Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Cost and Advance Management Accounting

6220103171

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

4

7 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Susi Handayani, SE. Ak., M.Ak., CA., CSRA.




Susi Handayani, SE. Ak., M.Ak., CA., CSRA.




Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menerapkan dan menganalisis prinsip dasar tentang berbagai teori ilmu Ekonomi; Ilmu Akuntansi, Bisnis; dan Hukum Bisnis

PLO-7

Mampu menyusun, menyajikan, dan mengevaluasi laporan akuntansi biaya dan akuntansi manajemen sesuai kode etik profesi

PLO-8

Mampu menyusun, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasi laporan keuangan dan non keuangan dengan mempertimbangkan keberlanjutan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis sesuai kode etik profesi dengan dukungan teknologi informasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang akuntansi serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PO - 2

Mampu menerapkan dan menganalisis prinsip dasar tentang berbagai teori ilmu Akuntansi dan Bisnis

PO - 3

Mampu menyusun, menyajikan, dan mengevaluasi laporan akuntansi biaya, akuntansi manajemen sesuai Kode Etik Profesi dengan dukungan teknologi informasi

PO - 4

Mampu menyusun, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasi laporan keuangan dan non keuangan dengan mempertimbangkan keberlanjutan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis sesuai Kode Etik Profesi dengan dukungan teknologi informasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-7PLO-8
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji dan memberikan pengetahuan tentang akuntansi manajemen tingkat lanjut; sistem akuntansi perusahaan; peran akuntansi biaya dalam menyusun laporan keuangan perusahaan manufaktur; pengembangan sistem manajemen biaya; penggunaan sistem manajemen biaya untuk efisiensi dan pengambilan keputusan strategis–pelanggan; penggunaan informasi akuntansi untuk pengambilan keputusan jangka pendek dan perencanaan laba; akuntansi manajemen lingkungan; penganggaran; sistem pengendalian strategis–penekanan pada pengendalian keuangan dan keterkaitan dengan sistem kompensasi; dan sistem pertahanan strategis terpadu.

Pustaka

Utama :

  1. Anthony A. Atkinson, Robert S. Kaplan, Ella Mae Matsumura, S. Mark Young (2019). Management Accounting: Information for Decision Making, 7th edition. Cambridge Business Publisher
  2. Don R. Hansen, Maryanne M. Mowen, L. Heitger (2021). Cost Management, 5th edition. Cengage
  3. Douglas C. Wood, 2016, Principles of Quality Costs: Financial Measures for Strategic Implementation of Quality Management, ASQ Quality Press.
  4. Edward J. Blocher, David Stout, Paul Juras, Gary Cokins, (2015). Cost Management: A Strategic Emphasis, 7th edition, Mc-Graw-Hill International Edition.
  5. Jeffrey H. Dyer, Paul C. Godfrey, Robert J. Jensen, David J. Bryce (2024), Strategic Management: Concepts and Cases, 5e with WileyPLUS Card and Loose-leaf Set Single Term 5th Edition
  6. Kenneth Merchant, Wim Van der Stede (2024) Management Control Systems 5th Edition, Pearson
  7. Mik Wisniewski, Femi Olekanma (2015), Building a Balanced Scorecard to Improve Organisational Performance: The Essential ToolKit for Executives Kindle Edition, ‎ Business Executives Academy Publication
  8. Pieter Buys (2021). Designing Cost Management Systems to Support Business Decision-Making: Industry Inspired Case Studies, Kindle edition, Palgrave Macmillan.
  9. V. Kumar (2024). Valuing Customer Engagement: Strategies to Measure and Maximize Profitability (Palgrave Executive Essentials). Wharton School Publishing.
  10. The National and International Journal about The Advanced Management Accounting topics

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep akuntansi manajemen, penetapan biaya, dan sistem akuntansi perusahaan.

  1. Ketepatan dalam menjelaskan perbedaan antara akuntansi biaya, akuntansi manajemen, dan manajemen biaya.
  2. Ketepatan dalam menjelaskan penggunaan biaya sesuai konteksnya.
  3. Ketepatan dalam menjelaskan empat tahap sistem akuntansi perusahaan.
  4. Ketepatan dalam menjelaskan dan menerapkan kode etik akuntan profesional dalam bisnis.
Kriteria:

Rubrik Deskriptif: Ketepatan dalam menjelaskan biaya, akuntansi manajemen, dan manajemen biaya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):

TM
(1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi tentang akuntansi manajemen, penetapan biaya, dan sistem akuntansi perusahaan.

BM
(1x(3x60’)): Pemahaman Materi

PT
(1x(3x60’)): Studi Kasus menganalisis akuntansi manajemen, penetapan biaya, dan sistem akuntansi perusahaan.
ViLearning: SIDIA
Materi: Chapter 1
Pustaka: Anthony A. Atkinson, Robert S. Kaplan, Ella Mae Matsumura, S. Mark Young (2019). Management Accounting: Information for Decision Making, 7th edition. Cambridge Business Publisher
10%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan peran akuntansi biaya dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan manufaktur.

  1. Ketepatan dalam menjelaskan perbedaan pencatatan biaya produksi dengan menggunakan metode standard costing, normal costing, dan actual costing.
  2. Ketepatan dalam menjelaskan dampak pencatatan biaya produksi tersebut terhadap penyusunan laporan harga penjualan pada perusahaan manufaktur.
  3. Ketepatan dalam menjelaskan cara penghitungan biaya per unit dengan menggunaka n sistem biaya pesanan, sistem biaya proses, biaya gabungan, dan alokasi biaya departemen jasa.
  4. Ketepatan dalam menjelaskan penggunaan biaya per unit untuk menyusun laporan keuangan perusahaan.
Kriteria:

Rubrik Deskriptif: Ketepatan dalam menjelaskan penggunaan biaya untuk penyusunan laporan perusahaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):

TM
(1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi tentang peran akuntansi biaya dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan manufaktur

BM
(1x(3x60’)): Pemahaman Materi

PT
(1x(3x60’)): Studi Kasus menyusun laporan keuangan perusahaan
ViLearning: SIDIA
Materi: Chapter 4
Pustaka: Anthony A. Atkinson, Robert S. Kaplan, Ella Mae Matsumura, S. Mark Young (2019). Management Accounting: Information for Decision Making, 7th edition. Cambridge Business Publisher
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menentukan dan menganalisis Pengembangan Sistem Manajemen Biaya.

  1. Ketepatan dalam menjelaskan perbedaan biaya langsung dan biaya tidak langsung serta kelemahan functional based costing dalam perhitungan dan analisis biaya.
  2. Ketepatan dalam menjelaskan konsep activity based costing (ABC).
  3. Ketepatan dalam menjelaskan konsep ABC secara sederhana.
  4. Ketepatan dalam menjelaskan konsep ABC beserta idle capacities, beserta kelebihannya.
  5. Ketepatan dalam menjelaskan konsep time driven ABC.
Kriteria:

Rubrik Deskriptif: Ketepatan dalam menggunakan sistem ABC dan TDABC


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):

TM
(1x(3x50’)): Diskusi tentang analisis Pengembangan Sistem Manajemen Biaya

BM
(1x(3x60’)): Pemahaman Materi

PT
(1x(3x60’)): Studi kasus Menentukan biaya perunit menggunakan
sistem ABC dan TDABC
ViLearning: SIDIA
Materi: Chapter 2
Pustaka: Anthony A. Atkinson, Robert S. Kaplan, Ella Mae Matsumura, S. Mark Young (2019). Management Accounting: Information for Decision Making, 7th edition. Cambridge Business Publisher
5%

4

Minggu ke 4

  1. Ketepatan dalam menjelaskan, menganalisis, dan melaporkan konsep manajemen berbasis aktivitas (ABM).
  2. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis efisiensi biaya menggunakan ABM.
  3. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis efisiensi biaya menggunakan model biaya kualitas.
  4. Ketepatan dalam menjelaskan, menganalisis, dan melaporkan peran JIT dalam efisiensi biaya.
  5. Ketepatan dalam menjelaskan, menganalisis, dan melaporkan konsep produksi ramping dan akuntansi dalam kaitannya dengan efisiensi biaya.
Kriteria:

Rubrik Deskriptif: Ketepatan dalam menggunakan sistem manajemen biaya untuk efisiensi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):

TM
(1x(3x50’)): Diskusi tentang penggunaan sistem manajemenvbiaya untuk efisiensi

BM
(1x(3x60’)): Pemahaman Materi

PT
(1x(3x60’)): Studi kasus Menganalisis dan melaporkan penggunaan sistem manajemen biaya untuk efisiensi perusahaan
ViLearning: SIDIA
Materi: Chapter 12
Pustaka: Don R. Hansen, Maryanne M. Mowen, L. Heitger (2021). Cost Management, 5th edition. Cengage
2%

5

Minggu ke 5

  1. Ketepatan dalam menjelaskan, menganalisis, dan melaporkan Peran penting analisis profitabilitas pelanggan.
  2. Ketepatan dalam menjelaskan, menganalisis, dan melaporkan Perhitungan profitabilitas pelanggan menggunaka n activity based costing.
  3. Ketepatan dalam menjelaskan, menganalisis, dan melaporkan profitabilitas pelanggan serta cara meningkatkan profitabilitas tersebut.
  4. Ketepatan dalam menjelaskan, menganalisis, dan melaporkan konsep customer lifetime value.
  5. Ketepatan dalam menjelaskan, menganalisis, dan melaporkan profitabilitas pelanggan dengan menggunaka n customer lifetime value.
Kriteria:

Rubrik Deskriptif: Ketepatan dalam menganalisis dan melaporkan profitabilitas pelanggan dengan menggunakan customer lifetime value


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):

TM
(1x(3x50’)): Diskusi tentang sistem manajemen biaya untuk pengambilan keputusan strategis – pelanggan

BM
(1x(3x60’)): Pemahaman Materi

PT
(1x(3x60’)): Studi kasus melaporkan hasil analisis profitabilitas pelanggan dengan menggunakan customer lifetime value
ViLearning: SIDIA
Materi: Chapter 6
Pustaka: Anthony A. Atkinson, Robert S. Kaplan, Ella Mae Matsumura, S. Mark Young (2019). Management Accounting: Information for Decision Making, 7th edition. Cambridge Business Publisher
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan Penggunaan sistem manajemen biaya untuk pengambilan keputusan strategis – pelanggan

  1. Ketepatan dalam menganalisis profitabilitas produk menggunakan activity based costing.
  2. Ketepatan dalam menganalisis cara-cara untuk meningkatkan profitabilitas.
  3. Ketepatan dalam menganalisis pentingnya pengurangan biaya dalam fase perencanaan.
  4. Ketepatan dalam menganalisis empat tahap dalam konsep target costing.
Kriteria:

Rubrik Deskriptif: Ketepatan dalam profitabilitas produk menggunak an activity based dan target costing


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):

TM
(1x(3x50’)): Diskusi tentang analisis profitabilitas produk menggunakan activity based dan target costing

BM
(1x(3x60’)): Pemahaman Materi

PT
(1x(3x60’)): Studi kasus analisis profitabilitas produk menggunakan activity based dan target costing
ViLearning: SIDIA
Materi: Chapter 8
Pustaka: Anthony A. Atkinson, Robert S. Kaplan, Ella Mae Matsumura, S. Mark Young (2019). Management Accounting: Information for Decision Making, 7th edition. Cambridge Business Publisher
5%

7

Minggu ke 7

  1. Ketepatan dalam menjelaskan perbedaan antara biaya relevan dan biaya hangus.
  2. Ketepatan dalam menerapkan biaya relevan dalam berbagai situasi.
  3. Ketepatan dalam menerapkan biaya relevan dalam penentuan bauran produk.
  4. Ketepatan dalam menjelaskan konsep teori kendala dan hubungannya dengan pengambilan keputusan jangka pendek.
  5. Ketepatan dalam menjelaskan penerapan biaya relevan dalam konteks penetapan biaya berbasis aktivitas.
Kriteria:

Rubrik Deskriptif: Ketepatan dalam menjelaskan penerapan biaya relevan dalam konteks penetapan biaya berbasis aktivitas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):

TM
(1x(3x50’)): Diskusi tentang penerapan biaya relevan dalam konteks penetapan biaya berbasis aktivitas

BM
(1x(3x60’)): Pemahaman Materi

PT
(1x(3x60’)): Studi ksus menganalisis penerapan biaya relevan dalam sistem biaya berbasis aktivitas
ViLearning: SIDIA
Materi: Chapter 3
Pustaka: Anthony A. Atkinson, Robert S. Kaplan, Ella Mae Matsumura, S. Mark Young (2019). Management Accounting: Information for Decision Making, 7th edition. Cambridge Business Publisher
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester


Bentuk Penilaian :
Tes


10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan penggunaan informasi akuntansi untuk perencanaan laba.

  1. Ketepatan dalam penerapan analisis biaya volume laba.
  2. Ketepatan dalam penerapan konsep biaya volume laba dalam kondisi ketidakpastian.
  3. Ketepatan dalam penerapan activity based costing dalam perhitungan biaya volume laba.
Kriteria:

Rubrik Deskriptif: Ketepatan dalam menerapkan activity based costing dalam analisis biaya volume laba


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):

TM
(1x(3x50’)): Diskusi tentang analisis biaya volume dan laba menggunakan sistem ABC

BM
(1x(3x60’)): Pemahaman Materi

PT
(1x(3x60’)): Studi kasus menganalisis biaya volume dan laba menggunakan sistem ABC
ViLearning: SIDIA
Materi: Chapter 3
Pustaka: Anthony A. Atkinson, Robert S. Kaplan, Ella Mae Matsumura, S. Mark Young (2019). Management Accounting: Information for Decision Making, 7th edition. Cambridge Business Publisher
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan Akuntansi Manajemen Lingkungan.

  1. Ketepatan dalam menjelaskan perkembanga n akuntansi manajemen lingkungan.
  2. Ketepatan dalam menjelaskan konsep biaya kualitas lingkungan.
  3. Ketepatan dalam menjelaskan konsep triple bottom line.
Kriteria:

Rubrik Deskriptif: Ketepatan dalam melaporkan hasil analisis biaya kualitas lingkungan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):

TM
(1x(3x50’)): Diskusi tentang Akuntansi Manajemen Lingkungan

BM
(1x(3x60’)): Pemahaman Materi

PT
(1x(3x60’)): Studi kasus melakukan analisis biaya kualitas lingkungan perusahaan
ViLearning: SIDIA
Materi: Chapter 13
Pustaka: Don R. Hansen, Maryanne M. Mowen, L. Heitger (2021). Cost Management, 5th edition. Cengage
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan Sistem Pengendalian Strategis.

  1. Ketepatan dalam menjelaskan fungsi dan kegunaan sistem pengendalian strategis.
  2. Ketepatan dalam menjelaskan penggunaan empat tuas pengendalian dalam sistem pengendalian strategis.
  3. Ketepatan dalam menjelaskan peran sistem keyakinan dan batas dalam sistem pengendalian strategis.
Kriteria:

Rubrik Deskriptif: Ketepatan dalam menganalisis dan melaporkan penggunaan empat tuas pengendalian dalam sistem pengendalian strategis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):

TM
(1x(3x50’)): Diskusi tentang Sistem Pengendalian Strategis

BM
(1x(3x60’)): Pemahaman Materi

PT
(1x(3x60’)): Studi kasus menganalisis dan melaporkan penggunaan empat tuas pengendalian dalam sistem pengendalian strategis
ViLearning: SIDIA
Materi: Chapter 1
Pustaka: Edward J. Blocher, David Stout, Paul Juras, Gary Cokins, (2015). Cost Management: A Strategic Emphasis, 7th edition, Mc-Graw-Hill International Edition.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan anggaran.

  1. Ketepatan dalam menjelaskan manfaat dan kelemahan anggaran.
  2. Ketepatan dalam menjelaskan kesulitan - kesulitan dalam penganggaran
  3. Ketepatan dalam menjelaskan konsep tiga roda perencanaan laba dalam penganggaran
  4. Ketepatan dalam menjelaskan cara membuat anggaran dalam lingkungan yang tidak pasti.
  5. Ketepatan dalam menerapkan cara untuk menghubung kan rencana strategis dengan anggaran perusahaan.
  6. Ketepatan dalam menjelaskan cara dan kegunaan peramalan bisnis.
  7. Ketepatan dalam menjelaskan konsep di luar penganggaran
Kriteria:

Rubrik Deskriptif: Ketepatan dalam menganalisis dan melaporkan perencanaan laba dalam penganggaran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):

TM
(1x(3x50’)): Diskusi tentang anggaran

BM
(1x(3x60’)): Pemahaman Materi

PT
(1x(3x60’)): Studi kasus menganalisis dan melaporkan perencanaan laba dalam penganggaran
ViLearning: SIDIA
Materi: Chapter 10
Pustaka: Anthony A. Atkinson, Robert S. Kaplan, Ella Mae Matsumura, S. Mark Young (2019). Management Accounting: Information for Decision Making, 7th edition. Cambridge Business Publisher
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu mendefinisikan, menganalisis, dan melaporkan Sistem Pengendalian Strategis – penekanan pada pengendalian keuangan

  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep pusat pertanggungjawaban.
  2. Ketepatan dalam menganalisis pusat biaya dengan menggunakan biaya standar.
  3. Ketepatan dalam menganalisis pusat pendapatan dengan menggunakan analisis varians penjualan.
  4. Ketepatan dalam analisis pusat laba.
  5. Ketepatan dalam menganalisis hasil ROI, RI, EVA.
  6. Ketepatan dalam menganalisis harga transfer.
  7. Ketepatan dalam menganalisis deskripsi alokasi layanan bersama.
Kriteria:

Rubrik Deskriptif: Ketepatan menganalisis dan melaporkan sistem pengendalia n strategis pada fungsi pengendalian keuangan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):

TM
(1x(3x50’)): Diskusi tentang Sistem Pengendalian Strategis – penekanan pada pengendalian keuangan

BM
(1x(3x60’)): Pemahaman Materi

PT
(1x(3x60’)): Studi kasus menganalisis dan melaporkan sistem pengendalian strategis pada fungsi pengendalian keuangan
ViLearning: SIDIA
Materi: Chapter 11
Pustaka: Anthony A. Atkinson, Robert S. Kaplan, Ella Mae Matsumura, S. Mark Young (2019). Management Accounting: Information for Decision Making, 7th edition. Cambridge Business Publisher
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan, menganalisis, dan melaporkan Sistem Pertahanan Strategis Terpadu.

  1. Ketepatan dalam menjelaskan kegunaan dan pentingnya peta strategi.
  2. Ketepatan dalam mengimplem entasikan dan menyiapkan peta strategi sebagai penyajian strategi perusahaan.
  3. Ketepatan dalam menjelaskan konsep dan kegunaan balanced scorecard.
  4. Ketepatan dalam menjelaskan definisi visi, misi, dan strategi dalam konteks balanced scorecard.
  5. Ketepatan dalam mengimplem entasikan dan merancang balanced scorecard perusahaan.
Kriteria:

Rubrik Deskriptif: Ketepatan dalam mengimple mentasikan dan merancang balanced scorecard perusahaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Kuliah 3 SKS (1x(3x170’)):

TM
(1x(3x50’)): Diskusi tentang Sistem Pertahanan Strategis Terpadu

BM
(1x(3x60’)): Pemahaman Materi

PT
(1x(3x60’)): Studi kasus mengimplem entasikan dan merancang balanced scorecard perusahaan
ViLearning: SIDIA
Materi: Chapter 2
Pustaka: Anthony A. Atkinson, Robert S. Kaplan, Ella Mae Matsumura, S. Mark Young (2019). Management Accounting: Information for Decision Making, 7th edition. Cambridge Business Publisher
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu mendefinisik an, menganalisis, dan melaporkan Sistem Pengendalian Strategis – Keterkaitan dengan Sistem Kompensasi

  1. Ketepatan dalam menjelaskan cara menggunakan balanced scorecard untuk penilaian kinerja.
  2. Ketepatan dalam menganalisis penilaian kinerja menggunakan balanced scorecard.
  3. Ketepatan dalam menjelaskan cara menghubung kan sistem penilaian kinerja dengan kompensasi..
Kriteria:

Rubrik Deskriptif: Ketepatan menganalisis dan melaporkan sistem pengendalian strategis pada sistem kompensasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):

TM
(1x(3x50’)): Diskusi tentang Sistem Pengendalian Strategis – Keterkaitan dengan Sistem Kompensasi

BM
(1x(3x60’)): Pemahaman Materi

PT
(1x(3x60’)): Studi kasus menganalisis dan melaporkan sistem pengendalian strategis pada sistem kompensasi
ViLearning: SIDIA
Materi: Chapter 9
Pustaka: Anthony A. Atkinson, Robert S. Kaplan, Ella Mae Matsumura, S. Mark Young (2019). Management Accounting: Information for Decision Making, 7th edition. Cambridge Business Publisher
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Tes


20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 60%
2. Penilaian Portofolio 10%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.