
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Manajemen Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Desain dan Sistem Pembelajaran Manajemen Pendidikan* |
8603102950 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
2 |
17 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Nunuk Hariyati, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mengembangkan teori/konsepsi/gagasan baru substansi Manajemen Pendidikan melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah. |
PLO-9 |
Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, paragogik, heutagogik) pada manajemen pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik bidang manajemen pendidikan secara efektif (Pendidik/dosen) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan pengetahuan untuk menjawab tiga pertanyaan keilmuan (ontologi, epistemologi, aksiologi, dan metodologi) atas Pendidikan Dasar sehingga memperoleh pemahaman yang komprehensif.
|
PO - 2 |
Mengubah paradigma berpikir yang selama ini ada untuk membantu memecahkan secara mendalam (melalui pendekatan inter atau multidisipliner) setiap permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya permasalahan terkait pendidikan dasar di Indonesia.
|
PO - 3 |
Mengembangkan nalar yang benar dan komprehensif serta memanfaatkan logika ontologi mengenai ilmu pendidikan dasar dalam memperoleh pemahaman keilmuan (epistemologi) untuk kebijaksanaan atau kemaslahatan umat manusia (nilai aksiologi).
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-9 | PO-1 | | | | | | | PO-2 | | | | | | | PO-3 | | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memperdalam pemahaman tentang pendekatan umum filsafat pendidikan, filsafat pendidikan dasar, dan konseptualisasi serta isu-isu yang lebih mendalam dan luas yang melibatkan ilmu, teknologi, dan masyarakat. Selain itu, mata kuliah ini dirancang untuk mengevaluasi dengan mendalam tentang ontologi, epistemologi, aksiologi, dan metodologi pendidikan, karakteristik dan hakikat pendidikan dasar sebagai wahana untuk memperluas visi calon doktor sehingga dapat menjadi pemicu kemampuan berfikir reflektif dan berfikir kritis dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pendidikan serta keterkaitannya dengan teknologi dan masyarakat. Pembelajaran dilaksanakan berbasis kasus yang relevan dengan pembahasan. Penilaian dengan penilaian partisipatif, penugasan, dan tes. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Lone, J. M., & Burroughs, M. D. (2016). Philosophy in education: Questioning and dialogue in schools . Rowman & Littlefield.
- Noddings, N. (2018). Philosophy of education . Routledge.
- OConnor, D. J. (2016). An introduction to the philosophy of education . Routledge.
- Smeyers, P. (Ed.). (2018). International handbook of philosophy of education . Springer.
- Richard Pring. 2005. Phylosophy of Education. London: Continuum
- Dearden, R. F. (2011). The philosophy of primary education: An introduction (Vol. 11). Routledge
- Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka
- Popper, Karl R. (1963). Science as Falsification. The following excerpt was originally published in Conjectures and Refutations. Tersedia: https://staff.washington.edu/lynnhank/Popper-1.pdf .
- Kuhn, T.S. (1997). The structure of scientific revolutions (3rd ed.). Chicago, IL: University of Chicago Press.
- Ki Hadjar Dewantara (1977). Pendidikan. Persatuan Taman Siswa.
- Ki Hadjar Dewantara (1977). Kebudayaan. Persatuan Taman Siswa.
- R.A. Kartini. (2009). Habis Gelap Terbitlah Terang RA Kartini Terjemahan Armijn Pane. Jakarta: Balai Pustaka.
- Mochamad Nursalim, dkk (2024) Filsafat Ilmu, Memahami hakekat ilmu Pengetahuan dan metode Ilmiah, Nganjuk. Dewa Publishing.
- Nursalim, Mochamad .dkk. , 2023. Educational Philosophy: Reflections On The Teacher's Personality In The Story Of The Prophet Ibrahim As In The Qur'an. Continuous Education: Journal of Science and Research 4 (3), 23- 36
- Mochamad Nursalim, dkk (2023)Membingkai ilmu dengan filsafat. Surabaya: Yayasan Giri Prapanca Loka.
|
Pendukung : |
|
- Moser, P. K. (Ed.). (2002). The Oxford handbook of epistemology. Oxford university press.
- Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
- Rukiyati & Purwastuti. 2015. Mengenal Filsafat Pendidikan. UNY Press
- Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208.
- Suryanti, S., Widodo, W. and Yermiandhoko, Y. 2021. Gadget-Based Interactive Multimedia on Socio-Scientific Issues to Improve Elementary Students’ Science Literacy. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM). 15, 01 (Jan. 2021), pp. 56–69. DOI:https://doi.org/10.3991/ijim.v15i01.13675.
- Sari, D.A.P, Widodo, W., Rosdiana, L., Sari, D.P, Aulia, E.V. (2023). H5P Based Learning Media to Reinforce Pre-Service Science Teachers’ Critical Thinking Skills: Development and Validation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 10689–10697. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.5452.
- Berbagai produk hukum terkait kebijakan pendidikan di Indonesia (UU Sisdiknas, UU Guru dan Dosen, PP ttg SNPT, Peraturan terkait kurikulum
- Nursalim, Mochamad .dkk. , 2023. Implications Of The Theory Of Coherence, Correspondence And Pragmatism Of Truth For Education. Education Achievement: Journal of Science and Research, 87- 95
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Dra. Gunarti Dwi Lestari, M.Si. Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si. Prof. Dr. Suryanti, M.Pd. Dr. Sjafiatul Mardliyah, S.Sos., M.A. Dr. Hitta Alfi Muhimmah, M.Pd. Dr. Mufarrihul Hazin, S.Pd.I., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menganalisis ilmu pendidikan secara komprehensif (mendalam dan meluas), yang menjawab 3 pertanyaan keilmuan (ontologi, epistemologi, aksiologi). |
- 1. Mendeskripsikan penalaran
- 2. Menganalisis logika
- 3. Menjabarkan pengertian pengetahuan
- 4. Menganalisis sumber pengetahuan ilmiah
- 5. Menganalisis epistemology
- 6. Menganalisis aksiologi
|
Kriteria:
Setiap kontribusi dihargai, partisipasi pada penetuan kasus, analisis, diskusi kasuss. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Tanya jawab socrates terkait ontologi, epistemologi, aksiologi ilmu pengetahuan. 3 X 50 |
Async. mempelajari bahan bacaan mengenai Dasar Filsafat (Ontologi, epistemologi, aksiologi, dan metodologi), menganalisis kasus ontologi epistemologi ilmu sesuai pada artikel, mengunggah hasilnya di SIDIA. 3 x 50 |
Materi: Ontologi, epistemologi, aksiologi ilmu pengetahuan Pustaka: Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Materi: Ontologi, epistemologi, aksiologi ilmu pengetahuan Pustaka: Lone, J. M., & Burroughs, M. D. (2016). Philosophy in education: Questioning and dialogue in schools . Rowman & Littlefield. Materi: Ontologi, epistemologi, aksiologi ilmu pengetahuan Pustaka: OConnor, D. J. (2016). An introduction to the philosophy of education . Routledge. Materi: contoh kinerja epistemologi dalam penelitian Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208. Materi: bahan evaluasi ontologi, epistemologi, dan aksiologi dalam penelitian Pustaka: Suryanti, S., Widodo, W. and Yermiandhoko, Y. 2021. Gadget-Based Interactive Multimedia on Socio-Scientific Issues to Improve Elementary Students’ Science Literacy. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM). 15, 01 (Jan. 2021), pp. 56–69. DOI:https://doi.org/.... Materi: bahan evaluasi ontologi, epistemologi, dan aksiologi dalam penelitian Pustaka: Sari, D.A.P, Widodo, W., Rosdiana, L., Sari, D.P, Aulia, E.V. (2023). H5P Based Learning Media to Reinforce Pre-Service Science Teachers’ Critical Thinking Skills: Development and Validation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 10689–10697. https://doi.org/.... |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis dasar-dasar ilmu pengetahuan pendidikan dasar |
- Mendeskripsikan ontology pendidikan dasar
- Menganalisis epistemology pendidikan dasar
- Menganalisis aksionlogi Pendidikan dasar
- Menjelaskan berbagai aliran filsafat pendidikan
- Merumuskan pohon ilmu pendidikan dasar
|
Kriteria:
Setiap kontribusi dihargai dan logika yang dibangun terhadap analisis kasus (case based): kemampuan presentasi, merespon, bertanya, menjawab, berargumentasi, memberikan ide, pendapat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Tanya jawab socrates terkait ontologi, epistemologi, aksiologi ilmu pengetahuan pada pendidikan dasar 3 X 50 |
Async. mempelajari bahan bacaan mengenai Dasar Filsafat (Ontologi, epistemologi, aksiologi, dan metodologi) dan filsafat pendidikan. Case based: mengkaji kasus-kasus yang perlu didiskusikan terkait ontologi, epistemologi, aksiologi ilmu pengetahuan pada pendidikan dasar, dan mengunggah hasilnya di SIDIA. 3 x 50 |
Materi: Ontologi, epistemologi, aksiologi ilmu pengetahuan Pustaka: Lone, J. M., & Burroughs, M. D. (2016). Philosophy in education: Questioning and dialogue in schools . Rowman & Littlefield. Materi: Ontologi, epistemologi, aksiologi ilmu pengetahuan Pustaka: OConnor, D. J. (2016). An introduction to the philosophy of education . Routledge. Materi: Filsafat pendidikan Pustaka: Richard Pring. 2005. Phylosophy of Education. London: Continuum Materi: FIlsafat pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka |
8% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis dasar-dasar ilmu pengetahuan pendidikan dasar |
- Mendeskripsikan ontology pendidikan dasar
- Menganalisis epistemology pendidikan dasar
- Menganalisis aksionlogi Pendidikan dasar
- Menjelaskan berbagai aliran filsafat pendidikan
- Merumuskan pohon ilmu pendidikan dasar
|
Kriteria:
Setiap kontribusi dihargai dan logika yang dibangun terhadap analisis kasus (case based): kemampuan presentasi, merespon, bertanya, menjawab, berargumentasi, memberikan ide, pendapat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Tanya jawab socrates terkait hasil analisis kasus implementasi ontologi, epistemologi, aksiologi ilmu pengetahuan pada pendidikan dasar 3 X 50 |
Async. mempelajari bahan bacaan mengenai Dasar Filsafat (Ontologi, epistemologi, aksiologi, dan metodologi) dan filsafat pendidikan. Case based: mengkaji kasus-kasus yang perlu didiskusikan terkait terkait ontologi, epistemologi, aksiologi ilmu pengetahuan pada pendidikan dasar, mengunggah hasil kajian di SIDIA 3 x 50 |
Materi: Ontologi, epistemologi, aksiologi ilmu pengetahuan Pustaka: Lone, J. M., & Burroughs, M. D. (2016). Philosophy in education: Questioning and dialogue in schools . Rowman & Littlefield. Materi: Ontologi, epistemologi, aksiologi ilmu pengetahuan Pustaka: OConnor, D. J. (2016). An introduction to the philosophy of education . Routledge. Materi: Filsafat pendidikan Pustaka: Richard Pring. 2005. Phylosophy of Education. London: Continuum Materi: Filsafat pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka |
8% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis ontology pendidikan dasar |
- Menganalisis Plato pandangan tentang utopia dan republic
- Menjelaskan struktur pendidikan dan sosial menurut Karl Marx dan Marxism
- Menjelaskan pandangan tentang negara dan pendidikan menurut Pancasila dan UUD ‘45
|
Kriteria:
PPT hasil analisis, kontribusi diskusi, hasil analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Hybrid flipped classroom berbantuan vinesa/SIDIA: mahasiswa melakukan kajian lebih dulu hasilnya diunggah di Vinesapresentasi dan diskusi secara hybrid (daring luring) atau luring secara penuh 3 X 50 |
Hybrid flipped classroom berbantuan vinesa/SIDIA: mahasiswa melakukan kajian lebih dulu hasilnya diunggah di Vinesa, presentasi dan diskusi secara hybrid (daring luring). Case based: mengkaji kasus-kasus yang perlu didiskusikan terkait pandangan negara tentang pendidikan dikaitkan dengan pandangan Plato dan Karl Marx 3 x 50 |
Materi: Filsafat pendidikan Pustaka: Richard Pring. 2005. Phylosophy of Education. London: Continuum Materi: 1. Utopia, republic 2. Structure educationand society Pustaka: Noddings, N. (2018). Philosophy of education . Routledge. |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Membuat kajian 4 prinsip dasar (filosofis, sosiologis-antropologis, psikologis, dan pedagogis) dari pendidikan dasar. |
- Menganalisis ide tentang pendidikan person
- Menganalisis ide tentang pendidikan: liberal (pengembangan pola pikir) atau vokasional?
|
Kriteria:
PPT hasil analisis, kontribusi diskusi, hasil analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Hybrid flipped classroom berbantuan vinesa/SIDIA: mahasiswa melakukan kajian lebih dulu hasilnya diunggah di Vinesapresentasi dan diskusi secara hybrid (daring luring) atau luring secara penuh
Educating persons (Pring), kaitkan dengan UU Sisdiknas dan lainnya
The aim of education: liberal or vocational? (Pring) Kaitkan dengan UU Sisdiknas dan yang lain 3 X 50 |
Hybrid flipped classroom berbantuan vinesa/SIDIA
case based: mahasiswa mengkaji kasus-kasus yang perlu didiskusikan terkait tkonstruksi pengetahuan, makna, identitas, praktik pada pendidikan dasar hasilnya diunggah di Vinesa presentasi dan diskusi secara hybrid (daring luring) 3 x 50 |
Materi: Filsafat pendidikan Pustaka: Richard Pring. 2005. Phylosophy of Education. London: Continuum Materi: 1. Foucault: konstruksi pengetahuan, makna, identitas, dan praktik 2. Deleuze: potensi pedagogik untuk menciptakan konsep Pustaka: Noddings, N. (2018). Philosophy of education . Routledge. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran pendidikan dasar (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme). |
- Mengidentifikasi pengaruh aliran idealisme dalam pendidikan dasar
- Mengidentifikasi pengaruh aliran naturalisme dalam pendidikan dasar
- Mengidentifikasi pengaruh aliran rekonstruksionisme dalam pendidikan dasar
- Mengidentifikasi pengaruh aliran eksistensialisme dalam pendidikan dasar
- Mengidentifikasi pengaruh aliran perenialisme dalam pendidikan dasar
- Mengidentifikasi pengaruh aliran esensialisme dalam pendidikan dasar
- Mengidentifikasi pengaruh aliran realisme dalam pendidikan dasar
- Mengidentifikasi pengaruh aliran pragmatisme
- Memberikan ide tentang ilmu Pendidikan dasar
|
Kriteria:
PPT hasil analisis, kontribusi diskusi, hasil analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Presentasi dan diskusi dengan Hybrid flipped classroom berbantuan vinesa/SIDIA: mahasiswa melakukan kajian lebih dulu hasilnya diunggah di Vinesa, dilanjutkan presentasi dan diskusi secara hybrid (daring luring), terkait berbagai filsafat yang mempengaruhi pendidikan di Indonesia dan bagaimana pohon ilmu pendidikan dasar 3 X 50 |
Presentasi dan diskusi dengan Hybrid flipped classroom berbantuan vinesa/SIDIA: mahasiswa melakukan kajian lebih dulu hasilnya diunggah di Vinesa, dilanjutkan presentasi dan diskusi secara hybrid (daring luring) 3 x 50 |
Materi: filsafat pendidikan Pustaka: Rukiyati & Purwastuti. 2015. Mengenal Filsafat Pendidikan. UNY Press Materi: filsafat pendidikan Pustaka: OConnor, D. J. (2016). An introduction to the philosophy of education . Routledge. Materi: aliran dan filsafat pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran pendidikan dasar (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme). |
- Mengidentifikasi pengaruh aliran idealisme dalam pendidikan dasar
- Mengidentifikasi pengaruh aliran naturalisme dalam pendidikan dasar
- Mengidentifikasi pengaruh aliran rekonstruksionisme dalam pendidikan dasar
- Mengidentifikasi pengaruh aliran eksistensialisme dalam pendidikan dasar
- Mengidentifikasi pengaruh aliran perenialisme dalam pendidikan dasar
- Mengidentifikasi pengaruh aliran esensialisme dalam pendidikan dasar
- Mengidentifikasi pengaruh aliran realisme dalam pendidikan dasar
- Mengidentifikasi pengaruh aliran pragmatisme
- Mengevaluasi ide pohon keilmuan pendidikan dasar
|
Kriteria:
PPT hasil analisis, kontribusi diskusi, hasil analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Presentasi dan diskusi dengan Hybrid flipped classroom berbantuan vinesa/SIDIA: mahasiswa melakukan kajian lebih dulu hasilnya diunggah di Vinesa, dilanjutkan presentasi dan diskusi secara hybrid (daring luring) terkait pengaruh aliran filsafat terhadap pendidikan di Indonesia dan diskusi pohon keilmuan pendidikan dasar 3 X 50 |
Presentasi dan diskusi dengan Hybrid flipped classroom berbantuan vinesa/SIDIA: mahasiswa melakukan kajian lebih dulu hasilnya diunggah di Vinesa, dilanjutkan presentasi dan diskusi secara hybrid (daring luring) 3 x 50 |
Materi: filsafat pendidikan Pustaka: Rukiyati & Purwastuti. 2015. Mengenal Filsafat Pendidikan. UNY Press Materi: filsafat pendidikan Pustaka: OConnor, D. J. (2016). An introduction to the philosophy of education . Routledge. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTSKemampuan Akhir: meliputi pertemuan 1-7 |
meliputi pertemuan 1-7 |
Kriteria:
- Kriteria utama:
- Demonstrasi kemampuan menuangkan pemikiran yang didukung argumentasi kuat.
- kemampuan presentasi, merespon, bertanya, menjawab, berargumentasi, memberikan ide, pendapat.
|
Tes 3 X 50 |
3 x 50‘ |
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mengevaluasi dasar filsafat pendidikan di Indonesia. |
- Mengevaluasi "metode pencarian kebenaran" dalam pendidikan dasar
- Mengevaluasi fals dualism (quan and qual) dalam pendidikand dasar
|
Kriteria:
kemampuan presentasi, merespon, bertanya, menjawab, berargumentasi, memberikan ide, pendapat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi KasusPresentasiDiskusi terkait Metodel ilmiah, paradigma, verifikasi dan falsifikasi (untuk falsifikasi, gunakan pandangan Karl Popper)
Bahas: Truth, knowledge and power (Pring)
Bahas: The ‘false dualism‘ of educational research (Pring) 3 X 50 |
Case based: mengkaji kasus-kasus yang nantinya didiskusikan terkait terkait ontologi, epistemologi, aksiologi ilmu pengetahuan pada pendidikan dasar 3 x 50‘ |
Materi: filsafat pendidikan Pustaka: Noddings, N. (2018). Philosophy of education . Routledge. Materi: filsafat pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka Materi: Dualisme yang keliru dalam penelitian pendidikan Pustaka: Richard Pring. 2005. Phylosophy of Education. London: Continuum |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mengevaluasi dasar filsafat pendidikan di Indonesia. |
- Menjelaskan Pancasila sebagai dasar filsafat pendidikan dasar di Indonesia
- Menganalisis keberhasilan implementasi Pancasila dalam dunia pendidikan dasar di Indonesia
- Membuat laporan hasil analisis keberhasilan implementasi Pancasila dalam dunia pendidikan dasar di Indonesia
- Menelaah landasan yuridis dan historis pendidikan dasar di Indonesia
- Menyusun konsep pendidikan dasar yang ideal di Indonesia sesuai dengan landasar yuridis, historis, dan nilai-nilai Pancasila
|
Kriteria:
kemampuan presentasi, merespon, bertanya, menjawab, berargumentasi, memberikan ide, pendapat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi Kasus Presentasi Diskusi terkait filsafat yang mendasari sistem dan praksis pendidikan di Indonesia. 3 X 50 |
Pengumpulan tugas dan diskusi daring di SIDIA. 3 x 50‘ |
Materi: filsafat dalam praksis pendidikan Pustaka: Lone, J. M., & Burroughs, M. D. (2016). Philosophy in education: Questioning and dialogue in schools . Rowman & Littlefield. Materi: filsafat dalam praksis pendidikan dasar Pustaka: Dearden, R. F. (2011). The philosophy of primary education: An introduction (Vol. 11). Routledge Materi: filsafat pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka Materi: untuk dianalisis Pustaka: Berbagai produk hukum terkait kebijakan pendidikan di Indonesia (UU Sisdiknas, UU Guru dan Dosen, PP ttg SNPT, Peraturan terkait kurikulum |
7% |
11
Minggu ke 11 |
Mengevaluasi dasar filsafat pendidikan di Indonesia. |
- Membuat klaim dan argumentasi terkait metodel ilmiah
- Membuat klaim dan argumentasi terkait paradigma
- Membuat klaim dan argumentasi terkait verifikasi dan falsifikasi
|
Kriteria:
kemampuan presentasi, merespon, bertanya, menjawab, berargumentasi, memberikan ide, pendapat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi KasusPresentasiDiskusi terkait metodel ilmiah, paradigma, verifikasi dan falsifikasi 3 X 50 |
Pengumpulan tugas dan diskusi di SIDIA 3 x 50‘ |
Materi: Filsafat pendidikan Pustaka: Richard Pring. 2005. Phylosophy of Education. London: Continuum Materi: Paradigma Pustaka: Kuhn, T.S. (1997). The structure of scientific revolutions (3rd ed.). Chicago, IL: University of Chicago Press. Materi: Falsifikasi Pustaka: Popper, Karl R. (1963). Science as Falsification. The following excerpt was originally published in Conjectures and Refutations. Tersedia: https://staff.washington.edu/... . Materi: Dianalisis untuk memperoleh gambaran paradigma dan fasifikasi dalam praksis Pustaka: Berbagai produk hukum terkait kebijakan pendidikan di Indonesia (UU Sisdiknas, UU Guru dan Dosen, PP ttg SNPT, Peraturan terkait kurikulum |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mengevaluasi dasar filsafat pendidikan di Indonesia. |
- Membuat argumentasi tentang kompleksitas penelitian tentang manusia
- Membuat argmentasi tentang kompleksitas dan kebenaran tentang penelitian pendidikan
|
Kriteria:
kemampuan presentasi, merespon, bertanya, menjawab, berargumentasi, memberikan ide, pendapat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi Kasus Presentasi Diskusi tentang Human Research and Complexity Theory dan Complexity and Truth in Educational Research 3 X 50 |
Hybrid flipped classroom berbantuan vinesa/SIDIA:
mahasiswa melakukan kajian lebih dulu hasilnya diunggah di Vinesapresentasi dan diskusi secara hybrid (daring luring) 3 x 50‘ |
Materi: filosofi pendidikan Pustaka: Dearden, R. F. (2011). The philosophy of primary education: An introduction (Vol. 11). Routledge Materi: kompleksitas epistemologi dalam pendidikan Pustaka: Moser, P. K. (Ed.). (2002). The Oxford handbook of epistemology. Oxford university press. |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Membuat kajian pemikiran para tokoh pendidikan di Indonesia |
memberikan ide disertai argumentasi Penerapan "pemikiran filsafat" di SD |
Kriteria:
kemampuan presentasi, merespon, bertanya, menjawab, berargumentasi, memberikan ide, pendapat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus, presentasi, diskusi tentang ide “pemikiran filsafat” diterapkan di Sekolah Dasar, sumber utama:
Philosophy in Elementary School 3 X 50 |
Hybrid flipped classroom berbantuan vinesa/SIDIA:
mahasiswa melakukan kajian lebih dulu hasilnya diunggah di Vinesapresentasi dan diskusi secara hybrid (daring luring) 3 x 50‘ |
Materi: filsafat di pendidikan dasar Pustaka: Dearden, R. F. (2011). The philosophy of primary education: An introduction (Vol. 11). Routledge Materi: Untuk dianalisis, termasuk berbagai penelitian lain yang relevan Pustaka: Berbagai produk hukum terkait kebijakan pendidikan di Indonesia (UU Sisdiknas, UU Guru dan Dosen, PP ttg SNPT, Peraturan terkait kurikulum Materi: praksis filsafat dalam pendidikan Pustaka: Lone, J. M., & Burroughs, M. D. (2016). Philosophy in education: Questioning and dialogue in schools . Rowman & Littlefield. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Membuat kajian pemikiran para tokoh pendidikan di Indonesia |
- Menyusun hasil chapter report tentang para tokoh bangsa yang kontribusi pemikirannya mempengaruhi pendidikan dasar di Indonesia
- Mempresentasikan hasil chapter report dengan lugas dan tegas dalam merespon audiences.
|
Kriteria:
kemampuan presentasi, merespon, bertanya, menjawab, berargumentasi, memberikan ide, pendapat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus, presentasi, diskusi pemikiran Ki Hajar Dewantara dan yang lain 3 X 50 |
Hybrid flipped classroom berbantuan vinesa/SIDIA:
mahasiswa melakukan kajian lebih dulu hasilnya diunggah di Vinesapresentasi dan diskusi secara hybrid (daring luring) 3 x 50‘ |
Materi: filsafat pendidikan Pustaka: Lone, J. M., & Burroughs, M. D. (2016). Philosophy in education: Questioning and dialogue in schools . Rowman & Littlefield. Materi: filsafat pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka Materi: Pemikiran KH Dewantara ttg pendidikan Pustaka: Ki Hadjar Dewantara (1977). Pendidikan. Persatuan Taman Siswa. Materi: Pemikiran KH Dewantara ttg kebudayaan Pustaka: Ki Hadjar Dewantara (1977). Kebudayaan. Persatuan Taman Siswa. Materi: Pemikiran RA Kartini ttg Pendidikan Pustaka: R.A. Kartini. (2009). Habis Gelap Terbitlah Terang RA Kartini Terjemahan Armijn Pane. Jakarta: Balai Pustaka. Materi: Analisis latar belakang pemikiran Pustaka: Berbagai produk hukum terkait kebijakan pendidikan di Indonesia (UU Sisdiknas, UU Guru dan Dosen, PP ttg SNPT, Peraturan terkait kurikulum |
6% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis bukti keterkaitan antara pendidikan dasar, teknologi, dan masyarakat. |
- Menganalisis sinergisme antara pendidikan dasar, teknologi, dan masyarakat.
- Menganalisis sinergisme antara pendidikan dasar, teknologi, dan masyarakat.
- Mensintesiskan hasil analisis sinergisme & keterkaitan antara pendidikan dasar, teknologi, dan masyarakat.
|
Kriteria:
kemampuan presentasi, merespon, bertanya, menjawab, berargumentasi, memberikan ide, pendapat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus, presentasi, diskusi 3 X 50 |
Hybrid flipped classroom berbantuan vinesa/SIDIA:
mahasiswa melakukan kajian lebih dulu hasilnya diunggah di Vinesapresentasi dan diskusi secara hybrid (daring luring) 3 x 50‘ |
Materi: tentang pendidikan Pustaka: Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka Materi: pendidikan di indonesia Pustaka: Rukiyati & Purwastuti. 2015. Mengenal Filsafat Pendidikan. UNY Press Materi: analisis inergisme & keterkaitan antara pendidikan dasar, teknologi, dan masyarakat. Pustaka: Berbagai produk hukum terkait kebijakan pendidikan di Indonesia (UU Sisdiknas, UU Guru dan Dosen, PP ttg SNPT, Peraturan terkait kurikulum Materi: analisis inergisme & keterkaitan antara pendidikan dasar, teknologi, dan masyarakat. Pustaka: Suryanti, S., Widodo, W. and Yermiandhoko, Y. 2021. Gadget-Based Interactive Multimedia on Socio-Scientific Issues to Improve Elementary Students’ Science Literacy. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM). 15, 01 (Jan. 2021), pp. 56–69. DOI:https://doi.org/.... Materi: analisis inergisme & keterkaitan antara pendidikan dasar, teknologi, dan masyarakat. Pustaka: Sari, D.A.P, Widodo, W., Rosdiana, L., Sari, D.P, Aulia, E.V. (2023). H5P Based Learning Media to Reinforce Pre-Service Science Teachers’ Critical Thinking Skills: Development and Validation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 10689–10697. https://doi.org/.... |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
merumuskan das solen pada salah satu aspek pendidikan dasar |
Kriteria:
Klaim , argumentasi, dukungan referensi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UAS: membuat rumusan dassolen dan dassein pada aspek tertentu pendidikan dasar yang akan menjadi ide awal penelitian distertasi mahasiswa. 3 x 50 |
UAS: membuat rumusan dassolen dan dassein pada aspek tertentu pendidikan dasar yang akan menjadi ide awal penelitian distertasi mahasiswa. 3 x 50 |
Materi: dassolen dan dassein pada aspek tertentu pendidikan Pustaka: Richard Pring. 2005. Phylosophy of Education. London: Continuum Materi: analisis kasus Pustaka: Berbagai produk hukum terkait kebijakan pendidikan di Indonesia (UU Sisdiknas, UU Guru dan Dosen, PP ttg SNPT, Peraturan terkait kurikulum Materi: contoh dassollen dan dassein Pustaka: Sari, D.A.P, Widodo, W., Rosdiana, L., Sari, D.P, Aulia, E.V. (2023). H5P Based Learning Media to Reinforce Pre-Service Science Teachers’ Critical Thinking Skills: Development and Validation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 10689–10697. https://doi.org/.... |
15% |