
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Masase Disabilitas |
8920102280 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
14 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Yuni Fitriyah Ningsih, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Joesoef Roepadjadi, M.Pd.
|
Dr. Heri Wahyudi, S.Or., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
memiliki keahlian dalam hubungan sosial, humaniora dengan konsep kesehatan dan rekreasi.(PLO-6) |
PLO-10 |
Mampu berfikir kritis, logis, inovatif dan sistematis guna mengembangkan dan mengoptimalisasi potensi dunia usaha dan industri di bidang ilmu keolahragaan. (PLO-10) |
PLO-12 |
Mampu mengoptimalisasi konsep efektivitas dan efisiensi gerakan manusia dalam kaitannya aktivitas dan permainan fisik serta olahraga di lingkungan dunia usaha dan industri serta masyarakat pada umumnya.(PLO-2) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu bertanggung jawab untuk menerapkan manipulasi pada terapi/ masase pada pasien disabilitas secara mandiri
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-6 | PLO-10 | PLO-12 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini merupakan matakuliah ini membahas pemahaman dan penerapan teori serta praktek masase/ terapi pada orang disabilitas yang meliputi Menguasai kajian tentang konsep dasar, fungsi dan cara melakukan terapi/ masase pada orang disabilitas, meliputi pengetahuan macam-macam terapi pada orang disabilitas sesuai kondisi tubuhnya, melalui penjelasan dan diskusi agar mahasiswa dapat menjelaskan kembali cara melakukan terapi/ masase pada orang disabilitas. Perkuliahan yang dilakukan untuk mengukur ketercapaian kompetensi belajar dengan menggunakan pendekatan project based learning dan problem based learning, diskusi, tanya jawab, penugasan. Penilaian dilakukan dengan unjuk kerja, tes tulis dan portofolio. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Roepajadi, J. (2009). Masase Olahraga. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya.
|
Pendukung : |
|
- Artikel jurnal, video
- Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81.
- Graha, A. S. (2020). Masase terapi penyakit degeneratif. UNY Press.
- Masrun, M., Ridwan, M., Soniawan, V., & Okilanda, A. (2022). Implementasi Metode Belajar Kelompok Dalam Meningkatkan Ketrampilan Masase Olahraga Untuk Tunanetra. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(2), 283-291.
- Arifah, P. D. (2023). Hubungan Beberapa Faktor Risiko Terhadap Disabilitas Akibat Low Back Pain Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun 2022.
- Ningsih, Y. F. (2016). Pengaruh sport massage dan Terapi Bekam Terhadap Penurunan Kadar Asam Laktat dan Denyut Nadi. Journal of Physical Education Health and Sport, 3(2).
- Oktavian, M., & Roepajadi, J. (2021). Tingkat pemahaman penanganan cedera akut dengan metode rice pada pemain futsal yanitra fc sidoarjo usia 16-23 tahun. Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK), 1(1), 55-65.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Joesoef Roepajadi, M.Pd. Ika Nurmaya, S.KM., M.Kes. Yuni Fitriyah Ningsih, S.Pd., M.Pd. A Burhanuddin Kusuma Nugraha, S.Pd., M.Kes. Nur Luthfiatus Solikah, S.Pd., M.Or. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengenalan Dasar Masase |
Mahasiswa aktif bertanya dan menyimak. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring / Offline 2x50 menit |
Daring / Online 2x50 menit |
Materi: Masase Dasar Pustaka: Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81. |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Anatomi dan Fisiologi Otot Difabel |
Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan mendapatkan poin tambahan |
Kriteria:
Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring / Offline 2x50 menit |
Daring / Online 2x50 menit |
Materi: Anatomi dan Fisiologi Otot Difabel Pustaka: Masrun, M., Ridwan, M., Soniawan, V., & Okilanda, A. (2022). Implementasi Metode Belajar Kelompok Dalam Meningkatkan Ketrampilan Masase Olahraga Untuk Tunanetra. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(2), 283-291. |
0% |
3
Minggu ke 3 |
Teknik Dasar Masase Disabilitas |
Mahasiswa mampu memahami tujuan akhir setelah menempuh kuliah masase olahraga |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring / Offline 2x50 |
Daring / Online 2x50 |
Materi: Etika dan Komunikasi dalam Masase Disabilitas Pustaka: Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81. |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Masase pada Klien Tuna Daksa |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan interpretasikan Masase Dasar |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring / Offline 2x50 |
Daring / Online 2x50 |
Materi: Masase pada Klien dengan Cerebral Palsy Pustaka: Arifah, P. D. (2023). Hubungan Beberapa Faktor Risiko Terhadap Disabilitas Akibat Low Back Pain Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun 2022. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Masase pada Klien Tuna Grahita |
Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan |
Kriteria:
Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring / Offline 2x50 |
Daring / Online 2x50 |
Materi: Teknik Masase untuk Disabilitas Sensorik Pustaka: Graha, A. S. (2020). Masase terapi penyakit degeneratif. UNY Press. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Masase Pada Klien Tuna Rungu |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring / Offline 2x50 |
Daring / Online 2x50 |
Materi: Teknik Masase untuk Disabilitas Intelektual Pustaka: Graha, A. S. (2020). Masase terapi penyakit degeneratif. UNY Press. |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Masase pada Klien ADHD |
Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan mendapatkan poin tambahan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring / Offline 2x50 |
Daring / Online 2x50 |
Materi: Masase Klien ADHD Pustaka: Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mempraktikkan Penerapan Masase pada Anak dengan Disabilitas |
5 |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring / Offline 2x50 |
Daring / Online 2x50 |
|
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mempraktikkan Masase pada Pasien dengan Disabilitas |
Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan mendapatkan poin tambahan |
Kriteria:
Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring / Offline 2x50 |
Daring / Online 2x50 |
|
25% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa Mampu memahami Aspek Psikologis dalam Masase Disabilitas |
Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan |
Kriteria:
Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring / Offline 2x50 |
Daring / Online 2x50 |
Materi: Aspek Psikologis dalam Masase Disabilitas Pustaka: Graha, A. S. (2020). Masase terapi penyakit degeneratif. UNY Press. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Kasus-Kasus Masase pada Klien Disabilitas |
Keaktifan peserta dalam praktik |
Kriteria:
Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring / Offline 2x50 menit |
Daring / Online 2x50 menit |
Materi: Kasus-Kasus Masase pada Klien Disabilitas Pustaka: Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81. Materi: Kasus-Kasus Masase pada Klien Disabilitas Pustaka: Masrun, M., Ridwan, M., Soniawan, V., & Okilanda, A. (2022). Implementasi Metode Belajar Kelompok Dalam Meningkatkan Ketrampilan Masase Olahraga Untuk Tunanetra. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(2), 283-291. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Masase Klien Celebral Palsy |
Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan mendapatkan poin tambahan |
Kriteria:
Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring / Offline 2x50 |
Daring / Online 2x50 |
Materi: Masase Klien Celebral Palsy Pustaka: Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Masase pada Klien Tuna Grahita |
Mampu menganalisis implementasi masase disabilitas |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring/offline 2x50 |
daring/online 2x50 |
Materi: mplementasi Masase dalam Program Rehabilitasi Disabilitas Pustaka: Artikel jurnal, video Materi: Implementasi Masase dalam Program Rehabilitasi Disabilitas Pustaka: Artikel jurnal, video |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mempu menerapkan masase disabilitas |
Mampu menganalisis implementasi masase disabilitas |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring/offline 2x50 |
daring/online 2x50 |
Materi: mplementasi Masase dalam Program Rehabilitasi Disabilitas Pustaka: Artikel jurnal, video Materi: Implementasi Masase dalam Program Rehabilitasi Disabilitas Pustaka: Artikel jurnal, video |
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menerapkan manipulasi pada terapi/masase disabilitas |
Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan |
Kriteria:
Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring / Offline 2x50 |
Daring / Online 2x50 |
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Ulangan Akhir Semester |
Project yang dikerjakan dengan sunguh-sungguh |
Kriteria:
Hasil dari Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Luring / Offline 2x50 |
Daring / Online 2x50 |
Materi: Ulangan Akhir Semester Pustaka: Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81. |
35% |