Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Publikasi Internasional-1

8400105084

T=5

P=0

ECTS=12.6

3

4 November 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




SUYATNO

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Membuat manuskrip/artikel dari hasil penelitian dalam bidang pendidikan

PO - 2

Mengembangkan karya ilmiah dalam bentuk manuskrip/artikel yang layak untuk dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi.

PO - 3

Mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal internasional bereputasi

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk menulis manuskrip/artikel hasil penelitian bersama dosen pembimbing disertasi untuk dipublikasikan dalam jurnal ilmiah internasional bereputasi dalam bidang pendidikan yang memiliki state of the art, menyesuaikan format/template dan petunjuk penulisan jurnal-jurnal ilmiah untuk publikasi, mampu melalui proses: submited, revised, dan accepted, hingga published

Pustaka

Utama :

  1. Anwas, EOM dan Sugiarti, Y (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. Bandung: PT Rosda Karya
  2. Gastel, B & day, RA (2016). How to Write and Publish A Scientific Paper. California: Greenwood
  3. Surat Edaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti. No. B/323/B.B1/SE/2019 tentang Publikasi Karya Ilmiah Program Sarjana, Program Magister, dan Program Doktor.

Pendukung :

  1. Artikel jurnal penelitian pendidikan sains dalam jurnal internasional bereputasi (terindeks scopus dan atau WOS)

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Membuat manuskrip/artikel dari hasil penelitian dalam bidang pendidikan.

How to Create-Publish in Qualified Journal

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Materi: Strategi menulis artikel dalam jurnal internasional bereputasi
Pustaka: Anwas, EOM dan Sugiarti, Y (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. Bandung: PT Rosda Karya
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu membuat manuskrip/artikel dari hasil penelitian/disertasi dalam bidang pendidikan

How to Create-Publish in Qualified Journal

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip Learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Flip Learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Materi: Teknik menulis dan publikasi dalam jurnal ilmiah
Pustaka: Gastel, B & day, RA (2016). How to Write and Publish A Scientific Paper. California: Greenwood
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu membuat manuskrip/artikel dari hasil penelitian/disertasi dalam bidang pendidikan

How to Create-Publish in Qualified Journal

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip Learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Flip Learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Materi: Strategi menulis menulis artikel dalam jurnal internasional bereputasi
Pustaka: Anwas, EOM dan Sugiarti, Y (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. Bandung: PT Rosda Karya
10%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mengembangkan karya ilmiah dalam bentuk manuskrip/artikel yang layak untuk dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi

Membuat Pendahuluan Artikel Ilmiah

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip Learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Flip Learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Materi: Pendahuluan artikel ilmiah
Pustaka: Anwas, EOM dan Sugiarti, Y (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. Bandung: PT Rosda Karya
10%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mengembangkan karya ilmiah dalam bentuk manuskrip/artikel yang layak untuk dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi

Membuat Metode Penelitian Artikel Ilmiah

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Materi: Metode penelitian artikel ilmiah
Pustaka: Gastel, B & day, RA (2016). How to Write and Publish A Scientific Paper. California: Greenwood
10%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu mengembangkan karya ilmiah dalam bentuk manuskrip/artikel yang layak untuk dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi

Membuat Metode Penelitian Artikel Ilmiah

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Materi: Menulis bagian hasil dan pembahasan dalam artikel ilmiah
Pustaka: Anwas, EOM dan Sugiarti, Y (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. Bandung: PT Rosda Karya
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mengembangkan karya ilmiah dalam bentuk manuskrip/artikel yang layak untuk dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi

Membuat Metode Penelitian Artikel Ilmiah

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Materi: Menulis kesimpulan dan referensi dalam artikel ilmiah
Pustaka: Gastel, B & day, RA (2016). How to Write and Publish A Scientific Paper. California: Greenwood
10%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mempublikasikan manuskrip/artikel hasil penelitian dalam jurnal internasional bereputasi

Mempublikasikan manuskrip yang telah dibuat ke jurnal internasional bereputasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Materi: Teknik submit artikel dalam jurnal internasional bereputasi
Pustaka: Anwas, EOM dan Sugiarti, Y (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. Bandung: PT Rosda Karya
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mempublikasikan manuskrip/artikel hasil penelitian dalam jurnal internasional bereputasi

Mempublikasikan manuskrip yang telah dibuat ke jurnal internasional bereputasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Materi: Teknik submit artikel dalam jurnal internasional bereputasi
Pustaka: Gastel, B & day, RA (2016). How to Write and Publish A Scientific Paper. California: Greenwood
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu mempublikasikan manuskrip/artikel hasil penelitian dalam jurnal internasional bereputasi

Mempublikasikan manuskrip yang telah dibuat ke jurnal internasional bereputasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Materi: Teknik submit artikel dalam jurnal internasional bereputasi
Pustaka: Anwas, EOM dan Sugiarti, Y (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. Bandung: PT Rosda Karya
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu mempublikasikan manuskrip/artikel hasil penelitian dalam jurnal internasional bereputasi

Mempublikasikan manuskrip yang telah dibuat ke jurnal internasional bereputasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Materi: Teknik submit artikel dalam jurnal internasional bereputasi
Pustaka: Gastel, B & day, RA (2016). How to Write and Publish A Scientific Paper. California: Greenwood
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu mempublikasikan manuskrip/artikel hasil penelitian dalam jurnal internasional bereputasi

Mempublikasikan manuskrip yang telah dibuat ke jurnal internasional bereputasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Materi: Teknik submit artikel dalam jurnal internasional bereputasi
Pustaka: Gastel, B & day, RA (2016). How to Write and Publish A Scientific Paper. California: Greenwood
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mempublikasikan manuskrip/artikel hasil penelitian dalam jurnal internasional bereputasi

Mempublikasikan manuskrip yang telah dibuat ke jurnal internasional bereputasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Materi: Teknik submit artikel dalam jurnal internasional bereputasi
Pustaka: Anwas, EOM dan Sugiarti, Y (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. Bandung: PT Rosda Karya
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mempublikasikan manuskrip/artikel hasil penelitian dalam jurnal internasional bereputasi

Mempublikasikan manuskrip yang telah dibuat ke jurnal internasional bereputasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Materi: Teknik merevisi artikel yang telah direview dalam jurnal internasional bereputasi
Pustaka: Gastel, B & day, RA (2016). How to Write and Publish A Scientific Paper. California: Greenwood
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mempublikasikan manuskrip/artikel hasil penelitian dalam jurnal internasional bereputasi

Mempublikasikan manuskrip yang telah dibuat ke jurnal internasional bereputasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Materi: Teknik merevisi artikel yang telah direview dalam jurnal internasional bereputasi
Pustaka: Anwas, EOM dan Sugiarti, Y (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. Bandung: PT Rosda Karya
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mempublikasikan manuskrip/artikel hasil penelitian dalam jurnal internasional bereputasi

Mempublikasikan manuskrip yang telah dibuat ke jurnal internasional bereputasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Flip learning dan Diskusi
5 x 50 menit
Materi: Teknik mengirimkan artikel yang telah direvisi dalam jurnal internasional bereputasi
Pustaka: Anwas, EOM dan Sugiarti, Y (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. Bandung: PT Rosda Karya
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.