustaka: James, Svara. 2007. The Ethics Primer for Public Administration in Government and Nonprovit Organizations. Jones and Barltlett Publishers.USA
4%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menganalisis nilai-nilai etika dalam pemerintahan untuk mengidentifikasi dilema etis dan menemukan solusi yang tepat

  1. Dilema etis diidentifikasi dengan jelas
  2. Solusi yang diusulkan relevan dan berdasarkan analisis yang mendalam
Kriteria:
  1. Relevansi artikel yang direview
  2. Kejelasan uraian review

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
2x50
Materi: Refining the sense of duty : Responsibility of Public Administartors and the Issue of Agency
Pustaka: James, Svara. 2007. The Ethics Primer for Public Administration in Government and Nonprovit Organizations. Jones and Barltlett Publishers.USA
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis nilai-nilai etika dalam pemerintahan untuk mengidentifikasi dilema etis dan menemukan solusi yang tepat

  1. Kemampuan menganalisis kebijakan publik
  2. Kemampuan mengidentifikasi nilai etika dalam kebijakan publik
  3. Kemampuan mengaitkan kebijakan publik dengan nilai kebangsaan
Kriteria:
  1. Ketepatan pemilihan kasus kebijakan yang dianalisis
  2. Kejelasan analisis kasus kebijakan etis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

2 x 50
Online
2 x 50
Materi: Teori etika dalam kebijakan publik, Nilai kebangsaan dalam kebijakan publik, Studi kasus evaluasi kebijakan publik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menganalisis nilai-nilai etika dalam pemerintahan untuk mengidentifikasi dilema etis dan menemukan solusi yang tepat

  1. Analisis kebijakan publik dari perspektif etika
  2. Penilaian implikasi kebijakan terhadap nilai kebangsaan
Kriteria:
  1. Ketepatan analisis kebijakan
  2. Kejelasan implikasi yang disusun

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
2 x 50
Materi: Teori etika dalam kebijakan publik, Nilai kebangsaan dalam konteks kebijakan publik, Studi kasus kebijakan publik kontroversial
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menganalisis nilai-nilai etika dalam pemerintahan untuk mengidentifikasi dilema etis dan menemukan solusi yang tepat

  1. Analisis kebijakan publik dari perspektif etika
  2. Penilaian implikasi kebijakan terhadap nilai kebangsaan
Kriteria:
  1. Ketepatan analisis
  2. Kejelasan analisis
  3. Kejelasan implikasi yang disusun

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
2 x 50
Materi: Teori etika dalam kebijakan publik, Nilai kebangsaan dalam konteks kebijakan publik, Studi kasus kebijakan publik kontroversial
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menganalisis nilai-nilai etika dalam pemerintahan untuk mengidentifikasi dilema etis dan menemukan solusi yang tepat

  1. Analisis kebijakan publik dari perspektif etika
  2. Penilaian implikasi kebijakan terhadap nilai kebangsaan
Kriteria:
  1. Ketepatan analisis
  2. Kejelasan uraian perspektif etis dalam kebijakan
  3. Kejelasan implikasi yang disusun

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
2 x 50
Materi: Teori etika dalam kebijakan publik, Nilai kebangsaan dalam konteks kebijakan publik, Studi kasus kebijakan publik kontroversial
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu merancang strategi implementasi nilai-nilai etika dalam praktik manajemen dan kebijakan publik.

  1. Strategi implementasi nilai-nilai etika
  2. Integrasi nilai-nilai etika dalam pengambilan keputusan
Kriteria:
  1. Ketepatan uraian strategi etika
  2. Kejelasan uraian integrasi nilai etika

Bentuk Penilaian :
Tes

Online
2 x 50
Materi: Teori Etika dalam Manajemen, Etika dalam Pengambilan Keputusan Publik, Studi Kasus Implementasi Etika dalam Praktik Manajemen
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Codifying Duty and Ethical Perspectives : Codes of Ethics
Pustaka: James, Svara. 2007. The Ethics Primer for Public Administration in Government and Nonprovit Organizations. Jones and Barltlett Publishers.USA
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi rancangan strategi implementasi nilai-nilai etika dalam praktik manajemen dan kebijakan publik

  1. Strategi implementasi nilai-nilai etika
  2. Integrasi nilai-nilai etika dalam pengambilan keputusan
Kriteria:
  1. Ketepatan strategi nilai etis
  2. Kejelasan uraian nilai etika dalam pengambilan keputusan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
2 x 50
Materi: Teori Etika dalam Manajemen, Etika dalam Pengambilan Keputusan Publik, Studi Kasus Implementasi Etika dalam Praktik Manajemen
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Codifying Duty and Ethical Perspectives : Codes of Ethics
Pustaka: James, Svara. 2007. The Ethics Primer for Public Administration in Government and Nonprovit Organizations. Jones and Barltlett Publishers.USA
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi rancangan strategi implementasi nilai-nilai etika dalam praktik manajemen dan kebijakan publik

  1. Strategi implementasi nilai-nilai etika
  2. Integrasi nilai-nilai etika dalam pengambilan keputusan
Kriteria:
  1. Ketepatan strategi nilai etis
  2. Kejelasan uraian nilai etika dalam pengambilan keputusan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
2 x 50
Materi: Teori Etika dalam Manajemen, Etika dalam Pengambilan Keputusan Publik, Studi Kasus Implementasi Etika dalam Praktik Manajemen
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Codifying Duty and Ethical Perspectives : Codes of Ethics
Pustaka: James, Svara. 2007. The Ethics Primer for Public Administration in Government and Nonprovit Organizations. Jones and Barltlett Publishers.USA
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi rancangan strategi implementasi nilai-nilai etika dalam praktik manajemen dan kebijakan publik

  1. Strategi implementasi nilai-nilai etika
  2. Integrasi nilai-nilai etika dalam pengambilan keputusan
Kriteria:
  1. Ketepatan evaluasi rancangan
  2. Kejelasan uraian evaluasi rancangan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
2 x 50
Materi: Teori Etika dalam Manajemen, Etika dalam Pengambilan Keputusan Publik, Studi Kasus Implementasi Etika dalam Praktik Manajemen
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Codifying Duty and Ethical Perspectives : Codes of Ethics
Pustaka: James, Svara. 2007. The Ethics Primer for Public Administration in Government and Nonprovit Organizations. Jones and Barltlett Publishers.USA
4%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis secara mendalam peran etika dalam proses pembentukan dan penerapan kebijakan publik serta memahami dampaknya terhadap tata kelola pemerintahan yang baik.

  1. etika dalam kebijakan publik
  2. analisis peran etika
  3. dampak etika terhadap tata kelola pemerintahan
Kriteria:
  1. Kejelasan uraian posisi etika dalam kebijakan
  2. Kejelasan dampak etika dalam tata kelola pemerintahan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
2 x 50
Materi: Konsep Etika dalam Kebijakan Publik, Peran Etika dalam Pembentukan Kebijakan, Penerapan Etika dalam Kebijakan Publik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis secara mendalam peran etika dalam proses pembentukan dan penerapan kebijakan publik serta memahami dampaknya terhadap tata kelola pemerintahan yang baik.

  1. etika dalam kebijakan publik
  2. analisis peran etika
  3. dampak etika terhadap tata kelola pemerintahan
Kriteria:
  1. Kejelasan uraian posisi etika dalam kebijakan
  2. Kejelasan dampak etika dalam tata kelola pemerintahan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
2 x 50
Materi: Konsep Etika dalam Kebijakan Publik, Peran Etika dalam Pembentukan Kebijakan, Penerapan Etika dalam Kebijakan Publik
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: The Ethics Factor in Local Government: An Empirical Analysis
Pustaka: Frederickson, George H, John A Rohr. 2015. Ebook Ethic and Public Administration. New York.Routledge

Materi: Acting and Duty in The Face of Uncertainty and Risk : Responsible Whistleblowing
Pustaka: James, Svara. 2007. The Ethics Primer for Public Administration in Government and Nonprovit Organizations. Jones and Barltlett Publishers.USA
4%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis secara mendalam peran etika dalam proses penerapan kebijakan publik serta memahami dampaknya terhadap tata kelola pemerintahan yang baik

  1. Kemampuan mengidentifikasi dilema etika dalam manajemen sumber daya manusia
  2. Kemampuan menganalisis dampak keputusan terhadap prinsip-prinsip etika
  3. Kemampuan menyelesaikan konflik etika dalam konteks manajemen sumber daya manusia
Kriteria:
  1. Kejelasan identifikasi dilema etika dalam manajemen sumber daya manusia
  2. Kejelasan analisis dampak keputusan terhadap prinsip-prinsip etika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
2 x 50
Materi: The Impact of Demographic, Professional, and Organizational Variables and Domain on the Moral Reasoning of Public Administrators
Pustaka: Frederickson, George H, John A Rohr. 2015. Ebook Ethic and Public Administration. New York.Routledge

Materi: Elevating Ethical Behavior in the organization
Pustaka: James, Svara. 2007. The Ethics Primer for Public Administration in Government and Nonprovit Organizations. Jones and Barltlett Publishers.USA

Materi: Handbook Perkuliahan Konsep evaluasi dampak kebijakan publik, Hubungan kebijakan publik dengan etika pemerintahan
Pustaka:
4%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis secara mendalam peran etika dalam proses penerapan kebijakan publik serta memahami dampaknya terhadap tata kelola pemerintahan yang baik

  1. Hubungan antara budaya organisasi dan praktik etika diidentifikasi dengan jelas
  2. Analisis terhadap pengaruh budaya organisasi terhadap praktik etika dilakukan secara mendalam
Kriteria:
  1. Kejelasan Hubungan antara budaya organisasi dan praktik etika yang diidentifikasi
  2. Kedalaman analisis terhadap pengaruh budaya organisasi terhadap praktik etika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
2 x 50
Materi: The Impact of Demographic, Professional, and Organizational Variables and Domain on the Moral Reasoning of Public Administrators
Pustaka: Frederickson, George H, John A Rohr. 2015. Ebook Ethic and Public Administration. New York.Routledge

Materi: Elevating Ethical Behavior in the organization
Pustaka: James, Svara. 2007. The Ethics Primer for Public Administration in Government and Nonprovit Organizations. Jones and Barltlett Publishers.USA

Materi: Handbook Perkuliahan Konsep evaluasi dampak kebijakan publik, Hubungan kebijakan publik dengan etika pemerintahan
Pustaka:
4%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dampak kebijakan publik terhadap peningkatan etika pemerintahan dengan menggunakan pendekatan analitis dan kritis.

  1. Analisis dampak kebijakan publik terhadap etika pemerintahan
  2. Kemampuan evaluasi kritis terhadap kebijakan publik
  3. Kemampuan menyusun rekomendasi perbaikan terhadap kebijakan yang tidak mendukung etika pemerintahan
Kriteria:
  1. Kejelasan analisis dampak kebijakan publik terhadap etika pemerintahan
  2. Kekritisan kebijakan publik yang dievaluasi dari sisi etis
  3. Ketepatan rekomendasi perbaikan terhadap kebijakan yang tidak mendukung etika pemerintahan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Online
2x50
Materi: The Impact of Demographic, Professional, and Organizational Variables and Domain on the Moral Reasoning of Public Administrators
Pustaka: Frederickson, George H, John A Rohr. 2015. Ebook Ethic and Public Administration. New York.Routledge

Materi: Elevating Ethical Behavior in the organization
Pustaka: James, Svara. 2007. The Ethics Primer for Public Administration in Government and Nonprovit Organizations. Jones and Barltlett Publishers.USA

Materi: Handbook Perkuliahan: Konsep evaluasi dampak kebijakan publik, Hubungan kebijakan publik dengan etika pemerintahan, Metode evaluasi dampak kebijakan publik
Pustaka:
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 55%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 25%
3. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.