Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Research Methods for ELT

8820303339

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

24 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




HIMMAWAN ADI NUGROHO

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menunjukkan keterampilan presentasi tertulis, visual dan lisan untuk mengkomunikasikan pengetahuan yang berhubungan dengan bahasa Inggris

PLO-6

Mendemonstrasikan kompetensi lisan dan tulis yang setara dengan level B2 CEFR.

PLO-7

Menunjukkan pemahaman yang baik tentang konsep pembelajaran bahasa Inggris dari perspektif nasional dan global.

PLO-8

Menerapkan konsep linguistik terapan dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

PLO-9

Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran Bahasa Inggris secara efektif dan kreatif.

PLO-10

Melakukan penelitian dan pengkajian pembelajaran Bahasa Inggris.

PLO-11

Menciptakan produk terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan prinsip-prinsip etika akademik dalam merancang penelitian ELT (C3)

PO - 2

Menganalisis karakteristik penelitian ELT yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan pendidikan (C4)

PO - 3

Mengevaluasi berbagai metode penelitian ELT berdasarkan standar keilmuan (C5)

PO - 4

Menciptakan proposal penelitian ELT yang kreatif dan sistematis (C6)

PO - 5

Menerapkan konsep linguistik terapan dalam merancang instrumen penelitian ELT (C3)

PO - 6

Menganalisis data penelitian ELT menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (C4)

PO - 7

Mengevaluasi temuan penelitian ELT berdasarkan kriteria validitas dan reliabilitas (C5)

PO - 8

Menciptakan laporan penelitian ELT yang efektif dan sesuai standar akademik (C6)

PO - 9

Menerapkan prinsip kolaborasi dalam melakukan penelitian ELT (C3)

PO - 10

Menganalisis tren terkini dalam penelitian ELT dari perspektif nasional dan global (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8PLO-9PLO-10PLO-11
PO-1          
PO-2          
PO-3          
PO-4          
PO-5          
PO-6          
PO-7          
PO-8         
PO-9          
PO-10          

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Research Methods For Elt merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian di bidang Pengajaran Bahasa Inggris (ELT). Mata kuliah ini mencakup berbagai metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan campuran, serta teknik pengumpulan dan analisis data yang relevan dengan konteks ELT. Mahasiswa akan mempelajari langkah-langkah penyusunan proposal penelitian, etika penelitian, dan cara menyajikan hasil penelitian secara akademis. Ruang lingkup mata kuliah meliputi pengenalan paradigma penelitian, identifikasi masalah penelitian, perumusan pertanyaan dan hipotesis penelitian, pemilihan metode yang sesuai, serta penulisan laporan penelitian. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip penelitian ilmiah untuk mengembangkan praktik pengajaran bahasa Inggris yang berbasis bukti.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

LIES AMIN LESTARI

FAURIS ZUHRI

WIWIET EVA SAVITRI

NUR CHAKIM

SYAFI'UL ANAM

MUHAIMIN ABDULLAH

Syafi'ul Anam, Ph.D.

Syafi'ul Anam, Ph.D.

Dr. Muhaimin Abdullah, S.Pd., M.Pd.

Dr. Muhaimin Abdullah, S.Pd., M.Pd.

Nur Chakim, S.Pd., M.Pd.

Nur Chakim, S.Pd., M.Pd.

Dr. Wiwiet Eva Savitri, S.Pd., M.Pd.

Dr. Wiwiet Eva Savitri, S.Pd., M.Pd.

Prof. Dr. Hj. Lies Amin Lestari, M.A., M.Pd.

Prof. Dr. Hj. Lies Amin Lestari, M.A., M.Pd.

Fauris Zuhri, S.Pd., M.Hum.

Fauris Zuhri, S.Pd., M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan prinsip-prinsip etika akademik dalam merancang penelitian ELT.

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip etika akademik dalam penelitian ELT.
  2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi pelanggaran etika dalam penelitian ELT.
  3. Mahasiswa dapat merancang proposal penelitian ELT yang memenuhi prinsip etika akademik.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes


Materi: Pengertian etika akademik dalam penelitian, Prinsip-prinsip etika akademik (kejujuran, integritas, keadilan, tanggung jawab), Contoh pelanggaran etika dalam penelitian ELT, Langkah-langkah merancang penelitian yang etis
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

2

Minggu ke 2


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


10%

3

Minggu ke 3


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


10%

4

Minggu ke 4


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


10%

5

Minggu ke 5


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


0%

6

Minggu ke 6


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


10%

7

Minggu ke 7


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


10%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


10%

9

Minggu ke 9


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


0%

10

Minggu ke 10


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


10%

11

Minggu ke 11


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


10%

12

Minggu ke 12


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


10%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 45%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Tes 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.