
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Anak Usia Dini |
8620702263 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
13 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa |
PLO-7 |
Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang, keahlian secara mandiri
|
PO - 2 |
Mahasiswa menerapkan pemikiran logis, kritiis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlinnya
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengkonstruksi, memodifikasi, menganalisis menciptakan secara terstruktur media pembelajaran (APE) sesuai tahapan perkembangan anak usia dini
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | ✔ | | | | ✔ | | | ✔ | | | ✔ | PO-2 | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | | | ✔ | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar bertujuan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi bahan ajar yang efektif dan inovatif untuk mendukung proses pembelajaran. Dalam konteks pendidikan anak usia dini, mata kuliah ini fokus pada penyusunan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak serta standar kurikulum yang berlaku. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip desain bahan ajar, pemilihan media dan sumber belajar, serta teknik pembuatan bahan ajar cetak maupun digital. Pembelajaran dalam mata kuliah ini menggunakan berbagai strategi seperti ceramah, diskusi, studi kasus, dan project-based learning yang mendorong mahasiswa untuk mengembangkan bahan ajar secara langsung, mulai dari tahap perencanaan, pembuatan prototipe, hingga evaluasi efektivitas bahan ajar tersebut. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan bahan ajar yang kreatif, inovatif, serta responsif terhadap kebutuhan peserta didik dan perkembangan teknologi pendidikan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Herdzina, J., & Lauricella, A. R. (2020). Media literacy in early childhood report. Child Development, 101, 10.
- Siregar, A. S. B., Tobing, E. G. L., & Fitri, N. R. (2021). Developing of Teaching Materials: Using Animation Media to Learning English Vocabulary for Early Childhood. ETDC: Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(1), 9-16.
- Dini, J. P. A. U. (2022). Pengembangan bahan ajar kreativitas seni rupa anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3714-3726.
- Dickey, E., & Bejarano, A. (2023). GAIDE: A framework for using generative AI to assist in course content development. arXiv.
- Honghu, Y., Ting, L., & Gongjin, L. (2023). The key artificial intelligence technologies in early childhood education: A review. arXiv
- Melhuish, E., Ereky-Stevens, K., Petrogiannis, K., Ariescu, A., Penderi, E., Rentzou, K., et al. (2022). Improving quality of teaching and child development. Frontiers in Psychology.
|
Pendukung : |
|
- Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80.
- Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8-17.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd. Melia Dwi Widayanti, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD |
Memahami Pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD |
Kriteria:
Mahasiswa mampumemahami Pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Materi: Pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD Pustaka: Herdzina, J., & Lauricella, A. R. (2020). Media literacy in early childhood report. Child Development, 101, 10. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD |
Memahami pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Materi: Pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD Pustaka: Herdzina, J., & Lauricella, A. R. (2020). Media literacy in early childhood report. Child Development, 101, 10. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD |
Rancangan Media AUD; Media Visual Mahasiswa mampu merancang media anak usia dini khususnya media visual |
Kriteria:
Mahasiswa mampu merancangan sebuah media visual untuk anak usia dini Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Materi: Merancang Media AUD Media Visual untuk Anak Usia Dini Pustaka: Siregar, A. S. B., Tobing, E. G. L., & Fitri, N. R. (2021). Developing of Teaching Materials: Using Animation Media to Learning English Vocabulary for Early Childhood. ETDC: Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(1), 9-16. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD |
Rancangan Media AUD; Media Visual Mahasiswa mampu merancang media anak usia dini khususnya media visual |
Kriteria:
Mahasiswa mampu merancangan sebuah media visual untuk anak usia dini Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Materi: Merancang Media AUD Media Visual untuk Anak Usia Dini Pustaka: Siregar, A. S. B., Tobing, E. G. L., & Fitri, N. R. (2021). Developing of Teaching Materials: Using Animation Media to Learning English Vocabulary for Early Childhood. ETDC: Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(1), 9-16. |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis media pembelajaran anak usia dini |
Menganalisis media pembelajaran anak usia dini |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami karakteristik media Pembelajaran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Materi: Karakteristik media Pembelajaran Pustaka: Dini, J. P. A. U. (2022). Pengembangan bahan ajar kreativitas seni rupa anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3714-3726. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mengerti mengenai pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik meida AUD. |
Mengevaluasi hasil pembuatan media visual anak usia dini |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengevaluasi dirinya tentang hasil pembuatan media visual Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Materi: Evaluasi Pembuatan Media Visual Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mengerti mengenai pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik meida AUD. |
mahasiswa mampu mengevaluasi hasil pembuatan media visual anak usia dini |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengevaluasi dirinya tentang hasil pembuatan media visual Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Materi: Evaluasi Pembuatan Media Visual Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mengerti mengenai pengertian media, manfaat, tujuan, prinsip dan karakteristik media AUD. |
Mampu mengerjakan ujian dengan tepat |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan ujian dengan tepat Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tulis/Sumatif 2 X 50 |
Tes tulis/Sumatif 2 X 50 |
Materi: Pertemuan 1-7 Pustaka: Materi: Pengertian media bahan ajar PAD Pustaka: Herdzina, J., & Lauricella, A. R. (2020). Media literacy in early childhood report. Child Development, 101, 10. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu membuat rancangan APE (untuk kelompok besar/kecil) |
Mampu membuat rancangan Media |
Kriteria:
Mahasiswa mampu membuat rancangan media Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Materi: Rancangan Media (untuk kelompok besar/kecil) Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu membuat rancangan APE (untuk kelompok besar/kecil) |
Rancangan Media |
Kriteria:
Inisiatif, mahasiswa bertanya, menjawab Inisiatif mahasiswa menjawab pertanyaan teman sebaya Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Materi: Rancangan Media (untuk kelompok besar/kecil) Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu membuat media dari hasil rancangan |
Mampu membuat media |
Kriteria:
Kinerja mahasiswa dalam membuat media Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Materi: Membuat Media (untuk kelompok besar/kecil) Pustaka: Herdzina, J., & Lauricella, A. R. (2020). Media literacy in early childhood report. Child Development, 101, 10. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu membuat media dari hasil rancangan |
Mampu membuat media |
Kriteria:
Kinerja mahasiswa dalam membuat media Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Materi: Membuat Media (untuk kelompok besar/kecil) Pustaka: Herdzina, J., & Lauricella, A. R. (2020). Media literacy in early childhood report. Child Development, 101, 10. |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan media pembelajaran yang dihasilkan di lembaga PAUD |
Mampu mengaplikasikan media pembelajaran |
Kriteria:
: Hasil Video Praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Materi: Aplikasi Media di Lembaga PAUD Pustaka: Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8-17. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menganalisis aplikasi media di Lembaga PAUD |
Mampu menganalisis kekurangan dan kelebihan |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis kekurangan dan kelebihan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Materi: Evaluasi Hasil Praktek di Lembaga PAUD Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menganalisis aplikasi media di Lembaga PAUD |
Mampu menganalisis kekurangan dan kelebihan |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis kekurangan dan kelebihan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, simulasi 2 X 50 |
Materi: Evaluasi Hasil Praktek di Lembaga PAUD Pustaka: Suryana, D., Sari, N. E., Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 60-80. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu membuat rancangan APE (untuk kelompok besar/kecil) |
Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan |
Kriteria:
Nilai 10-100 Bentuk Penilaian : Tes |
Tes 2 X 50 |
Tes 2 X 50 |
Materi: Pertemuan 9-15 Pustaka: Materi: Pengembangan bahan ajar dan media PAUD Pustaka: Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8-17. |
5% |