
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Telaah Kurikulum Ipa |
8420103153 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
26 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
ERMAN |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-7 |
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogi tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran IPA |
PLO-9 |
Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran IPA dengan memanfaatkan ICT |
PLO-11 |
Mampu mengkomunikasikan ide, gagasan, dan hasil observasi/eksperimen/penyelidikan secara efektif, baik lisan maupun tulisan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mendeskripsikan informasi tentang peraturan, penerapan, dan evaluasi pembelajaran IPA pada Kurikulum Merdeka
|
PO - 2 |
Mampu menganalisis Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
|
PO - 3 |
Mampu menganalisis Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
|
PO - 4 |
Mampu mendesain kegiatan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan Tujuan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-7 | PLO-9 | PLO-11 | PO-1 | | | | | PO-2 | | | | | PO-3 | | | | | PO-4 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini mengkaji tentang Telaah Kurikulum IPA (Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka) meliputi definisi kurikulum, dokumen kurikulum, komponen-komponen kurikulum, aspek-aspek kurikulum, analisis capaian pembelajaran, dan aspek-aspek lain dalam kurikulum yang berlaku. Mata kuliah ini disajikan secara teori dan penugasan dalam bentuk Project Based Learning. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK
- Goos, M., Stillman, G., Vale, C. 2007.Teaching Secondary School Mathematics Research and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin..
- Stacey, O., De Lazzari, G., Grayson, H., Griffin, H., Jones, E., Taylor, A., & Thomas, D. (2018). The globalization of science curricula (p. 100). Springer Nature.
- Ornstein, A. C. & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, principles, and issues. Prentice-Hall.
- Dokumen Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka
- Wilson, L. O. (2016). Anderson and Krathwohl Bloom’s taxonomy revised understanding the new version of Bloom’s taxonomy. The Second Principle, 1-8.
- Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia.
- Badan Standar Nasional Pendidikan 2013 Permendikbud Tentang Kurikulum Tahun 2013 (Jakarta: Depdikbud)
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
ELOK SUDIBYO BENI SETIAWAN DHITA AYU PERMATA SARI ARIS RUDI PURNOMO WAHYU BUDI SABTIAWAN FIKKY DIAN ROQOBIH Dr. Elok Sudibyo, S.Pd.,M.Pd. Dr. Elok Sudibyo, S.Pd.,M.Pd. Wahyu Budi Sabtiawan, S.Si., M.Pd., M.Sc. Wahyu Budi Sabtiawan, S.Si., M.Pd., M.Sc. Dhita Ayu Permata Sari, S.Pd., M.Pd. Dhita Ayu Permata Sari, S.Pd., M.Pd. Aris Rudi Purnomo, S.Si., M.Pd., M.Sc. Aris Rudi Purnomo, S.Si., M.Pd., M.Sc. Beni Setiawan, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Beni Setiawan, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Fikky Dian Roqobih, S.Pd., M.Pd. Fikky Dian Roqobih, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mendeskripsikan definisi Kurikulum Merdeka dalam konteks Pembelajaran Abad-21
- Mendeskripsikan komponen-komponen pada Kurikulum Merdeka
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi pengantar MK, pembelajaran IPA, dan Kurikulum yang berlaku di Indonesia saat ini (Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013), Penugasan untuk mencari dan mempelajari literatur secara online tentang definisi kurikulum dan komponen-komponen Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. 3x50‘ |
Materi: Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 Pustaka: Dokumen Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Materi: Kurikulum Merdeka Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia. Materi: Kurikulum 2013 Pustaka: Badan Standar Nasional Pendidikan 2013 Permendikbud Tentang Kurikulum Tahun 2013 (Jakarta: Depdikbud) Materi: Kurikulum IPA Pustaka: Stacey, O., De Lazzari, G., Grayson, H., Griffin, H., Jones, E., Taylor, A., & Thomas, D. (2018). The globalization of science curricula (p. 100). Springer Nature. Materi: KUrikulum \ Pustaka: Ornstein, A. C. & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, principles, and issues. Prentice-Hall. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Mendeskripsikan definisi Kurikulum Merdeka dalam konteks Pembelajaran Abad-21
- Mendeskripsikan komponen-komponen pada Kurikulum Merdeka
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi pengantar MK, pembelajaran IPA, dan Kurikulum yang berlaku di Indonesia saat ini (Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013), Penugasan untuk mencari dan mempelajari literatur secara online tentang definisi kurikulum dan komponen-komponen Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. 3x50‘ |
Materi: Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 Pustaka: Dokumen Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Materi: Kurikulum Merdeka Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia. Materi: Kurikulum 2013 Pustaka: Badan Standar Nasional Pendidikan 2013 Permendikbud Tentang Kurikulum Tahun 2013 (Jakarta: Depdikbud) Materi: Kurikulum IPA Pustaka: Stacey, O., De Lazzari, G., Grayson, H., Griffin, H., Jones, E., Taylor, A., & Thomas, D. (2018). The globalization of science curricula (p. 100). Springer Nature. Materi: KUrikulum \ Pustaka: Ornstein, A. C. & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, principles, and issues. Prentice-Hall. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Mendeksripsikan Capaian Pembelajaran (CP)pada Kurikulum Merdeka;
- Mendeksripsikan Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
- Menjelaskan kata kerja operasional pada Tujuan Pembelajaran
- Menghubungkan luasan materi dengan kata kerja operasional Tujuan Pembelajaran
|
- Memahami Capaian Pembelajaran (CP) pada Kurikulum Merdeka
- Menganalisis hubungan Capaian Pembelajaran (CP) dengan Tujuan Pembelajaran
- mengidentifikasi konsep-konsep IPA yang terdapat pada materi ajar
|
Kriteria:
Ketepatan untuk memahami Capaian Pembelajaran (CP), menjelaskan kata kerja operasional Tujuan Pembelajaran, menghubungkan luasan materi dengan kata kerja operasional capaian pembelajaran, dan mengidentifikasi konsep-konsep IPA yang terdapat pada materi ajar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Pembelajaran kooperatif untuk menganalisis Capaian Pembelajaran (CP) dan Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka, menganalisis luasan materi berdasarkan CP dan TP. 3 x 50‘ |
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia. Materi: Materi pada Pembelajaran IPA Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK |
6% |
4
Minggu ke 4 |
- Mendeksripsikan Capaian Pembelajaran (CP)pada Kurikulum Merdeka;
- Mendeksripsikan Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
- Menjelaskan kata kerja operasional pada Tujuan Pembelajaran
- Menghubungkan luasan materi dengan kata kerja operasional Tujuan Pembelajaran
|
- Memahami Capaian Pembelajaran (CP) pada Kurikulum Merdeka
- Menganalisis hubungan Capaian Pembelajaran (CP) dengan Tujuan Pembelajaran
- mengidentifikasi konsep-konsep IPA yang terdapat pada materi ajar
|
Kriteria:
Ketepatan untuk memahami Capaian Pembelajaran (CP), menjelaskan kata kerja operasional Tujuan Pembelajaran, menghubungkan luasan materi dengan kata kerja operasional capaian pembelajaran, dan mengidentifikasi konsep-konsep IPA yang terdapat pada materi ajar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Pembelajaran kooperatif untuk menganalisis Capaian Pembelajaran (CP) dan Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka, menganalisis luasan materi berdasarkan CP dan TP. 3 x 50‘ |
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia. Materi: Materi pada Pembelajaran IPA Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK |
6% |
5
Minggu ke 5 |
- Mampu merumuskan Tujuan Pembelajaran berdasarkan analisis Capaian Pembelajaran
- Mampu menentukan Alur Tujuan Pembelajaran
- Mampu merumuskan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) berdasarkan Tujuan Pembelajaran
|
- Menjelaskan level kognitif Tujuan Pembelajaran yang dipilih.
- Menentukan indikator (Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran/KKTP) yang setara dengan level kognitif Tujuan Pembelajaran
- Mengidentifikasi kecukupan indikator (Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran/KKTP) terhadap Tujuan Pembelajaran
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menjelaskan level kognitif Tujuan Pembelajaran, menentukan indikator (Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran/KKTP), dan mengidentifikasi kecukupan indikator. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Pembelajaran kooperatif membahas tentang Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, dan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) 3 x 50‘ |
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran Pustaka: Badan Standar Nasional Pendidikan 2013 Permendikbud Tentang Kurikulum Tahun 2013 (Jakarta: Depdikbud) |
8% |
6
Minggu ke 6 |
- Mampu merumuskan Tujuan Pembelajaran berdasarkan analisis Capaian Pembelajaran
- Mampu menentukan Alur Tujuan Pembelajaran
- Mampu merumuskan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) berdasarkan Tujuan Pembelajaran
- Mengidentifikasi konsep-konsep IPA yang terdapat pada materi ajar
|
- Menjelaskan level kognitif Tujuan Pembelajaran yang dipilih.
- Menentukan indikator (Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran/KKTP) yang setara dengan level kognitif Tujuan Pembelajaran
- Mengidentifikasi kecukupan indikator (Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran/KKTP) terhadap Tujuan Pembelajaran
- Mampu merumuskan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) berdasarkan Tujuan Pembelajaran
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menjelaskan level kognitif Tujuan Pembelajaran, menentukan indikator (Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran/KKTP), dan mengidentifikasi kecukupan indikator. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Pembelajaran kooperatif membahas tentang Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, dan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) 3 x 50‘ |
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran Pustaka: Badan Standar Nasional Pendidikan 2013 Permendikbud Tentang Kurikulum Tahun 2013 (Jakarta: Depdikbud) |
8% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu merumuskan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) berdasarkan Tujuan Pembelajaran |
- Menjelaskan komponen ABCD (Audience, Behavior, Condition, dan Degree) KKTP
- Mengidentifikasi komponen ABCD pada KKTP yang dibuat
- Melengkapi KKTP yang belum memenuhi aturan berdasarkan komponen ABCD
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menganalisis komponen KKTP Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Pembelajaran kooperatif untuk merumuskan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran berdasarkan Tujuan Pembelajaran yang telah ditetapkan. 3 x 50‘ |
Materi: Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia. |
6% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu merumuskan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) berdasarkan Tujuan Pembelajaran |
- Menjelaskan komponen ABCD (Audience, Behavior, Condition, dan Degree) KKTP
- Mengidentifikasi komponen ABCD pada KKTP yang dibuat
- Melengkapi KKTP yang belum memenuhi aturan berdasarkan komponen ABCD
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menganalisis komponen KKTP Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Pembelajaran kooperatif untuk merumuskan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran berdasarkan Tujuan Pembelajaran yang telah ditetapkan. 3 x 50‘ |
Materi: Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia. Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia. |
8% |
9
Minggu ke 9 |
Merancang kegiatan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan Tujuan Pembelajaran dan rencana penilaian yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka |
- Menentukan topik LKPD yang sesuai dengan Tujuan Pembelajaran yang dipilih dan permasalahan yang ada di sekolah
- Menelusuri kebaruan (novelty) topik LKPD dengan menggunakan mesin pencari google
- Menentukan alat dan bahan yang diperlukan di dalam LKPD
- Menentukan prosedur kerja LKPD
- Menuliskan pertanyaan-pertanyaan analisis yang sesuai dengan data yang akan diamati atau diukur
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menentukan topik LKPD dan menambahkan nilai kebaruan pada LKPD yang dibuat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Learning: Mahasiswa merancang Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menerapkan prinsip Understanding by Design (UbD) untuk Pembelajaran IPA di tingkat SMP. 3x50‘ |
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia. Materi: Materi pada Mata Pelajaran IPA SMP Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Merancang kegiatan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan Tujuan Pembelajaran dan rencana penilaian yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka |
- Menentukan topik LKPD yang sesuai dengan Tujuan Pembelajaran yang dipilih dan permasalahan yang ada di sekolah
- Menelusuri kebaruan (novelty) topik LKPD dengan menggunakan mesin pencari google
- Menentukan alat dan bahan yang diperlukan di dalam LKPD
- Menentukan prosedur kerja LKPD
- Menuliskan pertanyaan-pertanyaan analisis yang sesuai dengan data yang akan diamati atau diukur
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menentukan topik LKPD dan menambahkan nilai kebaruan pada LKPD yang dibuat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Learning: Mahasiswa merancang Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menerapkan prinsip Understanding by Design (UbD) untuk Pembelajaran IPA di tingkat SMP. 3x50‘ |
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia. Materi: Materi pada Mata Pelajaran IPA SMP Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Merancang kegiatan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan Tujuan Pembelajaran dan rencana penilaian yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka |
- Menentukan topik LKPD yang sesuai dengan Tujuan Pembelajaran yang dipilih dan permasalahan yang ada di sekolah
- Menelusuri kebaruan (novelty) topik LKPD dengan menggunakan mesin pencari google
- Menentukan alat dan bahan yang diperlukan di dalam LKPD
- Menentukan prosedur kerja LKPD
- Menuliskan pertanyaan-pertanyaan analisis yang sesuai dengan data yang akan diamati atau diukur
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menentukan topik LKPD dan menambahkan nilai kebaruan pada LKPD yang dibuat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Learning: Mahasiswa merancang Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menerapkan prinsip Understanding by Design (UbD) untuk Pembelajaran IPA di tingkat SMP. 3x50‘ |
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia. Materi: Materi pada Mata Pelajaran IPA SMP Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK |
6% |
12
Minggu ke 12 |
Merancang kegiatan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan Tujuan Pembelajaran dan rencana penilaian yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka |
- Menyiapkan alat dan bahan yang sesuai
- Mencatat data pada tabel pengamatan
- Menelaah data yang dicatat berdasarkan tujuan LKPD
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menyiapkan alat dan bahan praktikum LKPD dan mencatat data hasil pengamatan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Project Based Learning: Mahasiswa melakukan ujicoba rancangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menerapkan prinsip Understanding by Design (UbD) untuk Pembelajaran IPA di tingkat SMP. 3x50‘ |
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia. Materi: Materi pada Mata Pelajaran IPA SMP Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK Materi: Materi pada Pembelajaran IPA SMP Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Merancang kegiatan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan Tujuan Pembelajaran dan rencana penilaian yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka |
- Menuliskan hasil uji coba LKPD pada tabel pengamatan
- Mengomunikasi-kan hasil uji coba LKPD di depan kelas
- Menyampaikan proses uji coba dan reviu kelemahan LKPD
|
Kriteria:
Ketepatan dalam mengomunikasikan hasil uji coba LKPD Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Learning: Mahasiswa mengkomunikasikan hasil project yang telah dilakukan dalam bentuk Laporan dan Presentasi serta pameran hasil Project Kegiatan. 3x50‘ |
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia. Materi: Materi pada Mata Pelajaran IPA SMP Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK |
6% |
14
Minggu ke 14 |
Merancang kegiatan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan Tujuan Pembelajaran dan rencana penilaian yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka |
- Menuliskan hasil uji coba LKPD pada tabel pengamatan
- Mengomunikasi-kan hasil uji coba LKPD di depan kelas
- Menyampaikan proses uji coba dan reviu kelemahan LKPD
|
Kriteria:
Ketepatan dalam mengomunikasikan hasil uji coba LKPD Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Learning: Mahasiswa mengkomunikasikan hasil project yang telah dilakukan dalam bentuk Laporan dan Presentasi serta pameran hasil Project Kegiatan. 3x50‘ |
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia. Materi: Materi pada Mata Pelajaran IPA SMP Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK |
6% |
15
Minggu ke 15 |
Merancang kegiatan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan Tujuan Pembelajaran dan rencana penilaian yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka |
- Menuliskan hasil uji coba LKPD pada tabel pengamatan
- Mengomunikasi-kan hasil uji coba LKPD di depan kelas
- Menyampaikan proses uji coba dan reviu kelemahan LKPD
|
Kriteria:
Ketepatan dalam mengomunikasikan hasil uji coba LKPD Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Learning: Mahasiswa mengkomunikasikan hasil project yang telah dilakukan dalam bentuk Laporan dan Presentasi serta pameran hasil Project Kegiatan. 3x50‘ |
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia. Materi: Materi pada Mata Pelajaran IPA SMP Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK |
6% |
16
Minggu ke 16 |
Merancang kegiatan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan Tujuan Pembelajaran dan rencana penilaian yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka |
- Menuliskan hasil uji coba LKPD pada tabel pengamatan
- Mengomunikasi-kan hasil uji coba LKPD di depan kelas
- Menyampaikan proses uji coba dan reviu kelemahan LKPD
|
Kriteria:
Ketepatan dalam mengomunikasikan hasil uji coba LKPD Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
Project Based Learning: Mahasiswa mengkomunikasikan hasil project yang telah dilakukan dalam bentuk Laporan dan Presentasi serta pameran hasil Project Kegiatan. 3x50‘ |
Materi: Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran Pustaka: Anggraena Y, Ginanto D, Felicia N, Andiarti A, Herutami I, Alhapip L, Iswoyo S, Hartini Y, dan Mahardika R L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulu, dan Aesmen Pendidikan.Indonesia. Materi: Materi pada Mata Pelajaran IPA SMP Pustaka: Buku-buku Mata Pelajaran Matematika dan IPA SMP/MTs, SMA/MA, SMK |
6% |