Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Penelitian Tugas Akhir-2

8400105080

T=8

P=0

ECTS=20.16

4

30 Oktober 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




SUYATNO

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Merancang penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

PO - 2

Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

PO - 3

Menyusun laporan hasil penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk mendesain penelitian doctor yang memenuhi KKNI level 9 pada tahap uji coba skala luas, melaksanakan penelitian, menganalisis data dan menyusun laporan hasil penelitian pada tahap uji coba skala luas.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, J.W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. 4th Ed. New York: Sage
  2. Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta.
  3. Yin, R.K. (2016). Qualitative Reasearch from Strat to Finish. 2nd Ed. New York: Guilford Press.
  4. Tim (2023). Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Surabaya: Direktorat Pendidikan Unesa

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu merancang penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Merancang penelitian pendidikan sains pada uji coba luas.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6x50 menit
Materi: Desain penelitian
Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. 4th Ed. New York: Sage
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu merancang penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Merancang penelitian pendidikan sains pada uji coba luas.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6x50 menit
Materi: Desain penelitian
Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. 4th Ed. New York: Sage
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu merancang penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Merancang penelitian pendidikan sains pada uji coba luas.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6x50 menit
Materi: Desain penelitian
Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. 4th Ed. New York: Sage
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu merancang penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Merancang penelitian pendidikan sains pada uji coba luas.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6x50 menit
Materi: Desain penelitian
Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. 4th Ed. New York: Sage
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Materi: Pelaksanaan penelitian
Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Materi: Pelaksanaan penelitian
Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Materi: Pelaksanaan penelitian
Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Materi: Pelaksanaan penelitian
Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta.
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Materi: Pelaksanaan penelitian
Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta.
10%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Materi: Pelaksanaan penelitian
Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta.
10%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Materi: Pelaksanaan penelitian
Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta.
10%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Materi: Pelaksanaan penelitian
Pustaka: Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta.
10%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6x 50 menit
Materi: Teknik penulisan laporan hasil penelitian
Pustaka: Tim (2023). Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Surabaya: Direktorat Pendidikan Unesa
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6x 50 menit
Materi: Teknik penulisan laporan hasil penelitian
Pustaka: Tim (2023). Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Surabaya: Direktorat Pendidikan Unesa
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6x 50 menit
Materi: Teknik penulisan laporan hasil penelitian
Pustaka: Tim (2023). Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Surabaya: Direktorat Pendidikan Unesa
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Melaksanakan penelitian pendidikan sains pada uji coba luas

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
6x 50 menit
Materi: Teknik penulisan laporan hasil penelitian
Pustaka: Tim (2023). Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Surabaya: Direktorat Pendidikan Unesa
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.