
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Fisika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Fungsi Khusus untuk Fisika |
8420304293 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
3 |
22 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Evi Suaebah
|
Evi Suaebah
|
MITA ANGGARYANI |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familiar maupun baru |
PLO-8 |
Melakukan penelitian pendidikan fisika dalam bentuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif dalam bentuk lisan dan penulisan akademis secara efektif |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis secara kritis konsep persamaan diferensial biasa, deret Fourier, fungsi khusus, dan persamaan differensial parsial dalam konetks Fisika.
|
PO - 2 |
Menggunakan Python untuk melakukan perhitungan fenomena fisika. numerik, simulasi, dan visualisasi dalam pemodelan fenomena Fisika
|
PO - 3 |
Menganalisis dan menyelesaikan permasalahan fisika khusus, baik secara analitik maupun numerik. dengan pendekatan persamaan diferensial dan fungsi khusus baik secara analitik maupun numerik.
|
PO - 4 |
Menyusun laporan akademik tertulis diferensial dengan dukungan komputasi Python. dan presentasi lisan mengenai pemodelan fisika berbasis persamaan differensial dengan dukungan komputasi Phyton.
|
PO - 5 |
Menunjukkan sikap mandiri, kolaboratif, dan bertanggung jawab dalam diskusi, kerja kelompok, dan penyelesaian tugas proyek terkait materi kuliah sesuai RPS yang dimiliki.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | | ✔ | | | PO-2 | | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | | ✔ | PO-5 | ✔ | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | ✔ | | | ✔ | | ✔ | | ✔ | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | ✔ | | | ✔ | | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | | | ✔ | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas konsep matematis lanjutan yang digunakan dalam penyelesaian berbagai permasalahan fisika, meliputi persamaan diferensial biasa, deret Fourier, fungsi khusus, dan persamaan diferensial parsial. Pembelajaran dilengkapi dengan penggunaan software Python (NumPy, SciPy, Matplotlib, SymPy) untuk menyelesaikan perhitungan numerik, pemodelan, serta visualisasi. Mahasiswa akan dilatih untuk mengembangkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam memodelkan fenomena fisika melalui pendekatan matematis dan komputasi, serta mengkomunikasikan hasil analisis secara efektif, baik lisan maupun tulisan akademik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
|
Pendukung : |
|
- Newman, M. 2024. Computational Physics with Python.
- Power point pendukung dari dosen pengampu
- Jurnal ilmiah terkait materi berdasarkan subject yang terkait
- Komputasi Jilid 1, M.N. Fahmi, dkk, Catvari, 2024
|
Dosen Pengampu
|
DZULKIFLIH ROHIM AMINULLAH FIRDAUS EVI SUAEBAH ARIE REALITA Dr. Rohim Aminullah Firdaus, S.Pd, M.Si Dr. Rohim Aminullah Firdaus, S.Pd, M.Si Dzulkiflih, S.Si., M.T. Dzulkiflih, S.Si., M.T. Dr. Eng. Evi Suaebah, M.Si., M.Sc. Dr. Eng. Evi Suaebah, M.Si., M.Sc. Arie Realita, M.Si. Arie Realita, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis konsep persamaan diferensial biasa serta menerapkannya dalam penyelesaian masalah fisika |
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar persamaan diferensial biasa dan penerapannya dalam fisika. |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan Penugasan 3x50 |
Penugasan 1x50 |
Materi: Pengenalan persamaan diferensial biasa: definisi, jenis, dan contoh dalam fisika., Deret Fourier: konsep, koefisien Fourier, dan aplikasi dalam analisis gelombang., Fungsi khusus: pengenalan fungsi Bessel, Legendre, dan Hermite., Persamaan diferensial parsial: klasifikasi dan contoh dalam fisika (misalnya, persamaan Laplace, persamaan gelombang). Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan fisika dengan pendekatan persamaan diferensial biasa, baik secara analistik maupun numerik |
|
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Diskusi dan penugasan 3x 50 |
Diskusi dan penugasan 1x50 |
Materi: Pengenalan persamaan diferensial biasa: definisi, jenis, dan contoh dalam fisika., Deret Fourier: konsep, koefisien Fourier, dan aplikasi dalam analisis gelombang., Fungsi khusus: pengenalan fungsi Bessel, Legendre, dan Hermite., Persamaan diferensial parsial: klasifikasi dan contoh dalam fisika (misalnya, persamaan Laplace, persamaan gelombang). Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Menggunakan Python untuk menyelesaikan ODE secara numerik dengan metode Euler dan Runge-Kutta. |
Mahasiswa dapat menggunakan Phyton untuk menyelesaikan ODE secara numerik |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penguasan 2x50 |
Diskusi dan Penugasan 2x50 |
Materi: Phyton programming for physics. Pustaka: Newman, M. 2024. Computational Physics with Python. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
|
Mahasiswa dapat menganalisis permasalahan fisika menggunakan konsep deret Fourier. |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan 3x50 |
Diskusi dan penugasan 1x50 |
Materi: Deret Fourier Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan konsep deret fourier. |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan fisika dengan pendekatan deret Fourier |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi dan penugasan. 3x50 |
diskusi dan penugasan. 1x50 |
Materi: Deret Fourier Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
|
Mahasiswa dapat menggunakan Phyton untuk menyelesaikan persamaan deret fourier. |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi dan penugasan 2x50 |
diskusi dan penugasan 2x50 |
Materi: Deret fourier Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. Materi: Persamaan deret fourier dengan menggunakan Phyton Pustaka: Newman, M. 2024. Computational Physics with Python. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis secara kritis fungsi khusus (Gamma, Beta, Bessel, Legendre, Hermite, Laguerre) dan aplikasinya dalam fisika. |
Mahasiswa dapat menganalisis permasalahan Fisika menggunakan salah satu fungsi khusus. |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi dan penugasan 3x50 |
diskusi dan penugasan 1x50 |
Materi: fungsi Khusus, Gamma dan Beta Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
|
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan soal fisika yang diberikan |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Tes |
Tes 2x50 |
|
Materi: ODE, Deret Fourier, dan Fungsi Khusus. Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat menganalisis secara kritis konsep fungsi khusus (Legendre, Bessel, Hermite) dalam konsteks fisika |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan soal fisika yang diberikan |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian |
Diskusi dan penugasan 3x50 |
diskusi dan penugasan 1x50 |
Materi: Fungsi Khusus: Legendre, Bessel, Hermite Pustaka: Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan Fisika dengan pendekatan fungsi khusus, baik secara analitik maupun numerik. |
mahasiswa dapat menyelesaikan konsep fisika dengan fungsi khusus. |
Kriteria:
mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan Penugasan 3x50 |
diskusi dan penugasan 1x50 |
Materi: fungsi khusus Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
|
mahasiswa dapat menganalisis permasalahan fisika menggunakan konsep persamaan differensial parsial |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi dan penugasan 3x50 |
diskusi dan penugasan 1x50 |
Materi: persamaan differensial parsial Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan fisika dengan pendekatan persamaan diferensial parsial |
mahasiswa dapat menyelesaikan persamaan fisika dengan pedekatan persamaan differensial parsial |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi dan penugasan 3x50 |
diskusi dan penugasan 1x50 |
Materi: persamaan differensial parsial Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat menggunakan Phyton untuk perhitungan numerik dan simulasi terkait fungsi khusus dan persamaan diferensial parsial |
Mahasiswa dapat menggunakan Phyton untuk perhitungan numerik dan simulasi terkait fungsi khusus dan persamaan diferensial parsial |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
diskusi dan penugasan 2x50 |
diskusi dan penugasan 2x50 |
Materi: differensial parsial Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. Materi: Phyton programming for physics. Pustaka: Newman, M. 2024. Computational Physics with Python. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menyusun laporan tertulis hasil pemodelan fisika dengan Python dan mempresentasikannya. |
Mahasiswa dapat membuat laporan tertulis dan mempresentasikan hasil pemodelan fisika dengan phyton |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
presentasi 4x50 |
|
Materi: materi sesuai arahan saat diskusi Pustaka: Power point pendukung dari dosen pengampu |
10% |
15
Minggu ke 15 |
1.Menunjukkan kemandirian dalam menyelesaikan tugas individu 2.Berpartisipasi aktif dalam kerja kelompok pemodelan fisika. 3.Bertanggung jawab dalam penyelesaian proyek Python |
mahasiswa berpartisipasi aktif dalam menyelesaikan tugas. |
Kriteria:
mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kerja Kelompok 4x50 |
|
Materi: PDB, deret Fourier, Fungsi khusus, PDP Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan fisika menggunakan konsep fungsi khusus dan persamaan diferensial khusus |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan fisika menggunakan konsep fungsi khusus dan persamaan diferensial khusus |
Bentuk Penilaian : Tes |
TES 2x50 |
|
Materi: Fungsi khusus dan PDB Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
25% |