
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Psikologi Klinis Mikro-Makro |
7310104018 |
|
T=4 |
P=0 |
ECTS=8.96 |
2 |
10 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Diana Rahmasari
|
.......................................
|
Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu menguasai prinsip- prinsip Iiterasi data, teknologi dan humanitas untuk pemecahan masalah manusia |
PLO-6 |
Kemampuan intelektual untuk berpikir secara mandiri dan kritis sebagai pembelajar sepanjang hayat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mengembangkan pemahaman berkelanjutan terkait konsep-konsep psikologi klinis dalam konteks mikro dan makro.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis kasus psikologis dengan mengidentifikasi faktor-faktor mikro dan makro secara kolaboratif-integratif.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merancang langkah-langkah kuratif dalam menangani kasus-kasus psikologis secara mirko dam makro dengan menekankan psrinsip humanitas.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu merancang langkah-langkah preventif dalam mencegah kasus-kasus psikologis secara mikro-makro dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu secara kritis mengevaluasi efektivitas pendekatan psikologi klinis dari sisi mikro dan makro.
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu merefleksikan secara mandiri posisi, nilai, dan peran profesional sebagai ilmuan psikologi dalam menangani isu-isu psikologis pada level mikro dan makro.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | ✔ | | | | | | ✔ | | | ✔ | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji pendekatan psikologi klinis secara holistik dengan memadukan perspektif mikro (individual) dan makro (kontekstual-sistemik). Pendekatan mikro mencakup pemahaman mendalam tentang dinamika intrapsikis, diagnosis, proses terapeutik, dan intervensi individual dalam berbagai gangguan psikologis. Sementara itu, pendekatan makro mengkaji pengaruh faktor sosial, budaya, ekonomi, dan struktural terhadap kesehatan mental individu dan komunitas. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- MacLachlan, Malcolm & McVeigh, Joanne (2021). Macropsychology: A Population Science for Sustainable Development Goals. Switzerland: Springer nature.
- Pomerantz, Andrew M. (2020). Clinical psychology : science, practice, and diversity. Los Angeles: SAGE.
- Moritsugu, J., Vera, E., Wong, F, Y., Duffy, K. G. (2016). Community psychology. New York: Routledge.
|
Pendukung : |
|
- Barlow, David H. (ed.) (2011). The Oxford handbook of clinical psychology. New York: Oxford University Press.
- Dalton, J. H., Elias, M. J., & Wandersman, A. (2001). Community psychology: Linking individuals and communities. Belmont: Wadsworth/Thomson Learning.
- International Organization for Migration (IOM) (2022). Manual on Community-based Mental Health and Psychosocial Support in Emergencies and Displacement - Second Edition. Geneva: IOM.
- United Nations Children’s Fund (2018). Operational guidelines on community based mental health and psychosocial support in humanitarian settings: Three-tiered support for children and families (field test version). New York: UNICEF.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi. Dr. Diana Rahmasari, S.Psi., M.Si.,Psikolog. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami ruang lingkup, tujuan, dan posisi psikologi klinis mikro-makro |
- Keterlibatan diskusi
- Pemahaman konsep
|
Kriteria:
- Aktif
- Kritis
- Relevansi pemahaman
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif dan pengantar
|
|
Materi: Pengantar psikologi klinis mikro dan makro: perbedaan pendekatan individual dan komunitas Pustaka: MacLachlan, Malcolm & McVeigh, Joanne (2021). Macropsychology: A Population Science for Sustainable Development Goals. Switzerland: Springer nature. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami perkembangan paradigma psikologi klinis |
- Partisipasi diskusi
- Pemahaman materi
|
Kriteria:
- Aktif
- Kritis
- Kedalaman pemahaman materi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah intearktif dan diskusi
|
|
Materi: Evolusi pendekatan klinis: medis, humanistik, sistemik, dan kritis Pustaka: Barlow, David H. (ed.) (2011). The Oxford handbook of clinical psychology. New York: Oxford University Press. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mengaitkan teori dengan konteks mikro |
- Partisipasi diskusi
- Pemahaman konsep
|
Kriteria:
- Aktif
- Relevansi respons
- Kedalaman pemahaman materi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif dan diskusi
|
|
Materi: Psikologi klinis mikro: pendekatan terhadap gangguan individual (CBT, psikodinamik, dll.) Pustaka: Pomerantz, Andrew M. (2020). Clinical psychology : science, practice, and diversity. Los Angeles: SAGE. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mengaitkan teori dengan konteks makro |
- Partisipasi diskusi
- Pemahaman konsep
|
Kriteria:
- Aktif
- Relevansi respons
- Kedalaman pemahaman materi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif dan diskusi
|
|
Materi: Psikologi klinis makro: trauma kolektif, masalah struktural, dan pendekatan komunitas Pustaka: International Organization for Migration (IOM) (2022). Manual on Community-based Mental Health and Psychosocial Support in Emergencies and Displacement - Second Edition. Geneva: IOM. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis faktor mikro dalam kasus psikologis |
- Partisipasi diskusi
- Pemahaman kasus
|
Kriteria:
- Aktif
- Ketajaman analisis
- Pemahaman mendalam dan kontekstual
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelas dan analisis kasus
|
|
Materi: Identifikasi faktor-faktor individu dalam permasalahan psikologis. Pustaka: Dalton, J. H., Elias, M. J., & Wandersman, A. (2001). Community psychology: Linking individuals and communities. Belmont: Wadsworth/Thomson Learning. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis faktor makro dalam kasus psikologis |
- Partisipasi diskusi
- Pemahaman kasus
|
Kriteria:
- Aktif
- Ketajaman analisis
- Pemahaman mendalam dan kontekstual
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelas dan analisis kasus
|
|
Materi: Pengaruh konteks sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi terhadap masalah psikologis. Pustaka: MacLachlan, Malcolm & McVeigh, Joanne (2021). Macropsychology: A Population Science for Sustainable Development Goals. Switzerland: Springer nature. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mengintegrasikan dan mengevaluasi faktor mikro-makro dalam analisis kasus |
- Partisipasi diskusi
- Pemahaman kasus
|
Kriteria:
- Aktif
- Ketajaman analisis
- Pemahaman mendalam dan kontekstual
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelas dan analisis kasus
|
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mengintegrasikan dan mengevaluasi faktor mikro-makro dalam analisis kasus |
- Partisipasi diskusi
- Pemahaman kasus
|
Kriteria:
- Ketajaman analisis
- Pemahaman mendalam dan kontekstual
- Analisis integratif
Bentuk Penilaian : Tes |
problem-based essay
|
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mendesain intervensi mikro (kuratif) berbasis teori |
- Rancangan intervensi
- Role play intervensi
|
Kriteria:
- kontekstualitas intervensi
- Kejelasan teoritis
- Pemahaman aplikatif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Studi kasus dan roleplay intervensi
|
|
Materi: Pendekatan terapi individual: CBT, ACT, psikodinamik, dll. Pustaka: Barlow, David H. (ed.) (2011). The Oxford handbook of clinical psychology. New York: Oxford University Press. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mendesain intervensi makro (kuratif) |
- Rancangan intervensi
- Role play intervensi
|
Kriteria:
- kontekstualitas intervensi
- Kejelasan teoritis
- Pemahaman aplikatif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Studi kasus dan roleplay intervensi
|
|
Materi: Intervensi komunitas, pendekatan advokasi, konseling berbasis komunitas Pustaka: International Organization for Migration (IOM) (2022). Manual on Community-based Mental Health and Psychosocial Support in Emergencies and Displacement - Second Edition. Geneva: IOM. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mendesain intervensi preventif mikro |
- Rancangan intervensi
- Partisipasi diskusi
|
Kriteria:
- kontekstualitas intervensi
- Kejelasan teoritis
- Pemahaman aplikatif
- Aktif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus dan diskusi kelas
|
|
Materi: Pencegahan primer dan sekunder berbasis individu dan keluarga Pustaka: United Nations Children’s Fund (2018). Operational guidelines on community based mental health and psychosocial support in humanitarian settings: Three-tiered support for children and families (field test version). New York: UNICEF. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mendesain intervensi preventif makro berbasis teknologi |
- Rancangan intervensi
- Partisipasi diskusi
|
Kriteria:
- kontekstualitas intervensi
- Kejelasan teoritis
- Pemahaman aplikatif
- Aktif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus dan perancangan intervensi prefentif berbasis tekologi
|
|
Materi: Penggunaan teknologi dalam promosi kesehatan mental (aplikasi, media sosial) Pustaka: International Organization for Migration (IOM) (2022). Manual on Community-based Mental Health and Psychosocial Support in Emergencies and Displacement - Second Edition. Geneva: IOM. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mengevaluasi efektivitas pendekatan psikologi klinis |
- Partisipasi diskusi
- Evaluasi kritis
|
Kriteria:
- Aktif
- Kesesuaian logika dan teori evaluasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus dan diskusi kelas
|
|
Materi: Indikator keberhasilan dan kritik terhadap pendekatan mikro dan makro Pustaka: Dalton, J. H., Elias, M. J., & Wandersman, A. (2001). Community psychology: Linking individuals and communities. Belmont: Wadsworth/Thomson Learning. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menganalisis etika dan tantangan dalam praktik mikro-makro |
- Partisipasi diskusi
- Pemahaman konsep etika
|
Kriteria:
- Aktif
- Kepekaan etis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus dan diskusi kelas
|
|
Materi: Etika profesi, power dynamics, dan tantangan kolaboratif Pustaka: Pomerantz, Andrew M. (2020). Clinical psychology : science, practice, and diversity. Los Angeles: SAGE. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Merefleksikan peran ilmuwan psikologi dalam perubahan sosial |
- Partisipasi diskusi
- Pemahaman konsep profesional
|
Kriteria:
- Aktif
- Kepekaan nilai dan peran
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Studi kasus dan diskusi kelas
|
|
Materi: Nilai, peran, dan kontribusi ilmuwan psikologi klinis Pustaka: International Organization for Migration (IOM) (2022). Manual on Community-based Mental Health and Psychosocial Support in Emergencies and Displacement - Second Edition. Geneva: IOM. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Pemahaman konsep |
Kriteria:
Kedalaman pemahaman materi Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
|
Portofolio studi kasus dan refleksi profesional
|
|
15% |