
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Research Methods for ELT |
8820303339 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
24 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
HIMMAWAN ADI NUGROHO |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menunjukkan keterampilan presentasi tertulis, visual dan lisan untuk mengkomunikasikan pengetahuan yang berhubungan dengan bahasa Inggris |
PLO-6 |
Mendemonstrasikan kompetensi lisan dan tulis yang setara dengan level B2 CEFR. |
PLO-7 |
Menunjukkan pemahaman yang baik tentang konsep pembelajaran bahasa Inggris dari perspektif nasional dan global. |
PLO-8 |
Menerapkan konsep linguistik terapan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. |
PLO-9 |
Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran Bahasa Inggris secara efektif dan kreatif. |
PLO-10 |
Melakukan penelitian dan pengkajian pembelajaran Bahasa Inggris. |
PLO-11 |
Menciptakan produk terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan prinsip-prinsip etika akademik dalam merancang penelitian ELT (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis karakteristik penelitian ELT yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan pendidikan (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi berbagai metode penelitian ELT berdasarkan standar keilmuan (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan proposal penelitian ELT yang kreatif dan sistematis (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan konsep linguistik terapan dalam merancang instrumen penelitian ELT (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis data penelitian ELT menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi temuan penelitian ELT berdasarkan kriteria validitas dan reliabilitas (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan laporan penelitian ELT yang efektif dan sesuai standar akademik (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan prinsip kolaborasi dalam melakukan penelitian ELT (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis tren terkini dalam penelitian ELT dari perspektif nasional dan global (C4)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | ✔ | | PO-5 | | | | | | | | ✔ | | | | PO-6 | | | | | | | | | | ✔ | | PO-7 | | | | | | | | | | ✔ | | PO-8 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-9 | | | | ✔ | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | ✔ | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Research Methods For Elt merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian di bidang Pengajaran Bahasa Inggris (ELT). Mata kuliah ini mencakup berbagai metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan campuran, serta teknik pengumpulan dan analisis data yang relevan dengan konteks ELT. Mahasiswa akan mempelajari langkah-langkah penyusunan proposal penelitian, etika penelitian, dan cara menyajikan hasil penelitian secara akademis. Ruang lingkup mata kuliah meliputi pengenalan paradigma penelitian, identifikasi masalah penelitian, perumusan pertanyaan dan hipotesis penelitian, pemilihan metode yang sesuai, serta penulisan laporan penelitian. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip penelitian ilmiah untuk mengembangkan praktik pengajaran bahasa Inggris yang berbasis bukti. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
LIES AMIN LESTARI FAURIS ZUHRI WIWIET EVA SAVITRI NUR CHAKIM SYAFI'UL ANAM MUHAIMIN ABDULLAH Syafi'ul Anam, Ph.D. Syafi'ul Anam, Ph.D. Dr. Muhaimin Abdullah, S.Pd., M.Pd. Dr. Muhaimin Abdullah, S.Pd., M.Pd. Nur Chakim, S.Pd., M.Pd. Nur Chakim, S.Pd., M.Pd. Dr. Wiwiet Eva Savitri, S.Pd., M.Pd. Dr. Wiwiet Eva Savitri, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Hj. Lies Amin Lestari, M.A., M.Pd. Prof. Dr. Hj. Lies Amin Lestari, M.A., M.Pd. Fauris Zuhri, S.Pd., M.Hum. Fauris Zuhri, S.Pd., M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan prinsip-prinsip etika akademik dalam merancang penelitian ELT. |
- Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip etika akademik dalam penelitian ELT.
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi pelanggaran etika dalam penelitian ELT.
- Mahasiswa dapat merancang proposal penelitian ELT yang memenuhi prinsip etika akademik.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
|
|
Materi: Pengertian etika akademik dalam penelitian, Prinsip-prinsip etika akademik (kejujuran, integritas, keadilan, tanggung jawab), Contoh pelanggaran etika dalam penelitian ELT, Langkah-langkah merancang penelitian yang etis Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
2
Minggu ke 2 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
|
10% |
3
Minggu ke 3 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
|
10% |
4
Minggu ke 4 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
|
10% |
5
Minggu ke 5 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
|
10% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
|
10% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
10% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
10% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
10% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |