
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S2 Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Operasi dan Kendali Sistem |
2010102135 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
8 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Rifqi Firmansyah, S.T., M.T., Ph.D
|
.......................................
|
Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-8 |
Mampu menguasai metode aplikasi teknologi di bidang Teknik Elektro terutama pada 3 bidang peminatan yaitu Sistim Tenaga dan Inteligensi, Telekomunikasi dan Jaringan Cerdas, dan Teknologi Informasi |
PLO-10 |
Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro melalui riset atau eksperiment menggunakan pendekatan inter atau multidisipliner |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dasar operasi sistem tenaga listrik dan keterkaitannya dengan kendali sistem, serta mengkaitkan dengan perkembangan teknologi terbaru pada bidang sistem tenaga, jaringan cerdas, dan teknologi informasi.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis operasi sistem tenaga menggunakan perangkat lunak simulasi dan merancang kendali sistem untuk menjaga keandalan dan kestabilan operasi sistem tenaga.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil analisis dan eksperimen yang menggambarkan pendekatan interdisipliner dalam pengoperasian dan pengendalian sistem tenaga, serta menyajikannya secara profesional baik secara lisan maupun tulisan.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-8 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | ✔ | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Operasi Dan Kendali Sistem pada jenjang S2 program studi Teknik Elektro membahas tentang konsep dasar operasi dan kendali sistem dalam konteks teknik elektro. Tujuan dari matakuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam mengenai prinsip-prinsip dasar operasi sistem dan teknik kendali yang digunakan dalam sistem teknik elektro. Ruang lingkupnya meliputi analisis sistem, pemodelan matematis, metode analisis dan desain kontrol, implementasi sistem kontrol, serta aplikasi teknologi terkini dalam bidang operasi dan kendali sistem. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016.
- Kundur, P. Power System Stability and Control. McGraw-Hill, 1994.
- Grainger, J. J., & Stevenson, W. D. Power System Analysis. McGraw-Hill, 1994.
|
Pendukung : |
|
- Automatic Control System, Benjamin C. Kuo
- Wood, A. J., Wollenberg, B. F., & Sheblé, G. B. Power Generation, Operation and Control (3rd ed.). Wiley, 2013.
- Elgerd, O. I. Electric Energy Systems Theory: An Introduction. McGraw-Hill, 1982.
|
Dosen Pengampu
|
Pradini Puspitaningayu, S.T., M.T., Ph.D. Rifqi Firmansyah, S.T., M.T., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi struktur dan komponen utama sistem tenaga listrik, serta menjelaskan fungsinya dalam rantai pasok energi. |
- Mampu menyebutkan dan menggambarkan komponen sistem pembangkitan, transmisi, distribusi
- Mampu menjelaskan fungsi dan interaksi antar komponen
|
Kriteria:
- Jawaban benar minimal 75% pada kuis
- Diagram sistem tenaga lengkap dan sesuai saat presentasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif, diskusi kelas, video pembelajaran, kuis berbasis gambar/diagram sistem tenaga
|
Ceramah interaktif, diskusi kelas, video pembelajaran, kuis berbasis gambar/diagram sistem tenaga
|
Materi: komponen sistem pembangkitan, transmisi, distribusi Pustaka: Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip operasi normal dan gangguan dalam sistem tenaga serta konsekuensinya terhadap kestabilan sistem. |
- Mampu mengidentifikasi kondisi operasi normal dan kontingensi
- Mampu menjelaskan dampak gangguan terhadap tegangan dan frekuensi
|
Kriteria:
- Mampu menganalisis minimal 2 skenario operasi dengan akurasi ≥ 70%
- Laporan simulasi menunjukkan pemahaman konsekuensi gangguan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus, simulasi dasar menggunakan software (misal: ETAP/Simulink), diskusi berbasis problem solving
|
Studi kasus, simulasi dasar menggunakan software (misal: ETAP/Simulink), diskusi berbasis problem solving
|
Materi: prinsip operasi normal dan gangguan dalam sistem tenag Pustaka: Kundur, P. Power System Stability and Control. McGraw-Hill, 1994. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dasar pengendalian tegangan dan frekuensi dalam sistem tenaga. |
- Mampu menjelaskan perbedaan kendali primer, sekunder, tersier
- Mampu menyajikan skema blok kendali sistem tenaga
|
Kriteria:
- Hasil simulasi menunjukkan respons kendali yang benar pada gangguan beban
- Skema blok kendali sesuai teori minimal 80%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dengan studi simulasi (frekuensi dan tegangan), praktikum menggunakan Simulink, latihan soal kendali
|
|
Materi: prinsip dasar pengendalian tegangan dan frekuensi dalam sistem tenaga. Pustaka: Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi penerapan teknologi smart grid dan peran teknologi informasi dalam kendali sistem tenaga modern. |
- Mampu menyebutkan minimal 3 teknologi pendukung smart grid
- Mampu menjelaskan peran SCADA, IoT, dan komunikasi data dalam sistem tenaga
|
Kriteria:
- Presentasi kelompok memiliki struktur materi lengkap, minimal 75% isi benar
- Artikel review atau laporan literatur mengacu minimal 3 referensi ilmiah terbaru
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Presentasi kelompok, studi literatur, pemutaran video dokumenter smart grid, diskusi tentang tren teknologi
|
|
Materi: penerapan teknologi smart grid Pustaka: Grainger, J. J., & Stevenson, W. D. Power System Analysis. McGraw-Hill, 1994. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu merumuskan permasalahan dalam operasi dan kendali sistem tenaga berdasarkan studi literatur dan kondisi nyata di lapangan. |
- Mampu mengidentifikasi isu aktual pada sistem operasi atau kendali
- Mampu menyusun rumusan masalah secara sistematis
|
Kriteria:
- Rumusan masalah jelas, relevan, dan didukung minimal 3 referensi
- Presentasi atau laporan awal mendapat skor ≥75% dari aspek struktur dan kejelasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi literatur, diskusi kasus, observasi atau analisis studi kasus nyata dari sistem tenaga.
|
|
Materi: operasi dan kendali sistem tenaga berdasarkan studi literatur Pustaka: Grainger, J. J., & Stevenson, W. D. Power System Analysis. McGraw-Hill, 1994. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu merancang dan melakukan eksperimen atau simulasi untuk mengevaluasi performa sistem operasi dan kendali sistem tenaga. |
- Mampu merancang skema simulasi sesuai dengan permasalahan
- Mampu menjalankan eksperimen/simulasi dan mengumpulkan data relevan
|
Kriteria:
- Desain eksperimen/simulasi lengkap dan tepat ≥80%
- Hasil eksperimen terverifikasi, data valid dan konsisten
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Praktikum, proyek mini-simulasi (MATLAB/Simulink atau ETAP), studi laboratorium
|
Praktikum, proyek mini-simulasi (MATLAB/Simulink atau ETAP), studi laboratorium
|
Materi: erancang dan melakukan eksperimen atau simulasi untuk mengevaluasi performa sistem operasi dan kendali sistem tenaga. Pustaka: Wood, A. J., Wollenberg, B. F., & Sheblé, G. B. Power Generation, Operation and Control (3rd ed.). Wiley, 2013. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis hasil eksperimen atau simulasi dan menarik kesimpulan berdasarkan pendekatan teknik elektro yang relevan dan/atau multidisipliner. |
- Mampu membaca dan menginterpretasi hasil simulasi
- Mampu menarik kesimpulan berdasarkan data dan teori yang ada
|
Kriteria:
- Interpretasi data akurat dan logis (≥75%)
- Kesimpulan sesuai dengan tujuan eksperimen/simulasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Analisis data, diskusi kelompok, pengolahan hasil menggunakan tools numerik (Excel, MATLAB)
|
|
Materi: menganalisis hasil eksperimen atau simulasi dan menarik kesimpulan berdasarkan pendekatan teknik elektro Pustaka: Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
- |
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
-
|
|
Materi: - Pustaka: Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan laporan hasil eksperimen atau riset secara sistematis dan profesional. |
- Mampu menulis laporan sesuai struktur ilmiah
- Mampu menyampaikan presentasi yang jelas, runtut, dan argumentatif
|
Kriteria:
- Laporan lengkap dengan struktur IMRAD dan sitasi minimal 5 pustaka
- Presentasi mendapat nilai minimal 75% dari rubrik presentasi (konten, penyajian, argumentasi)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penulisan laporan, presentasi hasil eksperimen, peer-review, bimbingan proyek kecil
|
|
Materi: menyusun dan mempresentasikan laporan hasil eksperimen atau riset secara sistematis dan profesional. Pustaka: Kundur, P. Power System Stability and Control. McGraw-Hill, 1994. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menyusun kerangka laporan ilmiah berdasarkan hasil simulasi atau eksperimen sistem tenaga. |
Menyusun struktur laporan (pendahuluan, metodologi, hasil, dll.) |
Kriteria:
Struktur laporan sesuai format standar minimal 80% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan mandiri, bimbingan laporan, penulisan terstruktur
|
|
Materi: - Pustaka: Kundur, P. Power System Stability and Control. McGraw-Hill, 1994. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan data hasil simulasi atau eksperimen ke dalam laporan secara logis dan terstruktur. |
Data diinterpretasikan dengan grafik/tabel |
Kriteria:
Minimal 75% grafik/tabel digunakan tepat dan dijelaskan secara ilmiah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Latihan analisis hasil, diskusi kelompok, praktik pengolahan data
|
|
Materi: - Pustaka: Elgerd, O. I. Electric Energy Systems Theory: An Introduction. McGraw-Hill, 1982. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menulis simpulan dan saran berbasis hasil eksperimen serta literatur pendukung. |
Simpulan menjawab tujuan |
Kriteria:
Simpulan logis dan konsisten ≥75% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan menulis simpulan dan saran, diskusi kelompok, peer review
|
|
Materi: - Pustaka: Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mengutip dan menyusun referensi ilmiah sesuai standar sitasi (IEEE/APA). |
Mampu menulis kutipan langsung dan tidak langsung |
Kriteria:
Minimal 5 referensi dikutip dan ditulis dengan format benar ≥80% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pelatihan penulisan kutipan dan daftar pustaka, penggunaan tools (Mendeley/Zotero)
|
|
Materi: - Pustaka: Wood, A. J., Wollenberg, B. F., & Sheblé, G. B. Power Generation, Operation and Control (3rd ed.). Wiley, 2013. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil laporan dengan bahasa teknis yang sistematis dan komunikatif. |
Menjelaskan tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan |
Kriteria:
Minimal 75% poin presentasi dijelaskan jelas dan terstruktur Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi kelompok, diskusi kelas, simulasi seminar
|
Presentasi kelompok, diskusi kelas, simulasi seminar
|
Materi: - Pustaka: Automatic Control System, Benjamin C. Kuo |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu bekerja dalam tim untuk menyusun laporan dan menyampaikan hasilnya secara kolaboratif. |
Membagi tugas secara adil dalam kelompok |
Kriteria:
Semua anggota berkontribusi aktif (dilihat dari logbook/tanda tangan kontribusi) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Proyek kelompok, presentasi bersama, refleksi tim
|
|
Materi: - Pustaka: Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
- |
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
-
|
|
Materi: - Pustaka: Elgerd, O. I. Electric Energy Systems Theory: An Introduction. McGraw-Hill, 1982. |
20% |