
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Animasi |
8821003005 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
5 |
10 Januari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ika Anggun Camelia, M.Pd. dan Aqim Amral Hukmi, S.Pd., M.Pd.
|
Ika Anggun Camelia, M.Pd.
|
FERA RATYANINGRUM |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-9 |
Mampu merancang, mengaplikasikan dan mengembangkan keterampilan bidang seni rupa untuk menciptakan karya, media dan sumber belajar yang inovatif untuk kebutuhan pembelajaran dan berwirausaha. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dalam penguasaan teknik dan konsep animasi melalui proses belajar dan praktik yang sistematis.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu merancang, mengembangkan, dan memproduksi karya animasi berkualitas untuk kebutuhan pembelajaran di sekolah
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji prinsip-prinsip animasi, teknik dasar pembuatan animasi secara manual dan teknik animasi dua dimensi dan tiga dimensi lewat komputer, dengan penekanan komputer animasi. Perancangan karya animasi menggunakan software animasi dua dimensi dan tiga dimensi terutama Adobe Flash, 3DS Max, ataupun aplikasi melalui Smart phone dengan strategi teori, bimbingan dan proyek. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Wijaya, Didik. 2002. Tip & Trik Macromedia Flash 5,0 dengan Action Script, Jakarta. PT. Elex Media Komputindo.
- Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max.
- Soenyoto, P. (2017). Animasi 2D. Elex Media Komputindo.
- Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394.
- Utami, D. (2011). Animasi dalam pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1).
|
Pendukung : |
|
- Utami, D. (2011). Animasi dalam pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1).
|
Dosen Pengampu
|
AQIM AMRAL HUKMI Aqim Amral Hukmi, S.Pd., M.Pd. Aqim Amral Hukmi, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar animasi serta prinsip-prinsip dasar pembuatannya |
Mampu menjelaskan pengertian animasi 2D dan mampu mengoperasian animasi Flash |
Kriteria:
presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Demonstrasi tugas 3 X 50 |
|
Materi: Animasi Pustaka: Soenyoto, P. (2017). Animasi 2D. Elex Media Komputindo. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi perkembangan teknologi media dalam dunia animasi secara kritis. |
Mampu membuat animasi teknik shape twening, morphing dan masking |
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah Demonstrasi tugas 3 X 50 |
|
Materi: berkarya animasi Pustaka: Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mengkaji perkembangan industri film animasi secara global dan lokal. |
Mampu membuat animasi teknik shape twening, morphing dan masking |
Kriteria:
mengerjakan tugas sesuai dengan ketentuan yang telah diberikan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah Demonstrasi tugas 3 X 50 |
|
Materi: pengembangan animasi Pustaka: Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu merancang storyboard dan karakter animasi berdasarkan naskah sederhana. |
Mampu membuat animasi sesuai dengan komponen animasi (timing, spacing, key, kontak) |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah Demonstrasi tugas 3 X 50 |
|
Materi: latihan animasi Pustaka: Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi indikator cerita yang baik dalam animasi edukatif. |
Mampu membuat animasi sesuai dengan komponen animasi (timing, spacing, key, kontak) |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah Demonstrasi tugas 3 X 50 |
|
Materi: latihan animasi Pustaka: Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu merancang storyboard animasi 2 dimensi sederhana menggunakan teknik dasar. |
Mampu membuat Animasi karakter teknik tweening |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
- Artistik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah Demonstrasi tugas 6 X 50 |
|
Materi: latihan animasi Pustaka: Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu membuat flipbook animasi sederhana dengan objek balon (gerak naik turun). |
Mampu membuat Animasi karakter teknik frame by frame |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
- Artistik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah Demonstrasi tugas 3 X 50 |
|
Materi: animasi Pustaka: Soenyoto, P. (2017). Animasi 2D. Elex Media Komputindo. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu membuat flipbook animasi dengan objek awan (gerak horizontal dan bentuk). |
Mampu membuat animasi ILM |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
- Artistik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
UTS 3 X 50 |
|
Materi: berkarya animasi Pustaka: Utami, D. (2011). Animasi dalam pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1). |
15% |
9
Minggu ke 9 |
UTS: Mahasiswa mampu mengingat dan menjelaskan 12 prinsip dasar animasi melalui tes pengetahuan. |
Mampu menjelaskan pengertian animasi 3D dan mampu mengoperasian animasi 3DSMax |
Kriteria:
diskusi Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah Demonstrasi tugas 3 X 50 |
|
Materi: pengembangan animasi Pustaka: Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu membuat flipbook animasi bola memantul dengan penerapan prinsip squash and stretch. |
Mampu mengedit geometri |
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah Demonstrasi 3 X 50 |
|
Materi: produksi Pustaka: Wijaya, Didik. 2002. Tip & Trik Macromedia Flash 5,0 dengan Action Script, Jakarta. PT. Elex Media Komputindo. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menyusun alur gerak objek dalam animasi 2 dimensi berbasis cerita pendek. |
Mampu membuat beberapa benda dengan materialnya dilihat dengan gerak kamera |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
- Artistik
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah Demonstrasi tugas 6 X 50 |
|
Materi: pembuatan animasi Pustaka: Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu membuat animasi flipbook orang berlari dengan konsep keyframe dan in-between. |
Mampu membuat beberapa benda dengan materialnya dilihat dengan gerak kamera |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
- Artistik
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah Demonstrasi tugas 6 X 50 |
|
Materi: pembuatan animasi Pustaka: Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan prinsip animasi dalam produksi karya animasi 2D berbasis cerita. |
Mampu membuat beberapa benda dengan materialnya dilihat dengan gerak kamera |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
- Artistik
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah Demonstrasi tugas 6 X 50 |
|
Materi: pengembangan animasi Pustaka: Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memproduksi animasi 2D pendek (tahap penyusunan adegan awal hingga pertengahan). |
Mampu membuat beberapa benda dengan materialnya dilihat dengan gerak kamera |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
- Artistik
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah Demonstrasi tugas 6 X 50 |
|
Materi: video animasi Pustaka: Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memproduksi animasi 2D pendek (tahap penyusunan adegan awal hingga pertengahan). |
Mampu membuat beberapa benda dengan materialnya dilihat dengan gerak kamera |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
- Artistik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah Demonstrasi tugas 6 X 50 |
|
Materi: latihan animasi Pustaka: Kaulam, Salamun. 2008. Buku Latihan Animasi Tiga Dimensi 3DD Max. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu memproduksi animasi 2D pendek (tahap penyusunan adegan awal hingga akhir). |
Mampu membuat beberapa benda dengan materialnya dilihat dengan gerak kamera |
Kriteria:
- Kesesuaian dengan tugas
- Timimg
- Komposisi
- Artistik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah Demonstrasi tugas 6 X 50 |
|
Materi: animasi Pustaka: Soenyoto, P. (2017). Animasi 2D. Elex Media Komputindo. |
15% |