
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Psikopatologi Lintas Budaya |
7310103021 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
2 |
22 Mei 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Diana Rahmasari
|
.......................................
|
Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu menguasai prinsip- prinsip Iiterasi data, teknologi dan humanitas untuk pemecahan masalah manusia |
PLO-7 |
Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mengembangkan pemahaman tentang konsep-konsep psikopatologi dalam konteks budaya yang beragam.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dinamika pengaruh budaya terhadap gejala dan diagnosis gangguan psikologis.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis data kasus psikopatologi dengan mempertimbangkan aspek lintas budaya dan nilai-nilai lokal.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu merancang pendekatan intervensi berbasis budaya dengan mempertimbangkan prinsip humanitas dan teknologi.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi sistem klasifikasi gangguan mental (DSM, ICD, dan lokal) dalam konteks keberagaman budaya.
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu mengambil keputusan profesional berbasis kajian data dan nilai-nilai humaniora dalam menangani isu psikopatologi lintas budaya.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-5 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | ✔ | | | | PO-5 | | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas konsep dan fenomena psikopatologi dalam konteks lintas budaya. Mahasiswa akan mengeksplorasi bagaimana budaya memengaruhi persepsi, ekspresi, diagnosis, serta penanganan gangguan psikologis. Dengan pendekatan kritis dan interdisipliner, mata kuliah ini meninjau kesesuaian sistem klasifikasi gangguan mental seperti DSM dan ICD dalam berbagai latar budaya, serta mengkaji konsep gangguan yang bersifat budaya-spesifik (culture-bound syndromes). Mahasiswa juga akan diajak untuk memahami pentingnya sensitivitas budaya dalam asesmen klinis dan intervensi psikologis, serta mengembangkan kompetensi profesional dalam menghadapi keberagaman budaya dalam praktik psikologi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Berry, J. W., Poortinga, Y. H., Segall, M. H., & Dasen, P. R. (1992). Cross-cultural psychology: research and applications. Cambridge: Cambridge University Press.
- Shiraev, Eric B. & Levy, David A. (2010). Cross-cultural psychology: critical thinking and contemporary applications. Boston: Pearson Education.
- Matsumoto, David (Ed.) (2001) .The handbook of culture and psychology. New York: Oxford University Press.
|
Pendukung : |
|
- Kitayama, Shinobu & Cohen, Dov (2007). Handbook of cultural psychology. New York: The Guilford Press.
- Kim, U., Yang K-S., & Hwang K-K. (2006). Indigenous and Cultural Psychology Understanding People in Context. New York: Springer.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Diana Rahmasari, S.Psi., M.Si.,Psikolog. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami ruang lingkup dan urgensi psikopatologi lintas budaya. |
Pemahaman konsep |
Kriteria:
Kedalaman pemahaman materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pengantar kuliah dan kontrak belajar
|
|
Materi: Pengantar: Psikopatologi & Kebudayaan Pustaka: Berry, J. W., Poortinga, Y. H., Segall, M. H., & Dasen, P. R. (1992). Cross-cultural psychology: research and applications. Cambridge: Cambridge University Press. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa menjelaskan konsep dasar gangguan mental dalam pendekatan lintas budaya. |
Pemahaman konsep |
Kriteria:
Kedalaman pemahaman materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi interaktif
|
|
Materi: Sehat-mental & sakit jiwa dalam perspektif budaya Pustaka: Shiraev, Eric B. & Levy, David A. (2010). Cross-cultural psychology: critical thinking and contemporary applications. Boston: Pearson Education. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami kerangka biopsikososial dan ekologis dalam kajian lintas budaya. |
Pemahaman konsep |
Kriteria:
- Kedalaman pemahaman materi
- Partisipasi diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelas
|
|
Materi: Model pendekatan lintas budaya dalam psikopatologi Pustaka: Kitayama, Shinobu & Cohen, Dov (2007). Handbook of cultural psychology. New York: The Guilford Press. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mengidentifikasi pengaruh budaya terhadap klasifikasi dan diagnosis. |
Kemampuan identifikasi |
Kriteria:
- Ketepatan identifikasi
- Partisipasi diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi kelas
|
|
Materi: DSM-5, ICD-11 dan kritik lintas budaya Pustaka: Shiraev, Eric B. & Levy, David A. (2010). Cross-cultural psychology: critical thinking and contemporary applications. Boston: Pearson Education. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa membandingkan sindrom budaya (culture-bound syndromes). |
Pemahaman konsep |
Kriteria:
- Pemahaman konsep
- Partisipasi diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Penugasan
|
Materi: Sindrom khas budaya (Amok, Koro, Hikikomori, dll.) Pustaka: Kim, U., Yang K-S., & Hwang K-K. (2006). Indigenous and Cultural Psychology Understanding People in Context. New York: Springer. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mengeksplorasi faktor stigma dan persepsi masyarakat lintas budaya. |
Kemampuan eksploratif |
Kriteria:
- Keluasan ekplorasi
- Partisipasi diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelas
|
|
Materi: Stigma & Konstruksi Sosial Gangguan Jiwa Pustaka: Matsumoto, David (Ed.) (2001) .The handbook of culture and psychology. New York: Oxford University Press. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa menganalisis bias budaya dalam asesmen psikologis. |
Kemampuan analisis |
Kriteria:
Kedalaman analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan diskusi kelas
|
|
Materi: Bias tes psikologi & asesmen klinis lintas budaya Pustaka: Kim, U., Yang K-S., & Hwang K-K. (2006). Indigenous and Cultural Psychology Understanding People in Context. New York: Springer. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
- Pemahaman konsep
- Kemampuan analisis
- Kemampuan eksploratif
|
Kriteria:
- Kedalaman pemahaman materi
- Ketepatan identifikasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ujian Tengah Semester
|
|
Materi: Ujian tengah semester Pustaka: |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa menyusun intervensi berbasis budaya. |
Kemampuan merancang rencana intervensi |
Kriteria:
Ketepatan pemilihan desain Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Penugasan
|
Materi: Terapi berbasis budaya (CBT berbasis nilai, pendekatan spiritual, indigenous) Pustaka: Kitayama, Shinobu & Cohen, Dov (2007). Handbook of cultural psychology. New York: The Guilford Press. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mengenali praktik pengobatan tradisional dan alternatif. |
Kemampuan analisis |
Kriteria:
Kedalaman analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi kelas
|
|
Materi: Intervensi tradisional vs medis vs integratif Pustaka: Berry, J. W., Poortinga, Y. H., Segall, M. H., & Dasen, P. R. (1992). Cross-cultural psychology: research and applications. Cambridge: Cambridge University Press. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa membandingkan respons masyarakat terhadap layanan kesehatan mental. |
Kemampuan komparatif |
Kriteria:
Kejelasan komparasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah interaktif dan diskusi kelas
|
|
Materi: Aksesibilitas & respons budaya terhadap layanan Pustaka: Shiraev, Eric B. & Levy, David A. (2010). Cross-cultural psychology: critical thinking and contemporary applications. Boston: Pearson Education. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mengevaluasi sistem layanan kesehatan mental multikultural. |
Kemampuan evaluatif |
Kriteria:
Kedalaman analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelas
|
|
Materi: Sistem multikultural & kebijakan kesehatan mental Pustaka: Matsumoto, David (Ed.) (2001) .The handbook of culture and psychology. New York: Oxford University Press. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa merancang pendekatan penangan psikopatologi berbasis kearifan lokal. |
Kemampuan merancang rancangan penanganan psikopatologi |
Kriteria:
Ketepatan pemilihan desain Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan
|
|
Materi: Kearifan lokal dan nilai humaniora dalam intervensi Pustaka: Kitayama, Shinobu & Cohen, Dov (2007). Handbook of cultural psychology. New York: The Guilford Press. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mengembangkan sikap reflektif atas profesionalisme dan nilai humaniora. |
Pengembangan sikap |
Kriteria:
Sikap profesional Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelas
|
|
Materi: Refleksi nilai-nilai etika & profesionalisme interkultural Pustaka: Berry, J. W., Poortinga, Y. H., Segall, M. H., & Dasen, P. R. (1992). Cross-cultural psychology: research and applications. Cambridge: Cambridge University Press. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa menyusun keputusan berbasis kajian ilmiah & nilai budaya. |
Kemampuan menyusun keputusan |
Kriteria:
Kemampuan mengambil keputusan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan penugasan
|
|
Materi: Penilaian risiko, pengambilan keputusan klinis Pustaka: Kitayama, Shinobu & Cohen, Dov (2007). Handbook of cultural psychology. New York: The Guilford Press. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
- Pemahaman konsep
- Kemampuan aplikatif
|
Kriteria:
Kedalaman pemahaman materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
|
Ujian Akhir Semester
|
Materi: Ujian Akhir Pustaka: |
15% |