
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Administrasi Negara
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
TEORI ADMINSTRASI DAN PELAYANAN PUBLIK |
6330103081 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
29 Oktober 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Gading Gamaputra, S.AP, MPA
|
Dr. Haryo Kunto Wibisono, S.AP, M.aP
|
WENI ROSDIANA |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai konsep kebijakan, tata kelola kepegawaian dan implementasi regulasi serta melakukan pengawasan dan pengendalian pembangunan sektor publik. |
PLO-9 |
Mampu menyusun berbagai alternatif solusi di bidang kebijakan , tata kelola kepegawaian dan pembangunan sektor publik dan mengembangkan etika pelayanan publik. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar administrasi publik, termasuk perkembangan teori administrasi publik klasik dan modern.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip manajemen pelayanan publik dan mengidentifikasi peran pemerintah serta sektor publik dalam menyediakan layanan bagi masyarakat.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis konsep kualitas layanan dan indikator kepuasan masyarakat, serta menerapkan teori dalam pengukuran kinerja layanan publik.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis permasalahan dalam administrasi publik dan menyusun solusi untuk meningkatkan efektivitas serta efisiensi pelayanan publik.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu merancang dan melakukan survei kepuasan masyarakat, menginterpretasikan data, dan menghasilkan laporan evaluasi kinerja layanan publik.
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu bekerja dalam kelompok untuk menyusun laporan kinerja dan kualitas layanan publik yang responsif dan inklusif terhadap kebutuhan masyarakat.
|
PO - 7 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil analisis terkait administrasi publik dan pelayanan publik, serta mengkomunikasikan rekomendasi peningkatan layanan secara profesional.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | ✔ | | | PO-2 | ✔ | ✔ | | | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-6 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-7 | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas konsep, teori, dan praktik administrasi publik serta pelayanan publik. Fokus utama adalah pada pemahaman teori-teori klasik dan modern administrasi publik serta penerapan teori tersebut dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Wilson, Woodrow. “The Study of Administration.” Political Science Quarterly 2, no. 2 (1887): 197–222. https://doi.org/10.2307/2139277.
- Fry, B., & Raadschelders, J. (2014). Mastering public administration. SAGE Publications, Ltd, https://doi.org/10.4135/9781506374529
- Kumorotomo, Wahyudi dan Lele, Gabriel. 2023. Tinjauan Studi Manajemen dan Kebijakan Publik di Indonesia: Menegaskan Identitas dan Meneguhkan Relevansi. UGM Press
|
Pendukung : |
|
- Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
- Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2015). The New Public Service: Serving, Not Steering. New York: Routledge.
- PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT UNIT PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK
|
Dosen Pengampu
|
PRASETYO ISBANDONO DIAN ARLUPI UTAMI YUNI LESTARI HARYO KUNTO WIBISONO GADING GAMAPUTRA YUYUN EKA KARTIKA SARI MUHAMMAD KHAIRUL ANWAR Dr. Prasetyo Isbandono, S.Sos., M.Si. Dr. Prasetyo Isbandono, S.Sos., M.Si. Dr. Haryo Kunto Wibisono, S.AP., M.AP. Dr. Haryo Kunto Wibisono, S.AP., M.AP. Yuni Lestari, S.AP., M.AP. Yuni Lestari, S.AP., M.AP. Gading Gamaputra, S.AP., MPA. Gading Gamaputra, S.AP., MPA. Dr. Haryo Kunto Wibisono, S.AP., M.AP. Dian Arlupi Utami, S.Sos., M.AP. Dian Arlupi Utami, S.Sos., M.AP. Yuyun Eka Kartika Sari, S.Sos., MPA. Yuyun Eka Kartika Sari, S.Sos., MPA. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami Teori Administrasi Publik |
Mengenal dasar teori administrasi publik |
Kriteria:
memahami teori administrasi publik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
pemaparan teori administrasi publik 2x 50 |
|
Materi: teori administrasi publik Pustaka: Wilson, Woodrow. “The Study of Administration.” Political Science Quarterly 2, no. 2 (1887): 197–222. https://doi.org/....... |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memahami evolusi konsep administrasi publik dari masa ke masa |
Memahami evolusi konsep administrasi publik |
Kriteria:
perkembangan konsep administrasi publik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab 3 x 50‘ |
|
Materi: evolusi konsep administrasi publik Pustaka: Materi: evolusi konsep administrasi publik Pustaka: Wilson, Woodrow. “The Study of Administration.” Political Science Quarterly 2, no. 2 (1887): 197–222. https://doi.org/.... |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami definisi, ruang lingkup, dan tujuan manajemen publik dalam organisasi pemerintah |
memahami definisi, ruang lingkup, dan tujuan manajemen publik dalam organisasi pemerintah |
Kriteria:
manajemen publik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
3 x 50 |
|
Materi: manajemen publik Pustaka: Materi: manajemen publik Pustaka: Fry, B., & Raadschelders, J. (2014). Mastering public administration. SAGE Publications, Ltd, https://doi.org/... |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa memahami fungsi dan proses dalam manajemen publik, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian |
memahami fungsi dan proses dalam manajemen publik, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian |
Kriteria:
evaluasi manajamen publik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab 3 x 50‘ |
|
Materi: perencanaan manajemen publik Pustaka: Kumorotomo, Wahyudi dan Lele, Gabriel. 2023. Tinjauan Studi Manajemen dan Kebijakan Publik di Indonesia: Menegaskan Identitas dan Meneguhkan Relevansi. UGM Press |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat memahami konsep governance dan pentingnya partisipasi dalam administrasi publik modern |
memahami konsep governance dan pentingnya partisipasi dalam administrasi publik modern |
Kriteria:
partisipasi publik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
3x 50 menit |
|
Materi: governance dan partisipasi warga Pustaka: Materi: governance dan partisipasi warga Pustaka: Fry, B., & Raadschelders, J. (2014). Mastering public administration. SAGE Publications, Ltd, https://doi.org/... |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mengenal berbagai teori dan pendekatan dalam manajemen publik, termasuk pendekatan birokrasi, NPM, dan New Public Governance |
mengenal berbagai teori dan pendekatan dalam manajemen publik, termasuk pendekatan birokrasi, NPM, dan New Public Governance |
Kriteria:
pendekatan manajemen publik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
pemaparan paradigma dalam manajemen publik, termasuk pendekatan birokrasi, NPM, dan New Public Governance 2x 50 |
|
Materi: new public governance sebagai paradigma layanan publik Pustaka: Materi: new public governance sebagai paradigma layanan publik Pustaka: Kumorotomo, Wahyudi dan Lele, Gabriel. 2023. Tinjauan Studi Manajemen dan Kebijakan Publik di Indonesia: Menegaskan Identitas dan Meneguhkan Relevansi. UGM Press |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa memahami konsep manajemen kinerja dalam sektor publik, termasuk pengukuran dan evaluasi kinerja |
memahami konsep manajemen kinerja dalam sektor publik, termasuk pengukuran dan evaluasi kinerja |
Kriteria:
manajemen kinerja sektor publik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Kelompok 3 x 50‘ |
|
Materi: manajemen kinerja organisasi publik Pustaka: Materi: manajemen kinerja organisasi publik Pustaka: Kumorotomo, Wahyudi dan Lele, Gabriel. 2023. Tinjauan Studi Manajemen dan Kebijakan Publik di Indonesia: Menegaskan Identitas dan Meneguhkan Relevansi. UGM Press |
3% |
8
Minggu ke 8 |
evaluasi tengah semester |
penilaian berdasarkan pengetahuan dasar teori administrasi |
Kriteria:
Ujian Tengah Semester Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian tengah semester
|
|
Materi: pertemuan 1-7 Pustaka: |
15% |
9
Minggu ke 9 |
- Mahasiswa mampu memahami pentingnya identifikasi kinerja pelayanan dan indikator kinerja pelayanan di berbagai sektor
- Mahasiswa mampu menganalisis studi kasus mengenai kualitas layanan di instansi publik
|
- mampu memahami pentingnya identifikasi kinerja pelayanan dan indikator kinerja pelayanan di berbagai sektor
- mampu menganalisis studi kasus mengenai kualitas layanan di instansi publik
|
Kriteria:
indikator kinerja pelayanan publik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab 3 x 50‘ |
|
Materi: kualitas layanan publik Pustaka: Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2015). The New Public Service: Serving, Not Steering. New York: Routledge. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
- Mahasiswa mampu memahami pentingnya identifikasi kinerja pelayanan dan indikator kinerja pelayanan di berbagai sektor
- Mahasiswa mampu menganalisis studi kasus mengenai kualitas layanan di instansi publik
|
- memahami pentingnya identifikasi kinerja pelayanan dan indikator kinerja pelayanan di berbagai sektor
- menganalisis studi kasus mengenai kualitas layanan di instansi publik
|
Kriteria:
identifikasi kinerja layanan publik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
90 |
|
Materi: indeks kepuasan masyarakat Pustaka: Materi: indeks kepuasan masyarakat Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT UNIT PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu merancang praktikum evaluasi kinerja layanan menggunakan metode yang dipelajari |
merancang praktikum evaluasi kinerja layanan menggunakan metode yang dipelajari |
Kriteria:
rancangan evaluasi kinerja layanan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab 3 x 50‘ |
|
Materi: pengukuran kualitas layanan publik dari organisasi Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT UNIT PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami studi kasus mengenai kualitas layanan di instansi publik |
memahami studi kasus mengenai kualitas layanan di instansi publik |
Kriteria:
kualitas layanan publik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab 3 x 50‘ |
|
Materi: pengukuran kualitas layanan publik dari organisasi Pustaka: Materi: pengukuran kualitas layanan publik dari organisasi Pustaka: Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2015). The New Public Service: Serving, Not Steering. New York: Routledge. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa bisa mendemonstrasikan cara melakukan evaluasi kinerja layanan menggunakan metode yang dipelajari |
mendemonstrasikan cara melakukan evaluasi kinerja layanan menggunakan metode yang dipelajari |
Kriteria:
evaluasi kinerja layanan publik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab 3 x 50‘ |
|
Materi: pengukuran kinerja layanan Pustaka: Materi: pengukuran kinerja layanan Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT UNIT PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa bisa melakukan penyusunan draf laporan evaluasi kinerja dan kualitas layanan |
melakukan penyusunan draf laporan evaluasi kinerja dan kualitas layanan |
Kriteria:
draft laporan yang sistematik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
3 x 50 |
|
Materi: evaluasi layanan publik Pustaka: Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2015). The New Public Service: Serving, Not Steering. New York: Routledge. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiwa mampu mempresentasi kelompok mengenai laporan kinerja dan kualitas layanan |
mempresentasi kelompok mengenai laporan kinerja dan kualitas layanan |
Kriteria:
kinerja organisasi publik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab 3 x 50‘ |
|
Materi: laporan kinerja organisasi publik Pustaka: Materi: laporan kinerja organisasi publik Pustaka: Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2015). The New Public Service: Serving, Not Steering. New York: Routledge. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Evaluasi akhir semester |
hasil projek IKM |
Kriteria:
kesesuaian IKM Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ujian Akhir Semester
|
|
Materi: pertemuan 1-16 Pustaka: |
30% |