Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pelaporan latihan fisik cabang olahraga

8520602066

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=1

ECTS=1.59

5

1 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Rizky Muhammad Sidik, S.Pd., M.Ed.




.......................................




Dr. Kunjung Ashadi, S.Pd., M.Fis., AIFO.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menganalisis kebutuhan fisik secara personal, sesuai tuntutan cabang olahraga, maupun olahraga disabilitas berdasar aspek anatomi, fisiologi, biomekanik, dan keterampilan motorik

PLO-6

Mampu melakukan kajian ilmiah terhadap permasalahan kepelatihan fisik olahraga secara mendalam berdasar kajian analisis berbasis sains dan teknologi

PLO-8

Mampu mendesain perangkat penunjang, model latihan, serta modul program latihan yang inovatif dan aplikatif mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-5PLO-6PLO-8

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pelaporan Latihan Fisik Cabang Olahraga mengajarkan mahasiswa cara mendokumentasikan, menganalisis, dan melaporkan program latihan fisik yang dilakukan oleh atlet atau tim dalam berbagai cabang olahraga. Mahasiswa akan dilatih untuk membuat laporan yang jelas dan sistematis mengenai hasil, kemajuan, serta evaluasi dari latihan yang telah dilakukan. Laporan ini sangat penting dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan dalam dunia olahraga, baik untuk pelatih, manajer tim, maupun pihak terkait lainnya. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik pengumpulan data latihan, pengukuran berbagai aspek fisik yang berkaitan dengan kinerja atlet, serta bagaimana cara menganalisis dan melaporkan data tersebut dengan menggunakan berbagai alat bantu dan teknologi yang relevan. Mata kuliah ini juga membekali mahasiswa dengan pemahaman mengenai pentingnya laporan latihan dalam konteks olahraga untuk meningkatkan performa atlet dan tim.

Pustaka

Utama :

  1. The Science of Training - Soccer oleh Thomas Reilly
  2. Principles of Sports Training oleh Hans von Siebenthal
  3. Measurement in Sports and Exercise oleh Allen D. Jackson
  4. Fitness Assessment in Sports oleh Mark H. L. Sutherland
  5. Essentials of Strength Training and Conditioning oleh National Strength and Conditioning Association
  6. Sport and Exercise Science oleh Andrew C. Sparkes

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 1: Pengenalan Pelaporan Latihan Fisik

Topik: Tujuan dan pentingnya pelaporan latihan fisik dalam olahraga, serta elemen-elemen dasar dalam laporan latihan.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: The Science of Training - Soccer oleh Thomas Reilly
6%

2

Minggu ke 2

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 2: Pengumpulan Data Latihan Fisik

Topik: Teknik pengumpulan data latihan, termasuk pengukuran intensitas, durasi, dan jenis latihan.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Measurement in Sports and Exercise oleh Allen D. Jackson
6%

3

Minggu ke 3

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 3: Alat Ukur untuk Laporan Latihan Fisik

Topik: Penggunaan berbagai alat ukur untuk mencatat data latihan fisik, seperti stopwatch, pedometer, dan perangkat kebugaran lainnya

Materi: ...
Pustaka: Fitness Assessment in Sports oleh Mark H. L. Sutherland
6%

4

Minggu ke 4

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 4: Pengukuran Kebugaran Atlet

Topik: Jenis-jenis tes kebugaran dan pengukuran terkait (misalnya VO2 max, tes kekuatan, ketahanan, dan fleksibilitas).
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Principles of Sports Training oleh Hans von Siebenthal
6%

5

Minggu ke 5

  1. Rubrik Penilaian
  2. Rubrik Penilaian
  3. Rubrik penilaian
  4. Rubrik penilaian
Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 5: Sistematisasi Laporan Latihan

Topik: Cara menyusun laporan latihan yang terstruktur dengan baik, mulai dari tujuan latihan, jenis latihan, hingga hasil yang diperoleh.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: The Science of Training - Soccer oleh Thomas Reilly
6%

6

Minggu ke 6

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 6: Analisis Data Latihan Fisik

Topik: Teknik-teknik analisis data latihan fisik, seperti perbandingan data sebelum dan sesudah latihan.

Materi: ...
Pustaka: The Science of Training - Soccer oleh Thomas Reilly
6%

7

Minggu ke 7

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 7: Pelaporan Evaluasi Performa Atlet

Topik: Menyusun laporan tentang evaluasi kinerja atlet berdasarkan data latihan.

Materi: ...
Pustaka: Principles of Sports Training oleh Hans von Siebenthal
6%

8

Minggu ke 8

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 8: Mid-Term Exam (UTS)

Topik: Ujian mengenai teori dasar dan cara menyusun laporan latihan fisik.

Materi: ...
Pustaka: Sport and Exercise Science oleh Andrew C. Sparkes
6%

9

Minggu ke 9

Rubrik penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 9: Teknologi dalam Pelaporan Latihan

Topik: Penggunaan perangkat lunak dan aplikasi untuk mempermudah proses pelaporan latihan fisik.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Principles of Sports Training oleh Hans von Siebenthal
6%

10

Minggu ke 10

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 10: Penggunaan Video dalam Pelaporan Latihan

Topik: Teknik penggunaan rekaman video untuk menganalisis dan melaporkan latihan atlet.

Materi: ...
Pustaka: The Science of Training - Soccer oleh Thomas Reilly
6%

11

Minggu ke 11

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 11: Membuat Laporan untuk Tim Olahraga

Topik: Cara membuat laporan latihan untuk tim, termasuk evaluasi secara keseluruhan dan rekomendasi untuk program latihan selanjutnya.

Materi: ...
Pustaka: Measurement in Sports and Exercise oleh Allen D. Jackson
6%

12

Minggu ke 12

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 12: Studi Kasus: Pelaporan Latihan Fisik di Cabang Olahraga

Topik: Analisis kasus nyata mengenai laporan latihan dalam cabang olahraga tertentu (misalnya sepak bola, basket, atletik).

Materi: ...
Pustaka: Essentials of Strength Training and Conditioning oleh National Strength and Conditioning Association
6%

13

Minggu ke 13

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 13: Menyusun Laporan Latihan Fisik Individu

Topik: Teknik pembuatan laporan latihan untuk atlet individu, dengan menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan atlet.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: The Science of Training - Soccer oleh Thomas Reilly
6%

14

Minggu ke 14

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 14: Penyajian Laporan Latihan

Topik: Cara menyajikan laporan latihan dengan cara yang jelas dan mudah dipahami oleh pelatih atau manajer tim.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Essentials of Strength Training and Conditioning oleh National Strength and Conditioning Association
6%

15

Minggu ke 15

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 15: Review dan Diskusi Laporan Latihan

Topik: Diskusi tentang laporan latihan yang telah disusun, termasuk umpan balik dan saran perbaikan.

Materi: ...
Pustaka: Fitness Assessment in Sports oleh Mark H. L. Sutherland
6%

16

Minggu ke 16

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester (UAS)

Topik: Ujian akhir semester tentang materi teori dan praktikum pelaporan latihan fisik cabang olahraga.

Materi: ...
Pustaka: Measurement in Sports and Exercise oleh Allen D. Jackson
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 89%
2. Tes 11%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.