Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Telaah Kurikulum Ipa

8420103153

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

26 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




ERMAN

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-7

Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogi tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran IPA

PLO-9

Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran IPA dengan memanfaatkan ICT

PLO-11

Mampu mengkomunikasikan ide, gagasan, dan hasil observasi/eksperimen/penyelidikan secara efektif, baik lisan maupun tulisan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu mendeskripsikan informasi tentang peraturan, penerapan, dan evaluasi pembelajaran IPA pada Kurikulum Merdeka

PO - 2

Mampu menganalisis Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka

PO - 3

Mampu menganalisis Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka

PO - 4

Mampu mendesain kegiatan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan Tujuan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-7PLO-9PLO-11
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini mengkaji tentang Telaah Kurikulum IPA (Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka) meliputi definisi kurikulum, dokumen kurikulum, komponen-komponen kurikulum, aspek-aspek kurikulum, analisis capaian pembelajaran, dan aspek-aspek lain dalam kurikulum yang berlaku. Mata kuliah ini disajikan secara teori dan penugasan dalam bentuk Project Based Learning.

Pustaka

Utama :

  1. Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK
  2. Goos, M., Stillman, G., Vale, C. 2007.Teaching Secondary School Mathematics Research and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin..
  3. Stacey, O., De Lazzari, G., Grayson, H., Griffin, H., Jones, E., Taylor, A., & Thomas, D. (2018). The globalization of science curricula (p. 100). Springer Nature.
  4. Ornstein, A. C. & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, principles, and issues. Prentice-Hall.
  5. Dokumen Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka
  6. Wilson, L. O. (2016). Anderson and Krathwohl Bloom’s taxonomy revised understanding the new version of Bloom’s taxonomy. The Second Principle, 1-8.
  7. Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia.
  8. Badan Standar Nasional Pendidikan 2013 Permendikbud Tentang Kurikulum Tahun 2013 (Jakarta: Depdikbud)

Pendukung :

Dosen Pengampu

ELOK SUDIBYO

BENI SETIAWAN

DHITA AYU PERMATA SARI

ARIS RUDI PURNOMO

WAHYU BUDI SABTIAWAN

FIKKY DIAN ROQOBIH

Dr. Elok Sudibyo, S.Pd.,M.Pd.

Dr. Elok Sudibyo, S.Pd.,M.Pd.

Wahyu Budi Sabtiawan, S.Si., M.Pd., M.Sc.

Wahyu Budi Sabtiawan, S.Si., M.Pd., M.Sc.

Dhita Ayu Permata Sari, S.Pd., M.Pd.

Dhita Ayu Permata Sari, S.Pd., M.Pd.

Aris Rudi Purnomo, S.Si., M.Pd., M.Sc.

Aris Rudi Purnomo, S.Si., M.Pd., M.Sc.

Beni Setiawan, S.Pd., M.Pd., Ph.D.

Beni Setiawan, S.Pd., M.Pd., Ph.D.

Fikky Dian Roqobih, S.Pd., M.Pd.

Fikky Dian Roqobih, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mendeskripsikan definisi Kurikulum Merdeka dalam konteks Pembelajaran Abad-21
  2. Mendeskripsikan komponen-komponen pada Kurikulum Merdeka


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi pengantar MK, pembelajaran IPA, dan Kurikulum yang berlaku di Indonesia saat ini (Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013), Penugasan untuk mencari dan mempelajari literatur secara online tentang definisi kurikulum dan komponen-komponen Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013.
3x50‘
Materi: Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013
Pustaka: Dokumen Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

Materi: Kurikulum Merdeka
Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia.

Materi: Kurikulum 2013
Pustaka: Badan Standar Nasional Pendidikan 2013 Permendikbud Tentang Kurikulum Tahun 2013 (Jakarta: Depdikbud)

Materi: Kurikulum IPA
Pustaka: Stacey, O., De Lazzari, G., Grayson, H., Griffin, H., Jones, E., Taylor, A., & Thomas, D. (2018). The globalization of science curricula (p. 100). Springer Nature.

Materi: KUrikulum \
Pustaka: Ornstein, A. C. & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, principles, and issues. Prentice-Hall.
5%

2

Minggu ke 2

  1. Mendeskripsikan definisi Kurikulum Merdeka dalam konteks Pembelajaran Abad-21
  2. Mendeskripsikan komponen-komponen pada Kurikulum Merdeka


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi pengantar MK, pembelajaran IPA, dan Kurikulum yang berlaku di Indonesia saat ini (Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013), Penugasan untuk mencari dan mempelajari literatur secara online tentang definisi kurikulum dan komponen-komponen Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013.
3x50‘
Materi: Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013
Pustaka: Dokumen Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

Materi: Kurikulum Merdeka
Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia.

Materi: Kurikulum 2013
Pustaka: Badan Standar Nasional Pendidikan 2013 Permendikbud Tentang Kurikulum Tahun 2013 (Jakarta: Depdikbud)

Materi: Kurikulum IPA
Pustaka: Stacey, O., De Lazzari, G., Grayson, H., Griffin, H., Jones, E., Taylor, A., & Thomas, D. (2018). The globalization of science curricula (p. 100). Springer Nature.

Materi: KUrikulum \
Pustaka: Ornstein, A. C. & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, principles, and issues. Prentice-Hall.
5%

3

Minggu ke 3

  1. Mendeksripsikan Capaian Pembelajaran (CP)pada Kurikulum Merdeka;
  2. Mendeksripsikan Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
  3. Menjelaskan kata kerja operasional pada Tujuan Pembelajaran
  4. Menghubungkan luasan materi dengan kata kerja operasional Tujuan Pembelajaran
  1. Memahami Capaian Pembelajaran (CP) pada Kurikulum Merdeka
  2. Menganalisis hubungan Capaian Pembelajaran (CP) dengan Tujuan Pembelajaran
  3. mengidentifikasi konsep-konsep IPA yang terdapat pada materi ajar
Kriteria:

Ketepatan untuk memahami Capaian Pembelajaran (CP), menjelaskan kata kerja operasional Tujuan Pembelajaran, menghubungkan luasan materi dengan kata kerja operasional capaian pembelajaran, dan mengidentifikasi konsep-konsep IPA yang terdapat pada materi ajar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Pembelajaran kooperatif untuk menganalisis Capaian Pembelajaran (CP) dan Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka, menganalisis luasan materi berdasarkan CP dan TP.
3 x 50‘
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran
Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia.

Materi: Materi pada Pembelajaran IPA
Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK
6%

4

Minggu ke 4

  1. Mendeksripsikan Capaian Pembelajaran (CP)pada Kurikulum Merdeka;
  2. Mendeksripsikan Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
  3. Menjelaskan kata kerja operasional pada Tujuan Pembelajaran
  4. Menghubungkan luasan materi dengan kata kerja operasional Tujuan Pembelajaran
  1. Memahami Capaian Pembelajaran (CP) pada Kurikulum Merdeka
  2. Menganalisis hubungan Capaian Pembelajaran (CP) dengan Tujuan Pembelajaran
  3. mengidentifikasi konsep-konsep IPA yang terdapat pada materi ajar
Kriteria:

Ketepatan untuk memahami Capaian Pembelajaran (CP), menjelaskan kata kerja operasional Tujuan Pembelajaran, menghubungkan luasan materi dengan kata kerja operasional capaian pembelajaran, dan mengidentifikasi konsep-konsep IPA yang terdapat pada materi ajar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Pembelajaran kooperatif untuk menganalisis Capaian Pembelajaran (CP) dan Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka, menganalisis luasan materi berdasarkan CP dan TP.
3 x 50‘
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran
Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia.

Materi: Materi pada Pembelajaran IPA
Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK
6%

5

Minggu ke 5

  1. Mampu merumuskan Tujuan Pembelajaran berdasarkan analisis Capaian Pembelajaran
  2. Mampu menentukan Alur Tujuan Pembelajaran
  3. Mampu merumuskan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) berdasarkan Tujuan Pembelajaran
  1. Menjelaskan level kognitif Tujuan Pembelajaran yang dipilih.
  2. Menentukan indikator (Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran/KKTP) yang setara dengan level kognitif Tujuan Pembelajaran
  3. Mengidentifikasi kecukupan indikator (Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran/KKTP) terhadap Tujuan Pembelajaran
Kriteria:

Ketepatan dalam menjelaskan level kognitif Tujuan Pembelajaran, menentukan indikator (Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran/KKTP), dan mengidentifikasi kecukupan indikator.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Pembelajaran kooperatif membahas tentang Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, dan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP)
3 x 50‘
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran
Pustaka: Badan Standar Nasional Pendidikan 2013 Permendikbud Tentang Kurikulum Tahun 2013 (Jakarta: Depdikbud)
8%

6

Minggu ke 6

  1. Mampu merumuskan Tujuan Pembelajaran berdasarkan analisis Capaian Pembelajaran
  2. Mampu menentukan Alur Tujuan Pembelajaran
  3. Mampu merumuskan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) berdasarkan Tujuan Pembelajaran
  4. Mengidentifikasi konsep-konsep IPA yang terdapat pada materi ajar
  1. Menjelaskan level kognitif Tujuan Pembelajaran yang dipilih.
  2. Menentukan indikator (Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran/KKTP) yang setara dengan level kognitif Tujuan Pembelajaran
  3. Mengidentifikasi kecukupan indikator (Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran/KKTP) terhadap Tujuan Pembelajaran
  4. Mampu merumuskan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) berdasarkan Tujuan Pembelajaran
Kriteria:

Ketepatan dalam menjelaskan level kognitif Tujuan Pembelajaran, menentukan indikator (Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran/KKTP), dan mengidentifikasi kecukupan indikator.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Pembelajaran kooperatif membahas tentang Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, dan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP)
3 x 50‘
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran
Pustaka: Badan Standar Nasional Pendidikan 2013 Permendikbud Tentang Kurikulum Tahun 2013 (Jakarta: Depdikbud)
8%

7

Minggu ke 7

Mampu merumuskan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) berdasarkan Tujuan Pembelajaran

  1. Menjelaskan komponen ABCD (Audience, Behavior, Condition, dan Degree) KKTP
  2. Mengidentifikasi komponen ABCD pada KKTP yang dibuat
  3. Melengkapi KKTP yang belum memenuhi aturan berdasarkan komponen ABCD
Kriteria:

Ketepatan dalam menganalisis komponen KKTP


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Pembelajaran kooperatif untuk merumuskan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran berdasarkan Tujuan Pembelajaran yang telah ditetapkan.
3 x 50‘
Materi: Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP)
Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia.
6%

8

Minggu ke 8

Mampu merumuskan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) berdasarkan Tujuan Pembelajaran

  1. Menjelaskan komponen ABCD (Audience, Behavior, Condition, dan Degree) KKTP
  2. Mengidentifikasi komponen ABCD pada KKTP yang dibuat
  3. Melengkapi KKTP yang belum memenuhi aturan berdasarkan komponen ABCD
Kriteria:

Ketepatan dalam menganalisis komponen KKTP


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Pembelajaran kooperatif untuk merumuskan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran berdasarkan Tujuan Pembelajaran yang telah ditetapkan.
3 x 50‘
Materi: Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP)
Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia.

Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran
Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia.
8%

9

Minggu ke 9

Merancang kegiatan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan Tujuan Pembelajaran dan rencana penilaian yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka

  1. Menentukan topik LKPD yang sesuai dengan Tujuan Pembelajaran yang dipilih dan permasalahan yang ada di sekolah
  2. Menelusuri kebaruan (novelty) topik LKPD dengan menggunakan mesin pencari google
  3. Menentukan alat dan bahan yang diperlukan di dalam LKPD
  4. Menentukan prosedur kerja LKPD
  5. Menuliskan pertanyaan-pertanyaan analisis yang sesuai dengan data yang akan diamati atau diukur
Kriteria:

Ketepatan dalam menentukan topik LKPD dan menambahkan nilai kebaruan pada LKPD yang dibuat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Learning: Mahasiswa merancang Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menerapkan prinsip Understanding by Design (UbD) untuk Pembelajaran IPA di tingkat SMP.
3x50‘
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran
Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia.

Materi: Materi pada Mata Pelajaran IPA SMP
Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK
6%

10

Minggu ke 10

Merancang kegiatan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan Tujuan Pembelajaran dan rencana penilaian yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka

  1. Menentukan topik LKPD yang sesuai dengan Tujuan Pembelajaran yang dipilih dan permasalahan yang ada di sekolah
  2. Menelusuri kebaruan (novelty) topik LKPD dengan menggunakan mesin pencari google
  3. Menentukan alat dan bahan yang diperlukan di dalam LKPD
  4. Menentukan prosedur kerja LKPD
  5. Menuliskan pertanyaan-pertanyaan analisis yang sesuai dengan data yang akan diamati atau diukur
Kriteria:

Ketepatan dalam menentukan topik LKPD dan menambahkan nilai kebaruan pada LKPD yang dibuat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Learning: Mahasiswa merancang Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menerapkan prinsip Understanding by Design (UbD) untuk Pembelajaran IPA di tingkat SMP.
3x50‘
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran
Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia.

Materi: Materi pada Mata Pelajaran IPA SMP
Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK
6%

11

Minggu ke 11

Merancang kegiatan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan Tujuan Pembelajaran dan rencana penilaian yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka

  1. Menentukan topik LKPD yang sesuai dengan Tujuan Pembelajaran yang dipilih dan permasalahan yang ada di sekolah
  2. Menelusuri kebaruan (novelty) topik LKPD dengan menggunakan mesin pencari google
  3. Menentukan alat dan bahan yang diperlukan di dalam LKPD
  4. Menentukan prosedur kerja LKPD
  5. Menuliskan pertanyaan-pertanyaan analisis yang sesuai dengan data yang akan diamati atau diukur
Kriteria:

Ketepatan dalam menentukan topik LKPD dan menambahkan nilai kebaruan pada LKPD yang dibuat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Learning: Mahasiswa merancang Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menerapkan prinsip Understanding by Design (UbD) untuk Pembelajaran IPA di tingkat SMP.
3x50‘
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran
Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia.

Materi: Materi pada Mata Pelajaran IPA SMP
Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK
6%

12

Minggu ke 12

Merancang kegiatan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan Tujuan Pembelajaran dan rencana penilaian yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka

  1. Menyiapkan alat dan bahan yang sesuai
  2. Mencatat data pada tabel pengamatan
  3. Menelaah data yang dicatat berdasarkan tujuan LKPD
Kriteria:

Ketepatan dalam menyiapkan alat dan bahan praktikum LKPD dan mencatat data hasil pengamatan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Project Based Learning: Mahasiswa melakukan ujicoba rancangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menerapkan prinsip Understanding by Design (UbD) untuk Pembelajaran IPA di tingkat SMP.
3x50‘
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran
Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia.

Materi: Materi pada Mata Pelajaran IPA SMP
Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK

Materi: Materi pada Pembelajaran IPA SMP
Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK
6%

13

Minggu ke 13

Merancang kegiatan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan Tujuan Pembelajaran dan rencana penilaian yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka

  1. Menuliskan hasil uji coba LKPD pada tabel pengamatan
  2. Mengomunikasi-kan hasil uji coba LKPD di depan kelas
  3. Menyampaikan proses uji coba dan reviu kelemahan LKPD
Kriteria:

Ketepatan dalam mengomunikasikan hasil uji coba LKPD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Learning: Mahasiswa mengkomunikasikan hasil project yang telah dilakukan dalam bentuk Laporan dan Presentasi serta pameran hasil Project Kegiatan.
3x50‘
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran
Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia.

Materi: Materi pada Mata Pelajaran IPA SMP
Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK
6%

14

Minggu ke 14

Merancang kegiatan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan Tujuan Pembelajaran dan rencana penilaian yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka

  1. Menuliskan hasil uji coba LKPD pada tabel pengamatan
  2. Mengomunikasi-kan hasil uji coba LKPD di depan kelas
  3. Menyampaikan proses uji coba dan reviu kelemahan LKPD
Kriteria:

Ketepatan dalam mengomunikasikan hasil uji coba LKPD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Learning: Mahasiswa mengkomunikasikan hasil project yang telah dilakukan dalam bentuk Laporan dan Presentasi serta pameran hasil Project Kegiatan.
3x50‘
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran
Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia.

Materi: Materi pada Mata Pelajaran IPA SMP
Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK
6%

15

Minggu ke 15

Merancang kegiatan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan Tujuan Pembelajaran dan rencana penilaian yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka

  1. Menuliskan hasil uji coba LKPD pada tabel pengamatan
  2. Mengomunikasi-kan hasil uji coba LKPD di depan kelas
  3. Menyampaikan proses uji coba dan reviu kelemahan LKPD
Kriteria:

Ketepatan dalam mengomunikasikan hasil uji coba LKPD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Learning: Mahasiswa mengkomunikasikan hasil project yang telah dilakukan dalam bentuk Laporan dan Presentasi serta pameran hasil Project Kegiatan.
3x50‘
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran
Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia.

Materi: Materi pada Mata Pelajaran IPA SMP
Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK
6%

16

Minggu ke 16

Merancang kegiatan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan Tujuan Pembelajaran dan rencana penilaian yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka

  1. Menuliskan hasil uji coba LKPD pada tabel pengamatan
  2. Mengomunikasi-kan hasil uji coba LKPD di depan kelas
  3. Menyampaikan proses uji coba dan reviu kelemahan LKPD
Kriteria:

Ketepatan dalam mengomunikasikan hasil uji coba LKPD


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Project Based Learning: Mahasiswa mengkomunikasikan hasil project yang telah dilakukan dalam bentuk Laporan dan Presentasi serta pameran hasil Project Kegiatan.
3x50‘
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran
Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia.

Materi: Materi pada Mata Pelajaran IPA SMP
Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK
6%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 42%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 49%
3. Penilaian Portofolio 9%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.