Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi Islam

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengantar Ekonomi Islam

6020203120

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

13 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




1. Irfan Ramis, S.E., M.E. 2. M. Widyarta Wijaya S.EI., M.SEI.




.......................................




Clarashinta Canggih, S.E., CIFP.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai konsep teoritis bidang Ekonomi Islam, Bisnis Islam dan Keuangan Islam secara umum dan khusus untuk menyelesaikan masalah secara prosedural sesuai dengan lingkup pekerjaannya.

PLO-8

Mampu mendesain dan mengimplementasikan perencanaan bisnis yang sesuai dengan konsep Islam.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menunjukkan nilai-nilai etika akademik dan berkolaborasi selama perkuliahan pengantar ekonomi Islam

PO - 2

Menguasai konsep-konsep ekonomi dasar dengan mengintegrasikan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Islam

PO - 3

Mampu menerapkan pengetahuan dasar ekonomi Islam, dalam memecahkan masalah dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi

PO - 4

Mahasiswa mampu merancang model perencanaan bisnis berbasis prinsip Ekonomi Islam yang inovatif, dengan pendekatan logis dan sistematis, serta menunjukkan sikap kolaboratif, adaptif, dan berjiwa wirausaha dalam menyelesaikan studi kasus bisnis.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5PLO-8
PO-1  
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pengantar Ekonomi Islam memberikan pemahaman dasar tentang prinsip-prinsip ekonomi dalam perspektif Islam. Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memperkenalkan konsep-konsep ekonomi Islam, prinsip-prinsip distribusi kekayaan, sistem keuangan Islam, serta aplikasi prinsip-prinsip ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pembahasan tentang akar pemikiran ekonomi Islam, sistem ekonomi Islam, muamalah, zakat, wakaf, dan asuransi dalam konteks ekonomi Islam.

Pustaka

Utama :

  1. Lubis, D. S., & Aliman Syahuri Zein, M. E. I. (2022). Pengantar Ekonomi Islam. Merdeka Kreasi Group
  2. Ibrahim, Azarsyah, dkk (2021). Pengantar Ekonomi Islam. Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah - Bank Indonesia
  3. Iswanto, B. (2022). Pengantar Ekonomi Islam. Rajawali Press
  4. Mardianto, D., Wafia, N. U., Toyyibi, A. M., Lala, A. A. T., Radiansyah, A., Idayanti, R., ... & Agustina, A. (2022). Pengantar Ekonomi Islam. Sada Kurnia Pustaka.
  5. Nurzaman, Sholeh. (2019). Pengantar Ekonomi Islam: Sebuah Pendekatan Metodologi. Jakarta: Salemba Empat
  6. Askari, H., Iqbal, Z. and Mirakhor, A. (2017). Introduction to Islamic Economics. John Wiley & Sons Singapore Pte. Ltd.
  7. Chapra, M. Umer. Ethics and economics: an Islamic perspective. Islamic Economic Studies : Vol. 16 No. 1 & 2, Aug. 2008 & Jan. 2009
  8. Sanrego, Yulizar & Ismail (2014). Falsafah Ekonomi Islam. Jakarta: Karya
  9. Waleed A.J Addas. Methodology of Economics: Secular vs Islamic. Kualalumpur: IIUM Press. 2010.
  10. Habib Ahmed (ed). (2002). Theoritical Foundations Of Islamic Economics, Book of Readings No.3, Jeddah : The Islamic Development Bank – IRTI. Economic Studies. Vol. 16 No. 1 & 2, Aug. 2008 & Jan. 2009
  11. Choudhury, Masudul Alam. (1999). Comparative Economic Theory Occidental and Islamic Perspectives. Massachusetts -USA: Kluwer Academic Publishers.

Pendukung :

  1. Zaid Ahmad. (2003). The Epistemology of Ibnu Khaldun, London: Routledge
  2. Fahrullah, A. et al. (2023). Halal is Green: The Synergy of Sustainability and Islamic Principles.Annual International Conference on Islamic Economics and Business (AICIEB), 3, 247-256. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/aicieb.v3i0.432
  3. Paramitha, P., & Suryaningsih, S. A. (2021). Analisis Label Halal pada Makanan Cepat Saji dalam Pengembangan Wisata Halal di Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(3), 108-122.
  4. Anwar, M. K., Suryaningsih, S. A., & Fahrullah, A. (2018). Religious aspect of sharia bank employees. Economics and Finance, 9(1), 24-27.

Dosen Pengampu

Dr. Sri Abidah Suryaningsih, S.Ag., M.Pd.

Dr. Ahmad Ajib Ridlwan, S.Pd., M.SEI.

Irfan Ramis, S.E., M.E.

Dr. Moh Farih Fahmi, S.Pd., M.Pd.

MUHAMMAD WIDYARTA WIJAYA

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami konsep dasar ekonomi Islam

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Nilai pre-test

Kriteria:

Bentuk NonTest: Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar - Pre-test


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
• Ceramah
• Focus Group Discussion (FGD)





Diskusi, pembelajaran langsung, ceramah, case study
presentasi, FGD
Materi: Mampu memahami konsep dasar ekonomi Islam
Pustaka: Mardianto, D., Wafia, N. U., Toyyibi, A. M., Lala, A. A. T., Radiansyah, A., Idayanti, R., ... & Agustina, A. (2022). Pengantar Ekonomi Islam. Sada Kurnia Pustaka.
2%

2

Minggu ke 2

Memahami filosopi Islam sebagai landasan ekonomi

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Nilai presentasi mind map

Kriteria:

Bentuk NonTest: -Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Presentasi hasil FGD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
• Ceramah, Focus Group Discussion (FGD), Mind map (Project base learning)
Diskusi, Case Study
Materi: Memahami filosopi Islam sebagai landasan ekonomi
Pustaka: 1. Lubis, D. S., & Aliman Syahuri Zein, M. E. I. (2022). Pengantar Ekonomi Islam. Merdeka Kreasi Group. 2. Chapra, M. Umer. Ethics and economics: an islamic perspective. Islamic6. Choudhury, Masudul Alam. (1999). Comparative Economic Theory Occidental and Islamic Perspectives. Massachutts -USA: Kluwer Academic Publishers. 7. Waleed A.J Addas. Methodology of Economics: Secular vs Islamic. Kualalumpur: IIUM Press. 2010. (WA) 8. Habib Ahmed (ed). (2002). Theoritical Foundations Of Islamic Economics, Book of Readings No.3, Jeddah : The Islamic Development Bank – IRTI. Economic Studies. Vol. 16 No. 1 & 2, Aug. 2008 & Jan. 2009 3. Nurzaman, Sholeh. (2019). Pengantar Ekonomi Islam: Sebuah Pendekatan Metodologi. Jakarta: Salemba Empat 4. Sanrego, Yulizar & Ismail (2014). Falsafah Ekonomi Islam. Jakarta: Karya 5. Rivai, Veithzal; Buchari, Andi. (2009). Islamic Economics: Ekonomi Syariah Bukan Opsi, Tetapi Solusi. Jakarta: Bumi Aksara.

Materi: Memahami filosopi Islam sebagai landasan ekonomi
Pustaka: 1. Zaid Ahmad. (2003). The Epistemology of Ibnu Khaldun, London: Routledge 2. Herianingrum, S., Supriani, I., Sukmana, R., Effendie, E., Widiastuti, T., Fauzi, Q. and Shofawati, A. (2024),
2%

3

Minggu ke 3

Menerangkan definisi, konsep, dan ruang lingkup metodologi ekonomi Islam

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Quiz

Kriteria:

Bentuk NonTest: -Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
-Ceramah
-Focus Group Discussion (FGD)
-Ceramah
-Focus Group Discussion (FGD)
Materi: Menerangkan definisi, konsep, dan ruang lingkup metodologi ekonomi Islam
Pustaka: Iswanto, B. (2022). Pengantar Ekonomi Islam
3%

4

Minggu ke 4

Menjelaskan cara pandang Islam terhadap esensi aktifitas kehidupan manusia di dunia, dan membedakannya dengan cara pandang sekuler

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Kelengkapan kertas kerja 3. Kemampuan presentasi

Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Poster -Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
-Diskusi dan tanya jawab
-Discovery atau pencarian
Ceramah
-Diskusi dan tanya jawab
-Discovery atau pencarian
Materi: Menjelaskan cara pandang Islam terhadap esensi aktifitas kehidupan manusia di dunia, dan membedakannya dengan cara pandang sekuler
Pustaka: Paramitha, P., & Suryaningsih, S. A. (2021). Analisis Label Halal pada Makanan Cepat Saji dalam Pengembangan Wisata Halal di Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(3), 108-122.
5%

5

Minggu ke 5

Menjelaskan cara pandang Islam terhadap esensi aktifitas kehidupan manusia di dunia, dan membedakannya dengan cara pandang sekuler

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Kelengkapan mind map 3. Kemampuan Presentasi

Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Kelengkapan mind map -Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
-Focus Group Discussion (FGD)
Ceramah
-Focus Group Discussion (FGD)
Materi: Analisis kritis terhadap sistem ekonomi konvensional 1. Pilar sistem ekonomi kapitalisme. 2. Kritik atas sistem ekonomi kapitalisme. 3. Pandangan Islam terhadap sistem ekonomi kapitalis
Pustaka:

Materi: Menjelaskan cara pandang Islam terhadap esensi aktifitas kehidupan manusia di dunia, dan membedakannya dengan cara pandang sekuler
Pustaka: Mardianto, D., Wafia, N. U., Toyyibi, A. M., Lala, A. A. T., Radiansyah, A., Idayanti, R., ... & Agustina, A. (2022). Pengantar Ekonomi Islam. Sada Kurnia Pustaka.
5%

6

Minggu ke 6

Menjelaskan cara pandang Islam terhadap esensi aktifitas kehidupan manusia di dunia, dan membedakannya dengan cara pandang sekuler

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Kelengkapan mind map 3. Kemampuan Presentasi

Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Kelengkapan mind map -Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
-Diskusi dan tanya jawab
Ceramah
-Diskusi dan tanya jawab
Materi: Menjelaskan cara pandang Islam terhadap esensi aktifitas kehidupan manusia di dunia, dan membedakannya dengan cara pandang sekuler
Pustaka: Fahrullah, A. et al. (2023). Halal is Green: The Synergy of Sustainability and Islamic Principles.Annual International Conference on Islamic Economics and Business (AICIEB), 3, 247-256. https://doi.org/...
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menjelaskan karakter ekonomi Islam

Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Kelengkapan dalam membuat resume kebijakan

Kriteria:

Ceramah -Focus Group Discussion (FGD)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
-Focus Group Discussion (FGD)
-Tanya jawab
Ceramah
-Focus Group Discussion (FGD)
-Tanya jawab
Materi: Mampu menjelaskan karakter ekonomi Islam
Pustaka: Iswanto, B. (2022). Pengantar Ekonomi Islam
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS

Materi: Ujian Tengah Semester
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Menjelaskan konsep maqashid al-syariah sebagai sebuah tujuan yang ditentukan dalam aturan syariah (Islam) sehingga menjadi satu tujuan dalam ekonomi Islam

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Kelengkapan kertas kerja 3. Kemampuan presentasi

Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Kreativitas dalam membuat mindmap -Presentasi mind map


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Focus Group Discussion (FGD), Mind map (Project base learning)
Diskusi, Case Study
Materi: Menjelaskan konsep maqashid al-syariah sebagai sebuah tujuan yang ditentukan dalam aturan syariah (Islam) sehingga menjadi satu tujuan dalam ekonomi Islam
Pustaka: Amelia, E. (2021). Pengantar Ekonomi Islam.
5%

10

Minggu ke 10

  1. Mengelaborasi prinsip Islam dalam aktivitas ekonomi
  2. Mengelaborasi prinsip Islam dalam aktivitas ekonomi

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar Essay 2. Kemampuan presentasi

Kriteria:

Teknik tes: - Tes tulis - Tes kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Focus Group Discussion (FGD), Mind map (Project base learning)
Diskusi, Case Study
Materi: Mengelaborasi prinsip Islam dalam aktivitas ekonomi
Pustaka: Fahrullah, A. et al. (2023). Halal is Green: The Synergy of Sustainability and Islamic Principles.Annual International Conference on Islamic Economics and Business (AICIEB), 3, 247-256. https://doi.org/.........
2%

11

Minggu ke 11

Mengelaborasi prinsip Islam dalam aktivitas ekonomi

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Skor Quiz

Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Focus Group Discussion (FGD), Mind map (Project base learning)
Diskusi, Case Study
Materi: Mengelaborasi prinsip Islam dalam aktivitas ekonomi
Pustaka: Paramitha, P., & Suryaningsih, S. A. (2021). Analisis Label Halal pada Makanan Cepat Saji dalam Pengembangan Wisata Halal di Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(3), 108-122.
2%

12

Minggu ke 12

Mengelaborasi prinsip Islam dalam aktivitas ekonomi

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Kerjasama tim 3. Kemampuan presentasi

Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Kerjasama tim -Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Focus Group Discussion (FGD), Mind map (Project base learning)
Diskusi, Case Study
Materi: Mengelaborasi prinsip Islam dalam aktivitas ekonomi
Pustaka: Amelia, E. (2021). Pengantar Ekonomi Islam.
4%

13

Minggu ke 13

Memahami peran pemerintah dan masyarakat dalam kerangka ekonomi Islam

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Skor Quiz

Kriteria:

Keaktifan dalam memberikan komentar -Penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Focus Group Discussion (FGD), Mind map (Project base learning)
Diskusi, Case Study
Materi: Peran pemerintah dalam kerangka ekonomi Islam 1. Peran dan fungsi pemerintah. 2. Rasionalitas peran pemerintah dalam perekonomian. 3. Ruang lingkup peran pemerintah dalam kerangka ekonomi Islam
Pustaka:

Materi: Memahami peran pemerintah dan masyarakat dalam kerangka ekonomi Islam
Pustaka: Mardianto, D., Wafia, N. U., Toyyibi, A. M., Lala, A. A. T., Radiansyah, A., Idayanti, R., ... & Agustina, A. (2022). Pengantar Ekonomi Islam. Sada Kurnia Pustaka.
4%

14

Minggu ke 14

Memahami peran pemerintah dan masyarakat dalam kerangka ekonomi Islam

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Kelengkapan dan kreativitas 3. Poster 4. Kemampuan presentasi

Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Poster -Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Focus Group Discussion (FGD), Mind map (Project base learning)
Diskusi, Case Study
Materi: Memahami peran pemerintah dan masyarakat dalam kerangka ekonomi Islam
Pustaka: Iswanto, B. (2022). Pengantar Ekonomi Islam
4%

15

Minggu ke 15

Memahami peran pemerintah dan masyarakat dalam kerangka ekonomi Islam

1. Frekuensi dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan komentar 2. Kerjasama tim 3. Kelengkapan laporan 4. Kemampuan pressentasi

Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam memberikan komentar -Laporan Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Focus Group Discussion (FGD), Mind map (Project base learning)
Diskusi, Case Study
Materi: Memahami peran pemerintah dan masyarakat dalam kerangka ekonomi Islam
Pustaka: Amelia, E. (2021). Pengantar Ekonomi Islam.
2%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
uas

Materi: Ujian Akhir Semester
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.