Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Fisika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metode Sintesis dan Fabrikasi Material

4520102285

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

6

22 November 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Munasir, S.Si., M.Si.




MUNASIR




MUNASIR

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-7

Menguasai pengetahuan tentang teknologi yang berdasarkan Fisika dan penerapannya.

PLO-8

Mengkomunikasikan gagasan dan / atau hasil penelitian mereka dalam bentuk penulisan akademis dan berbicara secara efektif.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Pengantar Sintesis & Fabrikasi Material: (1) Ruang lingkup, relevansi riset, peran dalam industri modern. (2) Metode top-down vs bottom-up. (3) Penjelasan mekanisme tugas kuliah (kajian artikel + review/mini book). (4) Menyusun daftar artikel ilmiah (Scopus/WoS) yang relevan untuk topik masing-masing kelompok.

PO - 2

Prinsip Top-down Process: (1). Ball milling, (2). lithography, (3). etching.

PO - 3

Sintesis Material Nano (Sol-gel & Co-precipitation): (1) Studi kasus, synthesis nanopartikel: ZnO ; (2) Studi kasus, synthesis nanopartikel: TiO₂; (3) Studi kasus, synthesis nanopartikel: Fe₃O4; (4) Faktor kontrol: pH, suhu, konsentrasi.

PO - 4

Fabrikasi Lapisan Tipis – Prinsip Umum: (1) Peran thin-film di teknologi sensor & energi. (2) Studi kasus: artikel thin film berbasis oksida (contoh: ZnO, TiO2 thin film).

PO - 5

Thin Film dengan metode CVD: (1) Prinsip deposisi uap, variasi metode. (2) Review artikel terkait CVD.

PO - 6

Thin Film dengan metode Sputtering: (1) DC, RF, magnetron sputtering. (2) Studi kasus Artikel tentang sputtering.

PO - 7

Thin Film dengan metode Electrospinning: (1) Prinsip pembentukan nanofiber. (2) Studi kasus: Artikel elektrospinning untuk biomaterial

PO - 8

Fabrikasi Material Logam (Feros & Non-Feros): (1) Besi, baja, aluminium; (2) Casting, forging; (3) Studi kasus, (4) kajian artikel logam ringan untuk industri transportasi.

PO - 9

Fabrikasi Material Komposit – Konsep Dasar, material: MMCs, AMCs, PMCs, CMCs; dab studi kasus, kajian artikel komposit berbasis aluminium.

PO - 10

MMCs & AMCs: Teknik: stir casting, Powder metallurgy. Dan studi kasus, review artikel AMCs untuk aerospace.

PO - 11

PMCs & CMCs: (1) Metode fabrikasi material polimer; (2) Metode fabrikasi material keramik. (3) Studi kasus, review artikel CMCs untuk high-temperature application.

PO - 12

Metode Casting, Hot-compacting, Cold-compacting: (1) Prinsip, kelebihan & keterbatasan metode casting, hot-compacting, dan cold-compacting; (2) Studi kasus, review artikel tentang powder metallurgy dan hot-compacting.

PO - 13

SDGs & Fabrikasi Material Berkelanjutan: (1)SDG 7 (Clean Energy), SDG 9 (Industry, Innovation, Infrastructure), SDG 12 (Sustainable Production). (2) Contoh studi kasus: solar cells thin-film, komposit ringan untuk transportasi hemat energi. (3) Bagaimana inovasi fabrikasi material bisa mendukung SDGs?

PO - 14

Kajian Literatur & Tren Riset Terkini tentang sintesis dan fabrikasi material: (1) Diskusi artikel review terbaru. (2) Analisis tren global riset fabrikasi material.

PO - 15

Presentasi & Evaluasi Progres: (1) Presentasi tugas akhir (review/mini book). (2) Diskusi prospek riset di Indonesia.

PO - 16

Presentasi & Evaluasi Progres: (1) Presentasi tugas akhir (review/mini book). (2) Diskusi prospek riset di Indonesia

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-7PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  
PO-9  
PO-10  
PO-11  
PO-12  
PO-13  
PO-14  
PO-15  
PO-16  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14
PO-15
PO-16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini merupakan matakuliah pilihan RBK Fisika Material, Prasyarat mengambil matakuliah ini, mahasiswa sudah lulus matakuliah Fisika Zat Padat dan Ilmu Bahan. Mata kuliah ini membahas prinsip dan metode sintesis serta fabrikasi material menggunakan pendekatan top-down dan bottom-up, metode berbasis wet chemistry (sol-gel, co-precipitation), serta teknik fabrikasi lapisan tipis seperti CVD, sputtering, dan electrospinning. Selain itu juga dibahas fabrikasi material logam (feros & non-feros), material komposit (MMCs, AMCs, PMCs, CMCs), serta metode konvensional seperti casting, hot-compacting, dan cold-compacting. Dalam perkuliahan, mahasiswa akan dilatih mengakses dan mengkaji artikel ilmiah bereputasi internasional (terkini), mempresentasikan hasil kajian dalam bentuk presentasi (PPT), serta menghasilkan proyek berupa artikel review atau mini book chapter yang relevan.

Pustaka

Utama :

  1. Callister, W. D., & Rethwisch, D. G. (2020). Materials science and engineering: An introduction (10th ed.). Wiley.
  2. Ashby, M. F., & Jones, D. R. H. (2012). Engineering materials 1: An introduction to properties, applications and design (4th ed.). Butterworth-Heinemann.
  3. Ashby, M. F., & Jones, D. R. H. (2013). Engineering materials 2: An introduction to microstructures, processing and design (4th ed.). Butterworth-Heinemann
  4. Campbell, F. C. (2013). Manufacturing technology for aerospace structural materials. Elsevier.
  5. Ohring, M. (2002). Materials science of thin films: Deposition and structure (2nd ed.). Academic Press.
  6. Cahn, R. W., Haasen, P., & Kramer, E. J. (Eds.). (2005). Materials science and technology: A comprehensive treatment (Vol. 1–18). Wiley-VCH.
  7. Barsoum, M. W. (2014). Fundamentals of ceramics (2nd ed.). CRC Press.

Pendukung :

  1. J. Internasional: Acta Materialia — Elsevier.
  2. J. Internasional: Scripta Materialia — Elsevier
  3. J. Internasional: Journal of Materials Science — Springer.
  4. J. Internasional: Materials Science and Engineering: A, B, C — Elsevier.
  5. J. Internasional: Materials Today — Elsevier
  6. J. Internasional: Thin Solid Films — Elsevier.
  7. J. Internasional: Surface and Coatings Technology — Elsevier.
  8. J. Internasional: Journal of Applied Physics — AIP Publishing.
  9. J. Internasional: Applied Surface Science — Elsevier.
  10. J. Internasional: Nanomaterials — MDPI.
  11. J. Internasional: Materials Letters — Elsevier.
  12. J. Internasional: Ceramics International — Elsevier.
  13. J. Internasional: J. Alloys and Compounds.
  14. J. Internasional: J. Materials Processing Technology
  15. J. Internasional: Sustainability
  16. J. Internasional: Nature Energy

Dosen Pengampu

MUNASIR

Prof. Dr. Munasir, S.Si., M.Si.

Prof. Dr. Munasir, S.Si., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami ruang lingkup dan relevansi sintesis & fabrikasi material serta konsep top-down & bottom-up.

Keaktifan diskusi, pemahaman konsep dasar

Kriteria:

Dapat menjelaskan perbedaan top-down dan bottom-up serta aplikasinya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif & diskusi; Daring: video & literatur review.
100

Materi: Teori bahan padat, struktur krital, jenis material padat
Pustaka: Callister, W. D., & Rethwisch, D. G. (2020). Materials science and engineering: An introduction (10th ed.). Wiley.

Materi: Fabrikasi material dengan metode top-down dan buttom up proses
Pustaka: Ashby, M. F., & Jones, D. R. H. (2013). Engineering materials 2: An introduction to microstructures, processing and design (4th ed.). Butterworth-Heinemann

Materi: Studi kasus fabrikasi nanomaterial dengan pendekatan top down dan buttom up proses
Pustaka: J. Internasional: Materials Today — Elsevier
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memahami prinsip proses top-down (ball milling, lithography, etching).

Kejelasan pemahaman proses & parameter utama

Kriteria:

Mampu menjelaskan kelebihan dan batasan tiap metode.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

studi kasus & mini demo; Daring: video proses
100
Materi: Konsep top-down dan buttom up proses pada sintesis nanopartikel
Pustaka: Ashby, M. F., & Jones, D. R. H. (2012). Engineering materials 1: An introduction to properties, applications and design (4th ed.). Butterworth-Heinemann.

Materi: Studi kasus fabrikasi material dengan pendekatan/metode top-down dan buttom up
Pustaka: J. Internasional: Materials Today — Elsevier

Materi: Studi kasus riset fabrikasi material dengan metode ball-milling
Pustaka: J. Internasional: Acta Materialia — Elsevier.

Materi: Fabrikasi material dengan metode lithography dan etching
Pustaka: J. Internasional: Scripta Materialia — Elsevier
2%

3

Minggu ke 3

Menguasai sintesis nanopartikel ZnO, TiO₂ (Sol-gel & Co-precipitation).

Mahasiswa mampu menjelaskan tahapan reaksi kimia dan parameter kontrol (pH, suhu, konsentrasi). Mahasiswa mampu menghubungkan parameter sintesis dengan morfologi partikel.

Kriteria:

Non tes/ observasi partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi studi kasus, analisis artikel (PjBL tahap identifikasi).
100

Materi: Studi kasus fabrikasi nanomaterial ZnO
Pustaka: J. Internasional: Journal of Materials Science — Springer.

Materi: Studi kasus: riset tentang-Nanopartikel ZnO dan aplikasinya
Pustaka: J. Internasional: Nanomaterials — MDPI.

Materi: Material semikonduktor
Pustaka: Callister, W. D., & Rethwisch, D. G. (2020). Materials science and engineering: An introduction (10th ed.). Wiley.
2%

4

Minggu ke 4

Memahami prinsip fabrikasi lapisan tipis dan peran film pada sensor & energi.

Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi thin film pada aplikasi sensor & energi. Mahasiswa mampu menganalisis keunggulan film terhadap bulk material

Kriteria:

Argumen ilmiah sesuai referensi, pemahaman konseptual baik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi artikel & simulasi proses
100

Materi: Teknologi material thin film
Pustaka: Ohring, M. (2002). Materials science of thin films: Deposition and structure (2nd ed.). Academic Press.

Materi: Studi kasus riset material thin film
Pustaka: J. Internasional: Applied Surface Science — Elsevier.
2%

5

Minggu ke 5

Memahami prinsip Chemical Vapor Deposition (CVD).

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip deposisi uap & parameter utama. Mahasiswa mampu membandingkan CVD dengan metode lain (sputtering atau sol-gel).

Kriteria:

Penjelasan komparatif, data pendukung ada.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi literatur artikel Scopus
100

Materi: Teknologi fabrikasi thin film
Pustaka: Ohring, M. (2002). Materials science of thin films: Deposition and structure (2nd ed.). Academic Press.

Materi: teknologi Material thin film
Pustaka: J. Internasional: Thin Solid Films — Elsevier.
2%

6

Minggu ke 6

Memahami teknik sputtering (DC, RF, magnetron).

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip ionisasi gas & pengendalian deposisi. Mahasiswa mampu menganalisis pengaruh parameter terhadap hasil film.

Kriteria:

Non tes/ observasi partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
diskusi; Daring: video eksperimen.
100]

Materi: Metode sputtering digunakan untuk preparasi material thin film
Pustaka: J. Internasional: Surface and Coatings Technology — Elsevier.

Materi: Material thin film difabrikasi dengan metode Sputtering
Pustaka: J. Internasional: Thin Solid Films — Elsevier.
4%

7

Minggu ke 7

Memahami prinsip electrospinning dan aplikasinya pada biomaterial.

Mahasiswa mampu menjelaskan mekanisme pembentukan nanofiber. Mahasiswa mampu mengaitkan parameter proses dengan morfologi serat.

Kriteria:

Uraian ilmiah benar, analisis visual tepat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

Diskusi artikel biomaterial
100
Materi: Metode fabrikasi material thin film & Nanofiber
Pustaka: J. Internasional: Materials Science and Engineering: A, B, C — Elsevier.

Materi: Fabrikasi material nanofiber dengan metode elektrospinning
Pustaka: J. Internasional: Nanomaterials — MDPI.
4%

8

Minggu ke 8

Melakukan Evaluasi Tengah semester Dan progres proyek akhir (menyusun mini book chapter)

Mahasiswa mampu menyusun artikel review/mini-book dengan struktur ilmiah tepat. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil proyek secara efektif.

Kriteria:

Penyajian struktur ilmiah lengkap benar, lengkap dan relevansi topik tinggi.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Presentasi, diskusi dan tanya jawab
100
Materi: Metode sintesis Nanomaterial dengan sol-gel, hidrothermal
Pustaka: J. Internasional: Journal of Materials Science — Springer.

Materi: Metode ball-milling untuk fabrikasi nanomaterial
Pustaka: J. Internasional: Scripta Materialia — Elsevier

Materi: Sputtering untuk fabrikasi thin film
Pustaka: J. Internasional: Surface and Coatings Technology — Elsevier.

Materi: CVD untuk fabrikasi thin film material
Pustaka: J. Internasional: Materials Letters — Elsevier.
20%

9

Minggu ke 9

Memahami fabrikasi material logam (feros & non-feros).

Mahasiswa mampu mengidentifikasi teknik fabrikasi (logam feros & non-feros). Mahasiswa mampu menjelaskan pengaruh proses terhadap sifat mekanik.

Kriteria:

Non tes/ observasi partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi/diskusi dan tanya jawab
100
Materi: Logam ferrous, Non-ferrous
Pustaka: Campbell, F. C. (2013). Manufacturing technology for aerospace structural materials. Elsevier.

Materi: Material compound
Pustaka: J. Internasional: Journal of Materials Science — Springer.
2%

10

Minggu ke 10

Memahami konsep dasar fabrikasi komposit (MMCs, AMCs, PMCs, CMCs).

Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan komponen utama komposit. Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis komposit berdasarkan matriks & penguat.

Kriteria:

Non tes/ observasi partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, Diskusi dan tanya jawab
100

Materi: Material komposit
Pustaka: Ashby, M. F., & Jones, D. R. H. (2013). Engineering materials 2: An introduction to microstructures, processing and design (4th ed.). Butterworth-Heinemann

Materi: Studi kasus: fabrikasi material komposit (MMCs, AMCs, PMCs dan CMCs)
Pustaka: J. Internasional: Ceramics International — Elsevier.
4%

11

Minggu ke 11

Memahami teknik MMCs & AMCs (stir casting, powder metallurgy).

Mahasiswa mampu menjelaskan tahapan teknik stir casting dan powder metallurgy. Mahasiswa mampu membandingkan hasil dan aplikasi AMCs.

Kriteria:

Non tes/ observasi partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi kelompok, Tanya jawab
100

Materi: Material Aluminium composite (AMCs)
Pustaka: J. Internasional: Materials Science and Engineering: A, B, C — Elsevier.

Materi: Material compounds
Pustaka: J. Internasional: J. Alloys and Compounds.
2%

12

Minggu ke 12

Memahami proses fabrikasi PMCs & CMCs untuk aplikasi suhu tinggi

Mahasiswa mampu menjelaskan proses pembuatan PMCs & CMCs. Mahasiswa mampu mengaitkan struktur mikro dengan ketahanan suhu tinggi.

Kriteria:

Non tes/ observasi partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi dan tanya jawab
100

Materi: Material komposit: CMCs dan PMCs
Pustaka: Barsoum, M. W. (2014). Fundamentals of ceramics (2nd ed.). CRC Press.
2%

13

Minggu ke 13

Memahami casting, hot-/cold-compacting & powder metallurgy

Mahasiswa mampu menguraikan langkah dan prinsip tiap metode. Mahasiswa mampu menganalisis kelebihan & keterbatasan metode.

Kriteria:

Non tes/ observasi partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
100

Materi: Metallurgy
Pustaka: Callister, W. D., & Rethwisch, D. G. (2020). Materials science and engineering: An introduction (10th ed.). Wiley.

Materi: Teknologi Metallurgy, Powders Metallurgy
Pustaka: J. Internasional: J. Materials Processing Technology
4%

14

Minggu ke 14

Memahami kaitan fabrikasi material dengan SDGs (7, 9, 12).

Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan teknologi material dengan SDGs. Mahasiswa mampu merancang konsep inovasi berkelanjutan.

Kriteria:

Non tes/ observasi partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

Diskusi reflektif & proyek inovasi.
100
Materi: Fabrikasi material dan SDGs yang relevan: aplikasi material
Pustaka: J. Internasional: Materials Today — Elsevier

Materi: Fabrikasi material untuk aplikasi lingkungan
Pustaka: J. Internasional: Sustainability

Materi: Fabrikasi material untuk aplikasi energi
Pustaka: J. Internasional: Nature Energy
4%

15

Minggu ke 15

Menganalisis tren riset global sintesis & fabrikasi material.

Mahasiswa mampu menelusuri tren penelitian terkini. Mahasiswa mampu menganalisis peta riset (fokus, metode, aplikasi).

Kriteria:
  1. Non tes/ Obseravasi aktivitas
  2. Non tes/ observasi partisipasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, diskusi dan tanya jawab
100

Materi: Tren riset material
Pustaka: J. Internasional: Journal of Materials Science — Springer.
4%

16

Minggu ke 16

Melakukan evaluasi akhir dan refleksi capaian pembelajaran.

Mahasiswa mampu menyusun artikel review/mini-book dengan struktur ilmiah tepat. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil proyek secara efektif.

Kriteria:

Struktur ilmiah lengkap, relevansi topik tinggi.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mengumpulkan hasil proyek mini book chapter dan menyajikan (presentasi) subtansi isi mini book chapter

Materi: Ilmu Bahan
Pustaka: Callister, W. D., & Rethwisch, D. G. (2020). Materials science and engineering: An introduction (10th ed.). Wiley.

Materi: Tren riset material maju
Pustaka: J. Internasional: Materials Today — Elsevier
40%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 28%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
3. Praktik / Unjuk Kerja 12%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.