
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Review of Recent Language Research |
8800103153 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
2 |
7 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Prof. Dr. Suhartono, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-5 |
Mampu menguasai filsafat pendidikan, filsafat bahasa dan sastra, dan teori-teori mutakhir bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya |
PLO-8 |
Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik |
PLO-11 |
Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan bahasa dan sastra atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra yang original dan teruji |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menguasai dan menerapkan teori-teori penelitian mutakhir serta teori bahasa secara mendalam dalam merancang dan melaksanakan penelitian bahasa yang relevan dengan perkembangan ilmu.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan hasil kajian teoretis dan empirik melalui kegiatan tatap muka, pembimbingan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi untuk menghasilkan sintesis penelitian bahasa.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan sintesis hasil penelitian bahasa secara kritis dan argumentatif dalam forum akademik sebagai kontribusi terhadap pengembangan keilmuan.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengkaji secara kritis arah dan temuan-temuan mutakhir dalam penelitian bahasa serta mengembangkan rancangan riset yang original, teruji, dan relevan untuk mendorong inovasi dalam pendidikan bahasa dan sastra.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-5 | PLO-8 | PLO-11 | PO-1 | | ✔ | | | PO-2 | | | ✔ | | PO-3 | ✔ | | | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Menguasai penelitian bahasa dengan memanfaatkan teori penelitian dan teori bahasa mutakhir melalui kegiatan tatap muka, pembimbingan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi guna menghasilkan sintesis penelitian bahasa untuk dipresentasikan dalam forum diskusi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Ivic, M. (2013). Trends in linguistics (Vol. 42). Walter de Gruyter.
- Berry, J. (1963). Current trends in linguistics (Vol. 1). T. A. Sebeok, & J. H. Greenberg (Eds.). The Hague: Mouton.
- Lavidas, N., Alexiou, T., & Sougari, A. M. (Eds.). (2014). Major Trends in Theoretical and Applied Linguistics Volume 1. Versita.
- Lei, L., & Liu, D. (2019). Research trends in applied linguistics from 2005 to 2016: A bibliometric analysis and its implications. Applied Linguistics, 40(3), 540-561.
|
Pendukung : |
|
- Arik, E. (2015). A bibliometric analysis of linguistics in web of science. J. Sci. Res., 4(1), 20-28.
- Crosthwaite, P., Ningrum, S., & Schweinberger, M. (2023). Research trends in corpus linguistics: A bibliometric analysis of two decades of Scopus-indexed corpus linguistics research in arts and humanities. International Journal of Corpus Linguistics, 28(3), 344-377.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D. Dr. Widyastuti, S.S., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi perkembangan terbaru dalam teori-teori linguistik dan pendekatan penelitian bahasa kontemporer. |
Mahasiswa dapat menjelaskan dan mengklasifikasi teori linguistik mutakhir |
Kriteria:
Akurasi klasifikasi, ketepatan istilah, kedalaman penjelasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Penugasan
|
|
|
6% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai paradigma dan pendekatan penelitian mutakhir dalam studi bahasa secara kritis. |
Mahasiswa mampu membedakan berbagai paradigma penelitian bahasa |
Kriteria:
Ketepatan identifikasi paradigma, argumentasi kritis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Penugasan
|
|
Materi: Paradigma penelitian dalam kajian bahasa Pustaka: |
6% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu membandingkan relevansi dan aplikasi teori bahasa dan metodologi penelitian dalam berbagai konteks penelitian mutakhir. |
Mahasiswa dapat menganalisis relevansi teori dengan praktik penelitian |
Kriteria:
Kualitas analisis kasus, kemampuan menyambungkan teori dengan data Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Penugasan
|
|
Materi: Teori vs praktik: Aplikasi teori dalam penelitian bahasa Pustaka: |
6% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu merancang rancangan awal penelitian bahasa berdasarkan teori dan pendekatan yang sesuai dengan perkembangan terbaru. |
Mahasiswa mampu menyusun draft proposal berbasis teori mutakhir |
Kriteria:
Kesesuaian rancangan dengan teori, orisinalitas ide Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Penugasan
|
|
Materi: Perancangan awal proposal penelitian bahasa Pustaka: |
7% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengkaji secara kritis hasil penelitian bahasa terkini dari jurnal bereputasi nasional dan internasional. |
Mahasiswa mampu menganalisis hasil penelitian dalam jurnal terakreditasi |
Kriteria:
Relevansi jurnal, kedalaman analisis, ketepatan sintesis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Penugasan
|
|
Materi: Tren dan temuan penelitian bahasa terkini Pustaka: |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi celah penelitian (research gap) dalam studi bahasa mutakhir. |
Mahasiswa mampu menyusun gap riset dari kajian pustaka |
Kriteria:
Kejelasan gap, kontribusi teoretis/praktis yang diusulkan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Penugasan
|
|
Materi: Identifikasi celah riset (research gap) Pustaka: |
6% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengembangkan rumusan masalah dan tujuan penelitian berdasarkan kajian kritis terhadap temuan sebelumnya. |
Mahasiswa mampu merumuskan fokus dan arah riset yang kritis dan orisinal |
Kriteria:
Fokus masalah tepat, tujuan operasional, logis, inovatif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Penugasan
|
|
Materi: Perumusan masalah dan tujuan riset Pustaka: |
6% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menyusun desain riset yang original dan teruji untuk mendorong inovasi dalam pendidikan bahasa dan sastra. |
Mahasiswa mampu membuat desain riset yang relevan dan teruji |
Kriteria:
Ketepatan metode, kelayakan desain, integrasi variabel dengan teori Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Penugasan
|
|
Materi: Penyusunan desain riset Pustaka: |
7% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan teori dan temuan empirik dalam penyusunan kerangka konseptual penelitian. |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan teori dan data dalam kerangka konseptual |
Kriteria:
Konsistensi teori-data, koherensi struktur Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Penugasan
|
|
Materi: Penyusunan kerangka konseptual Pustaka: |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menyusun instrumen dan teknik pengumpulan data yang relevan dengan rancangan penelitian mutakhir. |
Mahasiswa mampu merancang instrumen sesuai tujuan riset |
Kriteria:
Validitas instrumen, kejelasan teknik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Penugasan
|
|
Materi: Validitas instrumen, kejelasan teknik Pustaka: |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu melakukan simulasi pelaksanaan penelitian bahasa berdasarkan rancangan dan pendekatan terkini. |
Mahasiswa mampu mensimulasikan pelaksanaan metode penelitian |
Kriteria:
Kesesuaian dengan desain, kemampuan teknis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Penugasan
|
|
Materi: Simulasi pelaksanaan riset Pustaka: |
6% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu merefleksikan dan merevisi rancangan penelitian melalui umpan balik akademik untuk menghasilkan sintesis yang kokoh. |
Mahasiswa mampu mengoreksi dan menyempurnakan rencana riset |
Kriteria:
Kritis terhadap kelemahan, adaptasi umpan balik, perbaikan desain Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Penugasan
|
|
Materi: Refleksi dan revisi rancangan Pustaka: |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menyusun sintesis temuan dan argumen penelitian bahasa dalam bentuk artikel ilmiah. |
Mahasiswa mampu menyusun naskah ilmiah yang mencerminkan sintesis teoretis dan empirik |
Kriteria:
Struktur akademik, orisinalitas, kekuatan argumen Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Penugasan
|
|
Materi: Penulisan sintesis hasil penelitian Pustaka: |
6% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil sintesis penelitian secara sistematis dan kritis dalam forum simulasi akademik. |
Mahasiswa mampu mempresentasikan riset secara kritis dan sistematis |
Kriteria:
Ketajaman presentasi, visualisasi data, ketepatan bahasa ilmiah Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Penugasan
|
|
Materi: Presentasi hasil riset dalam forum Pustaka: |
6% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu merespon umpan balik akademik secara argumentatif untuk memperkuat kontribusi ilmiah riset yang dilakukan. |
Mahasiswa mampu merespon pertanyaan dan kritik secara argumentatif |
Kriteria:
Ketajaman analisis, etika akademik, kelogisan tanggapan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Penugasan
|
|
Materi: Tanggapan terhadap diskusi akademik Pustaka: |
6% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu memfinalisasi dan mempublikasikan sintesis hasil penelitian sebagai kontribusi terhadap pengembangan ilmu bahasa dan sastra. |
Mahasiswa mampu merevisi dan menyiapkan artikel untuk publikasi |
Kriteria:
Kesesuaian dengan format jurnal, kelengkapan, kontribusi ilmiah Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Penugasan
|
|
Materi: Finalisasi dan publikasi sintesis riset Pustaka: |
7% |