Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Internship

8610704039

T=0

P=0

ECTS=0

3

9 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




RUQOYYAH FITRI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional dalam menjalankan tugas magang yang mencerminkan nilai-nilai agama, kebangsaan, budaya nasional, serta menjunjung tinggi etika akademik dalam konteks keilmuan dan praktik PAUD.

PO - 2

Mahasiswa mampu mendemonstrasikan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, serta semangat kewirausahaan dalam kegiatan magang di satuan PAUD atau institusi pendidikan tinggi.

PO - 3

Mahasiswa mampu mengaplikasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam pengamatan dan praktik mengajar, serta dalam pengelolaan lembaga PAUD yang sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang PAUD.

PO - 4

Mahasiswa mampu berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pengembangan diri dan kolaborasi profesional baik dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat, narasumber, maupun kepanitiaan, sebagai bagian dari peningkatan kapasitas sebagai calon magister PAUD.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Dr. Suharti, S.Pd.I., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami konteks lembaga PAUD dan kegiatan magang



0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami konteks lembaga PAUD dan kegiatan magang



0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran



0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran



0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mengajar dengan bimbingan dosen/guru



0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu mengajar dengan bimbingan dosen/guru



0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mengajar mandiri dan melakukan evaluasi



0%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengajar mandiri dan melakukan evaluasi



0%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu melakukan refleksi kritis & menyusun laporan



0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu melakukan refleksi kritis & menyusun laporan



0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu berperan sebagai akademisi pendamping



0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu berperan sebagai akademisi pendamping



0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu berperan sebagai akademisi pendamping



0%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu berperan sebagai akademisi pendamping



0%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu berperan sebagai akademisi pendamping



0%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu berperan sebagai akademisi pendamping



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.