Universitas Negeri Surabaya Fakultas Bahasa dan Seni Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa
Kode Dokumen
SEMESTER LEARNING PLAN
Course
KODE
Rumpun MataKuliah
Bobot Kredit
SEMESTER
Tanggal Penyusunan
Komik
8821003080
T=3
P=0
ECTS=4.77
5
23 November 2025
OTORISASI
Pengembang S.P
Koordinator Rumpun matakuliah
Koordinator Program Studi
.......................................
.......................................
FERA RATYANINGRUM
Model Pembelajaran
Case Study
Program Learning Outcomes (PLO)
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah
Program Objectives (PO)
Matrik PLO-PO
PO
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)
PO
Minggu Ke
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
Matakuliah pilihan ini mengkaji tentang pemahaman dan penerapan teknik, jenis, dan gaya ilustrasi untuk kebutuhan pada media cetak. Meliputi ilustrasi untuk editorial, book publishing, children book , dan komik serta graphic novel. Perkuliahan dilakukan melalui perancangan proyek, mahasiswa terlebih dahulu melakukan studi karakter dan setting, studi lapangan dan pemahaman terhadap karakter media yang akan digunakan, serta karakter sasaran yang dituju.
Pustaka
Utama :
Alan. 2003. Childrens book cover . USA: Powers.
Bang, Molly. 2000. Picture this : How pictures work . Boston: Seaster books
Bunanta, Murti. 2000. Cerita rakyat Indonesia . Jakarta: kelompok pecinta buku anak
Harthan, John. 1997. The history of the illustrated book, the western traditional. London : Thames & Houston
Scott Mc.Cloud. 2006. Making Comics; Story telling secret of comics, manga, graphic novel. London: William morrow.
Tony Caputo, Harlan Ellison. 2002. Visual story telling : The Art and Technique. Watson-Guptil
Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.