
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Psikopatologi dan Teknologi |
7310103022 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
2 |
9 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Diana Rahmasari
|
Dr. Diana Rahmasari
|
Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu menguasai prinsip- prinsip Iiterasi data, teknologi dan humanitas untuk pemecahan masalah manusia |
PLO-6 |
Kemampuan intelektual untuk berpikir secara mandiri dan kritis sebagai pembelajar sepanjang hayat |
PLO-7 |
Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan keterkaitan antara psikopatologi dan perkembangan teknologi dalam konteks sosial dan budaya.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengkaji secara kritis pengaruh teknologi digital terhadap munculnya dan perkembangan gangguan psikologis.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi data dan tren psikopatologi berbasis teknologi secara sistematis.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu merancang solusi berbasis teknologi yang mempertimbangkan nilai-nilai humanistik dalam intervensi psikologis.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi efektivitas pendekatan digital dalam deteksi, asesmen, dan intervensi gangguan psikologis.
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu mengambil keputusan etis dan profesional dalam pemanfaatan teknologi untuk penanganan kasus psikopatologi berdasarkan kajian ilmiah.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | ✔ | | | PO-4 | ✔ | | | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas hubungan antara gangguan psikologis dan perkembangan teknologi digital. Mahasiswa akan mengeksplorasi bagaimana teknologi berperan dalam munculnya, pemantauan, dan penanganan gangguan mental. Melalui studi kasus dan pendekatan interdisipliner, mahasiswa diajak berpikir kritis terhadap dampak media sosial, kecerdasan buatan, serta aplikasi kesehatan mental, sambil menekankan aspek etika dan humanitas dalam intervensi psikologis berbasis teknologi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Waller, R., Moghraby, O. S., Lovell, M. (2023). Digital Mental Health: From Theory to Practice. Camridge: Camridge University Press.
- Kate Anthony, DeeAnna Merz Nagel, and Stephen Goss (2010). The use of technology in mental health: applications, ethics and practice. Illinois: CHARLES C THOMAS PUBLISHER, LTD.
- ALISON ATTRILL-SMITH, CHRIS FULLWOOD, MELANIE KEEP (2019). The Oxford Handbook of CYBERPSYCHOLOGY. Oxford: Oxford University Press.
|
Pendukung : |
|
- Utama, J. Seno Aditya, dkk (Ed) (2016). Psikologi dan Teknologi Informasi. Jakarta: Himpunan Psikologi Indonesia.
- Jessica Stone (2023). Technology in mental health: foundations of clinical use. New York: Routledge.
- Irene Connolly, Marion Palmer, Hannah Barton and Gráinne Kirwan (Ed.) (2016). An introduction to cyberpsychology. New York: Routledge.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi. Dr. Diana Rahmasari, S.Psi., M.Si.,Psikolog. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami ruang lingkup psikopatologi dan transformasi teknologi digital |
- Keterlibatan diskusi
- Pemahaman konsep
|
Kriteria:
- Aktif
- Kritis
- Relevansi pemahaman
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif dan pengantar
|
|
Materi: Pengantar: Psikopatologi dan disrupsi teknologi Pustaka: Waller, R., Moghraby, O. S., Lovell, M. (2023). Digital Mental Health: From Theory to Practice. Camridge: Camridge University Press. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa menjelaskan perubahan gejala dan ekspresi gangguan mental akibat teknologi |
- Partisipasi diskusi
- Pemahaman materi
|
Kriteria:
- Aktif
- Kritis
- Kedalaman pemahaman materi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah intearktif dan diskusi
|
|
Materi: Fenomena digitalisasi psikopatologi (anxiety, depresi, dsb.) Pustaka: Utama, J. Seno Aditya, dkk (Ed) (2016). Psikologi dan Teknologi Informasi. Jakarta: Himpunan Psikologi Indonesia. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mengidentifikasi faktor risiko digital terhadap kesehatan mental |
- Partisipasi diskusi
- Pemahaman konsep
|
Kriteria:
- Aktif
- Relevansi respons
- Kedalaman pemahaman materi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif dan diskusi
|
|
Materi: Cyberbullying, self-comparison, body dysmorphia digital Pustaka: Irene Connolly, Marion Palmer, Hannah Barton and Gráinne Kirwan (Ed.) (2016). An introduction to cyberpsychology. New York: Routledge. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa menganalisis hubungan antara adiksi teknologi dan gangguan psikologis |
- Partisipasi diskusi
- Pemahaman konsep
|
Kriteria:
- Aktif
- Relevansi respons
- Kedalaman pemahaman materi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif dan diskusi
|
|
Materi: Internet Gaming Disorder, Social Media Addiction Pustaka: ALISON ATTRILL-SMITH, CHRIS FULLWOOD, MELANIE KEEP (2019). The Oxford Handbook of CYBERPSYCHOLOGY. Oxford: Oxford University Press. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mengkaji pengaruh algoritma & AI terhadap citra diri dan kontrol sosial |
- Partisipasi diskusi
- Pemahaman kasus
|
Kriteria:
- Aktif
- Ketajaman analisis
- Pemahaman mendalam dan kontekstual
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelas dan analisis kasus
|
|
Materi: Filter bubbles, deepfake, dan persepsi diri Pustaka: Irene Connolly, Marion Palmer, Hannah Barton and Gráinne Kirwan (Ed.) (2016). An introduction to cyberpsychology. New York: Routledge. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mengeksplorasi psikopatologi dalam budaya digital ekstrem |
- Partisipasi diskusi
- Pemahaman kasus
|
Kriteria:
- Aktif
- Ketajaman analisis
- Pemahaman mendalam dan kontekstual
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelas dan analisis kasus
|
|
Materi: Incel culture, doxing, hate speech, toxic positivity Pustaka: Utama, J. Seno Aditya, dkk (Ed) (2016). Psikologi dan Teknologi Informasi. Jakarta: Himpunan Psikologi Indonesia. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa menelaah representasi gangguan mental dalam media digital |
- Partisipasi diskusi
- Pemahaman kasus
|
Kriteria:
- Aktif
- Ketajaman analisis
- Pemahaman mendalam dan kontekstual
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelas dan analisis kasus
|
|
Materi: Gangguan mental di TikTok, YouTube, dan film digital Pustaka: ALISON ATTRILL-SMITH, CHRIS FULLWOOD, MELANIE KEEP (2019). The Oxford Handbook of CYBERPSYCHOLOGY. Oxford: Oxford University Press. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS: Analisis Studi Kasus Diagnosis Online |
- Partisipasi diskusi
- Pemahaman kasus
|
Kriteria:
- Ketajaman analisis
- Pemahaman mendalam dan kontekstual
- Analisis integratif
Bentuk Penilaian : Tes |
problem-based essay
|
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa memahami potensi positif teknologi untuk intervensi psikologis |
- Partisipasi diskusi
- Aktif
|
Kriteria:
- Kejelasan teoritis
- Pemahaman aplikatif
- Aktif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus dan diskusi kelas
|
|
Materi: Aplikasi mental health, chatbot, VR therapy Pustaka: Kate Anthony, DeeAnna Merz Nagel, and Stephen Goss (2010). The use of technology in mental health: applications, ethics and practice. Illinois: CHARLES C THOMAS PUBLISHER, LTD. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa menganalisis integrasi teknologi dalam asesmen psikologis |
- Partisipasi diskusi
- Aktif
|
Kriteria:
- Kejelasan teoritis
- Pemahaman aplikatif
- Aktif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus dan diskusi kelas
|
|
Materi: Tes berbasis AI, wearables, pemantauan emosi Pustaka: Jessica Stone (2023). Technology in mental health: foundations of clinical use. New York: Routledge. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mengevaluasi efektivitas intervensi digital berbasis data |
- Partisipasi diskusi
- Aktif
|
Kriteria:
- Kejelasan teoritis
- Pemahaman aplikatif
- Aktif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus dan diskusi kelas
|
|
Materi: Evaluasi aplikasi dan program daring berbasis bukti Pustaka: Utama, J. Seno Aditya, dkk (Ed) (2016). Psikologi dan Teknologi Informasi. Jakarta: Himpunan Psikologi Indonesia. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mengenal pendekatan berbasis budaya dan etika digital |
- Rancangan intervensi
- Partisipasi diskusi
|
Kriteria:
- kontekstualitas intervensi
- Kejelasan teoritis
- Pemahaman aplikatif
- Aktif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus dan perancangan intervensi prefentif berbasis tekologi
|
|
Materi: Sensitivitas budaya & bias dalam intervensi berbasis AI Pustaka: Jessica Stone (2023). Technology in mental health: foundations of clinical use. New York: Routledge. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa merancang solusi teknologi berbasis nilai humanistik |
- Rancangan intervensi
- Partisipasi diskusi
|
Kriteria:
- kontekstualitas intervensi
- Kejelasan teoritis
- Pemahaman aplikatif
- Aktif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus dan perancangan intervensi prefentif berbasis tekologi
|
|
Materi: Desain intervensi digital adaptif Pustaka: Kate Anthony, DeeAnna Merz Nagel, and Stephen Goss (2010). The use of technology in mental health: applications, ethics and practice. Illinois: CHARLES C THOMAS PUBLISHER, LTD. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa menilai risiko dan dilema etis dalam psikologi digital |
- Partisipasi diskusi
- Pemahaman konsep etika
|
Kriteria:
- Aktif
- Kepekaan etis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus dan diskusi kelas
|
|
Materi: Privasi, keamanan data, dehumanisasi Pustaka: Kate Anthony, DeeAnna Merz Nagel, and Stephen Goss (2010). The use of technology in mental health: applications, ethics and practice. Illinois: CHARLES C THOMAS PUBLISHER, LTD. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa menyusun keputusan intervensi berdasarkan kajian data dan nilai humaniora |
- Partisipasi diskusi
- Pemahaman konsep profesional
|
Kriteria:
- Aktif
- Kepekaan nilai dan peran
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Studi kasus dan diskusi kelas
|
|
Materi: Penilaian risiko & pengambilan keputusan klinis digital Pustaka: Jessica Stone (2023). Technology in mental health: foundations of clinical use. New York: Routledge. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
|
Portofolio studi kasus dan refleksi profesional
|
|
15% |