Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Review of Recent Language Research

8800103153

T=3

P=0

ECTS=7.56

2

7 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Mampu menguasai filsafat pendidikan, filsafat bahasa dan sastra, dan teori-teori mutakhir bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya

PLO-8

Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik

PLO-11

Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan bahasa dan sastra atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra yang original dan teruji

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menguasai dan menerapkan teori-teori penelitian mutakhir serta teori bahasa secara mendalam dalam merancang dan melaksanakan penelitian bahasa yang relevan dengan perkembangan ilmu.

PO - 2

Mahasiswa mampu mengintegrasikan hasil kajian teoretis dan empirik melalui kegiatan tatap muka, pembimbingan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi untuk menghasilkan sintesis penelitian bahasa.

PO - 3

Mahasiswa mampu mempresentasikan sintesis hasil penelitian bahasa secara kritis dan argumentatif dalam forum akademik sebagai kontribusi terhadap pengembangan keilmuan.

PO - 4

Mahasiswa mampu mengkaji secara kritis arah dan temuan-temuan mutakhir dalam penelitian bahasa serta mengembangkan rancangan riset yang original, teruji, dan relevan untuk mendorong inovasi dalam pendidikan bahasa dan sastra.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5PLO-8PLO-11
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Menguasai penelitian bahasa dengan memanfaatkan teori penelitian dan teori bahasa mutakhir melalui kegiatan tatap muka, pembimbingan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi guna menghasilkan sintesis penelitian bahasa untuk dipresentasikan dalam forum diskusi.

Pustaka

Utama :

  1. Ivic, M. (2013). Trends in linguistics (Vol. 42). Walter de Gruyter.
  2. Berry, J. (1963). Current trends in linguistics (Vol. 1). T. A. Sebeok, & J. H. Greenberg (Eds.). The Hague: Mouton.
  3. Lavidas, N., Alexiou, T., & Sougari, A. M. (Eds.). (2014). Major Trends in Theoretical and Applied Linguistics Volume 1. Versita.
  4. Lei, L., & Liu, D. (2019). Research trends in applied linguistics from 2005 to 2016: A bibliometric analysis and its implications. Applied Linguistics, 40(3), 540-561.

Pendukung :

  1. Arik, E. (2015). A bibliometric analysis of linguistics in web of science. J. Sci. Res., 4(1), 20-28.
  2. Crosthwaite, P., Ningrum, S., & Schweinberger, M. (2023). Research trends in corpus linguistics: A bibliometric analysis of two decades of Scopus-indexed corpus linguistics research in arts and humanities. International Journal of Corpus Linguistics, 28(3), 344-377.

Dosen Pengampu

Prof. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D.

Dr. Widyastuti, S.S., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu mengidentifikasi perkembangan terbaru dalam teori-teori linguistik dan pendekatan penelitian bahasa kontemporer.

Mahasiswa dapat menjelaskan dan mengklasifikasi teori linguistik mutakhir

Kriteria:

Akurasi klasifikasi, ketepatan istilah, kedalaman penjelasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Penugasan

6%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai paradigma dan pendekatan penelitian mutakhir dalam studi bahasa secara kritis.

Mahasiswa mampu membedakan berbagai paradigma penelitian bahasa

Kriteria:

Ketepatan identifikasi paradigma, argumentasi kritis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Penugasan

Materi: Paradigma penelitian dalam kajian bahasa
Pustaka:
6%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu membandingkan relevansi dan aplikasi teori bahasa dan metodologi penelitian dalam berbagai konteks penelitian mutakhir.

Mahasiswa dapat menganalisis relevansi teori dengan praktik penelitian

Kriteria:

Kualitas analisis kasus, kemampuan menyambungkan teori dengan data


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Penugasan

Materi: Teori vs praktik: Aplikasi teori dalam penelitian bahasa
Pustaka:
6%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu merancang rancangan awal penelitian bahasa berdasarkan teori dan pendekatan yang sesuai dengan perkembangan terbaru.

Mahasiswa mampu menyusun draft proposal berbasis teori mutakhir

Kriteria:

Kesesuaian rancangan dengan teori, orisinalitas ide


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Penugasan

Materi: Perancangan awal proposal penelitian bahasa
Pustaka:
7%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mengkaji secara kritis hasil penelitian bahasa terkini dari jurnal bereputasi nasional dan internasional.

Mahasiswa mampu menganalisis hasil penelitian dalam jurnal terakreditasi

Kriteria:

Relevansi jurnal, kedalaman analisis, ketepatan sintesis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Penugasan

Materi: Tren dan temuan penelitian bahasa terkini
Pustaka:
6%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu mengidentifikasi celah penelitian (research gap) dalam studi bahasa mutakhir.

Mahasiswa mampu menyusun gap riset dari kajian pustaka

Kriteria:

Kejelasan gap, kontribusi teoretis/praktis yang diusulkan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Penugasan

Materi: Identifikasi celah riset (research gap)
Pustaka:
6%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mengembangkan rumusan masalah dan tujuan penelitian berdasarkan kajian kritis terhadap temuan sebelumnya.

Mahasiswa mampu merumuskan fokus dan arah riset yang kritis dan orisinal

Kriteria:

Fokus masalah tepat, tujuan operasional, logis, inovatif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Penugasan

Materi: Perumusan masalah dan tujuan riset
Pustaka:
6%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menyusun desain riset yang original dan teruji untuk mendorong inovasi dalam pendidikan bahasa dan sastra.

Mahasiswa mampu membuat desain riset yang relevan dan teruji

Kriteria:

Ketepatan metode, kelayakan desain, integrasi variabel dengan teori


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Penugasan

Materi: Penyusunan desain riset
Pustaka:
7%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mengintegrasikan teori dan temuan empirik dalam penyusunan kerangka konseptual penelitian.

Mahasiswa mampu mengintegrasikan teori dan data dalam kerangka konseptual

Kriteria:

Konsistensi teori-data, koherensi struktur


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Penugasan

Materi: Penyusunan kerangka konseptual
Pustaka:
6%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menyusun instrumen dan teknik pengumpulan data yang relevan dengan rancangan penelitian mutakhir.

Mahasiswa mampu merancang instrumen sesuai tujuan riset

Kriteria:

Validitas instrumen, kejelasan teknik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Penugasan

Materi: Validitas instrumen, kejelasan teknik
Pustaka:
6%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu melakukan simulasi pelaksanaan penelitian bahasa berdasarkan rancangan dan pendekatan terkini.

Mahasiswa mampu mensimulasikan pelaksanaan metode penelitian

Kriteria:

Kesesuaian dengan desain, kemampuan teknis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Penugasan

Materi: Simulasi pelaksanaan riset
Pustaka:
6%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu merefleksikan dan merevisi rancangan penelitian melalui umpan balik akademik untuk menghasilkan sintesis yang kokoh.

Mahasiswa mampu mengoreksi dan menyempurnakan rencana riset

Kriteria:

Kritis terhadap kelemahan, adaptasi umpan balik, perbaikan desain


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Penugasan

Materi: Refleksi dan revisi rancangan
Pustaka:
7%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menyusun sintesis temuan dan argumen penelitian bahasa dalam bentuk artikel ilmiah.

Mahasiswa mampu menyusun naskah ilmiah yang mencerminkan sintesis teoretis dan empirik

Kriteria:

Struktur akademik, orisinalitas, kekuatan argumen


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Penugasan

Materi: Penulisan sintesis hasil penelitian
Pustaka:
6%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil sintesis penelitian secara sistematis dan kritis dalam forum simulasi akademik.

Mahasiswa mampu mempresentasikan riset secara kritis dan sistematis

Kriteria:

Ketajaman presentasi, visualisasi data, ketepatan bahasa ilmiah


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Penugasan

Materi: Presentasi hasil riset dalam forum
Pustaka:
6%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu merespon umpan balik akademik secara argumentatif untuk memperkuat kontribusi ilmiah riset yang dilakukan.

Mahasiswa mampu merespon pertanyaan dan kritik secara argumentatif

Kriteria:

Ketajaman analisis, etika akademik, kelogisan tanggapan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Penugasan

Materi: Tanggapan terhadap diskusi akademik
Pustaka:
6%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu memfinalisasi dan mempublikasikan sintesis hasil penelitian sebagai kontribusi terhadap pengembangan ilmu bahasa dan sastra.

Mahasiswa mampu merevisi dan menyiapkan artikel untuk publikasi

Kriteria:

Kesesuaian dengan format jurnal, kelengkapan, kontribusi ilmiah


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Penugasan

Materi: Finalisasi dan publikasi sintesis riset
Pustaka:
7%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 36%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 64%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.