Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metode Penelitian Administrasi dan Kebijakan

6320103654

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

4

31 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si,




.......................................




EVA HANY FANIDA

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-8

Menguasai konsep dasar serta metode peneltian administrasi dan kebijakan dengan menggunakan beragam metode terbaru dan contoh aplikasinya..

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memahami dan menjelaskan konsep dasar metode penelitian administrasi dan kebijakan

PO - 2

Mampu merangkum dan menginterpretasikan literatur terdahulu dalam menyusun latar belakang dan state of the art penelitian

PO - 3

Mampu merumuskan teknik pengumpulan data dan teknik analisis data dalam penelitian administrasi publik dan kebijakan dengan menggunakan metode kuantitatif, kualitatif, dan menggunakan data berbasis big data

PO - 4

Mampu menyusun desain penelitian (proposal penelitian) dan mempresentasikannya dengan menggunakan metode penelitian yang akurat dan memenuhi standar etika penelitian yang baik

Matrik PLO-PO

 
POPLO-8
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang mampu menguasai dan mengaplikasikan konsep dasar serta metode penelitian administrasi dan kebijakan dengan menggunakan beragam metode terbaru dan contoh aplikasinya. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari dan mensimulasikan teknik perumusan masalah (problem statement), merumuskan pertanyaan penelitian berbasis empirical dan conceptual gaps, menyusun kerangka pemikiran berdasarkan literatur, menguasai teknik pengumpulan data dan teknik analisis data dalam penelitian administrasi publik dan kebijakan dengan menggunakan metode kuantitatif, kualitatif, dan menggunakan data berbasis big data. Mahasiswa juga akan mampu menyusun dan mempresentasikan desain penelitian (proposal penelitian) serta memenuhi standar etika penelitian yang baik.

Pustaka

Utama :

  1. Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication
  2. Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group
  3. van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group
  4. Maciejewski, Mariusz. (2017), To do more, better, faster and more cheaply: using big data in public administration, International Review of Administrative Sciences, Vol. 83(1S) 120–135

Pendukung :

Dosen Pengampu

TJITJIK RAHAJU

TAURAN

AHMAD NIZAR HILMI

Ahmad Nizar Hilmi, S.AP., MPA.

Ahmad Nizar Hilmi, S.AP., MPA.

Tauran, S.Sos., M.Soc.Sc.

Tauran, S.Sos., M.Soc.Sc.

Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menjabarkan (C2) paradigma dasar penelitian administrasi dan kebijakan

Mahasiswa mampu memahami berbagai macam jenis pendekatan dan metode penelitian dari perspektif Administrasi Publik

Kriteria:

Ketepatan dalam menjabarkan paradigma dasar penelitian administrasi dan kebijakan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah luring dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur
8.5 jam
Kuliah daring secara sinkronus dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur
8.5 jam
Materi: The Selection of a Research Design
Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication

Materi: Understanding the Scientific Method
Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group

Materi: Research in public administration
Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group
5%

2

Minggu ke 2

Mampu mengidentifikasi (C1) dan menafsirkan (C2) literatur yang relevan dalam menyusun empirical gap dan/atau theoretical gap sebagai syarat menyusun latar belakang, merumuskan masalah penelitian, menentukan tujuan dan manfaat penelitian

  1. Tinjauan Pustaka (literature review)
  2. Masalah penelitian, tujuan penelitian dan manfaat penelitian
Kriteria:

Ketepatan dalam mengidentifikasi dan menafsirkan literatur yang relevan dalam menyusun empirical gap dan/atau theoretical gap dalam latarbelakang penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah luring dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur
8,5 jam
Kuliah daring secara sinkronus dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur
8,5 jam
Materi: Review of the Literature
Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication

Materi: Writing the Literature Review Section
Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group

Materi: Theoretical framework
Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group
5%

3

Minggu ke 3

Mampu membedakan (C2) penyusunan kerangka pemikiran dan hipotesis dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif

  1. Kerangka pemikiran (theoretical framework
  2. Hipotesis penelitian
Kriteria:

Ketepatan dalam membedakan kerangka pemikiran dan hipotesis antara penelitian kualitatif dan kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah luring dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur
8,5 jam
Kuliah daring secara sinkronus dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiriterstruktur
8,5 jam
Materi: The Use of Theory
Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication

Materi: Writing the Hypothesis and Research Question
Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group

Materi: Research design
Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menjabarkan (C2) pengertian dan implikasi penelitian dari perkembangan big data dan penelitian menggunakan AI dalam penelitian kuantitatif

  1. Implikasi big data dalam penelitian kuantitatif
  2. Implikasi AI dalam penelitian kuantitatif
Kriteria:

Ketepatan dalam menjabarkan dan menjelaskan implikasi penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah luring dengan metode ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur
8,5 jam
Kuliah daring secara sinkronus dengan metode ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur
8,5 jam
Materi: To do more, better, faster and more cheaply: using big data in public administration
Pustaka: Maciejewski, Mariusz. (2017), To do more, better, faster and more cheaply: using big data in public administration, International Review of Administrative Sciences, Vol. 83(1S) 120–135
5%

5

Minggu ke 5

Mampu menentukan dan membuat (C3) definisi operasional variabel dalam penelitian kuantitatif atau penelitian menggunakan big data

  1. Desain penelitian kuantitatif: Variabel dalam penelitian kuantitatif
  2. Desain penelitian kuantitatif: Definisi operasional

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah luring dengan metode ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur
8,5 jam
Kuliah daring secara sinkronus dengan metode ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur
8,5 jam
Materi: Karakteristik Kajian Administrasi Publik
Pustaka: Putra, Nusa dan Hendarman. 2012, Metodologi Penelitian Kebijakan, Bandung : Remaja Rosda Karya

Materi: Research Questions and Hypotheses S
Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication

Materi: Writing the Hypothesis and Research Question
Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group

Materi: Operationalization
Pustaka:

Materi: To do more, better, faster and more cheaply: using big data in public administration
Pustaka: Maciejewski, Mariusz. (2017), To do more, better, faster and more cheaply: using big data in public administration, International Review of Administrative Sciences, Vol. 83(1S) 120–135
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menentukan (C3) teknik pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif atau penelitian menggunaka n big data

Desain penelitian kuantitatif

Kriteria:

Rubrik: Kinerja Ketepatan dalam menentukan teknik pengumpulan data kuantitatif atau penelitian menggunakan big data


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah luring dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur
8,5 jam
Kuliah daring secara sinkronus dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur
8,5 jam
Materi: Konsep dan Teori dalam Penelitian
Pustaka: Sugiyono, 2010.Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alfabeta

Materi: Quantitative Methods
Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication

Materi: Writing the Hypothesis and Research Question
Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group

Materi: Analysing quantitative data
Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group

Materi: To do more, better, faster and more cheaply: using big data in public administration
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menentukan (C3) teknik analisis data dalam menggunaka n data kuantitatif atau penelitian menggunakan big data

  1. Desain penelitian kuantitatif: Analisis deskriptif
  2. Desain penelitian kuantitatif: Analisis Inferensial
  3. Desain penelitian kuantitatif: Analisis korelasi
  4. Desain penelitian kuantitatif: Analisis regresi
Kriteria:

Ketepatan dalam menentukan teknik analisis data kuantittatif atau penelitian menggunakan big data


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah luring dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar
4 X 50 Menit
Kuliah daring secara sinkronus dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar
Materi: Quantitative Methods
Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication

Materi: Writing the Hypothesis and Research Question
Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group

Materi: Operationalization
Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group

Materi: To do more, better, faster and more cheaply: using big data in public administration
Pustaka: Maciejewski, Mariusz. (2017), To do more, better, faster and more cheaply: using big data in public administration, International Review of Administrative Sciences, Vol. 83(1S) 120–135
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menjawab secara tertulis soal-soal UTS

Ketepatan dalam menjelaskan fungsi teori dalam penelitian

Kriteria:
  1. Ujian mahasiswa dinilai dari Ketepatan perumusan latar belakang (problem statement)
  2. Ujian mahasiswa dinilai dari Ketepatan pertanyaan penelitian
  3. Ujian mahasiswa dinilai dari Ketepatan literature review
  4. Ujian mahasiswa dinilai dari Ketepatan kerangka pemikiran penelitian Kualitas referensi

Bentuk Penilaian :
Tes
Mahasiswa menjawab soal dan menunggah dalam LMS SiDIA
100 Menit

Materi: Quantitative Methods
Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication

Materi: Writing the Hypothesis and Research Question
Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group

Materi: Analysing quantitative data Maciejewski
Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group

Materi: To do more, better, faster and more cheaply: using big data in public administration
Pustaka: Maciejewski, Mariusz. (2017), To do more, better, faster and more cheaply: using big data in public administration, International Review of Administrative Sciences, Vol. 83(1S) 120–135
15%

9

Minggu ke 9

Mampu menyusun (C3) kerangka pemikiran dan operasionalis asi konsep dalam penelitian kualitatif

    Kriteria:

    Ketepatan dalam menyusun kerangka pemikiran dan menjabarkan operasionalisas konsep


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Kuliah luring maupun dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif; membaca dan belajar mandiri terstruktur
    8,5 jam
    Kuliah smaupun daring secara sinkrunus dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif; membaca dan belajar mandiri terstruktur
    8,5 jam
    Materi: Creswel : - Qualitative Methods Thiel : Analysing qualitative data
    Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication

    Materi: Qualitative Methods
    Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication

    Materi: Analysing qualitative data
    Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group
    5%

    10

    Minggu ke 10

    Mampu menyusun (C3) kerangka pemikiran dan operasionalis asi konsep dalam penelitian kualitatif

      Kriteria:

      Ketepatan dalam menyusun kerangka pemikiran dan menjabarkan operasionalisas konsep


      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif
      Kuliah luring maupun dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif; membaca dan belajar mandiri terstruktur
      8,5 jam
      Kuliah smaupun daring secara sinkrunus dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif; membaca dan belajar mandiri terstruktur
      8,5 jam
      Materi: Creswel : - Qualitative Methods Thiel : Analysing qualitative data
      Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication

      Materi: Qualitative Methods
      Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication

      Materi: Analysing qualitative data
      Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group
      5%

      11

      Minggu ke 11

      Mampu menentukan dan menyusun (C3) sampling dan informan dalam penelitian kualitatif serta mensimulasik an (C3) teknik menguji keabsahan data dalam penelitian kualitatif

      Desain penelit ian kualitatif

      Kriteria:

      Ketepatan dalam menentukan sampling dan informan serta teknik pengujian keabsahan data kualitatif


      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif
      Kuliah luring dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif; membaca dan belajar mandiri terstruktur
      8,5 jam
      Kuliah daringsecara sinkronus dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif; membaca dan belajar mandiri terstruktur
      8,5 jam
      Materi: Qualitative Methods
      Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication

      Materi: Qualitative Methods
      Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication

      Materi: Analysing qualitative data
      Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group
      5%

      12

      Minggu ke 12

      Mampu menjabarkan (C2) dan menyusun (C3) kerangka etik (ethical framework/cle arance) penelitian sesuai standar penelitian dan publikasi yang baik

      1. Etika dalam penelitian
      2. Etika publikasi ilmiah
      3. Bentuk- bentuk pelanggaran etika penelitian
      Kriteria:

      Ketepatan dalam menjelaskan dan menyusun kerangka etik penelitian


      Bentuk Penilaian :
      Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
      Kuliah luring dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif; membaca dan belajar mandiri terstruktur
      8,5 jam
      Kuliah luring secara sinkrous dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif; membaca dan belajar mandiri terstruktur
      8,5 jam
      Materi: REPORT PRESENTATION STRUCTURE
      Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication

      Materi: Sharing Your Research Thiel: Reporting results
      Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group

      Materi: Sharing Your Research
      Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group

      Materi: Reporting results
      Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group
      5%

      13

      Minggu ke 13

      Mampu menyusun kerangka penelitian dan mempresentasik an (C3) proposal penelitiannya

      Penyusunan proposal penelitian

      Kriteria:

      Ketepatan dalam menyusun proposal penelitian


      Bentuk Penilaian :
      Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
      Kuliah luring dengan metode Mahasiswa diberikan tugas project individual untuk menyusun proposal penelitian
      8,5 jam

      Materi: REPORT PRESENTATION STRUCTURE
      Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication

      Materi: Sharing Your Research Thiel: Reporting results
      Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group

      Materi: Sharing Your Research
      Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group

      Materi: Reporting results
      Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group
      5%

      14

      Minggu ke 14

      Mampu menyusun kerangka penelitian dan mempresentasik an (C3) proposal penelitiannya

      Penyusunan proposal penelitian

      Kriteria:

      Ketepatan dalam menyusun proposal penelitian


      Bentuk Penilaian :
      Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
      Kuliah luring dengan metode Mahasiswa diberikan tugas project individual untuk menyusun proposal penelitian
      8,5 jam

      Materi: REPORT PRESENTATION STRUCTURE
      Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication

      Materi: Sharing Your Research Thiel: Reporting results
      Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group

      Materi: Sharing Your Research
      Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group

      Materi: Reporting results
      Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group
      5%

      15

      Minggu ke 15

      Mampu menyusun kerangka penelitian dan mempresentasik an (C3) proposal penelitiannya

      Penyusunan proposal penelitian

      Kriteria:

      Ketepatan dalam menyusun proposal penelitian


      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
      Kuliah luring dengan metode Mahasiswa diberikan tugas project individual untuk menyusun proposal penelitian
      8,5 jam

      Materi: REPORT PRESENTATION STRUCTURE
      Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication

      Materi: Sharing Your Research Thiel: Reporting results
      Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group

      Materi: Sharing Your Research
      Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group

      Materi: Reporting results
      Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group
      10%

      16

      Minggu ke 16

      Mahasiswa mampu mengkomunikasikan metode penelitian

      Metode Penelitian

      Kriteria:
      1. Ketepatan memilih metode penelitian
      2. Kemampuan preseentasi

      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
      Pembelajaran luring dengan metode mahasiswa mempresentasikan metode penelitian
      8,5 jam

      Materi: Teknik Analisis Data
      Pustaka: Sugiyono, 2010.Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alfabeta

      Materi: REPORT PRESENTATION STRUCTURE
      Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication

      Materi: Sharing Your Research
      Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group

      Materi: Reporting results
      Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group
      10%



      Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

      No Evaluasi Persentase
      1. Aktifitas Partisipasif 50%
      2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 35%
      3. Tes 15%
      100%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.