
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S3 Pendidikan Vokasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Evaluasi Pembelajaran Bidang PTK |
8300103242 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
1 |
26 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
RATNA SUHARTINI |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Mampu mengkaji teori kependidikan vokasi secara mendalam dan interdisipliner ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di dalam bidang keilmuan vokasi melalui inter, multi/trandisipliner |
PLO-7 |
Mampu menganalisis metodologi penelitian bidang pendidikan dan keilmuan vokasi secara komprehensif dan kontekstual melalui riset |
PLO-8 |
Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat |
PLO-10 |
Mampu menyelesaikan masalah pendidikan dan pembelajaran dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, orijinal, teruji, dan bermanfaat bagi pengembangan keilmuan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mendesain dan menganalisis instrumen
|
PO - 2 |
Menenetukan konstruk dan variabel pengukuran
|
PO - 3 |
Membuat kisi-kisi instrumen.
|
PO - 4 |
Membuat instrumen.
|
PO - 5 |
Mengnalisis reliabilitas tes teori tes klasik.
|
PO - 6 |
Melakukan analisis item
|
PO - 7 |
Membuat skor standar
|
PO - 8 |
Membuat tes otetentik
|
PO - 9 |
Menganalisis tes menggunakan teori respons butir
|
PO - 10 |
Menenerapakan fungsi informasi
|
PO - 11 |
Menganalisis model Partial Credit
|
PO - 12 |
Menganalisis validitas konstruk.
|
PO - 13 |
Menganalisis konstruk model reflektif
|
PO - 14 |
Menganalisis konstruk model formatif
|
PO - 15 |
Mensimulasi ujicoba instrumen
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | | ✔ | PO-5 | ✔ | | | | PO-6 | ✔ | | | | PO-7 | | ✔ | | | PO-8 | | | ✔ | | PO-9 | | | | ✔ | PO-10 | ✔ | | | | PO-11 | | ✔ | | | PO-12 | | | ✔ | | PO-13 | | | ✔ | | PO-14 | | | | ✔ | PO-15 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-13 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-14 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-15 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
|
Pustaka
|
Utama : |
|
- Finch, W.H.; & French, B. (2018). Educational and psychological measurement. New York: Routledge
- Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate data analysis (8th ed.). London, Unites Kingdom: Cengage Learning.
- Wu, M.; Tam, H.P.; & Jen, T.H. (2016). Educational measurement for applied researcher: Theory into practice. Singapore: Springer.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
EKOHARIADI SUPARJI Prof. Dr. Suparji, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Suparji, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Ekohariadi, M.Pd. Prof. Dr. Ekohariadi, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mendesain dan menganalisis instrumen |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah, diskusi, presentasi
|
Materi: Pengertian asesmen, tes, pengukuran dan evaluasi. Level pengukuran. Norm reference test. Criterion reference test Pustaka: |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Menenetukan konstruk dan variabel pengukuran. |
Menentukan taksonomi asesmen: maximum performace dan typical peformace Membuat definisi konseptual variabel dan operasional variabel. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah, diskusi, presentasi
|
Materi: Taksonomi asesmen: maximum performance dan typical performance. Definisi konseptual dan operasional variabel. Pustaka: Finch, W.H.; & French, B. (2018). Educational and psychological measurement. New York: Routledge |
3% |
3
Minggu ke 3 |
|
Membuat kisi-kisi instrumen typical performance. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah, diskusi, presentasi
|
Materi: Pengukuran afektif, pengukuran sikap, Pustaka: Finch, W.H.; & French, B. (2018). Educational and psychological measurement. New York: Routledge |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Membuat instrumen. |
Mengkonstruksi instrumen skala Likert |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah, diskusi, presentasi
|
Materi: Teknik penskalaan, Skala Likert Pustaka: Finch, W.H.; & French, B. (2018). Educational and psychological measurement. New York: Routledge |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mengnalisis reliabilitas tes teori tes klasik. |
Mengnalisis kesalahan pengukuran dan reliabilitas berdasarkan tes teori tes klasik. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah, diskusi, presentasi
|
Materi: Model teori tes klasik, model reliabilitas, estimasi reliabilitas, konsistensi internal, standard error measurement Pustaka: Finch, W.H.; & French, B. (2018). Educational and psychological measurement. New York: Routledge |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Melakukan analisis item |
Melakukan analisis item meliputi indek kesukaran, daya beda dan rpbis. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah, diskusi, presentasi
|
Materi: Indek kesukaran item, indek daya beda, korelasi item-total Pustaka: Finch, W.H.; & French, B. (2018). Educational and psychological measurement. New York: Routledge |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Membuat skor standar |
Membedakan norm dan reference test Membuat skor standar |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah, diskusi, presentasi
|
Materi: Penafsiran acuan norma dan kriteria, distribusi normal, skor standar Pustaka: Finch, W.H.; & French, B. (2018). Educational and psychological measurement. New York: Routledge |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Membuat tes otetentik |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Ceramah, diskusi, presentasi
|
Materi: Ciri penilaian otentik, menerapkan penilaian otentik, penilaian kinerja Pustaka: Finch, W.H.; & French, B. (2018). Educational and psychological measurement. New York: Routledge |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis tes menggunakan teori respons butir |
Mengestimasi parameter item dan kemampuan menggunakan teori tes butir satu parameter |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah, diskusi, presentasi
|
Materi: Komponen item respons theory, model satu parameter (model Rasch), estimasi parameter item, estimasi parameter kemampuan Pustaka: Wu, M.; Tam, H.P.; & Jen, T.H. (2016). Educational measurement for applied researcher: Theory into practice. Singapore: Springer. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Menenerapakan fungsi informasi |
|
Kriteria:
Menentukan fungsi informasi dan standar error measurement Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah, diskusi, presentasi
|
Materi: Kurva karakteristik item dan tes, fungsi informasi item dan tes, standart error measurement Pustaka: Wu, M.; Tam, H.P.; & Jen, T.H. (2016). Educational measurement for applied researcher: Theory into practice. Singapore: Springer. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis model Partial Credit |
Mengestimasi parameter item dan kemampuan menggunakan teori tes butir model partial kredit |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah, diskusi, presentasi
|
Materi: Estimasi parameter item dan kemampuan menggunakan model partial credit. Pustaka: Wu, M.; Tam, H.P.; & Jen, T.H. (2016). Educational measurement for applied researcher: Theory into practice. Singapore: Springer. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis validitas konstruk. |
Memvalidasi konstruk menggunakan teknik confirmatory factor analysis.. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah, diskusi, presentasi
|
Materi: Perbedaan exploratory dan confirmatory factor analysis, spesifikasi model, estimasi model, modifikasi model, evaluasi model. Pustaka: Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate data analysis (8th ed.). London, Unites Kingdom: Cengage Learning. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menganalisis konstruk model reflektif |
Menganalisis dengan confirmatory composite analysis model reflektif |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah, diskusi, presentasi
|
Materi: Langkah model pengukuran reflektif, validitas konvergen berdasarkan AVE, validitas diskriminan.. Pustaka: Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate data analysis (8th ed.). London, Unites Kingdom: Cengage Learning. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menganalisis konstruk model formatif |
Menganalisis dengan confirmatory composite analysis model formatif |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah, diskusi, presentasi
|
Materi: Multi kolinier indikator, signifikansi bobot indikator. Pustaka: Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate data analysis (8th ed.). London, Unites Kingdom: Cengage Learning. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mensimulasi ujicoba instrumen |
Mengujicoba instrumen disertasi. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah, diskusi, presentasi
|
Materi: Mendesain instrumen ujicoba disertasi Pustaka: Finch, W.H.; & French, B. (2018). Educational and psychological measurement. New York: Routledge |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mengerjakan tugas UAS |
Menganalisis data dari ujicoba instrumen |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengerjakan tugas UAS
|
Materi: Analisis berbasis teori tes klasik, item respons theory, dan factor analysis dikaitkan dengan instrumen disertasi. Pustaka: Finch, W.H.; & French, B. (2018). Educational and psychological measurement. New York: Routledge |
30% |