
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Manajemen Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Kewirausahaan Pendidikan* |
8603102949 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
2 |
17 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Nunuk Hariyati, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mengembangkan teori/konsepsi/gagasan baru substansi Manajemen Pendidikan melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah. |
PLO-6 |
Mampu memecahkan permasalahan dalam kepemimpinan pendidikan pada pengembangan inovasi satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi, dan mengembangkan supervisi dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif (pemimpin) |
PLO-7 |
Mampu melakukan advokasi kepada masyarakat dengan ide dan argumen teknis dan mampu merancang program dan strategi transformasi organisasi pendidikan melalui perencanaan strategik yang futuristik, visible, flexible, dan relevan dengan dinamika perkembangan pendidikan (konsultan) |
PLO-8 |
Menghasilkan novelty pengembangan substansi manajemen pendidikan yang terkognisi dan/terpublikasi, baik nasional maupun internasional melalui pengembangan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin (peneliti); |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menginternalisasi karakter "cerdas, inovatif, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan berkomitmen dalam pembelajaran untuk mengembangkan ide-ide baru dalam pengembangan kewirausahaan pendidikan;
|
PO - 2 |
Menerapkan nilai-nilai dan perilaku kewirausahaan dalam pengelolaan pendidikan;
|
PO - 3 |
Menganalisis tantangan dan potensi sumber daya pendidikan, baik yang tangible maupun intangible dengan mengidentifikasi faktor-faktor kunci dalam membangun peluang kewirausahaan pendidikan.
|
PO - 4 |
Memecahkan permasalahan pengelolaan pendidikan dengan gagasan yang inovatif sehingga menghasilkan peluang wirausaha bidang pendidikan.
|
PO - 5 |
Merancang dan mengembangkan rencana bisnis wirausaha bidang pendidikan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | | | ✔ | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | | PO-5 | | | | | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Pengembangan Kewirausahaan dalam Pendidikandirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang teori, konsep, dan praktik kewirausahaan, dengan fokus khusus pada bidang pendidikan. Mata kuliah ini bertujuan untuk mengenali potensi diri mahasiswa melalui berbagai model kewirausahaan yang berkembang, serta mendorong munculnya ide dan gagasan kreatif dan inovatif yang dapat diimplementasikan sebagai solusi bagi permasalahan masyarakat sekitar. Mahasiswa akan mengkreasikan konsep-konsep kewirausahaan, nilai-nilai dan perilaku kewirausahaan, berbagai teori kewirausahaan, ide dan peluang, kreativitas, inovasi, perencanaan usaha dalam bidang pendidikan, serta faktor-faktor pemicu kewirausahaan. Selain itu, mata kuliah ini membahas model proses kewirausahaan, ciri-ciri dan fungsi wirausaha, serta kompetensi yang dibutuhkan dalam bidang kewirausahaan pendidikan. Luaran dari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menyusun rencana bisnis untuk kewirausahaan di bidang pendidikan yang mencakup ide-ide inovatif sebagai solusi terhadap permasalahan masyarakat sekitar melalui pemahaman mendalam tentang teori dan praktik kewirausahaan yang efektif dan efisien. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Erny Roesminingsih, M.Si. Dr. Widodo, M.Pd. Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd. Dr. Ima Widiyanah, M.Pd. Dr. Kaniati Amalia, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 150 |
|
|
30% |
2
Minggu ke 2 |
|
|
|
Online
|
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 150 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
|
|
|
20% |