Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Irigasi

2220102200

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

24 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu mengembangkan pengetahuan dan tekonologi dalam bidang teknik sipil atau praktik professional melalui perancangan, riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.

PLO-6

Mampu menganalisis, mendesain, merancang, serta mengevaluasi dalam mengambil keputusan yang strategis dalam bidang teknik sipil.

PLO-7

Mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan permasalahan keteknisksipilan dan sains melalui penerapan ilmu atau menggunakan aplikasi pendukung.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa Mampu menerapkan pengetahuan tentang prinsip dasar teknik sipil keairan pada bidang irigasi

PO - 2

Mahasiswa Mampu mendesain sistem jaringan irigasi

PO - 3

Mampu merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi perencanaan irigasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6PLO-7
PO-1   
PO-2   
PO-3   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Irigasi adalah matakuliah teknik sipil bidang keairan yang merupakan aplikasi dari ilmu hidrolika pada saluran terbuka maupun ilmu hidrologi. Pada matakuliah ini diajarkan tentang sistem irigasi beserta bangunan – bangunan air di dalamnya. Untuk materi diantaranya adalah: sistem dan pola jaringan irigasi, debit kebutuhan irigasi, debit alternatif pola tanam, elevasi tanah dan sawah.. Selain itu akan diberikan tugas terstruktur secara berkelompok tentang perencanaan Tugas meliputi perhitungan debit, dimensi, dan penggambaran pekerjaan saluran serta bangunan. Perkuliahan dilaksanakan secara tatap muka baik langsung maupun lewat daring. Penilaian dilakukan untuk mengetahui ketercapain dari capaian pembelajaran matakuliah lewat tugas terstruktur, kuis, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester

Pustaka

Utama :

  1. Direktorat Irigasi dan Rawa. 2013. Standart Perencanaan Irigasi KP. 01 s/d KP. 09 . Jakarta: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum
  2. Direktorat Irigasi dan Rawa. 2013 . Standart Perencanaan Irigasi BI. 01 s/d BI. 03 . Jakarta: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum.
  3. Indiah Kustini. 2014. Perencanaan Petak Tersier . Surabaya: Unesa University Press.
  4. Indiah Kustini. 2017. Irigasi Dan Bangunan Air . Surabaya: Unesa University Press
  5. Suhardjono. 1994. Kebutuhan Air Tanaman . ITN: Malang

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memhami sejarah irigasi, konsep irigasi dan Pengertiaan Irigasi

  1. Ketepatan dalam menjaeaskan sejarah irigasi
  2. Ketepatan dalam menjelaskan konsep irigasi
  3. Ketepatan dalam menjelaskan pengertian irigasi
Kriteria:

Nilai penuh apabila jawaban terselesaikan, urut, jelas dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Materi: Indiah Kustini. 2017. Irigasi Dan Bangunan Air . Surabaya: Unesa University Press
Pustaka:

Materi: Direktorat Irigasi dan Rawa. 2013 . Standart Perencanaan Irigasi BI. 01 s/d BI. 03 . Jakarta: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi Manfaat dan Macam-macam irigasi

  1. Ketepatan dalam menjelaskan manfaat irigasi
  2. Ketepatan dalam menjelaskan macam-macam irigas
Kriteria:

Nilai penuh apabila jawaban terselesaikan, urut, jelas dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Materi: Indiah Kustini. 2017. Irigasi Dan Bangunan Air . Surabaya: Unesa University Press
Pustaka:

Materi: Direktorat Irigasi dan Rawa. 2013 . Standart Perencanaan Irigasi BI. 01 s/d BI. 03 . Jakarta: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahmi kebutuhan air irigasi, dan kebutuhan air tanaman

  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep kebutuhan air irigasi dan kebutuhan air tanaman
  2. Ketepatan dalam melakukan perhitungan kebutuhan air irigasi dan kebutuhan air tanaman
Kriteria:

Nilai penuh apabila jawaban terselesaikan, urut, jelas dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Materi: Indiah Kustini. 2017. Irigasi Dan Bangunan Air . Surabaya: Unesa University Press
Pustaka:

Materi: Direktorat Irigasi dan Rawa. 2013 . Standart Perencanaan Irigasi BI. 01 s/d BI. 03 . Jakarta: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahmi kebutuhan air irigasi, dan kebutuhan air tanaman

Ketepatan dalam mendesain kebutuhan air tanamn pada suatu sistem irigasi

Kriteria:

Nilai penuh apabila jawaban terselesaikan, urut, jelas dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Materi: Indiah Kustini. 2017. Irigasi Dan Bangunan Air . Surabaya: Unesa University Press
Pustaka:

Materi: Direktorat Irigasi dan Rawa. 2013 . Standart Perencanaan Irigasi BI. 01 s/d BI. 03 . Jakarta: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu Mahasiswa mampu merencanakan Petak Irigasi

  1. Ketepatan menjelaskan petak irigasi
  2. Ketepatan menghitung petak irigasi
Kriteria:
  1. Nilai penuh apabila jawaban terselesaikan, urut, jelas dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Materi: Indiah Kustini. 2017. Irigasi Dan Bangunan Air . Surabaya: Unesa University Press
Pustaka:

Materi: Direktorat Irigasi dan Rawa. 2013 . Standart Perencanaan Irigasi BI. 01 s/d BI. 03 . Jakarta: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menghitung debit saluran irigasi

Ketepatan menghitung debit saluran irigasi

Kriteria:

Nilai penuh apabila jawaban terselesaikan, urut, jelas dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Materi: Indiah Kustini. 2017. Irigasi Dan Bangunan Air . Surabaya: Unesa University Press
Pustaka:

Materi: Direktorat Irigasi dan Rawa. 2013 . Standart Perencanaan Irigasi BI. 01 s/d BI. 03 . Jakarta: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mendesain Saluran irigasi

ketepatan dalam mendesain Saluran irigasi

Kriteria:

Nilai penuh apabila jawaban terselesaikan, urut, jelas dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Materi: Indiah Kustini. 2017. Irigasi Dan Bangunan Air . Surabaya: Unesa University Press
Pustaka:

Materi: Direktorat Irigasi dan Rawa. 2013 . Standart Perencanaan Irigasi BI. 01 s/d BI. 03 . Jakarta: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

Menyelesaikan Ujian Tengah Semester (UTS)

Menyelesaikan tugas dengan waktu yang disediakan dan mendapatkan nilai yang maksimum.

Kriteria:

Ketepatan dalam mengerjakan soal ujian tengah semester


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
120
UTS
120
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami dan Metode Irigasi

memahami dan Metode Irigasi

Kriteria:

Nlai penuh apabila jawaban terselesaikan, urut, jelas dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Materi: Indiah Kustini. 2017. Irigasi Dan Bangunan Air . Surabaya: Unesa University Press
Pustaka:

Materi: Direktorat Irigasi dan Rawa. 2013 . Standart Perencanaan Irigasi BI. 01 s/d BI. 03 . Jakarta: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu Mahasiswa mampu memhami Efisiensi irigasi

  1. Dapat menjelaskan efisiensi irigasi
  2. Dapat menghitung efisiensi irigasi
Kriteria:

Nlai penuh apabila jawaban terselesaikan, urut, jelas dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Materi: Indiah Kustini. 2017. Irigasi Dan Bangunan Air . Surabaya: Unesa University Press
Pustaka:

Materi: Direktorat Irigasi dan Rawa. 2013 . Standart Perencanaan Irigasi BI. 01 s/d BI. 03 . Jakarta: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami Penjadwalan Irigasi

  1. ketepatan dalam menjelaskan konsep penjadwalan irigasi
  2. Ketepatan dalam membuat penjadwalan irigasi
Kriteria:

Nlai penuh apabila jawaban terselesaikan, urut, jelas dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Materi: Indiah Kustini. 2017. Irigasi Dan Bangunan Air . Surabaya: Unesa University Press
Pustaka:

Materi: Direktorat Irigasi dan Rawa. 2013 . Standart Perencanaan Irigasi BI. 01 s/d BI. 03 . Jakarta: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami komponen bangunan bantu di irigasi

  1. ketepatan dalam konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan
Kriteria:

Nlai penuh apabila jawaban terselesaikan, urut, jelas dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Materi: Indiah Kustini. 2017. Irigasi Dan Bangunan Air . Surabaya: Unesa University Press
Pustaka:

Materi: Direktorat Irigasi dan Rawa. 2013 . Standart Perencanaan Irigasi BI. 01 s/d BI. 03 . Jakarta: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami perencanaan bangunan perlintasan siphon, talang, gorong-gorong

ketepatan dalam merencanakan bangunan perlintasan siphon, talang, gorong-gorong

Kriteria:

Nlai penuh apabila jawaban terselesaikan, urut, jelas dan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Materi: Indiah Kustini. 2017. Irigasi Dan Bangunan Air . Surabaya: Unesa University Press
Pustaka:

Materi: Direktorat Irigasi dan Rawa. 2013 . Standart Perencanaan Irigasi BI. 01 s/d BI. 03 . Jakarta: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami komponen bangunan utama bendung dan intake pengambilan dan perencanaan bangunan utama

  1. Ketepatan dalam konsep komponen bangunan utama dan bending
  2. Ketepatan dalam perencanaan bangunan utama
Kriteria:
  1. Nlai penuh apabila jawaban terselesaikan, urut, jelas dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Materi: Indiah Kustini. 2017. Irigasi Dan Bangunan Air . Surabaya: Unesa University Press
Pustaka:

Materi: Direktorat Irigasi dan Rawa. 2013 . Standart Perencanaan Irigasi BI. 01 s/d BI. 03 . Jakarta: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa memahami dan menguasai tentang kegagalan bangunan Air

Ketepatan dalam Analisa kegagalan bangunan air

Kriteria:

Ketepatan dalam Analisa kegagalan bangunan air


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Kuliah (Tatap muka)
2 X 50
Materi: Indiah Kustini. 2017. Irigasi Dan Bangunan Air . Surabaya: Unesa University Press
Pustaka:

Materi: Direktorat Irigasi dan Rawa. 2013 . Standart Perencanaan Irigasi BI. 01 s/d BI. 03 . Jakarta: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum
Pustaka:

Materi: Direktorat Irigasi dan Rawa. 2013 . Standart Perencanaan Irigasi BI. 01 s/d BI. 03 . Jakarta: Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

Ketepatan dalam mengerjakan soal ujian


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
120
UAS
120
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 70%
2. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.