
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Penelitian Tugas Akhir-2 |
8400105080 |
|
T=8 |
P=0 |
ECTS=20.16 |
4 |
30 Oktober 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
SUYATNO |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Merancang penelitian pendidikan sains pada uji coba luas
|
PO - 2 |
Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas
|
PO - 3 |
Menyusun laporan hasil penelitian pendidikan sains pada uji coba luas
|
Matrik PLO-PO |
| |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk mendesain penelitian doctor yang memenuhi KKNI level 9 pada tahap uji coba skala luas, melaksanakan penelitian, menganalisis data dan menyusun laporan hasil penelitian pada tahap uji coba skala luas. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, J.W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. 4th Ed. New York: Sage
- Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta.
- Yin, R.K. (2016). Qualitative Reasearch from Strat to Finish. 2nd Ed. New York: Guilford Press.
- Tim (2023). Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Surabaya: Direktorat Pendidikan Unesa
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu merancang penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Merancang penelitian pendidikan sains pada uji coba luas. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6x50 menit |
Materi: Desain penelitian Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. 4th Ed. New York: Sage |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu merancang penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Merancang penelitian pendidikan sains pada uji coba luas. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6x50 menit |
Materi: Desain penelitian Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. 4th Ed. New York: Sage |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu merancang penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Merancang penelitian pendidikan sains pada uji coba luas. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6x50 menit |
Materi: Desain penelitian Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. 4th Ed. New York: Sage |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu merancang penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Merancang penelitian pendidikan sains pada uji coba luas. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6x50 menit |
Materi: Desain penelitian Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. 4th Ed. New York: Sage |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Materi: Pelaksanaan penelitian Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Materi: Pelaksanaan penelitian Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Materi: Pelaksanaan penelitian Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Materi: Pelaksanaan penelitian Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Materi: Pelaksanaan penelitian Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Materi: Pelaksanaan penelitian Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta. |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Materi: Pelaksanaan penelitian Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Materi: Pelaksanaan penelitian Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6x 50 menit |
Materi: Teknik penulisan laporan hasil penelitian Pustaka: Tim (2023). Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Surabaya: Direktorat Pendidikan Unesa |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6x 50 menit |
Materi: Teknik penulisan laporan hasil penelitian Pustaka: Tim (2023). Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Surabaya: Direktorat Pendidikan Unesa |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6x 50 menit |
Materi: Teknik penulisan laporan hasil penelitian Pustaka: Tim (2023). Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Surabaya: Direktorat Pendidikan Unesa |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 6x 50 menit |
Materi: Teknik penulisan laporan hasil penelitian Pustaka: Tim (2023). Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Surabaya: Direktorat Pendidikan Unesa |
5% |