Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Publikasi Ilmiah

8610504039

T=1

P=2

ECTS=6.72

3

7 Januari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Wiwin Yulianingsih, M.Pd. Dr. Rofik J, Rosyanafi, S.Pd.M.Pd.




Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd.




Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu mengembangkan teori, konsep dan gagasan ilmiah dalam bidang pendidikan nonformal dan pengembangan masyarakat

PLO-6

Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, produktif melalui penelitian ilmiah dan memimpin penelittian kolaboratif antar institusi

PLO-7

Mampu merancang program pendidikan yang inovatif dan pengembangan model-model pembelajaraan bagi pengelola pendidikan anak usia dini, pendidikan nonformal, pengembangan masyarakat dengan pendekatan pedagogik, andragogi dan heutagogi

PLO-9

Mampu menerapkan konsep, teori dan praktek pendidikan nonformal, manajemen PNF berbasis teknologi serta kajian model bisnis sosial bidang PNF.

PLO-10

Mampu menerapkan kemitraan strategi dan jejaring dalam penyelenggaraan pendidikan berkelanjutan, pengembangan masyarakat dan pendidikan nonformal

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menentukan topik penelitian atau gagasan ilmiah yang menarik dalam publikasi ilmiah bidang pendidikan (CPL KU1, KU3, KK6)

PO - 2

Menguasai sistematika, kaidah, dan prinsip penulisan karya ilmiah untuk publikasi jurnal nasional maupun jurnal internasional (CPL KU1, KU2, KU5)

PO - 3

Mampu menyusun draf awal artikel ilmiah bidang pendidikan nonformal yang siap untuk publikasi (CPL KU2, KK5, KK6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-5PLO-6PLO-7PLO-9PLO-10
PO-1       
PO-2       
PO-3       

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah penulisan artikel dan jurnal ilmiah terindeks (academic writing) bertujuan untuk melatih dan memberikan pedoman dalam penulisan artikel dan jurnal yang terideks dan sesuai dengan rambu-rambu yang sudah ditentukan. Mata kuliah ini juga memberikan pemahaman saat menulis sehingga sebagai langkah awal untuk memenuhi kriteria yang diinginkan oleh para penyunting dan mempermudah akses terhadap publikasi jurnal ilmiah. Adapun yang dibahas secara umum dalam mata kuliah ini adalah mulai dari mengkaji dan menentukan ide yang menarik dalam menulis artikel dan jurnal, sistematika penulisan artikel, prinsip dasar membuat tulisan, serta menyusun artikel ke dalam bentuk tulisan.

Pustaka

Utama :

  1. Bagues, M. Sylos-Labini, M., Zinovyeva, N. (2019): “A walk on the wild side: ‘Predatory’ journals and information asymmetries in scientific evaluations”, Research Policy.
  2. Susanto, Eko. 2020. Manuscript Prepare. Bahan tayang tidak di publikasikan.
  3. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah edisi 2017 Universitas Negeri Malang.

Pendukung :

  1. Biagioli, M., Kenney, M., Martin, B. and Walsh, J. (2019): “Academic misconduct, misrepresentation and gaming: A reassessment”, Research Policy.
  2. Day, A. (2007). How to get research published in journals, Gower, Aldershot.
  3. Hall, J. and Martin, B. (2019): “Towards a taxonomy of research misconduct: The case of business school research”, Research Policy.
  4. Knight, L. V., and Steinbach, T. A. (2008): “Selecting an appropriate publication outlet: A comprehensive model of journal selection criteria for researchers in a broad range of academic disciplines”. International Journal of Doctoral Studies.
  5. Lange, D., Pfarrer, M.D. (2017): “Editors ' Comments: Sense and Structure — the Core Building Blocks of an AMR Article”, Academy of Management Review.
  6. Starbuck, W. (2003): “Turning lemons into lemonade: Where is the value in peer reviews?” Journal of Management Inquiry.
  7. Stoilescu, D. and McDougall, D. (2010): “Starting to Publish Academic Research as a Doctoral Student”, International Journal of Doctoral Studies.
  8. Thomson, P., Kamler, B. (2013): Writing for peer reviewed journals: Strategies for getting published, Routledge, New York.

Dosen Pengampu

Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Pokok-pokok materi kuliah
  2. Kegiatan perkuliahan dan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa selama satu semester
  3. Tata tertib perkuliahan

Mengkategorikan jenis jurnal nasional & internasional

Kriteria:

Ketepatan kategorisasi jurnal, rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
- Diskusi
- Curah pendapat
2 X 50
- Diskusi
- Curah pendapat
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Bagues, M. Sylos-Labini, M., Zinovyeva, N. (2019): “A walk on the wild side: ‘Predatory’ journals and information asymmetries in scientific evaluations”, Research Policy.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat memahami Introduction to international publishing/ Pengantar Penerbitan Jurnal Internasional

  1. Karakteristik
  2. Jenis-jenis artikel ilmiah
  3. Tipologi Artikel
Kriteria:

Ketepatan analisis celah penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Problem based learning
2 X 50
- Problem based learning
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Bagues, M. Sylos-Labini, M., Zinovyeva, N. (2019): “A walk on the wild side: ‘Predatory’ journals and information asymmetries in scientific evaluations”, Research Policy.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Susanto, Eko. 2020. Manuscript Prepare. Bahan tayang tidak di publikasikan.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Pedoman Penulisan Karya Ilmiah edisi 2017 Universitas Negeri Malang.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Day, A. (2007). How to get research published in journals, Gower, Aldershot.
5%

3

Minggu ke 3

Strategi publikasi untuk mahasiswa doctoral dalam pandangan ilmu social. Mengapa, kapan, dan dimana?

IMRAD (introduction, methods, result and discussion)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Diskusi kasus
- Presentasi
2 X 50
Mengkaji literatur, menganalisis, dan menyelesaikan lembar kerja mahasiswa, sehingga mahasiswa mampu menganalisis artikel ilmiah dari aspek:
1. Tujuan penelitian
2. Karakteristik utama
3. Kedudukan peneliti
4. Cara pengumpulan data
5. Sumber data/informan
6. Cara penentuan sumber data
7. Teknis analisis data
8. Bentuk laporan
Kemampuan mahasiswa tersebut ditunjukkan dari ketepatan dalam mengisi LK yang telah disiapkan oleh dosen, dan menjelaskannya
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Venes, D. (2021). The APA Handbook for Medical Writing: A Thesis Dissertation Guide. Academic Resources LLC.
5%

4

Minggu ke 4

Strategi publikasi untuk mahasiswa doctoral dalam pandangan ilmu social. Mengapa, kapan, dan dimana?

IMRAD (introduction, methods, result and discussion)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Diskusi kasus
- Presentasi
2 X 50
Mengkaji literatur, menganalisis, dan menyelesaikan lembar kerja mahasiswa, sehingga mahasiswa mampu menganalisis artikel ilmiah dari aspek:
1. Tujuan penelitian
2. Karakteristik utama
3. Kedudukan peneliti
4. Cara pengumpulan data
5. Sumber data/informan
6. Cara penentuan sumber data
7. Teknis analisis data
8. Bentuk laporan
Kemampuan mahasiswa tersebut ditunjukkan dari ketepatan dalam mengisi LK yang telah disiapkan oleh dosen, dan menjelaskannya
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Venes, D. (2021). The APA Handbook for Medical Writing: A Thesis Dissertation Guide. Academic Resources LLC.
5%

5

Minggu ke 5

Preparation and submission of articles/ Persiapan submit artikel

  1. Roadmap kepakaran
  2. Lakukan riset
  3. Baca artikel orang lain
  4. Temukan ide dan tulis
  5. Kumpulkan kutipan dan refrensi terkini
  6. Mulai menulis pendahuluan, berikan pada sejawat untuk peer review
  7. Lanjutkan hingga selesai
Kriteria:

Ketepatan uraian rambu-rambu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Ceramah
- Curah pendapat
2 X 50
- Ceramah
- Curah pendapat
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Susanto, Eko. 2020. Manuscript Prepare. Bahan tayang tidak di publikasikan.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Pedoman Penulisan Karya Ilmiah edisi 2017 Universitas Negeri Malang.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Biagioli, M., Kenney, M., Martin, B. and Walsh, J. (2019): “Academic misconduct, misrepresentation and gaming: A reassessment”, Research Policy.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Day, A. (2007). How to get research published in journals, Gower, Aldershot.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Knight, L. V., and Steinbach, T. A. (2008): “Selecting an appropriate publication outlet: A comprehensive model of journal selection criteria for researchers in a broad range of academic disciplines”. International Journal of Doctoral Studies.
5%

6

Minggu ke 6

Preparation and submission of articles/ Persiapan submit artikel

  1. Roadmap kepakaran
  2. Lakukan riset
  3. Baca artikel orang lain
  4. Temukan ide dan tulis
  5. Kumpulkan kutipan dan refrensi terkini
  6. Mulai menulis pendahuluan, berikan pada sejawat untuk peer review
  7. Lanjutkan hingga selesai
Kriteria:

Ketepatan uraian rambu-rambu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Ceramah
- Curah pendapat
2 X 50
- Ceramah
- Curah pendapat
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Susanto, Eko. 2020. Manuscript Prepare. Bahan tayang tidak di publikasikan.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Pedoman Penulisan Karya Ilmiah edisi 2017 Universitas Negeri Malang.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Biagioli, M., Kenney, M., Martin, B. and Walsh, J. (2019): “Academic misconduct, misrepresentation and gaming: A reassessment”, Research Policy.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Day, A. (2007). How to get research published in journals, Gower, Aldershot.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Knight, L. V., and Steinbach, T. A. (2008): “Selecting an appropriate publication outlet: A comprehensive model of journal selection criteria for researchers in a broad range of academic disciplines”. International Journal of Doctoral Studies.
5%

7

Minggu ke 7

Seperti apa terbitan artikel yang bagus? Pandangan dari berbagai ilmu sosial

  1. Visualisasi data: menampilkan data menarik dan efisien
  2. Kebaruan: penelusuran tren riset
  3. Reference Manager: pengelolaan source yang sitasi dan referensi berbasis software
Kriteria:

Kelengkapan outline


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Praktek outline
2 X 50
Mengkaji literatur, diskusi, mensimulasikan 3 jenis teknik analisis data, dan mempraktekkan analisis data
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Walliman, N. (2017). Research methods: The basics. Routledge.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Memahami materi dari pertemuan ke 1 sampai dengan pertemuan ke 7

Kriteria:

Memahami materi dari pertemuan ke 1 sampai dengan pertemuan ke 7


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Lisan
- Tulis
- Proposal
2 X 50
- Lisan
- Tulis
- Proposal
2 X 50
10%

9

Minggu ke 9

Proses Editorial dan Publikasi

  1. Mahasiswa menuliskan artikelnya dalam bahasa Indonesia
  2. Pakai tool translate, grammar checker dll
  3. Jasa translate

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Presentasi
- Diksui
- Tanya Jawab
2 X 50
- Presentasi
- Diksui
- Tanya Jawab
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Pedoman Penulisan Karya Ilmiah edisi 2017 Universitas Negeri Malang.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Knight, L. V., and Steinbach, T. A. (2008): “Selecting an appropriate publication outlet: A comprehensive model of journal selection criteria for researchers in a broad range of academic disciplines”. International Journal of Doctoral Studies.
5%

10

Minggu ke 10

Bagaimana melakukan perbaikan artikel dan pengiriman ulang

Mahasiswa melakukan praktek langsung dalam melakukan perbaikan artikel


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Presentasi
- Diskusi
2 X 45
- Presentasi
- Diskusi
2 X 45
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Bagues, M. Sylos-Labini, M., Zinovyeva, N. (2019): “A walk on the wild side: ‘Predatory’ journals and information asymmetries in scientific evaluations”, Research Policy.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Susanto, Eko. 2020. Manuscript Prepare. Bahan tayang tidak di publikasikan.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Pedoman Penulisan Karya Ilmiah edisi 2017 Universitas Negeri Malang.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Biagioli, M., Kenney, M., Martin, B. and Walsh, J. (2019): “Academic misconduct, misrepresentation and gaming: A reassessment”, Research Policy.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Day, A. (2007). How to get research published in journals, Gower, Aldershot.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Hall, J. and Martin, B. (2019): “Towards a taxonomy of research misconduct: The case of business school research”, Research Policy.
5%

11

Minggu ke 11

Bagaimana melakukan perbaikan artikel dan pengiriman ulang

Mahasiswa melakukan praktek langsung dalam melakukan perbaikan artikel


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Presentasi
- Diskusi
2 X 45
- Presentasi
- Diskusi
2 X 45
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Bagues, M. Sylos-Labini, M., Zinovyeva, N. (2019): “A walk on the wild side: ‘Predatory’ journals and information asymmetries in scientific evaluations”, Research Policy.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Susanto, Eko. 2020. Manuscript Prepare. Bahan tayang tidak di publikasikan.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Pedoman Penulisan Karya Ilmiah edisi 2017 Universitas Negeri Malang.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Biagioli, M., Kenney, M., Martin, B. and Walsh, J. (2019): “Academic misconduct, misrepresentation and gaming: A reassessment”, Research Policy.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Day, A. (2007). How to get research published in journals, Gower, Aldershot.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Hall, J. and Martin, B. (2019): “Towards a taxonomy of research misconduct: The case of business school research”, Research Policy.
5%

12

Minggu ke 12

Etika dan penerbitan

Mahasiswa memahami etika publikasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
- Presentasi
- Diskusi
- Refleksi
2 X 50
Mengkaji literatur, dan diskusi
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Bagues, M. Sylos-Labini, M., Zinovyeva, N. (2019): “A walk on the wild side: ‘Predatory’ journals and information asymmetries in scientific evaluations”, Research Policy.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Susanto, Eko. 2020. Manuscript Prepare. Bahan tayang tidak di publikasikan.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Pedoman Penulisan Karya Ilmiah edisi 2017 Universitas Negeri Malang.
5%

13

Minggu ke 13

Etika dan penerbitan

Mahasiswa memahami etika publikasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Presentasi
- Diskusi
- Refleksi
2 X 50
Mengkaji literatur, dan diskusi
2 X 50
Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Bagues, M. Sylos-Labini, M., Zinovyeva, N. (2019): “A walk on the wild side: ‘Predatory’ journals and information asymmetries in scientific evaluations”, Research Policy.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Susanto, Eko. 2020. Manuscript Prepare. Bahan tayang tidak di publikasikan.

Materi: Arahan Dosen
Pustaka: Pedoman Penulisan Karya Ilmiah edisi 2017 Universitas Negeri Malang.
5%

14

Minggu ke 14

Menghasilkan produk artikel ilmiah yang terpublikasi

Produk berupa artikel jurnal nasional sinta 1-4 atau artikel jurnal internasional


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Presentasi
- Diskusi
2 X 50
- Presentasi
- Diskusi
2 X 50
Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8 dan Google scholar, website website di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional WOS Scopus
Pustaka:

Materi: Sesuai arahan
Pustaka: Venes, D. (2021). The APA Handbook for Medical Writing: A Thesis Dissertation Guide. Academic Resources LLC.
10%

15

Minggu ke 15

Menghasilkan produk artikel ilmiah yang terpublikasi

Produk berupa artikel jurnal nasional sinta 1-4 atau artikel jurnal internasional


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Presentasi
- Diskusi
2 X 50
- Presentasi
- Diskusi
2 X 50
Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8 dan Google scholar, website website di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional WOS Scopus
Pustaka:

Materi: Sesuai arahan
Pustaka: Venes, D. (2021). The APA Handbook for Medical Writing: A Thesis Dissertation Guide. Academic Resources LLC.
10%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Produk berupa artikel jurnal nasional sinta 1-4 atau artikel jurnal internasional


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Presentasi
- Diskusi
2 X 50
- Presentasi
- Diskusi
2 X 50
Materi: Sumber buku ada di buku 2, 3, 4, 7, 8 dan Google scholar, website website di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional WOS Scopus
Pustaka:

Materi: Sesuai arahan
Pustaka: Venes, D. (2021). The APA Handbook for Medical Writing: A Thesis Dissertation Guide. Academic Resources LLC.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 65%
2. Praktik / Unjuk Kerja 35%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.