Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Psikologi Klinis Mikro-Makro

7310104018

T=4

P=0

ECTS=8.96

2

10 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Diana Rahmasari




.......................................




Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu menguasai prinsip- prinsip Iiterasi data, teknologi dan humanitas untuk pemecahan masalah manusia

PLO-6

Kemampuan intelektual untuk berpikir secara mandiri dan kritis sebagai pembelajar sepanjang hayat

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengembangkan pemahaman berkelanjutan terkait konsep-konsep psikologi klinis dalam konteks mikro dan makro.

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis kasus psikologis dengan mengidentifikasi faktor-faktor mikro dan makro secara kolaboratif-integratif.

PO - 3

Mahasiswa mampu merancang langkah-langkah kuratif dalam menangani kasus-kasus psikologis secara mirko dam makro dengan menekankan psrinsip humanitas.

PO - 4

Mahasiswa mampu merancang langkah-langkah preventif dalam mencegah kasus-kasus psikologis secara mikro-makro dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

PO - 5

Mahasiswa mampu secara kritis mengevaluasi efektivitas pendekatan psikologi klinis dari sisi mikro dan makro.

PO - 6

Mahasiswa mampu merefleksikan secara mandiri posisi, nilai, dan peran profesional sebagai ilmuan psikologi dalam menangani isu-isu psikologis pada level mikro dan makro.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-5PLO-6
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji pendekatan psikologi klinis secara holistik dengan memadukan perspektif mikro (individual) dan makro (kontekstual-sistemik). Pendekatan mikro mencakup pemahaman mendalam tentang dinamika intrapsikis, diagnosis, proses terapeutik, dan intervensi individual dalam berbagai gangguan psikologis. Sementara itu, pendekatan makro mengkaji pengaruh faktor sosial, budaya, ekonomi, dan struktural terhadap kesehatan mental individu dan komunitas.

Pustaka

Utama :

  1. MacLachlan, Malcolm & McVeigh, Joanne (2021). Macropsychology: A Population Science for Sustainable Development Goals. Switzerland: Springer nature.
  2. Pomerantz, Andrew M. (2020). Clinical psychology : science, practice, and diversity. Los Angeles: SAGE.
  3. Moritsugu, J., Vera, E., Wong, F, Y., Duffy, K. G. (2016). Community psychology. New York: Routledge.

Pendukung :

  1. Barlow, David H. (ed.) (2011). The Oxford handbook of clinical psychology. New York: Oxford University Press.
  2. Dalton, J. H., Elias, M. J., & Wandersman, A. (2001). Community psychology: Linking individuals and communities. Belmont: Wadsworth/Thomson Learning.
  3. International Organization for Migration (IOM) (2022). Manual on Community-based Mental Health and Psychosocial Support in Emergencies and Displacement - Second Edition. Geneva: IOM.
  4. United Nations Children’s Fund (2018). Operational guidelines on community based mental health and psychosocial support in humanitarian settings: Three-tiered support for children and families (field test version). New York: UNICEF.

Dosen Pengampu

Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi.

Dr. Diana Rahmasari, S.Psi., M.Si.,Psikolog.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami ruang lingkup, tujuan, dan posisi psikologi klinis mikro-makro

  1. Keterlibatan diskusi
  2. Pemahaman konsep
Kriteria:
  1. Aktif
  2. Kritis
  3. Relevansi pemahaman

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif dan pengantar

Materi: Pengantar psikologi klinis mikro dan makro: perbedaan pendekatan individual dan komunitas
Pustaka: MacLachlan, Malcolm & McVeigh, Joanne (2021). Macropsychology: A Population Science for Sustainable Development Goals. Switzerland: Springer nature.
5%

2

Minggu ke 2

Memahami perkembangan paradigma psikologi klinis

  1. Partisipasi diskusi
  2. Pemahaman materi
Kriteria:
  1. Aktif
  2. Kritis
  3. Kedalaman pemahaman materi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah intearktif dan diskusi

Materi: Evolusi pendekatan klinis: medis, humanistik, sistemik, dan kritis
Pustaka: Barlow, David H. (ed.) (2011). The Oxford handbook of clinical psychology. New York: Oxford University Press.
5%

3

Minggu ke 3

Mengaitkan teori dengan konteks mikro

  1. Partisipasi diskusi
  2. Pemahaman konsep
Kriteria:
  1. Aktif
  2. Relevansi respons
  3. Kedalaman pemahaman materi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif dan diskusi

Materi: Psikologi klinis mikro: pendekatan terhadap gangguan individual (CBT, psikodinamik, dll.)
Pustaka: Pomerantz, Andrew M. (2020). Clinical psychology : science, practice, and diversity. Los Angeles: SAGE.
5%

4

Minggu ke 4

Mengaitkan teori dengan konteks makro

  1. Partisipasi diskusi
  2. Pemahaman konsep
Kriteria:
  1. Aktif
  2. Relevansi respons
  3. Kedalaman pemahaman materi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif dan diskusi

Materi: Psikologi klinis makro: trauma kolektif, masalah struktural, dan pendekatan komunitas
Pustaka: International Organization for Migration (IOM) (2022). Manual on Community-based Mental Health and Psychosocial Support in Emergencies and Displacement - Second Edition. Geneva: IOM.
5%

5

Minggu ke 5

Menganalisis faktor mikro dalam kasus psikologis

  1. Partisipasi diskusi
  2. Pemahaman kasus
Kriteria:
  1. Aktif
  2. Ketajaman analisis
  3. Pemahaman mendalam dan kontekstual

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelas dan analisis kasus

Materi: Identifikasi faktor-faktor individu dalam permasalahan psikologis.
Pustaka: Dalton, J. H., Elias, M. J., & Wandersman, A. (2001). Community psychology: Linking individuals and communities. Belmont: Wadsworth/Thomson Learning.
5%

6

Minggu ke 6

Menganalisis faktor makro dalam kasus psikologis

  1. Partisipasi diskusi
  2. Pemahaman kasus
Kriteria:
  1. Aktif
  2. Ketajaman analisis
  3. Pemahaman mendalam dan kontekstual

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelas dan analisis kasus

Materi: Pengaruh konteks sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi terhadap masalah psikologis.
Pustaka: MacLachlan, Malcolm & McVeigh, Joanne (2021). Macropsychology: A Population Science for Sustainable Development Goals. Switzerland: Springer nature.
5%

7

Minggu ke 7

Mengintegrasikan dan mengevaluasi faktor mikro-makro dalam analisis kasus

  1. Partisipasi diskusi
  2. Pemahaman kasus
Kriteria:
  1. Aktif
  2. Ketajaman analisis
  3. Pemahaman mendalam dan kontekstual

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelas dan analisis kasus

5%

8

Minggu ke 8

Mengintegrasikan dan mengevaluasi faktor mikro-makro dalam analisis kasus

  1. Partisipasi diskusi
  2. Pemahaman kasus
Kriteria:
  1. Ketajaman analisis
  2. Pemahaman mendalam dan kontekstual
  3. Analisis integratif

Bentuk Penilaian :
Tes
problem-based essay

15%

9

Minggu ke 9

Mendesain intervensi mikro (kuratif) berbasis teori

  1. Rancangan intervensi
  2. Role play intervensi
Kriteria:
  1. kontekstualitas intervensi
  2. Kejelasan teoritis
  3. Pemahaman aplikatif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Studi kasus dan roleplay intervensi

Materi: Pendekatan terapi individual: CBT, ACT, psikodinamik, dll.
Pustaka: Barlow, David H. (ed.) (2011). The Oxford handbook of clinical psychology. New York: Oxford University Press.
5%

10

Minggu ke 10

Mendesain intervensi makro (kuratif)

  1. Rancangan intervensi
  2. Role play intervensi
Kriteria:
  1. kontekstualitas intervensi
  2. Kejelasan teoritis
  3. Pemahaman aplikatif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Studi kasus dan roleplay intervensi

Materi: Intervensi komunitas, pendekatan advokasi, konseling berbasis komunitas
Pustaka: International Organization for Migration (IOM) (2022). Manual on Community-based Mental Health and Psychosocial Support in Emergencies and Displacement - Second Edition. Geneva: IOM.
5%

11

Minggu ke 11

Mendesain intervensi preventif mikro

  1. Rancangan intervensi
  2. Partisipasi diskusi
Kriteria:
  1. kontekstualitas intervensi
  2. Kejelasan teoritis
  3. Pemahaman aplikatif
  4. Aktif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi kasus dan diskusi kelas

Materi: Pencegahan primer dan sekunder berbasis individu dan keluarga
Pustaka: United Nations Children’s Fund (2018). Operational guidelines on community based mental health and psychosocial support in humanitarian settings: Three-tiered support for children and families (field test version). New York: UNICEF.
5%

12

Minggu ke 12

Mendesain intervensi preventif makro berbasis teknologi

  1. Rancangan intervensi
  2. Partisipasi diskusi
Kriteria:
  1. kontekstualitas intervensi
  2. Kejelasan teoritis
  3. Pemahaman aplikatif
  4. Aktif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi kasus dan perancangan intervensi prefentif berbasis tekologi

Materi: Penggunaan teknologi dalam promosi kesehatan mental (aplikasi, media sosial)
Pustaka: International Organization for Migration (IOM) (2022). Manual on Community-based Mental Health and Psychosocial Support in Emergencies and Displacement - Second Edition. Geneva: IOM.
5%

13

Minggu ke 13

Mengevaluasi efektivitas pendekatan psikologi klinis

  1. Partisipasi diskusi
  2. Evaluasi kritis
Kriteria:
  1. Aktif
  2. Kesesuaian logika dan teori evaluasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi kasus dan diskusi kelas

Materi: Indikator keberhasilan dan kritik terhadap pendekatan mikro dan makro
Pustaka: Dalton, J. H., Elias, M. J., & Wandersman, A. (2001). Community psychology: Linking individuals and communities. Belmont: Wadsworth/Thomson Learning.
5%

14

Minggu ke 14

Menganalisis etika dan tantangan dalam praktik mikro-makro

  1. Partisipasi diskusi
  2. Pemahaman konsep etika
Kriteria:
  1. Aktif
  2. Kepekaan etis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi kasus dan diskusi kelas

Materi: Etika profesi, power dynamics, dan tantangan kolaboratif
Pustaka: Pomerantz, Andrew M. (2020). Clinical psychology : science, practice, and diversity. Los Angeles: SAGE.
5%

15

Minggu ke 15

Merefleksikan peran ilmuwan psikologi dalam perubahan sosial

  1. Partisipasi diskusi
  2. Pemahaman konsep profesional
Kriteria:
  1. Aktif
  2. Kepekaan nilai dan peran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Studi kasus dan diskusi kelas

Materi: Nilai, peran, dan kontribusi ilmuwan psikologi klinis
Pustaka: International Organization for Migration (IOM) (2022). Manual on Community-based Mental Health and Psychosocial Support in Emergencies and Displacement - Second Edition. Geneva: IOM.
5%

16

Minggu ke 16

UAS

Pemahaman konsep

Kriteria:

Kedalaman pemahaman materi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes

Portofolio studi kasus dan refleksi profesional
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 61.67%
2. Penilaian Portofolio 9.17%
3. Praktik / Unjuk Kerja 5%
4. Tes 24.17%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.