Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Masase Disabilitas

8920102280

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

14 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Yuni Fitriyah Ningsih, S.Pd., M.Pd.




Dr. Joesoef Roepadjadi, M.Pd.




Dr. Heri Wahyudi, S.Or., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

memiliki keahlian dalam hubungan sosial, humaniora dengan konsep kesehatan dan rekreasi.(PLO-6)

PLO-10

Mampu berfikir kritis, logis, inovatif dan sistematis guna mengembangkan dan mengoptimalisasi potensi dunia usaha dan industri di bidang ilmu keolahragaan. (PLO-10)

PLO-12

Mampu mengoptimalisasi konsep efektivitas dan efisiensi gerakan manusia dalam kaitannya aktivitas dan permainan fisik serta olahraga di lingkungan dunia usaha dan industri serta masyarakat pada umumnya.(PLO-2)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu bertanggung jawab untuk menerapkan manipulasi pada terapi/ masase pada pasien disabilitas secara mandiri

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-10PLO-12
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan matakuliah ini membahas pemahaman dan penerapan teori serta praktek masase/ terapi pada orang disabilitas yang meliputi Menguasai kajian tentang konsep dasar, fungsi dan cara melakukan terapi/ masase pada orang disabilitas, meliputi pengetahuan macam-macam terapi pada orang disabilitas sesuai kondisi tubuhnya, melalui penjelasan dan diskusi agar mahasiswa dapat menjelaskan kembali cara melakukan terapi/ masase pada orang disabilitas. Perkuliahan yang dilakukan untuk mengukur ketercapaian kompetensi belajar dengan menggunakan pendekatan project based learning dan problem based learning, diskusi, tanya jawab, penugasan. Penilaian dilakukan dengan unjuk kerja, tes tulis dan portofolio.

Pustaka

Utama :

  1. Roepajadi, J. (2009). Masase Olahraga. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya.

Pendukung :

  1. Artikel jurnal, video
  2. Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81.
  3. Graha, A. S. (2020). Masase terapi penyakit degeneratif. UNY Press.
  4. Masrun, M., Ridwan, M., Soniawan, V., & Okilanda, A. (2022). Implementasi Metode Belajar Kelompok Dalam Meningkatkan Ketrampilan Masase Olahraga Untuk Tunanetra. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(2), 283-291.
  5. Arifah, P. D. (2023). Hubungan Beberapa Faktor Risiko Terhadap Disabilitas Akibat Low Back Pain Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun 2022.
  6. Ningsih, Y. F. (2016). Pengaruh sport massage dan Terapi Bekam Terhadap Penurunan Kadar Asam Laktat dan Denyut Nadi. Journal of Physical Education Health and Sport, 3(2).
  7. Oktavian, M., & Roepajadi, J. (2021). Tingkat pemahaman penanganan cedera akut dengan metode rice pada pemain futsal yanitra fc sidoarjo usia 16-23 tahun. Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK), 1(1), 55-65.

Dosen Pengampu

Dr. Joesoef Roepajadi, M.Pd.

Ika Nurmaya, S.KM., M.Kes.

Yuni Fitriyah Ningsih, S.Pd., M.Pd.

A Burhanuddin Kusuma Nugraha, S.Pd., M.Kes.

Nur Luthfiatus Solikah, S.Pd., M.Or.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengenalan Dasar Masase

Mahasiswa aktif bertanya dan menyimak.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline
2x50 menit
Daring / Online
2x50 menit
Materi: Masase Dasar
Pustaka: Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81.
0%

2

Minggu ke 2

Anatomi dan Fisiologi Otot Difabel

Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan mendapatkan poin tambahan

Kriteria:

Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline
2x50 menit
Daring / Online
2x50 menit
Materi: Anatomi dan Fisiologi Otot Difabel
Pustaka: Masrun, M., Ridwan, M., Soniawan, V., & Okilanda, A. (2022). Implementasi Metode Belajar Kelompok Dalam Meningkatkan Ketrampilan Masase Olahraga Untuk Tunanetra. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(2), 283-291.
0%

3

Minggu ke 3

Teknik Dasar Masase Disabilitas

Mahasiswa mampu memahami tujuan akhir setelah menempuh kuliah masase olahraga


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline
2x50
Daring / Online
2x50
Materi: Etika dan Komunikasi dalam Masase Disabilitas
Pustaka: Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81.
0%

4

Minggu ke 4

Masase pada Klien Tuna Daksa

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan interpretasikan Masase Dasar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline
2x50
Daring / Online
2x50
Materi: Masase pada Klien dengan Cerebral Palsy
Pustaka: Arifah, P. D. (2023). Hubungan Beberapa Faktor Risiko Terhadap Disabilitas Akibat Low Back Pain Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun 2022.
5%

5

Minggu ke 5

Masase pada Klien Tuna Grahita

Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan

Kriteria:

Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline
2x50
Daring / Online
2x50
Materi: Teknik Masase untuk Disabilitas Sensorik
Pustaka: Graha, A. S. (2020). Masase terapi penyakit degeneratif. UNY Press.
5%

6

Minggu ke 6

Masase Pada Klien Tuna Rungu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline
2x50
Daring / Online
2x50
Materi: Teknik Masase untuk Disabilitas Intelektual
Pustaka: Graha, A. S. (2020). Masase terapi penyakit degeneratif. UNY Press.
0%

7

Minggu ke 7

Masase pada Klien ADHD

Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan mendapatkan poin tambahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline
2x50
Daring / Online
2x50
Materi: Masase Klien ADHD
Pustaka: Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mempraktikkan Penerapan Masase pada Anak dengan Disabilitas

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline
2x50
Daring / Online
2x50
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mempraktikkan Masase pada Pasien dengan Disabilitas

Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan mendapatkan poin tambahan

Kriteria:

Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline
2x50
Daring / Online
2x50
25%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa Mampu memahami Aspek Psikologis dalam Masase Disabilitas

Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan

Kriteria:

Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline
2x50
Daring / Online
2x50
Materi: Aspek Psikologis dalam Masase Disabilitas
Pustaka: Graha, A. S. (2020). Masase terapi penyakit degeneratif. UNY Press.
5%

11

Minggu ke 11

Kasus-Kasus Masase pada Klien Disabilitas

Keaktifan peserta dalam praktik

Kriteria:

Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline
2x50 menit
Daring / Online
2x50 menit
Materi: Kasus-Kasus Masase pada Klien Disabilitas
Pustaka: Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81.

Materi: Kasus-Kasus Masase pada Klien Disabilitas
Pustaka: Masrun, M., Ridwan, M., Soniawan, V., & Okilanda, A. (2022). Implementasi Metode Belajar Kelompok Dalam Meningkatkan Ketrampilan Masase Olahraga Untuk Tunanetra. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(2), 283-291.
5%

12

Minggu ke 12

Masase Klien Celebral Palsy

Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan mendapatkan poin tambahan

Kriteria:

Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline
2x50
Daring / Online
2x50
Materi: Masase Klien Celebral Palsy
Pustaka: Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81.
5%

13

Minggu ke 13

Masase pada Klien Tuna Grahita

Mampu menganalisis implementasi masase disabilitas

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring/offline
2x50
daring/online
2x50
Materi: mplementasi Masase dalam Program Rehabilitasi Disabilitas
Pustaka: Artikel jurnal, video

Materi: Implementasi Masase dalam Program Rehabilitasi Disabilitas
Pustaka: Artikel jurnal, video
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mempu menerapkan masase disabilitas

Mampu menganalisis implementasi masase disabilitas

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring/offline
2x50
daring/online
2x50
Materi: mplementasi Masase dalam Program Rehabilitasi Disabilitas
Pustaka: Artikel jurnal, video

Materi: Implementasi Masase dalam Program Rehabilitasi Disabilitas
Pustaka: Artikel jurnal, video
0%

15

Minggu ke 15

Mampu menerapkan manipulasi pada terapi/masase disabilitas

Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan

Kriteria:

Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline
2x50
Daring / Online
2x50
0%

16

Minggu ke 16

Ulangan Akhir Semester

Project yang dikerjakan dengan sunguh-sungguh

Kriteria:

Hasil dari Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Luring / Offline
2x50
Daring / Online
2x50
Materi: Ulangan Akhir Semester
Pustaka: Sumarjo, S. N., & Pambudi, A. F. (2020). Development of health massage to improve working productivity with Daksa disabilities. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 19(2), 71-81.
35%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 65%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 17.5%
3. Tes 17.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.