
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Publikasi Ilmiah |
8610504039 |
|
T=1 |
P=2 |
ECTS=6.72 |
3 |
7 Januari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Wiwin Yulianingsih, M.Pd. Dr. Rofik J, Rosyanafi, S.Pd.M.Pd.
|
Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu mengembangkan teori, konsep dan gagasan ilmiah dalam bidang pendidikan nonformal dan pengembangan masyarakat |
PLO-6 |
Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, produktif melalui penelitian ilmiah dan memimpin penelittian kolaboratif antar institusi |
PLO-7 |
Mampu merancang program pendidikan yang inovatif dan pengembangan model-model pembelajaraan bagi pengelola pendidikan anak usia dini, pendidikan nonformal, pengembangan masyarakat dengan pendekatan pedagogik, andragogi dan heutagogi |
PLO-9 |
Mampu menerapkan konsep, teori dan praktek pendidikan nonformal, manajemen PNF berbasis teknologi serta kajian model bisnis sosial bidang PNF. |
PLO-10 |
Mampu menerapkan kemitraan strategi dan jejaring dalam penyelenggaraan pendidikan berkelanjutan, pengembangan masyarakat dan pendidikan nonformal |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menentukan topik penelitian atau gagasan ilmiah yang menarik dalam publikasi ilmiah bidang pendidikan (CPL KU1, KU3, KK6)
|
PO - 2 |
Menguasai sistematika, kaidah, dan prinsip penulisan karya ilmiah untuk publikasi jurnal nasional maupun jurnal internasional (CPL KU1, KU2, KU5)
|
PO - 3 |
Mampu menyusun draf awal artikel ilmiah bidang pendidikan nonformal yang siap untuk publikasi (CPL KU2, KK5, KK6)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-9 | PLO-10 | PO-1 | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah penulisan artikel dan jurnal ilmiah terindeks (academic writing) bertujuan untuk melatih dan memberikan pedoman dalam penulisan artikel dan jurnal yang terideks dan sesuai dengan rambu-rambu yang sudah ditentukan. Mata kuliah ini juga memberikan pemahaman saat menulis sehingga sebagai langkah awal untuk memenuhi kriteria yang diinginkan oleh para penyunting dan mempermudah akses terhadap publikasi jurnal ilmiah. Adapun yang dibahas secara umum dalam mata kuliah ini adalah mulai dari mengkaji dan menentukan ide yang menarik dalam menulis artikel dan jurnal, sistematika penulisan artikel, prinsip dasar membuat tulisan, serta menyusun artikel ke dalam bentuk tulisan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bagues, M. Sylos-Labini, M., Zinovyeva, N. (2019): “A walk on the wild side: ‘Predatory’ journals and information asymmetries in scientific evaluations”, Research Policy.
- Susanto, Eko. 2020. Manuscript Prepare. Bahan tayang tidak di publikasikan.
- Pedoman Penulisan Karya Ilmiah edisi 2017 Universitas Negeri Malang.
|
Pendukung : |
|
- Biagioli, M., Kenney, M., Martin, B. and Walsh, J. (2019): “Academic misconduct, misrepresentation and gaming: A reassessment”, Research Policy.
- Day, A. (2007). How to get research published in journals, Gower, Aldershot.
- Hall, J. and Martin, B. (2019): “Towards a taxonomy of research misconduct: The case of business school research”, Research Policy.
- Knight, L. V., and Steinbach, T. A. (2008): “Selecting an appropriate publication outlet: A comprehensive model of journal selection criteria for researchers in a broad range of academic disciplines”. International Journal of Doctoral Studies.
- Lange, D., Pfarrer, M.D. (2017): “Editors ' Comments: Sense and Structure — the Core Building Blocks of an AMR Article”, Academy of Management Review.
- Starbuck, W. (2003): “Turning lemons into lemonade: Where is the value in peer reviews?” Journal of Management Inquiry.
- Stoilescu, D. and McDougall, D. (2010): “Starting to Publish Academic Research as a Doctoral Student”, International Journal of Doctoral Studies.
- Thomson, P., Kamler, B. (2013): Writing for peer reviewed journals: Strategies for getting published, Routledge, New York.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Pokok-pokok materi kuliah
- Kegiatan perkuliahan dan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa selama satu semester
- Tata tertib perkuliahan
|
Mengkategorikan jenis jurnal nasional & internasional |
Kriteria:
Ketepatan kategorisasi jurnal, rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
- Diskusi
- Curah pendapat 2 X 50 |
- Diskusi
- Curah pendapat 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Bagues, M. Sylos-Labini, M., Zinovyeva, N. (2019): “A walk on the wild side: ‘Predatory’ journals and information asymmetries in scientific evaluations”, Research Policy. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat memahami Introduction to international publishing/ Pengantar Penerbitan Jurnal Internasional |
- Karakteristik
- Jenis-jenis artikel ilmiah
- Tipologi Artikel
|
Kriteria:
Ketepatan analisis celah penelitian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Problem based learning 2 X 50 |
- Problem based learning 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Bagues, M. Sylos-Labini, M., Zinovyeva, N. (2019): “A walk on the wild side: ‘Predatory’ journals and information asymmetries in scientific evaluations”, Research Policy. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Susanto, Eko. 2020. Manuscript Prepare. Bahan tayang tidak di publikasikan. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Pedoman Penulisan Karya Ilmiah edisi 2017 Universitas Negeri Malang. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Day, A. (2007). How to get research published in journals, Gower, Aldershot. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Strategi publikasi untuk mahasiswa doctoral dalam pandangan ilmu social. Mengapa, kapan, dan dimana? |
IMRAD (introduction, methods, result and discussion) |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Diskusi kasus
- Presentasi 2 X 50 |
Mengkaji literatur, menganalisis, dan menyelesaikan lembar kerja mahasiswa, sehingga mahasiswa mampu menganalisis artikel ilmiah dari aspek:
1. Tujuan penelitian
2. Karakteristik utama
3. Kedudukan peneliti
4. Cara pengumpulan data
5. Sumber data/informan
6. Cara penentuan sumber data
7. Teknis analisis data
8. Bentuk laporan
Kemampuan mahasiswa tersebut ditunjukkan dari ketepatan dalam mengisi LK yang telah disiapkan oleh dosen, dan menjelaskannya 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Venes, D. (2021). The APA Handbook for Medical Writing: A Thesis Dissertation Guide. Academic Resources LLC. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Strategi publikasi untuk mahasiswa doctoral dalam pandangan ilmu social. Mengapa, kapan, dan dimana? |
IMRAD (introduction, methods, result and discussion) |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Diskusi kasus
- Presentasi 2 X 50 |
Mengkaji literatur, menganalisis, dan menyelesaikan lembar kerja mahasiswa, sehingga mahasiswa mampu menganalisis artikel ilmiah dari aspek:
1. Tujuan penelitian
2. Karakteristik utama
3. Kedudukan peneliti
4. Cara pengumpulan data
5. Sumber data/informan
6. Cara penentuan sumber data
7. Teknis analisis data
8. Bentuk laporan
Kemampuan mahasiswa tersebut ditunjukkan dari ketepatan dalam mengisi LK yang telah disiapkan oleh dosen, dan menjelaskannya 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Venes, D. (2021). The APA Handbook for Medical Writing: A Thesis Dissertation Guide. Academic Resources LLC. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Preparation and submission of articles/ Persiapan submit artikel |
- Roadmap kepakaran
- Lakukan riset
- Baca artikel orang lain
- Temukan ide dan tulis
- Kumpulkan kutipan dan refrensi terkini
- Mulai menulis pendahuluan, berikan pada sejawat untuk peer review
- Lanjutkan hingga selesai
|
Kriteria:
Ketepatan uraian rambu-rambu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Ceramah
- Curah pendapat 2 X 50 |
- Ceramah
- Curah pendapat 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Susanto, Eko. 2020. Manuscript Prepare. Bahan tayang tidak di publikasikan. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Pedoman Penulisan Karya Ilmiah edisi 2017 Universitas Negeri Malang. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Biagioli, M., Kenney, M., Martin, B. and Walsh, J. (2019): “Academic misconduct, misrepresentation and gaming: A reassessment”, Research Policy. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Day, A. (2007). How to get research published in journals, Gower, Aldershot. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Knight, L. V., and Steinbach, T. A. (2008): “Selecting an appropriate publication outlet: A comprehensive model of journal selection criteria for researchers in a broad range of academic disciplines”. International Journal of Doctoral Studies. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Preparation and submission of articles/ Persiapan submit artikel |
- Roadmap kepakaran
- Lakukan riset
- Baca artikel orang lain
- Temukan ide dan tulis
- Kumpulkan kutipan dan refrensi terkini
- Mulai menulis pendahuluan, berikan pada sejawat untuk peer review
- Lanjutkan hingga selesai
|
Kriteria:
Ketepatan uraian rambu-rambu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Ceramah
- Curah pendapat 2 X 50 |
- Ceramah
- Curah pendapat 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Susanto, Eko. 2020. Manuscript Prepare. Bahan tayang tidak di publikasikan. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Pedoman Penulisan Karya Ilmiah edisi 2017 Universitas Negeri Malang. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Biagioli, M., Kenney, M., Martin, B. and Walsh, J. (2019): “Academic misconduct, misrepresentation and gaming: A reassessment”, Research Policy. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Day, A. (2007). How to get research published in journals, Gower, Aldershot. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Knight, L. V., and Steinbach, T. A. (2008): “Selecting an appropriate publication outlet: A comprehensive model of journal selection criteria for researchers in a broad range of academic disciplines”. International Journal of Doctoral Studies. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Seperti apa terbitan artikel yang bagus? Pandangan dari berbagai ilmu sosial |
- Visualisasi data: menampilkan data menarik dan efisien
- Kebaruan: penelusuran tren riset
- Reference Manager: pengelolaan source yang sitasi dan referensi berbasis software
|
Kriteria:
Kelengkapan outline Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Praktek outline 2 X 50 |
Mengkaji literatur, diskusi, mensimulasikan 3 jenis teknik analisis data, dan mempraktekkan analisis data 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Walliman, N. (2017). Research methods: The basics. Routledge. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Memahami materi dari pertemuan ke 1 sampai dengan pertemuan ke 7 |
Kriteria:
Memahami materi dari pertemuan ke 1 sampai dengan pertemuan ke 7 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Lisan
- Tulis
- Proposal 2 X 50 |
- Lisan
- Tulis
- Proposal 2 X 50 |
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Proses Editorial dan Publikasi |
- Mahasiswa menuliskan artikelnya dalam bahasa Indonesia
- Pakai tool translate, grammar checker dll
- Jasa translate
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Presentasi
- Diksui
- Tanya Jawab 2 X 50 |
- Presentasi
- Diksui
- Tanya Jawab 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Pedoman Penulisan Karya Ilmiah edisi 2017 Universitas Negeri Malang. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Knight, L. V., and Steinbach, T. A. (2008): “Selecting an appropriate publication outlet: A comprehensive model of journal selection criteria for researchers in a broad range of academic disciplines”. International Journal of Doctoral Studies. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Bagaimana melakukan perbaikan artikel dan pengiriman ulang |
Mahasiswa melakukan praktek langsung dalam melakukan perbaikan artikel |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Presentasi
- Diskusi 2 X 45 |
- Presentasi
- Diskusi 2 X 45 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Bagues, M. Sylos-Labini, M., Zinovyeva, N. (2019): “A walk on the wild side: ‘Predatory’ journals and information asymmetries in scientific evaluations”, Research Policy. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Susanto, Eko. 2020. Manuscript Prepare. Bahan tayang tidak di publikasikan. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Pedoman Penulisan Karya Ilmiah edisi 2017 Universitas Negeri Malang. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Biagioli, M., Kenney, M., Martin, B. and Walsh, J. (2019): “Academic misconduct, misrepresentation and gaming: A reassessment”, Research Policy. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Day, A. (2007). How to get research published in journals, Gower, Aldershot. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Hall, J. and Martin, B. (2019): “Towards a taxonomy of research misconduct: The case of business school research”, Research Policy. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Bagaimana melakukan perbaikan artikel dan pengiriman ulang |
Mahasiswa melakukan praktek langsung dalam melakukan perbaikan artikel |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Presentasi
- Diskusi 2 X 45 |
- Presentasi
- Diskusi 2 X 45 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Bagues, M. Sylos-Labini, M., Zinovyeva, N. (2019): “A walk on the wild side: ‘Predatory’ journals and information asymmetries in scientific evaluations”, Research Policy. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Susanto, Eko. 2020. Manuscript Prepare. Bahan tayang tidak di publikasikan. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Pedoman Penulisan Karya Ilmiah edisi 2017 Universitas Negeri Malang. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Biagioli, M., Kenney, M., Martin, B. and Walsh, J. (2019): “Academic misconduct, misrepresentation and gaming: A reassessment”, Research Policy. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Day, A. (2007). How to get research published in journals, Gower, Aldershot. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Hall, J. and Martin, B. (2019): “Towards a taxonomy of research misconduct: The case of business school research”, Research Policy. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Etika dan penerbitan |
Mahasiswa memahami etika publikasi |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
- Presentasi
- Diskusi
- Refleksi 2 X 50 |
Mengkaji literatur, dan diskusi 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Bagues, M. Sylos-Labini, M., Zinovyeva, N. (2019): “A walk on the wild side: ‘Predatory’ journals and information asymmetries in scientific evaluations”, Research Policy. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Susanto, Eko. 2020. Manuscript Prepare. Bahan tayang tidak di publikasikan. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Pedoman Penulisan Karya Ilmiah edisi 2017 Universitas Negeri Malang. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Etika dan penerbitan |
Mahasiswa memahami etika publikasi |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Presentasi
- Diskusi
- Refleksi 2 X 50 |
Mengkaji literatur, dan diskusi 2 X 50 |
Materi: Arahan Dosen Pustaka: Bagues, M. Sylos-Labini, M., Zinovyeva, N. (2019): “A walk on the wild side: ‘Predatory’ journals and information asymmetries in scientific evaluations”, Research Policy. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Susanto, Eko. 2020. Manuscript Prepare. Bahan tayang tidak di publikasikan. Materi: Arahan Dosen Pustaka: Pedoman Penulisan Karya Ilmiah edisi 2017 Universitas Negeri Malang. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menghasilkan produk artikel ilmiah yang terpublikasi |
Produk berupa artikel jurnal nasional sinta 1-4 atau artikel jurnal internasional |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Presentasi
- Diskusi 2 X 50 |
- Presentasi
- Diskusi 2 X 50 |
Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8 dan Google scholar, website website di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional WOS Scopus Pustaka: Materi: Sesuai arahan Pustaka: Venes, D. (2021). The APA Handbook for Medical Writing: A Thesis Dissertation Guide. Academic Resources LLC. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Menghasilkan produk artikel ilmiah yang terpublikasi |
Produk berupa artikel jurnal nasional sinta 1-4 atau artikel jurnal internasional |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Presentasi
- Diskusi 2 X 50 |
- Presentasi
- Diskusi 2 X 50 |
Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8 dan Google scholar, website website di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional WOS Scopus Pustaka: Materi: Sesuai arahan Pustaka: Venes, D. (2021). The APA Handbook for Medical Writing: A Thesis Dissertation Guide. Academic Resources LLC. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Produk berupa artikel jurnal nasional sinta 1-4 atau artikel jurnal internasional |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Presentasi
- Diskusi 2 X 50 |
- Presentasi
- Diskusi 2 X 50 |
Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8 dan Google scholar, website website di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional WOS Scopus Pustaka: Materi: Sesuai arahan Pustaka: Venes, D. (2021). The APA Handbook for Medical Writing: A Thesis Dissertation Guide. Academic Resources LLC. |
10% |