Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Seminar on Research Findings

8810302048

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=2

P=0

ECTS=4.48

4

10 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D.




AHMAD MUNIR, S.PD., M.ED.,PH.D

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, setelah makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan prinsip-prinsip metodologi penelitian dalam merancang proposal penelitian yang orisinal dan relevan dengan bidang Pendidikan Bahasa Inggris (C3)

PO - 2

Menganalisis berbagai teori dan temuan penelitian terdahulu untuk mengidentifikasi celah penelitian (research gap) yang dapat dikembangkan (C4)

PO - 3

Mengevaluasi kualitas dan validitas desain penelitian, instrumen, serta prosedur analisis data yang digunakan dalam proposal penelitian (C5)

PO - 4

Menciptakan proposal penelitian yang koheren, sistematis, dan inovatif yang memenuhi standar akademik untuk tesis S2 (C6)

PO - 5

Menerapkan teknik presentasi akademik yang efektif untuk memaparkan proposal penelitian kepada audiens seminar (C3)

PO - 6

Menganalisis umpan balik dan pertanyaan kritis dari peserta seminar untuk merevisi dan memperkuat proposal penelitian (C4)

PO - 7

Mengevaluasi etika penelitian dan implikasi sosial dari studi yang diusulkan sesuai dengan kaidah ilmiah (C5)

PO - 8

Menciptakan strategi implementasi penelitian yang feasible dan terdokumentasi dengan baik berdasarkan hasil seminar (C6)

PO - 9

Menerapkan teknik penulisan akademik dan sistematika penulisan tesis dalam menyusun draft bab awal penelitian (C3)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5
PO-1 
PO-2 
PO-3
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8
PO-9 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Seminar ON Research Findings merupakan mata kuliah wajib pada jenjang S2 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam menganalisis, mensintesis, dan mengkomunikasikan temuan penelitian di bidang pendidikan bahasa Inggris. Mata kuliah ini berfokus pada diskusi kritis terhadap berbagai hasil penelitian terkini, metodologi, serta implikasi teoretis dan praktisnya. Tujuannya adalah untuk memperdalam pemahaman mahasiswa terhadap lanskap penelitian dalam pendidikan bahasa, melatih kemampuan berpikir kritis dan evaluatif, serta mempersiapkan mahasiswa untuk menyusun dan mempresentasikan proposal penelitian atau hasil penelitian mereka sendiri secara akademik. Ruang lingkup mata kuliah mencakup analisis artikel jurnal, presentasi dan diskusi temuan penelitian, penulisan review literatur, serta etika dalam penelitian pendidikan bahasa Inggris.

Pustaka

Utama :

  1. Buku Panduan Tugas Akhir Unesa tahun 2024

Pendukung :

  1. Suplemen Pedoman Tugas Akhir Fakultas Bahasa dan Seni tahun 2025

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi dan menerapkan komponen-komponen kunci metodologi penelitian (seperti perumusan masalah, tujuan, pertanyaan penelitian, tinjauan pustaka, dan metode) dalam kerangka proposal penelitian di bidang Pendidikan Bahasa Inggris.

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan komponen-komponen utama dalam proposal penelitian Pendidikan Bahasa Inggris.
  2. Mahasiswa dapat menganalisis kesesuaian metode penelitian dengan permasalahan yang diangkat.
  3. Mahasiswa dapat merancang outline proposal penelitian yang orisinal dan relevan dengan konteks Pendidikan Bahasa Inggris.
Kriteria:

Mahasiswa dapat merancang outline proposal penelitian yang orisinal dan relevan dengan konteks Pendidikan Bahasa Inggris.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus proposal penelitian, dan presentasi awal ide penelitian..
Pengumpulan outline awal proposal penelitian dan tinjauan pustaka awal melalui forum diskusi LMS., Mahasiswa mengunggah dokumen outline proposal penelitian (minimal mencakup judul, rumusan masalah, tujuan, dan metode yang direncanakan) serta 3 referensi pustaka utama yang relevan ke dalam forum yang disediakan di LMS untuk mendapatkan umpan balik dari dosen dan peer review.
Materi: Konsep dasar metodologi penelitian dalam Pendidikan Bahasa Inggris., Struktur dan komponen proposal penelitian yang baik., Identifikasi topik penelitian yang orisinal dan relevan., Teknik merumuskan masalah, tujuan, dan pertanyaan penelitian., Pemilihan metode penelitian (kualitatif, kuantitatif, campuran) yang sesuai.
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat: 1) Menerapkan prinsip-prinsip metodologi penelitian dalam konteks Pendidikan Bahasa Inggris; 2) Merancang kerangka proposal penelitian yang koheren dan sistematis; 3) Mengidentifikasi dan merumuskan masalah penelitian yang orisinal dan relevan.

  1. Kemampuan menerjemahkan konsep metodologi ke dalam rancangan proposal yang spesifik.
  2. Keaslian dan relevansi topik penelitian dengan bidang Pendidikan Bahasa Inggris.
  3. Kelengkapan dan koherensi komponen utama proposal (latar belakang, rumusan masalah, tinjauan pustaka, metode).
  4. Ketepatan dalam memilih dan mendeskripsikan metode penelitian yang sesuai.
Kriteria:

Kesesuaian pilihan metodologi dengan tujuan penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Kombinasi ceramah interaktif, diskusi kelompok terpandu, dan workshop penyusunan proposal. Dosen bertindak sebagai fasilitator yang memberikan umpan balik konstruktif terhadap draft rancangan mahasiswa..

Materi: Review konsep dasar metodologi penelitian (kuantitatif, kualitatif, campuran)., Teknik identifikasi dan perumusan masalah penelitian di bidang Pendidikan Bahasa Inggris., Struktur dan komponen proposal penelitian akademik., Pemilihan metode penelitian yang sesuai dengan pertanyaan penelitian.
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu: 1) Menganalisis teori-teori kunci dalam Pendidikan Bahasa Inggris; 2) Mengevaluasi temuan-temuan dari penelitian terdahulu; 3) Mengidentifikasi dan merumuskan celah penelitian (research gap) berdasarkan analisis yang dilakukan.

  1. Kemampuan menganalisis dan membandingkan teori-teori utama dalam Pendidikan Bahasa Inggris.
  2. Kemampuan mengevaluasi kekuatan dan kelemahan temuan penelitian terdahulu.
  3. Kemampuan mengidentifikasi ketidakkonsistenan, kontradiksi, atau area yang belum terjamah dalam literatur.
  4. Kemampuan merumuskan celah penelitian (research gap) yang jelas dan relevan.
Kriteria:

Kebenaran research gap


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Kombinasi ceramah interaktif, diskusi kelompok terpumpun (focused group discussion), studi kasus berbasis artikel jurnal, dan presentasi analisis..
Analisis Artikel Jurnal dan Identifikasi Research Gap, Mahasiswa diminta untuk memilih dua artikel jurnal penelitian dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, menganalisis teori dan temuan yang disajikan, kemudian mengidentifikasi serta menuliskan potensi research gap yang ditemukan dalam format dokumen tertulis yang diunggah ke LMS.
Materi: Review teori-teori utama dalam Pendidikan Bahasa Inggris (e.g., Second Language Acquisition, Sociocultural Theory, Critical Pedagogy)., Teknik analisis dan sintesis literatur penelitian terdahulu., Konsep dan jenis-jenis research gap (e.g., knowledge gap, methodological gap, empirical gap)., Langkah-langkah sistematis dalam mengidentifikasi dan merumuskan research gap.
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu: 1) Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan metodologi penelitian; 2) Menganalisis validitas dan reliabilitas data penelitian; 3) Mengevaluasi konsistensi antara temuan, data, dan metodologi; 4) Memberikan penilaian kritis berdasarkan standar akademik.

  1. Kemampuan mengidentifikasi dan mengkritisi desain metodologi penelitian (kuantitatif, kualitatif, campuran).
  2. Kemampuan menganalisis teknik pengumpulan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian.
  3. Kemampuan mengevaluasi validitas internal dan eksternal serta reliabilitas temuan penelitian.
  4. Kemampuan menyusun ulasan kritis yang koheren terhadap suatu penelitian berdasarkan standar akademik.
Kriteria:

Kebenaran literature review


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok terpandu, studi kasus (critical appraisal of research articles), presentasi dan peer review, serta ceramah interaktif untuk penguatan konsep evaluasi..
Critical Review Essay, Mahasiswa diminta untuk memilih satu artikel jurnal penelitian di bidang Pendidikan Bahasa Inggris, kemudian menulis esai ulasan kritis (500-700 kata) yang mengevaluasi aspek metodologi, data, dan temuan berdasarkan standar akademik. Esai dikumpulkan melalui LMS.
Materi: Prinsip-prinsip evaluasi penelitian akademik (validitas, reliabilitas, generalisabilitas)., Kriteria evaluasi untuk berbagai desain penelitian (eksperimen, survei, studi kasus, etnografi) dalam Pendidikan Bahasa Inggris., Analisis kritis terhadap bagian metodologi dan hasil dari jurnal penelitian terpilih., Standar penulisan ulasan atau kritik akademik terhadap suatu penelitian.
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan mampu: 1) Mengidentifikasi dan menganalisis komponen metodologi, data, dan temuan dalam penelitian Pendidikan Bahasa Inggris; 2) Mengevaluasi kekuatan dan kelemahan komponen-komponen tersebut berdasarkan standar akademik; 3) Menyusun kritik konstruktif terhadap kualitas suatu penelitian.

  1. Kemampuan mengidentifikasi elemen kunci metodologi penelitian (desain, partisipan, instrumen, prosedur).
  2. Kemampuan menganalisis kualitas dan relevansi data yang disajikan dalam penelitian.
  3. Kemampuan mengevaluasi konsistensi antara temuan, analisis data, dan pertanyaan penelitian.
  4. Kemampuan memberikan penilaian kritis terhadap validitas dan reliabilitas penelitian berdasarkan standar akademik.
  5. Kemampuan menyusun rekomendasi untuk perbaikan metodologi atau interpretasi temuan.
Kriteria:

Kemampuan menyusun rekomendasi untuk perbaikan metodologi atau interpretasi temuan.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus berbasis artikel penelitian, diskusi kelompok terpumpun (focused group discussion), presentasi kritis, dan tanya jawab interaktif..
Critical Review Paper, Mahasiswa diminta untuk memilih satu artikel penelitian empiris dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris (kuantitatif, kualitatif, atau campuran) dari jurnal terakreditasi. Kemudian, mahasiswa menuliskan evaluasi kritis terhadap kualitas metodologi, data, dan temuan penelitian tersebut berdasarkan standar akademik yang telah dipelajari. Paper dikumpulkan melalui LMS.
Materi: Prinsip-prinsip evaluasi penelitian kuantitatif dan kualitatif dalam Pendidikan Bahasa Inggris., Standar akademik untuk menilai kualitas metodologi (validitas, reliabilitas, etika)., Teknik evaluasi kualitas data (kredibilitas, transferability, dependability, confirmability untuk kualitatif; validitas & reliabilitas untuk kuantitatif)., Analisis kritis terhadap konsistensi dan implikasi temuan penelitian., Studi kasus artikel penelitian Pendidikan Bahasa Inggris untuk praktik evaluasi.
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan mampu: 1) Mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan penelitian dalam Pendidikan Bahasa Inggris; 2) Merancang desain penelitian (metode, pendekatan, instrumen) yang inovatif dan kontekstual; 3) Mengintegrasikan prinsip-prinsip etika penelitian ilmiah dalam desain yang dibuat; 4) Menyusun proposal desain penelitian secara sistematis dan koheren.

  1. Kejelasan dan relevansi perumusan masalah penelitian dengan konteks Pendidikan Bahasa Inggris.
  2. Tingkat inovasi dan orisinalitas dalam desain metodologi penelitian.
  3. Kesesuaian penerapan prinsip etika penelitian dalam desain.
  4. Kelengkapan dan sistematika penyusunan proposal desain penelitian.
Kriteria:

Kelengkapan isi proposal


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning), diskusi kelompok terpumpun (focused group discussion), studi kasus, dan presentasi..

Materi: Prinsip-prinsip desain penelitian kualitatif, kuantitatif, dan campuran dalam Pendidikan Bahasa Inggris., Inovasi dalam metodologi penelitian pendidikan bahasa (misal: design-based research, action research dengan pendekatan baru)., Etika penelitian ilmiah: informed consent, kerahasiaan data, penghindaran plagiarisme, dan integritas akademik., Teknik penyusunan proposal penelitian yang efektif dan menarik.
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan mampu: 1) Mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan penelitian dalam Pendidikan Bahasa Inggris; 2) Merancang desain penelitian (metode, pendekatan, instrumen) yang inovatif dan kontekstual; 3) Mengintegrasikan prinsip-prinsip etika penelitian ilmiah dalam desain yang dibuat; 4) Menyusun proposal desain penelitian secara sistematis dan argumentatif.

  1. Kemampuan mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan penelitian Pendidikan Bahasa Inggris yang relevan dan signifikan.
  2. Tingkat inovasi dan orisinalitas dalam desain metodologi penelitian (misalnya: pendekatan, metode, teknik pengumpulan data).
  3. Kesesuaian dan kelengkapan penerapan prinsip etika penelitian dalam desain (misal: informed consent, kerahasiaan, kebermanfaatan).
  4. Kekoherensian dan sistematika penyusunan proposal desain penelitian.
  5. Kemampuan mempertahankan dan mengargumentasikan pilihan desain penelitian yang dibuat.
Kriteria:

Kemampuan mempertahankan dan mengargumentasikan pilihan desain penelitian yang dibuat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning), diskusi kelompok terpumpun (focused group discussion), presentasi dan kritik konstruktif, serta studi kasus desain penelitian..

Materi: Prinsip-prinsip desain penelitian inovatif dalam pendidikan bahasa., Isu-isu etika penelitian dalam konteks Pendidikan Bahasa Inggris (partisipan manusia, data sensitif, plagiarisme)., Ragam metodologi penelitian terkini (misal: design-based research, mixed methods, action research partisipatif) dan aplikasinya., Teknik penyusunan proposal desain penelitian yang komprehensif., Analisis kritis terhadap contoh desain penelitian yang sudah ada.
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menciptakan strategi implementasi penelitian yang dapat dilaksanakan (feasible) dan terdokumentasi dengan baik untuk mengaplikasikan temuan penelitian dalam konteks nyata pendidikan bahasa Inggris.

  1. Mampu mengidentifikasi elemen-elemen kunci dari temuan penelitian yang relevan untuk diimplementasikan
  2. Mampu merancang langkah-langkah implementasi yang sistematis dan realistis
  3. Mampu menyusun dokumentasi implementasi yang komprehensif dan terstruktur
  4. Mampu mengevaluasi kelayakan (feasibility) strategi implementasi yang dirancang
Kriteria:

Mampu mengevaluasi kelayakan (feasibility) strategi implementasi yang dirancang


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan peer feedback.

Materi: Konsep strategi implementasi penelitian dalam pendidikan, Prinsip-prinsip feasibility (kelayakan) dalam implementasi penelitian, Teknik dokumentasi implementasi penelitian, Studi kasus implementasi penelitian dalam pendidikan bahasa Inggris, Penyusunan rencana tindakan (action plan) berdasarkan temuan penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

9

Minggu ke 9

Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat: 1) Memilih teknik analisis data yang sesuai dengan jenis data dan pertanyaan penelitian, 2) Melakukan pengolahan data dengan teknik yang dipilih, 3) Menginterpretasikan hasil analisis untuk menjawab pertanyaan penelitian, dan 4) Menyajikan interpretasi temuan secara sistematis dan kritis.

  1. Kesesuaian pemilihan teknik analisis dengan jenis data dan hipotesis/pertanyaan penelitian.
  2. Ketepatan prosedur dalam melakukan pengolahan data.
  3. Kedalaman dan ketajaman dalam menginterpretasikan hasil analisis.
  4. Kejelasan dan sistematika dalam menyajikan interpretasi temuan.
Kriteria:

Kebenaran penulisan sitasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kombinasi ceramah interaktif, demonstrasi teknik analisis, studi kasus (analisis data penelitian contoh), dan diskusi kelompok untuk membahas interpretasi hasil..
Analisis dan Interpretasi Data Studi Kasus, Mahasiswa diberikan dataset atau transkrip wawancara contoh (studi kasus) melalui LMS. Mereka diminta untuk: 1) Memilih dan menjelaskan teknik analisis yang sesuai, 2) Melakukan pengolahan data sederhana (misal: menghitung statistik deskriptif atau mengidentifikasi tema awal), dan 3) Menuliskan interpretasi awal dari hasil yang mereka peroleh. Tugas dikumpulkan dalam bentuk dokumen tertulis.
Materi: Review jenis-jenis data (kuantitatif, kualitatif, campuran) dan teknik analisis yang cocok., Prinsip-prinsip analisis data kuantitatif (statistik deskriptif & inferensial)., Prinsip-prinsip analisis data kualitatif (analisis tematik, content analysis)., Langkah-langkah interpretasi data: dari angka/tema ke makna dan implikasi., Studi kasus penerapan teknik analisis pada data penelitian.
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat: 1) Mengidentifikasi teori-teori yang relevan dengan temuan penelitian; 2) Menganalisis kesesuaian dan ketidaksesuaian antara temuan empiris dengan teori; 3) Menjelaskan implikasi temuan penelitian terhadap praktik dan pengembangan teori dalam Pendidikan Bahasa Inggris.

  1. Kemampuan mengidentifikasi teori yang relevan dengan topik penelitian
  2. Ketepatan dalam menganalisis hubungan temuan dengan teori
  3. Kedalaman analisis implikasi temuan terhadap praktik Pendidikan Bahasa Inggris
  4. Kejelasan penyajian argumentasi analitis
Kriteria:

Kejelasan penyajian argumentasi analitis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi terpandu, presentasi analisis kasus, studi literatur kritis, dan refleksi kolaboratif.
Analisis kritis artikel penelitian, Mahasiswa diminta untuk menganalisis satu artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, mengidentifikasi teori yang digunakan, menganalisis hubungan temuan dengan teori tersebut, dan menjelaskan implikasi temuan untuk praktik pengajaran.
Materi: Konsep analisis temuan penelitian, Teknik menghubungkan data empiris dengan teori, Implikasi penelitian untuk praktik pengajaran Bahasa Inggris, Studi kasus penelitian dalam Pendidikan Bahasa Inggris
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat menganalisis, menilai, dan menyimpulkan nilai ilmiah serta batasan dari suatu penelitian, baik milik sendiri maupun orang lain, dengan menggunakan standar dan prinsip keilmuan yang berlaku.

  1. Mampu mengidentifikasi kontribusi penelitian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan atau praktik.
  2. Mampu mengidentifikasi keterbatasan metodologis, teoritis, atau kontekstual dalam suatu penelitian.
  3. Mampu memberikan penilaian kritis terhadap validitas dan reliabilitas temuan penelitian.
  4. Mampu membandingkan dan mengevaluasi penelitian sendiri dengan penelitian lain berdasarkan kriteria keilmuan.
  5. Mampu merumuskan rekomendasi untuk penelitian lanjutan berdasarkan evaluasi yang dilakukan.
Kriteria:

Mampu membandingkan dan mengevaluasi penelitian sendiri dengan penelitian lain berdasarkan kriteria keilmuan.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi kelompok terpandu, presentasi kritis, studi kasus penelitian, dan peer review..

Materi: Kriteria keilmuan untuk mengevaluasi penelitian (validitas, reliabilitas, originalitas, dampak)., Teknik identifikasi kontribusi dan keterbatasan dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif., Analisis komparatif antara penelitian sendiri dan penelitian orang lain., Penyusunan laporan evaluasi penelitian yang sistematis., Etika dalam memberikan penilaian terhadap penelitian orang lain.
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan dapat: 1) Mengidentifikasi dan menganalisis kontribusi ilmiah dari suatu penelitian; 2) Mengkritisi keterbatasan metodologis dan substantif dalam penelitian; 3) Membandingkan dan mengevaluasi kualitas penelitian berdasarkan standar keilmuan; 4) Memberikan rekomendasi untuk pengembangan penelitian lebih lanjut.

  1. Kemampuan mengidentifikasi kontribusi penelitian terhadap pengembangan ilmu.
  2. Kemampuan menganalisis keterbatasan metodologi dan implikasinya.
  3. Kemampuan mengevaluasi kesesuaian kesimpulan dengan data dan analisis.
  4. Kemampuan memberikan kritik konstruktif dan saran perbaikan.
Kriteria:

Kelengkapan isi proofreading


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi terpandu, presentasi kritis, studi kasus (analisis artikel penelitian), dan peer review..
Peer Review Online dan Refleksi Evaluasi Diri, Mahasiswa diminta untuk: 1) Mengunggah draft hasil penelitian atau analisis artikel pilihan ke forum LMS. 2) Melakukan peer review terhadap karya minimal dua rekan dengan memberikan evaluasi tertulis mengenai kontribusi dan keterbatasan berdasarkan rubrik yang diberikan. 3) Menulis refleksi diri yang mengevaluasi kontribusi dan keterbatasan penelitian sendiri berdasarkan masukan dari peer review.
Materi: Kriteria keilmuan untuk mengevaluasi penelitian (validitas, reliabilitas, kontribusi teoretis & praktis)., Teknik identifikasi dan analisis keterbatasan penelitian (metodologis, konseptual, kontekstual)., Panduan memberikan umpan balik konstruktif untuk penelitian sendiri dan orang lain., Studi kasus: Evaluasi artikel penelitian atau proposal seminar.
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat menyusun naskah laporan penelitian atau artikel ilmiah lengkap yang memenuhi struktur, kaidah penulisan akademik, serta menunjukkan alur pemikiran yang logis dan koheren.

  1. Kelengkapan dan kesesuaian struktur laporan/artikel (pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, kesimpulan).
  2. Koherensi dan sistematika penyajian ide serta alur logika dalam naskah.
  3. Kesesuaian dengan standar penulisan akademik (tata bahasa, format kutipan, daftar pustaka).
  4. Kemampuan mensintesis dan menyajikan temuan penelitian secara komprehensif.
  5. Keaslian dan kedalaman analisis dalam pembahasan hasil.
Kriteria:

Kemampuan mensintesis dan menyajikan temuan penelitian secara komprehensif.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Workshop penulisan, presentasi dan peer-review naskah, diskusi kelompok terpumpun, serta konsultasi individual dengan dosen..
Pengumpulan dan peer-review draft final laporan penelitian/artikel ilmiah melalui forum diskusi LMS, dilengkapi dengan sesi konsultasi online asinkronus atau sinkronus virtual.
Materi: Struktur dan komponen laporan penelitian/artikel ilmiah., Prinsip koherensi dan sistematika dalam penulisan akademik., Teknik penyajian hasil dan pembahasan yang efektif., Standar penulisan akademik (format, gaya selingkung, etika kutipan)., Strategi merevisi dan memfinalisasi naskah.
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu merancang dan menyajikan presentasi akademik untuk proposal dan temuan penelitian dengan struktur yang jelas, komunikasi visual yang efektif, penyampaian yang meyakinkan, serta mampu menanggapi pertanyaan dan masukan dengan baik.

  1. Kemampuan menyusun struktur presentasi yang logis dan koheren (pendahuluan, metodologi, hasil, pembahasan, kesimpulan).
  2. Kemampuan merancang dan menggunakan media presentasi (slide) yang efektif, jelas, dan mendukung pesan.
  3. Kemampuan menyampaikan presentasi secara lisan dengan artikulasi jelas, intonasi tepat, kontak mata, dan pengelolaan waktu.
  4. Kemampuan menanggapi pertanyaan, kritik, dan masukan selama sesi tanya jawab dengan argumentasi yang baik dan sikap akademik.
Kriteria:

Kemampuan menanggapi pertanyaan, kritik, dan masukan selama sesi tanya jawab dengan argumentasi yang baik dan sikap akademik.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis proyek (project-based learning), simulasi presentasi, diskusi dan tanya jawab interaktif, serta peer review..
Mahasiswa merekam video presentasi proposal atau temuan penelitian (berdurasi 10-15 menit) dengan menerapkan prinsip penyajian akademik yang telah dipelajari, kemudian mengunggahnya ke LMS untuk mendapatkan penilaian dan umpan balik dari dosen dan peer review.
Materi: Prinsip-prinsip penyajian akademik yang efektif (struktur, kejelasan, keringkasan)., Teknik perancangan slide presentasi yang baik (tipografi, warna, visualisasi data, konsistensi)., Teknik penyampaian presentasi lisan (public speaking, bahasa tubuh, manajemen kecemasan)., Strategi penanganan sesi tanya jawab dan diskusi akademik.
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa dapat mengidentifikasi, mengkategorikan, dan mengevaluasi masukan dari diskusi seminar, kemudian menerjemahkannya menjadi rencana revisi yang konkret untuk meningkatkan kualitas karya penelitian.

  1. Kemampuan mengidentifikasi poin-poin kritis dari umpan balik seminar
  2. Kemampuan menganalisis relevansi dan validitas setiap masukan terhadap penelitian
  3. Kemampuan menyusun rencana revisi yang sistematis berdasarkan analisis umpan balik
  4. Kemampuan mengintegrasikan masukan untuk memperkuat argumentasi dan metodologi penelitian
Kriteria:

Kualitas hasil revisi setelah proofreading


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi reflektif, presentasi rencana revisi, tanya jawab terpandu, dan konsultasi individu/kelompok..

Materi: Teknik analisis umpan balik kritis, Strategi prioritisasi masukan untuk revisi, Penyusunan matriks revisi penelitian, Penyempurnaan bagian-bagian karya tulis (latar belakang, metode, hasil, pembahasan)
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip penulisan akademik dan sistematika penulisan tesis untuk menyusun draft bab awal penelitian (Bab I: Pendahuluan dan Bab II: Tinjauan Pustaka) yang koheren, argumentatif, dan memenuhi standar akademik.

  1. Kemampuan mengidentifikasi dan menerapkan struktur standar Bab I (Pendahuluan) tesis.
  2. Kemampuan merumuskan latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan signifikansi penelitian dengan bahasa akademik yang tepat.
  3. Kemampuan menyusun tinjauan pustaka (Bab II) yang sistematis, kritis, dan terintegrasi dengan kerangka teoritis.
  4. Kemampuan menerapkan teknik parafrasa, sitasi, dan referensi (APA Style) secara konsisten.
  5. Kemampuan mengorganisir argumen dan ide secara logis dan koheren dalam draft bab awal.
Kriteria:

Kemampuan mengorganisir argumen dan ide secara logis dan koheren dalam draft bab awal.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Workshop penulisan, diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion), presentasi draft, dan umpan balik sejawat (peer-review)..

Materi: Struktur dan komponen Bab I (Pendahuluan) tesis: latar belakang, rumusan masalah, tujuan, pertanyaan penelitian, signifikansi, dan batasan penelitian., Prinsip penulisan tinjauan pustaka (Bab II): sintesis literatur, keterkaitan antar studi, identifikasi celah penelitian, dan perumusan kerangka teoritis., Teknik penulisan akademik: parafrasa, sintesis, kohesi dan koherensi paragraf, serta penggunaan bahasa formal dan argumentatif., Sistematika dan format penulisan tesis (berdasarkan pedoman program studi)., Praktik penyuntingan dan revisi berdasarkan umpan balik.
Pustaka: Handbook Perkuliahan
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 7.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 72.5%
3. Penilaian Portofolio 10%
4. Praktik / Unjuk Kerja 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.