
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metode Penelitian Administrasi dan Kebijakan |
6320103654 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
31 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si,
|
.......................................
|
EVA HANY FANIDA |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-8 |
Menguasai konsep dasar serta metode peneltian administrasi dan kebijakan dengan menggunakan beragam metode terbaru dan contoh aplikasinya.. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu memahami dan menjelaskan konsep dasar metode penelitian administrasi dan kebijakan
|
PO - 2 |
Mampu merangkum dan menginterpretasikan literatur terdahulu dalam menyusun latar belakang dan state of the art penelitian
|
PO - 3 |
Mampu merumuskan teknik pengumpulan data dan teknik analisis data dalam penelitian administrasi publik dan kebijakan dengan menggunakan metode kuantitatif, kualitatif, dan menggunakan data berbasis big data
|
PO - 4 |
Mampu menyusun desain penelitian (proposal penelitian) dan mempresentasikannya dengan menggunakan metode penelitian yang akurat dan memenuhi standar etika penelitian yang baik
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-8 | PO-1 | ✔ | PO-2 | ✔ | PO-3 | ✔ | PO-4 | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang mampu menguasai dan mengaplikasikan konsep dasar serta metode penelitian administrasi dan kebijakan dengan menggunakan beragam metode terbaru dan contoh aplikasinya. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari dan mensimulasikan teknik perumusan masalah (problem statement), merumuskan pertanyaan penelitian berbasis empirical dan conceptual gaps, menyusun kerangka pemikiran berdasarkan literatur, menguasai teknik pengumpulan data dan teknik analisis data dalam penelitian administrasi publik dan kebijakan dengan menggunakan metode kuantitatif, kualitatif, dan menggunakan data berbasis big data. Mahasiswa juga akan mampu menyusun dan mempresentasikan desain penelitian (proposal penelitian) serta memenuhi standar etika penelitian yang baik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication
- Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group
- van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group
- Maciejewski, Mariusz. (2017), To do more, better, faster and more cheaply: using big data in public administration, International Review of Administrative Sciences, Vol. 83(1S) 120–135
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
TJITJIK RAHAJU TAURAN AHMAD NIZAR HILMI Ahmad Nizar Hilmi, S.AP., MPA. Ahmad Nizar Hilmi, S.AP., MPA. Tauran, S.Sos., M.Soc.Sc. Tauran, S.Sos., M.Soc.Sc. Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si. Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menjabarkan (C2) paradigma dasar penelitian administrasi dan kebijakan |
Mahasiswa mampu memahami berbagai macam jenis pendekatan dan metode penelitian dari perspektif Administrasi Publik |
Kriteria:
Ketepatan dalam menjabarkan paradigma dasar penelitian administrasi dan kebijakan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah luring dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur 8.5 jam |
Kuliah daring secara sinkronus dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur 8.5 jam |
Materi: The Selection of a Research Design Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication Materi: Understanding the Scientific Method Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group Materi: Research in public administration Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mengidentifikasi (C1) dan menafsirkan (C2) literatur yang relevan dalam menyusun empirical gap dan/atau theoretical gap sebagai syarat menyusun latar belakang, merumuskan masalah penelitian, menentukan tujuan dan manfaat penelitian |
- Tinjauan Pustaka (literature review)
- Masalah penelitian, tujuan penelitian dan manfaat penelitian
|
Kriteria:
Ketepatan dalam mengidentifikasi dan menafsirkan literatur yang relevan dalam menyusun empirical gap dan/atau theoretical gap dalam latarbelakang penelitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah luring dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur 8,5 jam |
Kuliah daring secara sinkronus dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur 8,5 jam |
Materi: Review of the Literature Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication Materi: Writing the Literature Review Section Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group Materi: Theoretical framework Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu membedakan (C2) penyusunan kerangka pemikiran dan hipotesis dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif |
- Kerangka pemikiran (theoretical framework
- Hipotesis penelitian
|
Kriteria:
Ketepatan dalam membedakan kerangka pemikiran dan hipotesis antara penelitian kualitatif dan kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah luring dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur 8,5 jam |
Kuliah daring secara sinkronus dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiriterstruktur 8,5 jam |
Materi: The Use of Theory Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication Materi: Writing the Hypothesis and Research Question Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group Materi: Research design Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menjabarkan (C2) pengertian dan implikasi penelitian dari perkembangan big data dan penelitian menggunakan AI dalam penelitian kuantitatif |
- Implikasi big data dalam penelitian kuantitatif
- Implikasi AI dalam penelitian kuantitatif
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menjabarkan dan menjelaskan implikasi penelitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah luring dengan metode ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur 8,5 jam |
Kuliah daring secara sinkronus dengan metode ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur 8,5 jam |
Materi: To do more, better, faster and more cheaply: using big data in public administration Pustaka: Maciejewski, Mariusz. (2017), To do more, better, faster and more cheaply: using big data in public administration, International Review of Administrative Sciences, Vol. 83(1S) 120–135 |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menentukan dan membuat (C3) definisi operasional variabel dalam penelitian kuantitatif atau penelitian menggunakan big data |
- Desain penelitian kuantitatif: Variabel dalam penelitian kuantitatif
- Desain penelitian kuantitatif: Definisi operasional
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah luring dengan metode ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur 8,5 jam |
Kuliah daring secara sinkronus dengan metode ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur 8,5 jam |
Materi: Karakteristik Kajian Administrasi Publik Pustaka: Putra, Nusa dan Hendarman. 2012, Metodologi Penelitian Kebijakan, Bandung : Remaja Rosda Karya Materi: Research Questions and Hypotheses S Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication Materi: Writing the Hypothesis and Research Question Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group Materi: Operationalization Pustaka: Materi: To do more, better, faster and more cheaply: using big data in public administration Pustaka: Maciejewski, Mariusz. (2017), To do more, better, faster and more cheaply: using big data in public administration, International Review of Administrative Sciences, Vol. 83(1S) 120–135 |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menentukan (C3) teknik pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif atau penelitian menggunaka n big data |
Desain penelitian kuantitatif |
Kriteria:
Rubrik: Kinerja Ketepatan dalam menentukan teknik pengumpulan data kuantitatif atau penelitian menggunakan big data Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah luring dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur 8,5 jam |
Kuliah daring secara sinkronus dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar mandiri terstruktur 8,5 jam |
Materi: Konsep dan Teori dalam Penelitian Pustaka: Sugiyono, 2010.Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alfabeta Materi: Quantitative Methods Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication Materi: Writing the Hypothesis and Research Question Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group Materi: Analysing quantitative data Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group Materi: To do more, better, faster and more cheaply: using big data in public administration Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menentukan (C3) teknik analisis data dalam menggunaka n data kuantitatif atau penelitian menggunakan big data |
- Desain penelitian kuantitatif: Analisis deskriptif
- Desain penelitian kuantitatif: Analisis Inferensial
- Desain penelitian kuantitatif: Analisis korelasi
- Desain penelitian kuantitatif: Analisis regresi
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menentukan teknik analisis data kuantittatif atau penelitian menggunakan big data Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah luring dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar 4 X 50 Menit |
Kuliah daring secara sinkronus dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif, membaca dan belajar
|
Materi: Quantitative Methods Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication Materi: Writing the Hypothesis and Research Question Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group Materi: Operationalization Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group Materi: To do more, better, faster and more cheaply: using big data in public administration Pustaka: Maciejewski, Mariusz. (2017), To do more, better, faster and more cheaply: using big data in public administration, International Review of Administrative Sciences, Vol. 83(1S) 120–135 |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menjawab secara tertulis soal-soal UTS |
Ketepatan dalam menjelaskan fungsi teori dalam penelitian |
Kriteria:
- Ujian mahasiswa dinilai dari Ketepatan perumusan latar belakang (problem statement)
- Ujian mahasiswa dinilai dari Ketepatan pertanyaan penelitian
- Ujian mahasiswa dinilai dari Ketepatan literature review
- Ujian mahasiswa dinilai dari Ketepatan kerangka pemikiran penelitian Kualitas referensi
Bentuk Penilaian : Tes |
Mahasiswa menjawab soal dan menunggah dalam LMS SiDIA 100 Menit |
|
Materi: Quantitative Methods Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication Materi: Writing the Hypothesis and Research Question Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group Materi: Analysing quantitative data Maciejewski Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group Materi: To do more, better, faster and more cheaply: using big data in public administration Pustaka: Maciejewski, Mariusz. (2017), To do more, better, faster and more cheaply: using big data in public administration, International Review of Administrative Sciences, Vol. 83(1S) 120–135 |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menyusun (C3) kerangka pemikiran dan operasionalis asi konsep dalam penelitian kualitatif |
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menyusun kerangka pemikiran dan menjabarkan operasionalisas konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah luring maupun dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif; membaca dan belajar mandiri terstruktur 8,5 jam |
Kuliah smaupun daring secara sinkrunus dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif; membaca dan belajar mandiri terstruktur 8,5 jam |
Materi: Creswel : - Qualitative Methods Thiel : Analysing qualitative data Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication Materi: Qualitative Methods Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication Materi: Analysing qualitative data Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menyusun (C3) kerangka pemikiran dan operasionalis asi konsep dalam penelitian kualitatif |
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menyusun kerangka pemikiran dan menjabarkan operasionalisas konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah luring maupun dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif; membaca dan belajar mandiri terstruktur 8,5 jam |
Kuliah smaupun daring secara sinkrunus dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif; membaca dan belajar mandiri terstruktur 8,5 jam |
Materi: Creswel : - Qualitative Methods Thiel : Analysing qualitative data Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication Materi: Qualitative Methods Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication Materi: Analysing qualitative data Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menentukan dan menyusun (C3) sampling dan informan dalam penelitian kualitatif serta mensimulasik an (C3) teknik menguji keabsahan data dalam penelitian kualitatif |
Desain penelit ian kualitatif |
Kriteria:
Ketepatan dalam menentukan sampling dan informan serta teknik pengujian keabsahan data kualitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah luring dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif; membaca dan belajar mandiri terstruktur 8,5 jam |
Kuliah daringsecara sinkronus dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif; membaca dan belajar mandiri terstruktur 8,5 jam |
Materi: Qualitative Methods Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication Materi: Qualitative Methods Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication Materi: Analysing qualitative data Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menjabarkan (C2) dan menyusun (C3) kerangka etik (ethical framework/cle arance) penelitian sesuai standar penelitian dan publikasi yang baik |
- Etika dalam penelitian
- Etika publikasi ilmiah
- Bentuk- bentuk pelanggaran etika penelitian
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menjelaskan dan menyusun kerangka etik penelitian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah luring dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif; membaca dan belajar mandiri terstruktur 8,5 jam |
Kuliah luring secara sinkrous dengan metode: Ceramah dan diskusi interaktif; membaca dan belajar mandiri terstruktur 8,5 jam |
Materi: REPORT PRESENTATION STRUCTURE Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication Materi: Sharing Your Research Thiel: Reporting results Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group Materi: Sharing Your Research Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group Materi: Reporting results Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menyusun kerangka penelitian dan mempresentasik an (C3) proposal penelitiannya |
Penyusunan proposal penelitian |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyusun proposal penelitian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah luring dengan metode Mahasiswa diberikan tugas project individual untuk menyusun proposal penelitian 8,5 jam |
|
Materi: REPORT PRESENTATION STRUCTURE Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication Materi: Sharing Your Research Thiel: Reporting results Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group Materi: Sharing Your Research Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group Materi: Reporting results Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menyusun kerangka penelitian dan mempresentasik an (C3) proposal penelitiannya |
Penyusunan proposal penelitian |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyusun proposal penelitian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah luring dengan metode Mahasiswa diberikan tugas project individual untuk menyusun proposal penelitian 8,5 jam |
|
Materi: REPORT PRESENTATION STRUCTURE Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication Materi: Sharing Your Research Thiel: Reporting results Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group Materi: Sharing Your Research Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group Materi: Reporting results Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menyusun kerangka penelitian dan mempresentasik an (C3) proposal penelitiannya |
Penyusunan proposal penelitian |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyusun proposal penelitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah luring dengan metode Mahasiswa diberikan tugas project individual untuk menyusun proposal penelitian 8,5 jam |
|
Materi: REPORT PRESENTATION STRUCTURE Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication Materi: Sharing Your Research Thiel: Reporting results Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group Materi: Sharing Your Research Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group Materi: Reporting results Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mengkomunikasikan metode penelitian |
Metode Penelitian |
Kriteria:
- Ketepatan memilih metode penelitian
- Kemampuan preseentasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran luring dengan metode mahasiswa mempresentasikan metode penelitian 8,5 jam |
|
Materi: Teknik Analisis Data Pustaka: Sugiyono, 2010.Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alfabeta Materi: REPORT PRESENTATION STRUCTURE Pustaka: Cresswell, John W. (2003). Research Design, Quantitative and Qualitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publication Materi: Sharing Your Research Pustaka: Swann, Patricia. (2021). The Illustrated Guide to the Content Analysis Research Project. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group Materi: Reporting results Pustaka: van Thiel, Sandra (2022). Research Methods in Public Administration and Public Management: An Introduction, 2nd edition, New York and London: Routledge Taylor & Francis Group |
10% |