
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Tes dan Pengukuran Kepelatihan Or |
8520202226 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
8 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Muhammad Labib Siena Ar Rasyid, S.Pd., M.Kes.
|
Dr. Oce Wiriawan, M.Kes.
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif. |
PLO-8 |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi. |
PLO-10 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
PLO-12 |
Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip tes dan pengukuran olahraga
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menguasai proses tes dan pengukuran dalam kepelatihan olahraga
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menguasai kemampuan menganalisis data hasil tes dan pengukuran olahraga
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-8 | PLO-10 | PLO-12 | PO-1 | | ✔ | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | | | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian tes dan pengukuran dalam kepelatihan olahraga, ruang lingkup tes dan pengukuran olahraga, teknik dan SOP pengukuran, proses analisis dan pemanfaatan hasil tes dan pengukuran untuk performa olahraga |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing
- Mackenzie, Brian. 2005. 101 Performance Evaluation Tests. London: Electric Word.
- Morrow, James R., Jackson, Allen W., Disch, James G., Mood, Dale P. 2000. Measurement and Evaluation in Human Performance (Second Edition). Champaign, IL: Human Kinetics.
|
Pendukung : |
|
- Nurhasan. 2001. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas.
- James, LP., Haycraft, JAZ., Carey, DL., and Robertson, SJ. 2024. A framework for test measurement selection in athlete physical preparation. Front. Sports Act. Living. 6:1406997. Doi: 10.3389/fspor.2024.1406997
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. H. Hari Setijono, M.Pd. Dra. Ika Jayadi, M.Kes. Dr. Oce Wiriawan, M.Kes. Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. Dr. Mochamad Purnomo, S.Pd., M.Kes. Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes. Andri Suyoko, S.Pd., M.Kes. Yanuar Alfan Triardhana, S.Or., M.Kes. Muhammad Labib Siena Ar Rasyid, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mampu mengetahui secara umum konsep dasar tes dan pengukuran olahraga
- Mampu mengetahui tujuan adanya tes dan pengukuran olahraga
|
- Pemahaman konsep dasar tes dan pengukuran olahraga
- Pemahaman tujuan adanya tes dan pengukuran olahraga
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh jika mampu memahami konsep dasar, definisi, dan tujuan tes dan pengukuran olahraga Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 2x50 menit |
|
Materi: Tujuan adanya tes dan pengukuran olahraga Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing Materi: Konsep dasar tes dan pengukuran kepelatihan olahraga Pustaka: Morrow, James R., Jackson, Allen W., Disch, James G., Mood, Dale P. 2000. Measurement and Evaluation in Human Performance (Second Edition). Champaign, IL: Human Kinetics. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami jenis dan kriteria tes dan pengukuran dalam olahraga |
Mahasiswa dapat memahami jenis-jenis tes dan pengukuran dan kriteria-kriteria yang dibutuhkan dalam tes dan pengukuran olahraga |
Kriteria:
Pemahaman jenis dan kriteria tes dan pengukuran olahraga Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 2x50 menit |
|
Materi: Jenis dan kriteria tes dan pengukuran olahraga Pustaka: Mackenzie, Brian. 2005. 101 Performance Evaluation Tests. London: Electric Word. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami prinsip-prinsip dalam tes dan pengukuran olahraga |
Mahasiswa dapat memahami berbagai prinsip dalam tes dan pengukuran |
Kriteria:
Mampu menyimpulkan prinsip-prinsip tes dan pengukuran olahraga Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 2x50 menit |
|
Materi: Prinsip dasar tes dan pengukuran kepelatihan olahraga Pustaka: Mackenzie, Brian. 2005. 101 Performance Evaluation Tests. London: Electric Word. Materi: Prinsip dasar tes dan pengukuran kepelatihan olahraga Pustaka: Morrow, James R., Jackson, Allen W., Disch, James G., Mood, Dale P. 2000. Measurement and Evaluation in Human Performance (Second Edition). Champaign, IL: Human Kinetics. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan tes dan pengukuran pada komponen antropometri dan komposisi tubuh |
Mampu memahami dan mempraktikkan item tes pengukuran antropometri dan komposisi tubuh |
Kriteria:
Pemahaman prosedur tes pengukuran antropometri dan komposisi tubuh. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Praktik 2x50 menit |
|
Materi: Instrumen Tes Antropometri dan Komposisi Tubuh Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing Materi: Tes dan Pengukuran Antropometri Pustaka: Nurhasan. 2001. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan tes dan pengukuran pada komponen daya tahan aerobik |
Mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan item tes pengukuran daya tahan aerobik |
Kriteria:
Pemahaman prosedur tes pengukuran daya tahan aerobik. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Praktik 2x50 menit |
|
Materi: Instrumen tes dan pengukuran daya tahan aerobik Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing Materi: Instrumen tes dan pengukuran daya tahan anaerobik Pustaka: Mackenzie, Brian. 2005. 101 Performance Evaluation Tests. London: Electric Word. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan tes dan pengukuran pada komponen daya tahan anaerobik |
Mampu memahami dan mempraktikkan item tes pengukuran daya tahan anaerobik |
Kriteria:
Pemahaman prosedur tes pengukuran daya tahan anaerobik. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Praktik 2x50 menit |
|
Materi: Instrumen tes dan pengukuran daya tahan anaerobik Pustaka: Mackenzie, Brian. 2005. 101 Performance Evaluation Tests. London: Electric Word. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan tes dan pengukuran pada komponen daya tahan otot (muscle endurance) |
Mampu memahami dan mempraktikkan item tes pengukuran daya tahan otot (muscle endurance) |
Kriteria:
Pemahaman prosedur tes pengukuran daya tahan otot (muscle endurance) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Praktik 2x50 menit |
|
Materi: Instrumen tes dan pengukuran komponen daya tahan otot (muscle endurance) Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menyelesaikan Ujian Tengah Semester (UTS) |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 2x50 menit |
|
Materi: Instrumen Tes dan Pengukuran Olahraga Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan tes dan pengukuran pada komponen kekuatan (strength) |
Mampu memahami dan mempraktikkan item tes pengukuran kekuatan (strength) |
Kriteria:
Pemahaman prosedur tes pengukuran kekuatan (strength) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Praktik 2x50 menit |
|
Materi: Instrumen tes dan pengukuran kekuatan Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan tes dan pengukuran pada komponen kecepatan (speed) |
Mampu memahami dan mempraktikkan item tes pengukuran kecepatan (speed) |
Kriteria:
Pemahaman prosedur tes pengukuran kecepatan (speed) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Praktik 2x50 menit |
|
Materi: Instrumen tes dan pengukuran kecepatan Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan tes dan pengukuran pada komponen daya ledak (power) |
Mampu memahami dan mempraktikkan item tes pengukuran daya ledak (power) |
Kriteria:
Pemahaman prosedur tes pengukuran daya ledak (power) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Praktik
|
|
Materi: Instrumen tes dan pengukuran daya ledak (power) Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan tes dan pengukuran pada komponen kelincahan (agility) |
Mampu memahami dan mempraktikkan item tes pengukuran kelincahan (agility) |
Kriteria:
Pemahaman prosedur tes pengukuran kelincahan (agility) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Praktik
|
|
Materi: Instrumen tes dan pengukuran kelincahan Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan tes dan pengukuran pada komponen kelentukan dan keseimbangan (flexibility and balance) |
Mampu memahami dan mempraktikkan item tes pengukuran kelentukan dan keseimbangan (flexibility and balance) |
Kriteria:
Pemahaman prosedur tes pengukuran kelentukan dan keseimbangan (flexibility and balance) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Praktik
|
|
Materi: Instrumen tes dan pengukuran kelentukan dan keseimbangan Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Mahasiswa mampu menyusun dan melaksanakan instrumen tes dan pengukuran sesuai cabang olahraga masing-masing
- Mahasiswa mampu melakukan proses analisis hasil tes dan pengukuran olahraga
- Mahasiswa mampu memberikan evaluasi dan rekomendasi dari hasil analisis tes dan pengukuran
|
- Mampu menyusun instrumen tes dan pengukuran berdasarkan karakteristik dan kebutuhan cabang olahraga
- Mampu melakukan proses analisis hasil tes dan pengukuran
- Mampu mengevaluasi dari hasil analisis tes dan pengukuran
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menentukan instrumen tes yang digunakan pada cabang olahraga masing-masing, menganalisis dan mengevaluasi tes dan pengukuran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Penilaian hasil project 2x50 menit |
|
Materi: Menentukan instrumen tes sesuai dengan cabang olahraga Pustaka: James, LP., Haycraft, JAZ., Carey, DL., and Robertson, SJ. 2024. A framework for test measurement selection in athlete physical preparation. Front. Sports Act. Living. 6:1406997. Doi: 10.3389/fspor.2024.1406997 Materi: Proses analisis dan evaluasi hasil dari tes dan pengukuran Pustaka: Morrow, James R., Jackson, Allen W., Disch, James G., Mood, Dale P. 2000. Measurement and Evaluation in Human Performance (Second Edition). Champaign, IL: Human Kinetics. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
- Mahasiswa mampu menyusun dan melaksanakan instrumen tes dan pengukuran sesuai cabang olahraga masing-masing
- Mahasiswa mampu melakukan proses analisis hasil tes dan pengukuran olahraga
- Mahasiswa mampu memberikan evaluasi dan rekomendasi dari hasil analisis tes dan pengukuran
|
- Mampu menyusun instrumen tes dan pengukuran berdasarkan karakteristik dan kebutuhan cabang olahraga
- Mampu melakukan proses analisis hasil tes dan pengukuran
- Mampu mengevaluasi dari hasil analisis tes dan pengukuran
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menentukan instrumen tes yang digunakan pada cabang olahraga masing-masing, menganalisis dan mengevaluasi tes dan pengukuran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Penilaian hasil project 2x50 menit |
|
Materi: Menentukan instrumen tes sesuai dengan cabang olahraga Pustaka: James, LP., Haycraft, JAZ., Carey, DL., and Robertson, SJ. 2024. A framework for test measurement selection in athlete physical preparation. Front. Sports Act. Living. 6:1406997. Doi: 10.3389/fspor.2024.1406997 Materi: Proses analisis dan evaluasi hasil dari tes dan pengukuran Pustaka: Morrow, James R., Jackson, Allen W., Disch, James G., Mood, Dale P. 2000. Measurement and Evaluation in Human Performance (Second Edition). Champaign, IL: Human Kinetics. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Menyelesaikan Ujian Akhir Semester (UAS) |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2x50 menit |
|
Materi: UAS Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing |
10% |