
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S2 Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Operasi dan Kendali Sistem |
2010102135 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
22 November 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Rifqi Firmansyah, S.T., M.T., Ph.D
|
.......................................
|
UNIT THREE KARTINI |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-8 |
Mampu menguasai metode aplikasi teknologi di bidang Teknik Elektro terutama pada 3 bidang peminatan yaitu Sistim Tenaga dan Inteligensi, Telekomunikasi dan Jaringan Cerdas, dan Teknologi Informasi |
PLO-10 |
Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro melalui riset atau eksperiment menggunakan pendekatan inter atau multidisipliner |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dasar operasi sistem tenaga listrik dan keterkaitannya dengan kendali sistem, serta mengkaitkan dengan perkembangan teknologi terbaru pada bidang sistem tenaga, jaringan cerdas, dan teknologi informasi.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis operasi sistem tenaga menggunakan perangkat lunak simulasi dan merancang kendali sistem untuk menjaga keandalan dan kestabilan operasi sistem tenaga.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil analisis dan eksperimen yang menggambarkan pendekatan interdisipliner dalam pengoperasian dan pengendalian sistem tenaga, serta menyajikannya secara profesional baik secara lisan maupun tulisan.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-8 | PLO-10 | | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | ✔ | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini menggali lebih dalam teori dan aplikasi kendali modern untuk sistem rekayasa elektro. Mahasiswa akan menguasai analisis dan perancangan sistem dalam domain state-space, merancang pengendali optimal dan robust, serta mengimplementasikan estimator keadaan untuk sistem yang kompleks. Fokus diberikan pada aplikasi di bidang sistem tenaga listrik, robotika, dan sistem mekatronika. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016.
- Kundur, P. Power System Stability and Control. McGraw-Hill, 1994.
- Katsuhiko Ogata, Modern Control Engineering 5th Edition,Pearson, 2009
- Richard C. Dorf , Robert H. Bishop, Modern Control Systems (12th Edition) 12th Edition, Pearson, 2010
|
Pendukung : |
|
- Automatic Control System, Benjamin C. Kuo
- Wood, A. J., Wollenberg, B. F., & Sheblé, G. B. Power Generation, Operation and Control (3rd ed.). Wiley, 2013.
|
Dosen Pengampu
|
LUSIA RAKHMAWATI PRADINI PUSPITANINGAYU RIFQI FIRMANSYAH Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T. Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T. Pradini Puspitaningayu, S.T., M.T., Ph.D. Pradini Puspitaningayu, S.T., M.T., Ph.D. Rifqi Firmansyah, S.T., M.T., Ph.D. Rifqi Firmansyah, S.T., M.T., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Revolusi Kendali Modern |
Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan dan keunggulan pendekatan kendali modern serta mentransformasi sistem sederhana ke dalam representasi state-space. |
Kriteria:
- Jawaban benar minimal 75% pada kuis
- Diagram sistem tenaga lengkap dan sesuai saat presentasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif, diskusi kelas, video pembelajaran, kuis berbasis gambar/diagram sistem tenaga
|
Ceramah interaktif, diskusi kelas, video pembelajaran, kuis berbasis gambar/diagram sistem tenaga
|
Materi: komponen sistem pembangkitan, transmisi, distribusi Pustaka: Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memodelkan Sistem Elektro-Mekanik |
Mahasiswa mampu menurunkan model state-space dari sistem rekayasa nyata dan melakukan linierisasi untuk analisis. |
Kriteria:
- Mampu menganalisis minimal 2 skenario operasi dengan akurasi ≥ 70%
- Laporan simulasi menunjukkan pemahaman konsekuensi gangguan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus, simulasi dasar menggunakan software (misal: ETAP/Simulink), diskusi berbasis problem solving
|
Studi kasus, simulasi dasar menggunakan software (misal: ETAP/Simulink), diskusi berbasis problem solving
|
Materi: prinsip operasi normal dan gangguan dalam sistem tenag Pustaka: Kundur, P. Power System Stability and Control. McGraw-Hill, 1994. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Stabilitas Internal & Teori Lyapunov |
Mahasiswa dapat menganalisis stabilitas sistem berdasarkan eigenvalue dari matriks sistem (A) dan menerapkan kriteria stabilitas Lyapunov. |
Kriteria:
- Hasil simulasi menunjukkan respons kendali yang benar pada gangguan beban
- Skema blok kendali sesuai teori minimal 80%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dengan studi simulasi (frekuensi dan tegangan), praktikum menggunakan Simulink, latihan soal kendali
|
|
Materi: prinsip dasar pengendalian tegangan dan frekuensi dalam sistem tenaga. Pustaka: Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi Keterkendalian (Controllability) & Keteramatan (Observability) |
Mahasiswa mampu menguji apakah sebuah sistem dapat dikendalikan sepenuhnya oleh input dan apakah keadaan internalnya dapat diamati dari output. |
Kriteria:
- Presentasi kelompok memiliki struktur materi lengkap, minimal 75% isi benar
- Artikel review atau laporan literatur mengacu minimal 3 referensi ilmiah terbaru
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Presentasi kelompok, studi literatur, pemutaran video dokumenter smart grid, diskusi tentang tren teknologi
|
|
Materi: penerapan teknologi smart grid Pustaka: Grainger, J. J., & Stevenson, W. D. Power System Analysis. McGraw-Hill, 1994. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mendesain Pengendali State-Feedback (Pole Placement) |
Mahasiswa mampu merancang pengendali state-feedback untuk mencapai respon transien yang diinginkan (misalnya, settling time, overshoot). |
Kriteria:
- Rumusan masalah jelas, relevan, dan didukung minimal 3 referensi
- Presentasi atau laporan awal mendapat skor ≥75% dari aspek struktur dan kejelasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi literatur, diskusi kasus, observasi atau analisis studi kasus nyata dari sistem tenaga.
|
|
Materi: operasi dan kendali sistem tenaga berdasarkan studi literatur Pustaka: Grainger, J. J., & Stevenson, W. D. Power System Analysis. McGraw-Hill, 1994. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengantar Kendali Optimal & Linear Quadratic Regulator (LQR) |
Mahasiswa memahami kerangka berpikir untuk merancang sinyal kendali yang "terbaik" menurut kriteria tertentu. |
Kriteria:
- Desain eksperimen/simulasi lengkap dan tepat ≥80%
- Hasil eksperimen terverifikasi, data valid dan konsisten
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Praktikum, proyek mini-simulasi (MATLAB/Simulink atau ETAP), studi laboratorium
|
Praktikum, proyek mini-simulasi (MATLAB/Simulink atau ETAP), studi laboratorium
|
Materi: erancang dan melakukan eksperimen atau simulasi untuk mengevaluasi performa sistem operasi dan kendali sistem tenaga. Pustaka: Wood, A. J., Wollenberg, B. F., & Sheblé, G. B. Power Generation, Operation and Control (3rd ed.). Wiley, 2013. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis Implementasi LQR dan Sistem Servo |
Mahasiswa mampu merancang pengendali LQR dan menganalisis pengaruh matriks pembobot terhadap perilaku sistem. |
Kriteria:
- Interpretasi data akurat dan logis (≥75%)
- Kesimpulan sesuai dengan tujuan eksperimen/simulasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Analisis data, diskusi kelompok, pengolahan hasil menggunakan tools numerik (Excel, MATLAB)
|
|
Materi: menganalisis hasil eksperimen atau simulasi dan menarik kesimpulan berdasarkan pendekatan teknik elektro Pustaka: Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
- |
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
-
|
|
Materi: - Pustaka: Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan Desain Estimator Keadaan (State Observer) |
Mahasiswa mampu merancang observer untuk mengestimasi keadaan sistem dan menggabungkannya dengan pengendali state-feedback. |
Kriteria:
- Laporan lengkap dengan struktur IMRAD dan sitasi minimal 5 pustaka
- Presentasi mendapat nilai minimal 75% dari rubrik presentasi (konten, penyajian, argumentasi)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penulisan laporan, presentasi hasil eksperimen, peer-review, bimbingan proyek kecil
|
|
Materi: menyusun dan mempresentasikan laporan hasil eksperimen atau riset secara sistematis dan profesional. Pustaka: Kundur, P. Power System Stability and Control. McGraw-Hill, 1994. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menyusun Kendali Output-Feedback & Prinsip Separasi |
Mahasiswa memahami konsep dasar dan formulasi Kalman Filter untuk aplikasi estimasi. |
Kriteria:
Struktur laporan sesuai format standar minimal 80% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan mandiri, bimbingan laporan, penulisan terstruktur
|
|
Materi: - Pustaka: Kundur, P. Power System Stability and Control. McGraw-Hill, 1994. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memodifikasi pengendali untuk memastikan output sistem dapat mengikuti sinyal referensi secara presisi. |
Data diinterpretasikan dengan grafik/tabel |
Kriteria:
Minimal 75% grafik/tabel digunakan tepat dan dijelaskan secara ilmiah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Latihan analisis hasil, diskusi kelompok, praktik pengolahan data
|
|
Materi: - Pustaka: Elgerd, O. I. Electric Energy Systems Theory: An Introduction. McGraw-Hill, 1982. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa memahami tantangan yang ditimbulkan oleh ketidakpastian model dan pendekatan untuk mengatasinya. |
Simpulan menjawab tujuan |
Kriteria:
Simpulan logis dan konsisten ≥75% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan menulis simpulan dan saran, diskusi kelompok, peer review
|
|
Materi: - Pustaka: Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menjelasakan pengantar Kendali Non-Linier |
Mahasiswa mendapatkan wawasan tentang kompleksitas dan metode dasar untuk mengendalikan sistem non-linier. |
Kriteria:
Minimal 5 referensi dikutip dan ditulis dengan format benar ≥80% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pelatihan penulisan kutipan dan daftar pustaka, penggunaan tools (Mendeley/Zotero)
|
|
Materi: - Pustaka: Wood, A. J., Wollenberg, B. F., & Sheblé, G. B. Power Generation, Operation and Control (3rd ed.). Wiley, 2013. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan Kendali Robust & Adaptif |
Mahasiswa memahami konsep sistem kendali yang mampu "belajar" dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan atau dinamika sistem. |
Kriteria:
Minimal 75% poin presentasi dijelaskan jelas dan terstruktur Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi kelompok, diskusi kelas, simulasi seminar
|
Presentasi kelompok, diskusi kelas, simulasi seminar
|
Materi: - Pustaka: Automatic Control System, Benjamin C. Kuo |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu bekerja dalam tim untuk menyusun laporan dan menyampaikan hasilnya secara kolaboratif. |
Menerapkan konsep yang telah dipelajari untuk memecahkan masalah rekayasa yang kompleks dan mengkomunikasikan hasilnya. |
Kriteria:
Semua anggota berkontribusi aktif (dilihat dari logbook/tanda tangan kontribusi) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Proyek kelompok, presentasi bersama, refleksi tim
|
|
Materi: - Pustaka: Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
- |
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
-
|
|
Materi: - Pustaka: Elgerd, O. I. Electric Energy Systems Theory: An Introduction. McGraw-Hill, 1982. |
20% |