
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Kedokteran
Program Studi S1 Kedokteran
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Traklindas - Komunikasi 1 |
1120302039 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
12 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ananda Perwira Bakti
|
.......................................
|
Nur Ilahi Anjani, S.Ked., M.Kes. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai pengetahuan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu kedokteran klinik, ilmu Kesehatan Masyarakat/Kedokteran Pencegahan/Kedokteran Komunitas, dan kedokteran olahraga. |
PLO-6 |
Terampil dalam melakukan komunikasi yang efektif kepada individu, masyarakat, dan tim kerja. |
PLO-7 |
Terampil dalam memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dan informasi kesehatan. |
PLO-8 |
Terampil mensimulasikan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain dalam ranah layanan kesehatan primer. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis,dan kreatif dalam mempelajari prinsip-prinsip komunikasi, sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang kedokteran
|
PO - 2 |
Menguasai pengetahuan ilmu kedokteran klinik yang terkait dengan komunikasi
|
PO - 3 |
Terampil dalam melakukan komunikasi yang efektif dalam tim seusai peran pada traklindas komunikasi
|
PO - 4 |
Terampil dalam memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi terkait dengan Komunikasi
|
PO - 5 |
Terampil mensimulasikan prosedur komunikasi dan interaksi melalui prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain dalam ranah layanan kesehatan primer
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | | | | | PO-2 | | | | | | PO-3 | | | | | | PO-4 | | | | | | PO-5 | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Traklindas - Komunikasi 1 pada program studi Kedokteran S1 bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam berkomunikasi secara efektif dalam konteks kedokteran. Mata kuliah ini mencakup berbagai aspek komunikasi antara dokter dan pasien, dokter dengan tim medis, serta komunikasi dalam situasi medis darurat. Mahasiswa akan mempelajari teknik komunikasi yang baik, etika komunikasi dalam praktik kedokteran, serta pentingnya mendengarkan dan empati dalam membangun hubungan yang baik dengan pasien. Ruang lingkup mata kuliah mencakup teori komunikasi, praktik berkomunikasi dalam berbagai situasi medis, serta simulasi kasus untuk meningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57.
- Hogan, K. The Art of Communication. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
- Kasali, R. Sukses Melakukan Presentasi. Gramedia Pustaka Utama.
- Kurtz, S., Silverman, J., and Praper, J. 1998. Teaching and Learning Communication Skills in Medicine. Padclife Medical Press.
- Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications.
- Matondang C.S., dkk., 2000. Pemeriksaan Fisik pada Anak. Jakarta: Sagung Seto.
- Sameto, H. Cara Berbicara dan Presentasi Audio Visual. Gramedia Pustaka Utama.
- Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Ghalia Indonesia.
- Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
dr. Azizati Rochmania, Sp.KFR. dr. Vitri Saktiwi, Sp.A. dr. Tri Putra Rahmad Ramadani, Sp.Rad. Dr. dr. Ananda Perwira Bakti, M.Kes. dr. Nieke Andina Wijaya, M.Biomed., Sp. D.V.E, FINSDV dr. Sisi Artayasuinda, Sp.KJ dr. Nur Shanti Retno Pembayun, M.Or. ARIFIANA WUNGU KARTIKA DEWI dr. Shod Abdurrachman Dzulkarnain, M.Biomed dr. Hafshah Yasmina Abidah, M.Biomed. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menyimulasikan prinsip dasar pengantar komunikasi |
- Mampu mendefinisikan komunikasi kesehatan
- Mampu menyebutkan tujuan dan manfaat, unsur dasar, factor, bentuk, metode, Teknik, hambatan, dan jenis komunikasi
- Mampu mendemontrasikan komunikasi verbal dan nonverbal
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model: Project based learning
Metode modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)
|
|
Materi: - Pustaka: Hogan, K. The Art of Communication. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer. Materi: - Pustaka: Kurtz, S., Silverman, J., and Praper, J. 1998. Teaching and Learning Communication Skills in Medicine. Padclife Medical Press. Materi: - Pustaka: Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Ghalia Indonesia. |
1% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menyimulasikan komunikasi massa |
- Mampu mendefinisikan komunikasi massa
- Mampu memahami kelebihan dan kekurangan komunikasi
- Mampu mendemontrasikan komunikasi massa
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model: Project based learning
Metode modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)
|
|
Materi: - Pustaka: Hogan, K. The Art of Communication. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer. Materi: - Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications. Materi: - Pustaka: Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Ghalia Indonesia. |
1% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menyimulasikan wawancara |
- Mampu mendefinisikan wawancara
- Mampu menyebutkan Langkah-langkah, manfaat, taktik, dan sikap pada saat wawancara
- Mampu mendemontrasikan wawancara
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model: Project based learning
Metode modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)
|
|
Materi: - Pustaka: Hogan, K. The Art of Communication. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer. Materi: - Pustaka: Kasali, R. Sukses Melakukan Presentasi. Gramedia Pustaka Utama. Materi: - Pustaka: Kurtz, S., Silverman, J., and Praper, J. 1998. Teaching and Learning Communication Skills in Medicine. Padclife Medical Press. Materi: - Pustaka: Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Ghalia Indonesia. |
1% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menyimulasikan presentasi ilmiah |
- Mampu menyiapkan materi presentasi ilmiah
- Mampu mennyebutkan persiapan presentasi dan memilih alat bantu audiovisual
- Mampu mendemontrasikan presentasi ilmiah
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model: Project based learning
Metode modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)
|
|
Materi: - Pustaka: Hogan, K. The Art of Communication. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer. Materi: - Pustaka: Kasali, R. Sukses Melakukan Presentasi. Gramedia Pustaka Utama. Materi: - Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications. Materi: - Pustaka: Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Ghalia Indonesia. |
1% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menyimulasikan komunikasi dokter dalam tim dan pemuka masyarakat |
- Mampu menyebutkan persiapan & cara pelaksanaan diskusi kelompok
- Mampu menganalisis dalam diskusi kelompok
- Mampu mendemontrasikan komunikasi dokter dalam tim dan pemuka Masyarakat
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model: Project based learning
Metode modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)
|
|
Materi: - Pustaka: Hogan, K. The Art of Communication. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer. Materi: - Pustaka: Kasali, R. Sukses Melakukan Presentasi. Gramedia Pustaka Utama. Materi: - Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications. Materi: - Pustaka: Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Ghalia Indonesia. |
1% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menyimulasikan anamnesis identitas |
- Mampu menyebutkan Langkah-langkah anamnesis
- Mempu menyebutkan definisi, tujuan dan manfaat point-point anamnesis identitas
- Mampu mendemontrasikan sambung rasa dokter pasien
- Mampu mendemontrasikan anamnesis identitas pasien
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model: Project based learning
Metode modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)
|
|
Materi: - Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57. Materi: - Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications. Materi: - Pustaka: Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia. |
1% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menyimulasikan anamnesis riwayat penyakit |
- Mampu menetapkan keluhan utama dari beberapa keluhan yang disampaikan oleh pasien
- Mampu menggali riwayat penyakit sekarang, dahulu, dan keluarga yang berhubungan dengan keluhan utama dan Riwayat penyakit sekarang
- Mampu menggali anamnesis system yang berhubungan dengan keluhan utama
- Mampu menggali Riwayat psikososial yang berhubungan dengan keluhan utama dan Riwayat penyakit sekarang
- Mampu mempraktekan anamnesis Riwayat penyakit pada pasien
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model: Project based learning
Metode modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)
|
|
Materi: - Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57. Materi: - Pustaka: Kurtz, S., Silverman, J., and Praper, J. 1998. Teaching and Learning Communication Skills in Medicine. Padclife Medical Press. Materi: - Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications. Materi: - Pustaka: Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia. |
1% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu menyimulasikan anamnesis pada anak |
- Mampu menyebutkan langkah-langkah anamnesis pada pasien anak
- Mampu menetapkan keluhan utama pada pasien anak
- Mampu menggali riwayat penyakit sekarang, dahulu, keluarga, dan system
- Mampu menggali Riwayat kehamilan ibu, kelahiran, pertumbuhan, perkembangan, makan, imunisasi, dan sosioekonomi keluarga
- Mampu mempraktekan anamnesis pada pasien anak (heteroanamnesis)
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model: Project based learning
Metode modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)
|
|
Materi: - Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57. Materi: - Pustaka: Kurtz, S., Silverman, J., and Praper, J. 1998. Teaching and Learning Communication Skills in Medicine. Padclife Medical Press. Materi: - Pustaka: Matondang C.S., dkk., 2000. Pemeriksaan Fisik pada Anak. Jakarta: Sagung Seto. Materi: - Pustaka: Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia. |
1% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menyimulasikan anamnesis penelusuran Riwayat konsumsi |
- Mampu menyebutkan Langkah-langkah anamnesis
- Mampu melakukan sambung rasa dokter dengan pasien
- Mampu menyebutkan tujuan dan manfaat penelusuran Riwayat konsumsi pada pasien
- Mampu mempraktekan penelusuran Riwayat konsumsi pada pasien
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model: Project based learning
Metode modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)
|
|
Materi: - Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57. Materi: - Pustaka: Hogan, K. The Art of Communication. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer. Materi: - Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications. Materi: - Pustaka: Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia. |
1% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menyimulasikan komunikasi terapeutik |
- Mampu melakukan sambung rasa kepada pasien dengan lebih baik
- Mampu memahami dan melakukan komunikasi terapeutik secara verbal dan non verbal
- Mampu memahami prinsip-prinsip komunikasi terapeutik
- Mampu memahami tujuan dan fase-fase komunikasi terapeutik
- Mampu melakukan anamnesis komunikasi terapeutik
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model: Project based learning
Metode modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)
|
|
Materi: - Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57. Materi: - Pustaka: Hogan, K. The Art of Communication. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer. Materi: - Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications. Materi: - Pustaka: Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia. |
1% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menyimulasikan breaking bad news |
- Mampu melatih rasa empati kepada pasien
- Mampu menyampaikan berita buruk secara professional dengan menjunjung tinggi etika kedokteran
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model: Project based learning
Metode modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)
|
|
Materi: - Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57. Materi: - Pustaka: Kurtz, S., Silverman, J., and Praper, J. 1998. Teaching and Learning Communication Skills in Medicine. Padclife Medical Press. Materi: - Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications. Materi: - Pustaka: Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia. |
1% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menyimulasikan anamnesis pada kondisi khusus |
- Mampu mengenali pasien dengan kondisi khusus atau kasus sensitive
- Mampu melakukan sambung rasa kepada pasien dengan lebih baik
- Mampu melakukan dan menggali riwayat penyakit sekarang, dahulu, keluarga, system, dan psikososial yang berhubungan dengan keluhan utama
- Mampu menyampaikan diagnosis pada kondisi khusus atau kasus sensitive
- Mampu menyampaikan informasi pada kondisi khusus atau kasus sensitive
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model: Project based learning
Metode modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)
|
|
Materi: - Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57. Materi: - Pustaka: Kurtz, S., Silverman, J., and Praper, J. 1998. Teaching and Learning Communication Skills in Medicine. Padclife Medical Press. Materi: - Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications. Materi: - Pustaka: Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia. |
1% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menyimulasikan rekam medis & surat-surat medis |
- Mampu menyebutkan tahapan mendapatkan persetujuan atau penolakan medis
- Mampu memahami isi formular persetujuan atau penolakan medis
- Mampu menulis rujukan medis
- Mampu memahami isi dan pentingnya rekam medis
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model: Project based learning
Metode modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)
|
|
Materi: - Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57. Materi: - Pustaka: Kurtz, S., Silverman, J., and Praper, J. 1998. Teaching and Learning Communication Skills in Medicine. Padclife Medical Press. Materi: - Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications. Materi: - Pustaka: Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia. |
1% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menyimulasikan surat-surat keterangan medis |
- Mampu memahami macam surat keterangan yang dibuat oleh dokter
- Mampu membuat surat keterangan sehat dan sakit
- Mampu memahami macam dan fungsi dari surat visum
- Mampu membuat dan menulis isi dari surat visum
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model: Project based learning
Metode modelling dan demonstrasi
3jp (150 menit)
|
|
Materi: - Pustaka: Bickley, Lynn. 2003. Bates’ Guide to Physical Examination and History Taking 8th edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins. Pp 1-57. Materi: - Pustaka: Kurtz, S., Silverman, J., and Praper, J. 1998. Teaching and Learning Communication Skills in Medicine. Padclife Medical Press. Materi: - Pustaka: Matthew McKay. The Communication Skills Book 2nd edition. New Harbinger Publications. Materi: - Pustaka: Konsil Kedokteran Indonesia, 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia. |
1% |
15
Minggu ke 15 |
Briefing OSCE |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
1% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir |
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
OSCE
|
|
|
85% |