Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Kedokteran
Program Studi S1 Kedokteran

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Traklindas - Komunikasi 1

1120302039

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

12 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ananda Perwira Bakti




.......................................




Nur Ilahi Anjani, S.Ked., M.Kes.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai pengetahuan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu kedokteran klinik, ilmu Kesehatan Masyarakat/Kedokteran Pencegahan/Kedokteran Komunitas, dan kedokteran olahraga.

PLO-6

Terampil dalam melakukan komunikasi yang efektif kepada individu, masyarakat, dan tim kerja.

PLO-7

Terampil dalam memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dan informasi kesehatan.

PLO-8

Terampil mensimulasikan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain dalam ranah layanan kesehatan primer.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis,dan kreatif dalam mempelajari prinsip-prinsip komunikasi, sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang kedokteran

PO - 2

Menguasai pengetahuan ilmu kedokteran klinik yang terkait dengan komunikasi

PO - 3

Terampil dalam melakukan komunikasi yang efektif dalam tim seusai peran pada traklindas komunikasi

PO - 4

Terampil dalam memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi terkait dengan Komunikasi

PO - 5

Terampil mensimulasikan prosedur komunikasi dan interaksi melalui prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain dalam ranah layanan kesehatan primer

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4     
PO-5     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Traklindas - Komunikasi 1 pada program studi Kedokteran S1 bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam berkomunikasi secara efektif dalam konteks kedokteran. Mata kuliah ini mencakup berbagai aspek komunikasi antara dokter dan pasien, dokter dengan tim medis, serta komunikasi dalam situasi medis darurat. Mahasiswa akan mempelajari teknik komunikasi yang baik, etika komunikasi dalam praktik kedokteran, serta pentingnya mendengarkan dan empati dalam membangun hubungan yang baik dengan pasien. Ruang lingkup mata kuliah mencakup teori komunikasi, praktik berkomunikasi dalam berbagai situasi medis, serta simulasi kasus untuk meningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa.

Pustaka

Utama :

  1. Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.
  2. Hogan, K. The Art of Communication. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
  3. Kasali, R. Sukses Melakukan Presentasi. Gramedia Pustaka Utama.
  4. Kurtz, S., Silverman, J., and Praper, J. 1998. Teaching and Learning Communication Skills in Medicine. Padclife Medical Press.
  5. Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications.
  6. Matondang C.S., dkk., 2000. Pemeriksaan Fisik pada Anak. Jakarta: Sagung Seto.
  7. Sameto, H. Cara Berbicara dan Presentasi Audio Visual. Gramedia Pustaka Utama.
  8. Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Ghalia Indonesia.
  9. Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia.

Pendukung :

Dosen Pengampu

dr. Azizati Rochmania, Sp.KFR.

dr. Vitri Saktiwi, Sp.A.

dr. Tri Putra Rahmad Ramadani, Sp.Rad.

Dr. dr. Ananda Perwira Bakti, M.Kes.

dr. Nieke Andina Wijaya, M.Biomed., Sp. D.V.E, FINSDV

dr. Sisi Artayasuinda, Sp.KJ

dr. Nur Shanti Retno Pembayun, M.Or.

ARIFIANA WUNGU KARTIKA DEWI

dr. Shod Abdurrachman Dzulkarnain, M.Biomed

dr. Hafshah Yasmina Abidah, M.Biomed.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menyimulasikan prinsip dasar pengantar komunikasi

  1. Mampu mendefinisikan komunikasi kesehatan
  2. Mampu menyebutkan tujuan dan manfaat, unsur dasar, factor, bentuk, metode, Teknik, hambatan, dan jenis komunikasi
  3. Mampu mendemontrasikan komunikasi verbal dan nonverbal
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model: Project based learning

Metode modelling dan demonstrasi

3jp (150 menit)

Materi: -
Pustaka: Hogan, K. The Art of Communication. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Materi: -
Pustaka: Kurtz, S., Silverman, J., and Praper, J. 1998. Teaching and Learning Communication Skills in Medicine. Padclife Medical Press.

Materi: -
Pustaka: Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Ghalia Indonesia.
1%

2

Minggu ke 2

Mampu menyimulasikan komunikasi massa

  1. Mampu mendefinisikan komunikasi massa
  2. Mampu memahami kelebihan dan kekurangan komunikasi
  3. Mampu mendemontrasikan komunikasi massa
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model: Project based learning

Metode modelling dan demonstrasi

3jp (150 menit)

Materi: -
Pustaka: Hogan, K. The Art of Communication. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Materi: -
Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications.

Materi: -
Pustaka: Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Ghalia Indonesia.
1%

3

Minggu ke 3

Mampu menyimulasikan wawancara

  1. Mampu mendefinisikan wawancara
  2. Mampu menyebutkan Langkah-langkah, manfaat, taktik, dan sikap pada saat wawancara
  3. Mampu mendemontrasikan wawancara
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model: Project based learning

Metode modelling dan demonstrasi

3jp (150 menit)

Materi: -
Pustaka: Hogan, K. The Art of Communication. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Materi: -
Pustaka: Kasali, R. Sukses Melakukan Presentasi. Gramedia Pustaka Utama.

Materi: -
Pustaka: Kurtz, S., Silverman, J., and Praper, J. 1998. Teaching and Learning Communication Skills in Medicine. Padclife Medical Press.

Materi: -
Pustaka: Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Ghalia Indonesia.
1%

4

Minggu ke 4

Mampu menyimulasikan presentasi ilmiah

  1. Mampu menyiapkan materi presentasi ilmiah
  2. Mampu mennyebutkan persiapan presentasi dan memilih alat bantu audiovisual
  3. Mampu mendemontrasikan presentasi ilmiah
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model: Project based learning

Metode modelling dan demonstrasi

3jp (150 menit)

Materi: -
Pustaka: Hogan, K. The Art of Communication. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Materi: -
Pustaka: Kasali, R. Sukses Melakukan Presentasi. Gramedia Pustaka Utama.

Materi: -
Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications.

Materi: -
Pustaka: Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Ghalia Indonesia.
1%

5

Minggu ke 5

Mampu menyimulasikan komunikasi dokter dalam tim dan pemuka masyarakat

  1. Mampu menyebutkan persiapan & cara pelaksanaan diskusi kelompok
  2. Mampu menganalisis dalam diskusi kelompok
  3. Mampu mendemontrasikan komunikasi dokter dalam tim dan pemuka Masyarakat
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model: Project based learning

Metode modelling dan demonstrasi

3jp (150 menit)

Materi: -
Pustaka: Hogan, K. The Art of Communication. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Materi: -
Pustaka: Kasali, R. Sukses Melakukan Presentasi. Gramedia Pustaka Utama.

Materi: -
Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications.

Materi: -
Pustaka: Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Ghalia Indonesia.
1%

6

Minggu ke 6

Mampu menyimulasikan anamnesis identitas

  1. Mampu menyebutkan Langkah-langkah anamnesis
  2. Mempu menyebutkan definisi, tujuan dan manfaat point-point anamnesis identitas
  3. Mampu mendemontrasikan sambung rasa dokter pasien
  4. Mampu mendemontrasikan anamnesis identitas pasien
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model: Project based learning

Metode modelling dan demonstrasi

3jp (150 menit)

Materi: -
Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.

Materi: -
Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications.

Materi: -
Pustaka: Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia.
1%

7

Minggu ke 7

Mampu menyimulasikan anamnesis riwayat penyakit

  1. Mampu menetapkan keluhan utama dari beberapa keluhan yang disampaikan oleh pasien
  2. Mampu menggali riwayat penyakit sekarang, dahulu, dan keluarga yang berhubungan dengan keluhan utama dan Riwayat penyakit sekarang
  3. Mampu menggali anamnesis system yang berhubungan dengan keluhan utama
  4. Mampu menggali Riwayat psikososial yang berhubungan dengan keluhan utama dan Riwayat penyakit sekarang
  5. Mampu mempraktekan anamnesis Riwayat penyakit pada pasien
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model: Project based learning

Metode modelling dan demonstrasi

3jp (150 menit)

Materi: -
Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.

Materi: -
Pustaka: Kurtz, S., Silverman, J., and Praper, J. 1998. Teaching and Learning Communication Skills in Medicine. Padclife Medical Press.

Materi: -
Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications.

Materi: -
Pustaka: Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia.
1%

8

Minggu ke 8

Mampu menyimulasikan anamnesis pada anak

  1. Mampu menyebutkan langkah-langkah anamnesis pada pasien anak
  2. Mampu menetapkan keluhan utama pada pasien anak
  3. Mampu menggali riwayat penyakit sekarang, dahulu, keluarga, dan system
  4. Mampu menggali Riwayat kehamilan ibu, kelahiran, pertumbuhan, perkembangan, makan, imunisasi, dan sosioekonomi keluarga
  5. Mampu mempraktekan anamnesis pada pasien anak (heteroanamnesis)
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model: Project based learning

Metode modelling dan demonstrasi

3jp (150 menit)

Materi: -
Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.

Materi: -
Pustaka: Kurtz, S., Silverman, J., and Praper, J. 1998. Teaching and Learning Communication Skills in Medicine. Padclife Medical Press.

Materi: -
Pustaka: Matondang C.S., dkk., 2000. Pemeriksaan Fisik pada Anak. Jakarta: Sagung Seto.

Materi: -
Pustaka: Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia.
1%

9

Minggu ke 9

Mampu menyimulasikan anamnesis penelusuran Riwayat konsumsi

  1. Mampu menyebutkan Langkah-langkah anamnesis
  2. Mampu melakukan sambung rasa dokter dengan pasien
  3. Mampu menyebutkan tujuan dan manfaat penelusuran Riwayat konsumsi pada pasien
  4. Mampu mempraktekan penelusuran Riwayat konsumsi pada pasien
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model: Project based learning

Metode modelling dan demonstrasi

3jp (150 menit)

Materi: -
Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.

Materi: -
Pustaka: Hogan, K. The Art of Communication. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Materi: -
Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications.

Materi: -
Pustaka: Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia.
1%

10

Minggu ke 10

Mampu menyimulasikan komunikasi terapeutik

  1. Mampu melakukan sambung rasa kepada pasien dengan lebih baik
  2. Mampu memahami dan melakukan komunikasi terapeutik secara verbal dan non verbal
  3. Mampu memahami prinsip-prinsip komunikasi terapeutik
  4. Mampu memahami tujuan dan fase-fase komunikasi terapeutik
  5. Mampu melakukan anamnesis komunikasi terapeutik
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model: Project based learning

Metode modelling dan demonstrasi

3jp (150 menit)

Materi: -
Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.

Materi: -
Pustaka: Hogan, K. The Art of Communication. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Materi: -
Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications.

Materi: -
Pustaka: Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia.
1%

11

Minggu ke 11

Mampu menyimulasikan breaking bad news

  1. Mampu melatih rasa empati kepada pasien
  2. Mampu menyampaikan berita buruk secara professional dengan menjunjung tinggi etika kedokteran
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model: Project based learning

Metode modelling dan demonstrasi

3jp (150 menit)

Materi: -
Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.

Materi: -
Pustaka: Kurtz, S., Silverman, J., and Praper, J. 1998. Teaching and Learning Communication Skills in Medicine. Padclife Medical Press.

Materi: -
Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications.

Materi: -
Pustaka: Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia.
1%

12

Minggu ke 12

Mampu menyimulasikan anamnesis pada kondisi khusus

  1. Mampu mengenali pasien dengan kondisi khusus atau kasus sensitive
  2. Mampu melakukan sambung rasa kepada pasien dengan lebih baik
  3. Mampu melakukan dan menggali riwayat penyakit sekarang, dahulu, keluarga, system, dan psikososial yang berhubungan dengan keluhan utama
  4. Mampu menyampaikan diagnosis pada kondisi khusus atau kasus sensitive
  5. Mampu menyampaikan informasi pada kondisi khusus atau kasus sensitive
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model: Project based learning

Metode modelling dan demonstrasi

3jp (150 menit)

Materi: -
Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.

Materi: -
Pustaka: Kurtz, S., Silverman, J., and Praper, J. 1998. Teaching and Learning Communication Skills in Medicine. Padclife Medical Press.

Materi: -
Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications.

Materi: -
Pustaka: Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia.
1%

13

Minggu ke 13

Mampu menyimulasikan rekam medis & surat-surat medis

  1. Mampu menyebutkan tahapan mendapatkan persetujuan atau penolakan medis
  2. Mampu memahami isi formular persetujuan atau penolakan medis
  3. Mampu menulis rujukan medis
  4. Mampu memahami isi dan pentingnya rekam medis
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model: Project based learning

Metode modelling dan demonstrasi

3jp (150 menit)

Materi: -
Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.

Materi: -
Pustaka: Kurtz, S., Silverman, J., and Praper, J. 1998. Teaching and Learning Communication Skills in Medicine. Padclife Medical Press.

Materi: -
Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications.

Materi: -
Pustaka: Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia.
1%

14

Minggu ke 14

Mampu menyimulasikan surat-surat keterangan medis

  1. Mampu memahami macam surat keterangan yang dibuat oleh dokter
  2. Mampu membuat surat keterangan sehat dan sakit
  3. Mampu memahami macam dan fungsi dari surat visum
  4. Mampu membuat dan menulis isi dari surat visum
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model: Project based learning

Metode modelling dan demonstrasi

3jp (150 menit)

Materi: -
Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.

Materi: -
Pustaka: Kurtz, S., Silverman, J., and Praper, J. 1998. Teaching and Learning Communication Skills in Medicine. Padclife Medical Press.

Materi: -
Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications.

Materi: -
Pustaka: Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia.
1%

15

Minggu ke 15

Briefing OSCE


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


1%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
OSCE

85%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 15%
2. Praktik / Unjuk Kerja 85%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.