Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S3 Pendidikan Vokasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Evaluasi Pembelajaran Bidang PTK

8300103242

T=3

P=0

ECTS=7.56

1

26 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




RATNA SUHARTINI

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Mampu mengkaji teori kependidikan vokasi secara mendalam dan interdisipliner ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di dalam bidang keilmuan vokasi melalui inter, multi/trandisipliner

PLO-7

Mampu menganalisis metodologi penelitian bidang pendidikan dan keilmuan vokasi secara komprehensif dan kontekstual melalui riset

PLO-8

Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat

PLO-10

Mampu menyelesaikan masalah pendidikan dan pembelajaran dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, orijinal, teruji, dan bermanfaat bagi pengembangan keilmuan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mendesain dan menganalisis instrumen

PO - 2

Menenetukan konstruk dan variabel pengukuran

PO - 3

Membuat kisi-kisi instrumen.

PO - 4

Membuat instrumen.

PO - 5

Mengnalisis reliabilitas tes teori tes klasik.

PO - 6

Melakukan analisis item

PO - 7

Membuat skor standar

PO - 8

Membuat tes otetentik

PO - 9

Menganalisis tes menggunakan teori respons butir

PO - 10

Menenerapakan fungsi informasi

PO - 11

Menganalisis model Partial Credit

PO - 12

Menganalisis validitas konstruk.

PO - 13

Menganalisis konstruk model reflektif

PO - 14

Menganalisis konstruk model formatif

PO - 15

Mensimulasi ujicoba instrumen

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-7PLO-8PLO-10
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7   
PO-8   
PO-9   
PO-10   
PO-11   
PO-12   
PO-13   
PO-14   
PO-15   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14
PO-15

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pustaka

Utama :

  1. Finch, W.H.; & French, B. (2018). Educational and psychological measurement. New York: Routledge
  2. Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate data analysis (8th ed.). London, Unites Kingdom: Cengage Learning.
  3. Wu, M.; Tam, H.P.; & Jen, T.H. (2016). Educational measurement for applied researcher: Theory into practice. Singapore: Springer.

Pendukung :

Dosen Pengampu

EKOHARIADI

SUPARJI

Prof. Dr. Suparji, S.Pd., M.Pd.

Prof. Dr. Suparji, S.Pd., M.Pd.

Prof. Dr. Ekohariadi, M.Pd.

Prof. Dr. Ekohariadi, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendesain dan menganalisis instrumen


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, diskusi, presentasi
Materi: Pengertian asesmen, tes, pengukuran dan evaluasi. Level pengukuran. Norm reference test. Criterion reference test
Pustaka:
3%

2

Minggu ke 2

Menenetukan konstruk dan variabel pengukuran.

Menentukan taksonomi asesmen: maximum performace dan typical peformace Membuat definisi konseptual variabel dan operasional variabel.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, diskusi, presentasi
Materi: Taksonomi asesmen: maximum performance dan typical performance. Definisi konseptual dan operasional variabel.
Pustaka: Finch, W.H.; & French, B. (2018). Educational and psychological measurement. New York: Routledge
3%

3

Minggu ke 3

Membuat kisi-kisi instrumen typical performance.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, diskusi, presentasi
Materi: Pengukuran afektif, pengukuran sikap,
Pustaka: Finch, W.H.; & French, B. (2018). Educational and psychological measurement. New York: Routledge
3%

4

Minggu ke 4

Membuat instrumen.

Mengkonstruksi instrumen skala Likert


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, diskusi, presentasi
Materi: Teknik penskalaan, Skala Likert
Pustaka: Finch, W.H.; & French, B. (2018). Educational and psychological measurement. New York: Routledge
3%

5

Minggu ke 5

Mengnalisis reliabilitas tes teori tes klasik.

Mengnalisis kesalahan pengukuran dan reliabilitas berdasarkan tes teori tes klasik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, diskusi, presentasi
Materi: Model teori tes klasik, model reliabilitas, estimasi reliabilitas, konsistensi internal, standard error measurement
Pustaka: Finch, W.H.; & French, B. (2018). Educational and psychological measurement. New York: Routledge
3%

6

Minggu ke 6

Melakukan analisis item

Melakukan analisis item meliputi indek kesukaran, daya beda dan rpbis.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, diskusi, presentasi
Materi: Indek kesukaran item, indek daya beda, korelasi item-total
Pustaka: Finch, W.H.; & French, B. (2018). Educational and psychological measurement. New York: Routledge
3%

7

Minggu ke 7

Membuat skor standar

Membedakan norm dan reference test Membuat skor standar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, diskusi, presentasi
Materi: Penafsiran acuan norma dan kriteria, distribusi normal, skor standar
Pustaka: Finch, W.H.; & French, B. (2018). Educational and psychological measurement. New York: Routledge
3%

8

Minggu ke 8

Membuat tes otetentik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Ceramah, diskusi, presentasi
Materi: Ciri penilaian otentik, menerapkan penilaian otentik, penilaian kinerja
Pustaka: Finch, W.H.; & French, B. (2018). Educational and psychological measurement. New York: Routledge
20%

9

Minggu ke 9

Menganalisis tes menggunakan teori respons butir

Mengestimasi parameter item dan kemampuan menggunakan teori tes butir satu parameter


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, diskusi, presentasi
Materi: Komponen item respons theory, model satu parameter (model Rasch), estimasi parameter item, estimasi parameter kemampuan
Pustaka: Wu, M.; Tam, H.P.; & Jen, T.H. (2016). Educational measurement for applied researcher: Theory into practice. Singapore: Springer.
3%

10

Minggu ke 10

Menenerapakan fungsi informasi

Kriteria:

Menentukan fungsi informasi dan standar error measurement


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, diskusi, presentasi
Materi: Kurva karakteristik item dan tes, fungsi informasi item dan tes, standart error measurement
Pustaka: Wu, M.; Tam, H.P.; & Jen, T.H. (2016). Educational measurement for applied researcher: Theory into practice. Singapore: Springer.
3%

11

Minggu ke 11

Menganalisis model Partial Credit

Mengestimasi parameter item dan kemampuan menggunakan teori tes butir model partial kredit


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, diskusi, presentasi
Materi: Estimasi parameter item dan kemampuan menggunakan model partial credit.
Pustaka: Wu, M.; Tam, H.P.; & Jen, T.H. (2016). Educational measurement for applied researcher: Theory into practice. Singapore: Springer.
3%

12

Minggu ke 12

Menganalisis validitas konstruk.

Memvalidasi konstruk menggunakan teknik confirmatory factor analysis..


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, diskusi, presentasi
Materi: Perbedaan exploratory dan confirmatory factor analysis, spesifikasi model, estimasi model, modifikasi model, evaluasi model.
Pustaka: Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate data analysis (8th ed.). London, Unites Kingdom: Cengage Learning.
5%

13

Minggu ke 13

Menganalisis konstruk model reflektif

Menganalisis dengan confirmatory composite analysis model reflektif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, diskusi, presentasi
Materi: Langkah model pengukuran reflektif, validitas konvergen berdasarkan AVE, validitas diskriminan..
Pustaka: Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate data analysis (8th ed.). London, Unites Kingdom: Cengage Learning.
5%

14

Minggu ke 14

Menganalisis konstruk model formatif

Menganalisis dengan confirmatory composite analysis model formatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, diskusi, presentasi
Materi: Multi kolinier indikator, signifikansi bobot indikator.
Pustaka: Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate data analysis (8th ed.). London, Unites Kingdom: Cengage Learning.
5%

15

Minggu ke 15

Mensimulasi ujicoba instrumen

Mengujicoba instrumen disertasi.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, diskusi, presentasi
Materi: Mendesain instrumen ujicoba disertasi
Pustaka: Finch, W.H.; & French, B. (2018). Educational and psychological measurement. New York: Routledge
5%

16

Minggu ke 16

Mengerjakan tugas UAS

Menganalisis data dari ujicoba instrumen


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Mengerjakan tugas UAS
Materi: Analisis berbasis teori tes klasik, item respons theory, dan factor analysis dikaitkan dengan instrumen disertasi.
Pustaka: Finch, W.H.; & French, B. (2018). Educational and psychological measurement. New York: Routledge
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.