Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sains terintegrasi

8420803199

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=1

ECTS=4.77

2

9 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Mohammad Budiyanto, Fasih Bintang Ilhami, Wahono, Widodo, Sapti Puspitarini, Wahyu Budi Saptiawan, Aris Rudi P.




Mohammad Budiyanto




Prof. Dr. Erman, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dasar fisika, kimia, dan biologi

PLO-6

Mampu mendemonstrasikan pengetahuan sains terintegrasi

PLO-11

Mampu mengkomunikasikan ide, gagasan, dan hasil observasi/eksperimen/penyelidikan secara efektif, baik lisan maupun tulisan

Program Objectives (PO)

PO - 1

memahami sistem gerak manusia dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

PO - 2

Menerapkan sumber-sumber energi dan energi alternatif (Termasuk percobaan efl pada sel surya) pada bidang biologi

PO - 3

Menerapkan konsep sifat zat dan termodunamika pada bidang biologi

PO - 4

Menganalisis konsep kelistrikan dan kemagnetan pada makhluk hidup

PO - 5

Mnganilisis sumber energi yang diperlukan bagi mahluk hidup

PO - 6

Memahami proses pencernaan makanan sebagai sumber energi

PO - 7

Memahami metabolisme energi dari berbagai sumber energi untuk gerak pada mahluk hidup

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-11
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5    
PO-6    
PO-7    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini fokus pada pemahaman dan pengetahuan tentang prinsip-prinsip gerak dan metabolisme energi yang diperlukan, serta kelistrikan dan kemagnetan pada mahkluk hidup untuk keberlangsungan SDGs dengan media aplikasi maupun AI

Pustaka

Utama :

  1. Kappen, Bert. 2008. Introduction to Biophysics, Handout. Radboud University Nijmegen.
  2. Nölting Bengt. 2006. Methods in Modern Biophysics. Berlin: Springer.
  3. Tuszynski, Jack A., dan Kurzynski, Michal. 2003. Introduction to Molecular Biophysics. London: CRC Press.
  4. Waigh, Tom A.. 2007. Applied Biophysics . London: John Wiley and Sons, Ltd.
  5. Carl J. Payton and Roger M. Bartlett. 2008. Biomechanical Evaluation of Movement in Sport and Exercise . The British Association of Sport and Exercise Sciences Guideline
  6. Duane Knudson. 2019. Fundamentals of Biomechanics . New York: Springer.
  7. Lubert, Styer. 2000. Biokomia Vol I Edisi 4. Jakarta: EGC.

Pendukung :

  1. Halliday & Resnick. 2013. Fundamental of Physics, 10th Edition. John Wiley & Sons Inc.

Dosen Pengampu

Prof.Dr. Wahono Widodo, M.Si.

Dr. Mohammad Budiyanto, S.Pd., M.Pd.

Aris Rudi Purnomo, S.Si., M.Pd., M.Sc.

Wahyu Budi Sabtiawan, S.Si., M.Pd., M.Sc.

Fasih Bintang Ilhami, S.Kep., M.T., Ph.D.

Dr. Sapti Puspitarini, S.Si., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis TIK untuk menganalisis besaran besaran Gerak translasi dan Gerak lengkung (Peluru dan rotasi) pada gerak makhluk hidup dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk keberlangsungan SDGs

  1. Menganalisis Besaran Besaran Gerak Translasi pada makhluk hidup melalui studi kasus dan grafik
  2. Menerapkan konsep gerak translasi dan lengkung (peluru dan rotasi) pada Gerak Makhluk hidup
Kriteria:

Ketepatan pemahaman dan analisis besaran besaran Gerak translasi dan Gerak lengkung (Peluru dan rotasi) pada gerak makhluk hidup dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flip learning, berpusat pada mahasiswa, dan diskusi
3 X 50
-
Materi: Gerak translasi dan lengkung (peluru dan rotasi) pada Gerak Makhluk hidup
Pustaka: Kappen, Bert. 2008. Introduction to Biophysics, Handout. Radboud University Nijmegen.

Materi: Gerak translasi dan lengkung (peluru dan rotasi) pada Gerak Makhluk hidup
Pustaka: Nölting Bengt. 2006. Methods in Modern Biophysics. Berlin: Springer.

Materi: Gerak translasi dan lengkung (peluru dan rotasi) pada Gerak Makhluk hidup
Pustaka: Tuszynski, Jack A., dan Kurzynski, Michal. 2003. Introduction to Molecular Biophysics. London: CRC Press.

Materi: Gerak translasi dan lengkung (peluru dan rotasi) pada Gerak Makhluk hidup
Pustaka: Waigh, Tom A.. 2007. Applied Biophysics . London: John Wiley and Sons, Ltd.

Materi: Gerak kinematika dan dinamika pada makhluk hidup
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis TIK untuk menganalisis besaran besaran Gerak translasi dan Gerak lengkung (Peluru dan rotasi) pada gerak makhluk hidup dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

  1. Menganalisis Besaran Besaran Gerak Lengkung (Peluru dan rotasi) pada makhluk hidup melalui studi kasus dan grafik
  2. Menerapkan konsep gerak translasi dan lengkung (peluru dan rotasi) pada Gerak Makhluk hidup untuk keberlangsungan SDGs MH
Kriteria:

Ketepatan pemahaman dan analisis besaran besaran Gerak translasi dan Gerak lengkung (Peluru dan rotasi) pada gerak makhluk hidup dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flip learning, berpusat pada mahasiswa, dan diskusi
3 X 50
-
Materi: Gerak translasi dan lengkung (peluru dan rotasi) pada Gerak Makhluk hidup
Pustaka: Kappen, Bert. 2008. Introduction to Biophysics, Handout. Radboud University Nijmegen.

Materi: Gerak translasi dan lengkung (peluru dan rotasi) pada Gerak Makhluk hidup
Pustaka: Nölting Bengt. 2006. Methods in Modern Biophysics. Berlin: Springer.

Materi: Gerak translasi dan lengkung (peluru dan rotasi) pada Gerak Makhluk hidup
Pustaka: Tuszynski, Jack A., dan Kurzynski, Michal. 2003. Introduction to Molecular Biophysics. London: CRC Press.

Materi: Gerak translasi dan lengkung (peluru dan rotasi) pada Gerak Makhluk hidup
Pustaka: Waigh, Tom A.. 2007. Applied Biophysics . London: John Wiley and Sons, Ltd.
10%

3

Minggu ke 3

Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis TIK untuk menganalisis besaran besaran Gerak translasi dan Gerak lengkung (Peluru dan rotasi) pada gerak makhluk hidup dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

  1. Menganalisis Besaran Besaran Gerak Lengkung (Peluru dan rotasi) pada makhluk hidup melalui studi kasus dan grafik
  2. Menerapkan konsep gerak translasi dan lengkung (peluru dan rotasi) pada Gerak Makhluk hidup
  3. menganalisis gerak translasi dan lengkung (peluru dan rotasi) pada Gerak Makhluk hidup dengan media Aplikasi dan AI
Kriteria:

Ketepatan pemahaman dan analisis besaran besaran Gerak translasi dan Gerak lengkung (Peluru dan rotasi) pada gerak makhluk hidup dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flip learning, berpusat pada mahasiswa, dan diskusi
3 X 50
-
Materi: Gerak translasi dan lengkung (peluru dan rotasi) pada Gerak Makhluk hidup
Pustaka: Kappen, Bert. 2008. Introduction to Biophysics, Handout. Radboud University Nijmegen.

Materi: Gerak translasi dan lengkung (peluru dan rotasi) pada Gerak Makhluk hidup
Pustaka: Nölting Bengt. 2006. Methods in Modern Biophysics. Berlin: Springer.

Materi: Gerak translasi dan lengkung (peluru dan rotasi) pada Gerak Makhluk hidup
Pustaka: Tuszynski, Jack A., dan Kurzynski, Michal. 2003. Introduction to Molecular Biophysics. London: CRC Press.

Materi: Gerak translasi dan lengkung (peluru dan rotasi) pada Gerak Makhluk hidup
Pustaka: Waigh, Tom A.. 2007. Applied Biophysics . London: John Wiley and Sons, Ltd.
5%

4

Minggu ke 4

Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis TIK untuk memahami sistem gerak manusia dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

  1. Mendeskripsikan gerak pasif pada manusia
  2. Mendeskripsikan komponen molekuler pada sarkomer
  3. Mendeskripsikan peranan tiga protein dalam kontraksi otot
  4. Mendeskripsikan kerja otot rangka
  5. Membedakan macam sendi
  6. Membedakan berbagai macam gerak
Kriteria:

Ketepatan pemahaman dan analisis terkait konsep sistem gerak pada manusia dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flip learning, berpusat pada mahasiswa, dan diskusi
3 X 50
-
Materi: Sistem gerak manusia dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Pustaka: Duane Knudson. 2019. Fundamentals of Biomechanics . New York: Springer.

Materi: Sistem gerak manusia dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Pustaka: Carl J. Payton and Roger M. Bartlett. 2008. Biomechanical Evaluation of Movement in Sport and Exercise . The British Association of Sport and Exercise Sciences Guideline

Materi: Sistem gerak manusia dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Pustaka: Hamill, J. & Knutzen, KM. 2003.Biomechanical Basis of Human Movement.Second Edition. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins
5%

5

Minggu ke 5

Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis TIK untuk memahami sistem gerak manusia dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

  1. Mendeskripsikan peranan tiga protein dalam kontraksi otot
  2. Mendeskripsikan kerja otot rangka
  3. Membedakan macam sendi
  4. Membedakan berbagai macam gerak
Kriteria:

Ketepatan pemahaman dan analisis terkait konsep sistem gerak pada manusia dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flip learning, berpusat pada mahasiswa, dan diskusi
3 X 50
-
Materi: Sistem gerak manusia dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Pustaka: Duane Knudson. 2019. Fundamentals of Biomechanics . New York: Springer.

Materi: Sistem gerak manusia dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Pustaka: Carl J. Payton and Roger M. Bartlett. 2008. Biomechanical Evaluation of Movement in Sport and Exercise . The British Association of Sport and Exercise Sciences Guideline

Materi: Energi dan pemanfaatannya pada makhluk hidup
Pustaka: Lubert, Styer. 2000. Biokomia Vol I Edisi 4. Jakarta: EGC.
5%

6

Minggu ke 6

Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis TIK untuk memahami konsep sifat zat dan termodunamika pada bidang biologi

  1. Menganalisis kandungan energi pada makanan dan konversinya untuk memenuhi kebutuhan gerak tubuh
  2. Menjelaskan konsep pemerolehan energi secara anaerob.
  3. Mengalinsis konsep sifat zat dan termodunamika pada bidang biologi
Kriteria:

Ketepatan pemahaman mengenai konsep sifat zat dan termodunamika pada bidang biologi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flip learning, berpusat pada mahasiswa, dan diskusi
3 X 50
-
Materi: Energi dan pemanfaatannya pada makhluk hidup
Pustaka: Carl J. Payton and Roger M. Bartlett. 2008. Biomechanical Evaluation of Movement in Sport and Exercise . The British Association of Sport and Exercise Sciences Guideline

Materi: Energi dan pemanfaatannya pada makhluk hidup
Pustaka: Lubert, Styer. 2000. Biokomia Vol I Edisi 4. Jakarta: EGC.
10%

7

Minggu ke 7

Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis TIK untuk memahami konsep sifat zat dan termodunamika pada bidang biologi

  1. Menjelaskan konsep sifat zat dan termodunamika pada bidang biologi
  2. Menerapakan konsep sifat zat dan termodunamika pada bidang biologi dalam keberlansungan SDGs MH berbasis AI
Kriteria:

Ketepatan pemahaman mengenai konsep sifat zat dan termodunamika pada bidang biologi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flip learning, berpusat pada mahasiswa, dan diskusi
3 X 50
-
Materi: Energi dan pemanfaatannya pada makhluk hidup
Pustaka: Carl J. Payton and Roger M. Bartlett. 2008. Biomechanical Evaluation of Movement in Sport and Exercise . The British Association of Sport and Exercise Sciences Guideline

Materi: Energi dan pemanfaatannya pada makhluk hidup
Pustaka: Lubert, Styer. 2000. Biokomia Vol I Edisi 4. Jakarta: EGC.

Materi: Energi dan pemanfaatannya pada makhluk hidup
Pustaka: Duane Knudson. 2019. Fundamentals of Biomechanics . New York: Springer.
10%

8

Minggu ke 8

UTS

-

Kriteria:


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ujian Tengah Semester
3 X 50
-
Materi: Energi dan pemanfaatannya pada makhluk hidup
Pustaka: Carl J. Payton and Roger M. Bartlett. 2008. Biomechanical Evaluation of Movement in Sport and Exercise . The British Association of Sport and Exercise Sciences Guideline

Materi: Energi dan pemanfaatannya pada makhluk hidup
Pustaka: Lubert, Styer. 2000. Biokomia Vol I Edisi 4. Jakarta: EGC.

Materi: Energi dan pemanfaatannya pada makhluk hidup
Pustaka: Duane Knudson. 2019. Fundamentals of Biomechanics . New York: Springer.
0%

9

Minggu ke 9

Menganalisis gejala listrik statis pada benda dan makhluk hidup dan penerapannya dengan memanfaatkan IPTEK

  1. • Mendefinisi-kan muatan listrik
  2. • Mendefinisikan hukum Coulomb
  3. • Menganalisis kuat medan listrik
  4. • Menentukan kapasitansi rangkaian kapasitor
Kriteria:

Ketepatan dan pemahaman, serta uraian secara umum benar tentang konsep listrik statis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flip learning, berpusat pada mahasiswa, dan diskusi
3 X 50
-
Materi: Kinematika gerak linier dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Pustaka: Duane Knudson. 2019. Fundamentals of Biomechanics . New York: Springer.

Materi: Kinematika gerak linier dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Pustaka: Kappen, Bert. 2008. Introduction to Biophysics, Handout. Radboud University Nijmegen.

Materi: Kinematika gerak linier dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Pustaka: Tuszynski, Jack A., dan Kurzynski, Michal. 2003. Introduction to Molecular Biophysics. London: CRC Press.
5%

10

Minggu ke 10

Menganalisis gejala listrik dinamis pada benda dan makhluk hidup dan penerapannya dengan memanfaatkan IPTEK

  1. • Melakukan penyelidikan listrik dinamis
  2. • Menganalisis rangkaian listrik searah (seri, paralel, campuran, jembatan wheatstone)
  3. • Menerapkan hukum Khirchoff untuk menganalisis rangkaian kompleks
  4. Menerapkan konsep kelistrikan dinamis pada kehidupan sehari-hari untuk keberlangsungan SDGs MH melalui Aplikasi maupun AI
Kriteria:
  1. Ketepatan dan pemahaman tentang listrik dinamis
  2. uraian secara umum benar, ada aspek yang penjelasannya tentang konsep listrik dinamis dengan media Aplikasi dan AI

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flip learning, berpusat pada mahasiswa, dan diskusi
3 X 50
-
Materi: Kinematika gerak anguler dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Pustaka: Waigh, Tom A.. 2007. Applied Biophysics . London: John Wiley and Sons, Ltd.

Materi: Listrik Dinamis
Pustaka: Halliday & Resnick. 2013. Fundamental of Physics, 10th Edition. John Wiley & Sons Inc.
10%

11

Minggu ke 11

Menganalisis gejala kemagnetan, induksi magnet, dan induksi elektromagnet pada benda dan makhluk hidup serta penerapannya dengan memanfatkan IPTEK

  1. • Melakukan penyelidikan induksi magnet dan induksi elektromagnetik
  2. • Menganalisis gejala kemagnetan, induksi magnet, dan induksi elektromagnetik
Kriteria:

Ketepatan dan pemahaman mengenai gejala induksi magnetik atau induksi elektromagnet


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flip learning, berpusat pada mahasiswa, dan diskusi
3 X 50
-
Materi: Sumber-sumber energi dan energi alternatif pada bidang biologi
Pustaka: Lubert, Styer. 2000. Biokomia Vol I Edisi 4. Jakarta: EGC.

Materi: Sumber-sumber energi dan energi alternatif pada bidang biologi
Pustaka: Kappen, Bert. 2008. Introduction to Biophysics, Handout. Radboud University Nijmegen.

Materi: Sumber-sumber energi dan energi alternatif pada bidang biologi
Pustaka: Waigh, Tom A.. 2007. Applied Biophysics . London: John Wiley and Sons, Ltd.

Materi: Sumber-sumber energi dan energi alternatif pada bidang biologi
Pustaka: Duane Knudson. 2019. Fundamentals of Biomechanics . New York: Springer.

Materi: Sumber-sumber energi dan energi alternatif pada bidang biologi
Pustaka: M Budiyanto, M Yasin. 2017. Cholesterol detection using optical fiber sensor based on intensity modulation. Journal of Physics: Conference Series

Materi: gejala kemagnetan, induksi magnet, dan induksi elektromagnet
Pustaka: Halliday & Resnick. 2013. Fundamental of Physics, 10th Edition. John Wiley & Sons Inc.
5%

12

Minggu ke 12

Menganalisis gejala kemagnetan, induksi magnet, dan induksi elektromagnet pada benda dan makhluk hidup serta penerapannya dengan memanfatkan IPTEK

  1. • Mendefinisi-kan Resistensi, kapasitansi dan harga efektif arus dan tegangan.
  2. • Merumuskan induksi transient rangkaian RC dan RL
Kriteria:

Ketepatan dan pemahaman mengenai rangkaian RC dan RL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flip learning, berpusat pada mahasiswa, dan diskusi
3 X 50
-
Materi: Sumber-sumber energi dan energi alternatif pada bidang biologi
Pustaka: Lubert, Styer. 2000. Biokomia Vol I Edisi 4. Jakarta: EGC.

Materi: Sumber-sumber energi dan energi alternatif pada bidang biologi
Pustaka: Waigh, Tom A.. 2007. Applied Biophysics . London: John Wiley and Sons, Ltd.

Materi: Sumber-sumber energi dan energi alternatif pada bidang biologi
Pustaka: FB Ilhami, M Budiyanto. 2023. The Characterization of Salt Level in Mango Fruit Through Principle of Refraction Index. Science Education and Application Journal

Materi: Sumber-sumber energi dan energi alternatif pada bidang biologi
Pustaka: M Budiyanto, M Yasin. 2017. Cholesterol detection using optical fiber sensor based on intensity modulation. Journal of Physics: Conference Series

Materi: kemagnetan, induksi magnet, dan induksi elektromagne
Pustaka: Halliday & Resnick. 2013. Fundamental of Physics, 10th Edition. John Wiley & Sons Inc.
10%

13

Minggu ke 13

  1. Mahasiswa dapat menguraikan sumber-sumber energi dan energi alternatif pada MH bidang biologi
  2. Mahasiswa dapat menganlisis sumber-sumber energi dan energi alternatif untuk keberlansungan SGDs MH
  1. menguraikan sumber-sumber energi dan energi alternatif pada MH bidang biologi
  2. menganlisis sumber-sumber energi dan energi alternatif untuk keberlansungan SGDs MH
Kriteria:

Ketepatan dan pemahaman mengenai konsep sumber-sumber energi dan energi alternatif untuk keberlansungan SGDs MH


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flip learning, berpusat pada mahasiswa, dan diskusi
3 X 50
-
Materi: Konsep sifat zat,(cair, dan gas, dan plasma), dan perubahan fase, suhu, kalor, pemuaian, dan termodinamika pada bidang biologi
Pustaka: Kappen, Bert. 2008. Introduction to Biophysics, Handout. Radboud University Nijmegen.

Materi: Konsep sifat zat,(cair, dan gas, dan plasma), dan perubahan fase, suhu, kalor, pemuaian, dan termodinamika pada bidang biologi
Pustaka: Waigh, Tom A.. 2007. Applied Biophysics . London: John Wiley and Sons, Ltd.

Materi: Konsep sifat zat,(cair, dan gas, dan plasma), dan perubahan fase, suhu, kalor, pemuaian, dan termodinamika pada bidang biologi
Pustaka: Duane Knudson. 2019. Fundamentals of Biomechanics . New York: Springer.

Materi: sumber-sumber energi dan energi alternatif untuk keberlansungan SGDs MH
Pustaka: Kappen, Bert. 2008. Introduction to Biophysics, Handout. Radboud University Nijmegen.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat menerapkan konsep sifat zat dan termodunamika pada bidang biologi

Menerapkan konsep sifat zat,(cair, dan gas, dan plasma), dan perubahan fase, suhu, kalor, pemuaian, dan termodinamika pada bidang biologi

Kriteria:

Ketepatan dan pemahaman mengenai konsep sistem pencernaan makanan sebagai sumber energi untuk keberlansungan SDGs MH


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flip learning, berpusat pada mahasiswa, dan diskusi
3 X 50
-
Materi: konsep sifat zat dan termodunamika pada bidang biologi
Pustaka: Kappen, Bert. 2008. Introduction to Biophysics, Handout. Radboud University Nijmegen.

Materi: konsep sifat zat dan termodunamika pada bidang biologi
Pustaka: Waigh, Tom A.. 2007. Applied Biophysics . London: John Wiley and Sons, Ltd.

Materi: konsep sifat zat dan termodunamika pada bidang biologi
Pustaka: Duane Knudson. 2019. Fundamentals of Biomechanics . New York: Springer.

Materi: sistem pencernaan makanan sebagai sumber energi untuk keberlansungan SDGs MH
Pustaka: Carl J. Payton and Roger M. Bartlett. 2008. Biomechanical Evaluation of Movement in Sport and Exercise . The British Association of Sport and Exercise Sciences Guideline
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa dapat menguraikan Konsep metabolisme energi dari berbagai sumber energi untuk gerak pada mahluk hidup

Menerapkan konsep metabolisme energi dari berbagai sumber energi untuk gerak pada mahluk hidup

Kriteria:

Ketepatan dan pemahaman ide kreatif mengenai konsep smetabolisme energi dari berbagai sumber energi untuk gerak pada mahluk hidup untuk keberlansungan SDGs dengan berbantuan AI


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flip learning, berpusat pada mahasiswa, dan diskusi
3 X 50
-
Materi: konsep sifat zat,(cair, dan gas, dan plasma), dan perubahan fase, suhu, kalor, pemuaian, dan termodinamika pada bidang biologi
Pustaka: Kappen, Bert. 2008. Introduction to Biophysics, Handout. Radboud University Nijmegen.

Materi: konsep sifat zat,(cair, dan gas, dan plasma), dan perubahan fase, suhu, kalor, pemuaian, dan termodinamika pada bidang biologi
Pustaka: Waigh, Tom A.. 2007. Applied Biophysics . London: John Wiley and Sons, Ltd.

Materi: konsep sifat zat,(cair, dan gas, dan plasma), dan perubahan fase, suhu, kalor, pemuaian, dan termodinamika pada bidang biologi
Pustaka: Duane Knudson. 2019. Fundamentals of Biomechanics . New York: Springer.

Materi: metabolisme energi dari berbagai sumber energi untuk gerak pada mahluk hidup
Pustaka: Kappen, Bert. 2008. Introduction to Biophysics, Handout. Radboud University Nijmegen.
10%

16

Minggu ke 16

UAS

Menerapkan konsep sifat zat,(cair, dan gas, dan plasma), dan perubahan fase, suhu, kalor, pemuaian, dan termodinamika pada bidang biologi

Kriteria:

Ketepatan dan pemahaman mengenai konsep sifat zat,(cair, dan gas, dan plasma), dan perubahan fase, suhu, kalor, pemuaian, dan termodinamika pada bidang biologi.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ujian Akhir Semester
3 X 50
-
Materi: konsep sifat zat,(cair, dan gas, dan plasma), dan perubahan fase, suhu, kalor, pemuaian, dan termodinamika pada bidang biologi
Pustaka: Kappen, Bert. 2008. Introduction to Biophysics, Handout. Radboud University Nijmegen.

Materi: konsep sifat zat,(cair, dan gas, dan plasma), dan perubahan fase, suhu, kalor, pemuaian, dan termodinamika pada bidang biologi
Pustaka: Waigh, Tom A.. 2007. Applied Biophysics . London: John Wiley and Sons, Ltd.

Materi: konsep sifat zat,(cair, dan gas, dan plasma), dan perubahan fase, suhu, kalor, pemuaian, dan termodinamika pada bidang biologi
Pustaka: Duane Knudson. 2019. Fundamentals of Biomechanics . New York: Springer.
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.