Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Fisika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Fungsi Khusus untuk Fisika

8420304293

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=4

P=0

ECTS=6.36

3

22 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Evi Suaebah




Evi Suaebah




MITA ANGGARYANI

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familiar maupun baru

PLO-8

Melakukan penelitian pendidikan fisika dalam bentuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif dalam bentuk lisan dan penulisan akademis secara efektif

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis secara kritis konsep persamaan diferensial biasa, deret Fourier, fungsi khusus, dan persamaan differensial parsial dalam konetks Fisika.

PO - 2

Menggunakan Python untuk melakukan perhitungan fenomena fisika. numerik, simulasi, dan visualisasi dalam pemodelan fenomena Fisika

PO - 3

Menganalisis dan menyelesaikan permasalahan fisika khusus, baik secara analitik maupun numerik. dengan pendekatan persamaan diferensial dan fungsi khusus baik secara analitik maupun numerik.

PO - 4

Menyusun laporan akademik tertulis diferensial dengan dukungan komputasi Python. dan presentasi lisan mengenai pemodelan fisika berbasis persamaan differensial dengan dukungan komputasi Phyton.

PO - 5

Menunjukkan sikap mandiri, kolaboratif, dan bertanggung jawab dalam diskusi, kerja kelompok, dan penyelesaian tugas proyek terkait materi kuliah sesuai RPS yang dimiliki.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-6PLO-8
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep matematis lanjutan yang digunakan dalam penyelesaian berbagai permasalahan fisika, meliputi persamaan diferensial biasa, deret Fourier, fungsi khusus, dan persamaan diferensial parsial. Pembelajaran dilengkapi dengan penggunaan software Python (NumPy, SciPy, Matplotlib, SymPy) untuk menyelesaikan perhitungan numerik, pemodelan, serta visualisasi. Mahasiswa akan dilatih untuk mengembangkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam memodelkan fenomena fisika melalui pendekatan matematis dan komputasi, serta mengkomunikasikan hasil analisis secara efektif, baik lisan maupun tulisan akademik.

Pustaka

Utama :

  1. Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.

Pendukung :

  1. Newman, M. 2024. Computational Physics with Python.
  2. Power point pendukung dari dosen pengampu
  3. Jurnal ilmiah terkait materi berdasarkan subject yang terkait
  4. Komputasi Jilid 1, M.N. Fahmi, dkk, Catvari, 2024

Dosen Pengampu

DZULKIFLIH

ROHIM AMINULLAH FIRDAUS

EVI SUAEBAH

ARIE REALITA

Dr. Rohim Aminullah Firdaus, S.Pd, M.Si

Dr. Rohim Aminullah Firdaus, S.Pd, M.Si

Dzulkiflih, S.Si., M.T.

Dzulkiflih, S.Si., M.T.

Dr. Eng. Evi Suaebah, M.Si., M.Sc.

Dr. Eng. Evi Suaebah, M.Si., M.Sc.

Arie Realita, M.Si.

Arie Realita, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis konsep persamaan diferensial biasa serta menerapkannya dalam penyelesaian masalah fisika

Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar persamaan diferensial biasa dan penerapannya dalam fisika.

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan Penugasan
3x50
Penugasan
1x50
Materi: Pengenalan persamaan diferensial biasa: definisi, jenis, dan contoh dalam fisika., Deret Fourier: konsep, koefisien Fourier, dan aplikasi dalam analisis gelombang., Fungsi khusus: pengenalan fungsi Bessel, Legendre, dan Hermite., Persamaan diferensial parsial: klasifikasi dan contoh dalam fisika (misalnya, persamaan Laplace, persamaan gelombang).
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan fisika dengan pendekatan persamaan diferensial biasa, baik secara analistik maupun numerik

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi dan penugasan
3x 50
Diskusi dan penugasan
1x50
Materi: Pengenalan persamaan diferensial biasa: definisi, jenis, dan contoh dalam fisika., Deret Fourier: konsep, koefisien Fourier, dan aplikasi dalam analisis gelombang., Fungsi khusus: pengenalan fungsi Bessel, Legendre, dan Hermite., Persamaan diferensial parsial: klasifikasi dan contoh dalam fisika (misalnya, persamaan Laplace, persamaan gelombang).
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
3%

3

Minggu ke 3

Menggunakan Python untuk menyelesaikan ODE secara numerik dengan metode Euler dan Runge-Kutta.

Mahasiswa dapat menggunakan Phyton untuk menyelesaikan ODE secara numerik

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan penguasan
2x50
Diskusi dan Penugasan
2x50
Materi: Phyton programming for physics.
Pustaka: Newman, M. 2024. Computational Physics with Python.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat menganalisis permasalahan fisika menggunakan konsep deret Fourier.

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan penugasan
3x50
Diskusi dan penugasan
1x50
Materi: Deret Fourier
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
3%

5

Minggu ke 5

Menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan konsep deret fourier.

Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan fisika dengan pendekatan deret Fourier

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi dan penugasan.
3x50
diskusi dan penugasan.
1x50
Materi: Deret Fourier
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat menggunakan Phyton untuk menyelesaikan persamaan deret fourier.

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
diskusi dan penugasan
2x50
diskusi dan penugasan
2x50
Materi: Deret fourier
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.

Materi: Persamaan deret fourier dengan menggunakan Phyton
Pustaka: Newman, M. 2024. Computational Physics with Python.
5%

7

Minggu ke 7

Menganalisis secara kritis fungsi khusus (Gamma, Beta, Bessel, Legendre, Hermite, Laguerre) dan aplikasinya dalam fisika.

Mahasiswa dapat menganalisis permasalahan Fisika menggunakan salah satu fungsi khusus.

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi dan penugasan
3x50
diskusi dan penugasan
1x50
Materi: fungsi Khusus, Gamma dan Beta
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
3%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan soal fisika yang diberikan

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes
2x50

Materi: ODE, Deret Fourier, dan Fungsi Khusus.
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa dapat menganalisis secara kritis konsep fungsi khusus (Legendre, Bessel, Hermite) dalam konsteks fisika

Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan soal fisika yang diberikan

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian

Diskusi dan penugasan
3x50
diskusi dan penugasan
1x50
Materi: Fungsi Khusus: Legendre, Bessel, Hermite Pustaka:
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan Fisika dengan pendekatan fungsi khusus, baik secara analitik maupun numerik.

mahasiswa dapat menyelesaikan konsep fisika dengan fungsi khusus.

Kriteria:

mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan Penugasan
3x50
diskusi dan penugasan
1x50
Materi: fungsi khusus
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
5%

11

Minggu ke 11

mahasiswa dapat menganalisis permasalahan fisika menggunakan konsep persamaan differensial parsial

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi dan penugasan
3x50
diskusi dan penugasan
1x50
Materi: persamaan differensial parsial
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan fisika dengan pendekatan persamaan diferensial parsial

mahasiswa dapat menyelesaikan persamaan fisika dengan pedekatan persamaan differensial parsial

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi dan penugasan
3x50
diskusi dan penugasan
1x50
Materi: persamaan differensial parsial
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat menggunakan Phyton untuk perhitungan numerik dan simulasi terkait fungsi khusus dan persamaan diferensial parsial

Mahasiswa dapat menggunakan Phyton untuk perhitungan numerik dan simulasi terkait fungsi khusus dan persamaan diferensial parsial


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
diskusi dan penugasan
2x50
diskusi dan penugasan
2x50
Materi: differensial parsial
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.

Materi: Phyton programming for physics.
Pustaka: Newman, M. 2024. Computational Physics with Python.
5%

14

Minggu ke 14

Menyusun laporan tertulis hasil pemodelan fisika dengan Python dan mempresentasikannya.

Mahasiswa dapat membuat laporan tertulis dan mempresentasikan hasil pemodelan fisika dengan phyton

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
presentasi
4x50

Materi: materi sesuai arahan saat diskusi
Pustaka: Power point pendukung dari dosen pengampu
10%

15

Minggu ke 15

1.Menunjukkan kemandirian dalam menyelesaikan tugas individu 2.Berpartisipasi aktif dalam kerja kelompok pemodelan fisika. 3.Bertanggung jawab dalam penyelesaian proyek Python

mahasiswa berpartisipasi aktif dalam menyelesaikan tugas.

Kriteria:

mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kerja Kelompok
4x50

Materi: PDB, deret Fourier, Fungsi khusus, PDP
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan fisika menggunakan konsep fungsi khusus dan persamaan diferensial khusus

Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan fisika menggunakan konsep fungsi khusus dan persamaan diferensial khusus


Bentuk Penilaian :
Tes
TES
2x50

Materi: Fungsi khusus dan PDB
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 48.5%
2. Penilaian Portofolio 7.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 2.5%
4. Tes 41.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.