Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Tes dan Pengukuran Kepelatihan Or

8520202226

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

8 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Muhammad Labib Siena Ar Rasyid, S.Pd., M.Kes.




Dr. Oce Wiriawan, M.Kes.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

PLO-8

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi.

PLO-10

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

PLO-12

Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip tes dan pengukuran olahraga

PO - 2

Mahasiswa mampu menguasai proses tes dan pengukuran dalam kepelatihan olahraga

PO - 3

Mahasiswa mampu menguasai kemampuan menganalisis data hasil tes dan pengukuran olahraga

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-6PLO-8PLO-10PLO-12
PO-1    
PO-2    
PO-3    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian tes dan pengukuran dalam kepelatihan olahraga, ruang lingkup tes dan pengukuran olahraga, teknik dan SOP pengukuran, proses analisis dan pemanfaatan hasil tes dan pengukuran untuk performa olahraga

Pustaka

Utama :

  1. Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing
  2. Mackenzie, Brian. 2005. 101 Performance Evaluation Tests. London: Electric Word.
  3. Morrow, James R., Jackson, Allen W., Disch, James G., Mood, Dale P. 2000. Measurement and Evaluation in Human Performance (Second Edition). Champaign, IL: Human Kinetics.

Pendukung :

  1. Nurhasan. 2001. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas.
  2. James, LP., Haycraft, JAZ., Carey, DL., and Robertson, SJ. 2024. A framework for test measurement selection in athlete physical preparation. Front. Sports Act. Living. 6:1406997. Doi: 10.3389/fspor.2024.1406997

Dosen Pengampu

Prof. Dr. H. Hari Setijono, M.Pd.

Dra. Ika Jayadi, M.Kes.

Dr. Oce Wiriawan, M.Kes.

Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Dr. Mochamad Purnomo, S.Pd., M.Kes.

Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes.

Andri Suyoko, S.Pd., M.Kes.

Yanuar Alfan Triardhana, S.Or., M.Kes.

Muhammad Labib Siena Ar Rasyid, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mampu mengetahui secara umum konsep dasar tes dan pengukuran olahraga
  2. Mampu mengetahui tujuan adanya tes dan pengukuran olahraga
  1. Pemahaman konsep dasar tes dan pengukuran olahraga
  2. Pemahaman tujuan adanya tes dan pengukuran olahraga
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh jika mampu memahami konsep dasar, definisi, dan tujuan tes dan pengukuran olahraga


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
2x50 menit

Materi: Tujuan adanya tes dan pengukuran olahraga
Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing

Materi: Konsep dasar tes dan pengukuran kepelatihan olahraga
Pustaka: Morrow, James R., Jackson, Allen W., Disch, James G., Mood, Dale P. 2000. Measurement and Evaluation in Human Performance (Second Edition). Champaign, IL: Human Kinetics.
5%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami jenis dan kriteria tes dan pengukuran dalam olahraga

Mahasiswa dapat memahami jenis-jenis tes dan pengukuran dan kriteria-kriteria yang dibutuhkan dalam tes dan pengukuran olahraga

Kriteria:

Pemahaman jenis dan kriteria tes dan pengukuran olahraga


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
2x50 menit

Materi: Jenis dan kriteria tes dan pengukuran olahraga
Pustaka: Mackenzie, Brian. 2005. 101 Performance Evaluation Tests. London: Electric Word.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami prinsip-prinsip dalam tes dan pengukuran olahraga

Mahasiswa dapat memahami berbagai prinsip dalam tes dan pengukuran

Kriteria:

Mampu menyimpulkan prinsip-prinsip tes dan pengukuran olahraga


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
2x50 menit

Materi: Prinsip dasar tes dan pengukuran kepelatihan olahraga
Pustaka: Mackenzie, Brian. 2005. 101 Performance Evaluation Tests. London: Electric Word.

Materi: Prinsip dasar tes dan pengukuran kepelatihan olahraga
Pustaka: Morrow, James R., Jackson, Allen W., Disch, James G., Mood, Dale P. 2000. Measurement and Evaluation in Human Performance (Second Edition). Champaign, IL: Human Kinetics.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan tes dan pengukuran pada komponen antropometri dan komposisi tubuh

Mampu memahami dan mempraktikkan item tes pengukuran antropometri dan komposisi tubuh

Kriteria:

Pemahaman prosedur tes pengukuran antropometri dan komposisi tubuh.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Praktik
2x50 menit

Materi: Instrumen Tes Antropometri dan Komposisi Tubuh
Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing

Materi: Tes dan Pengukuran Antropometri
Pustaka: Nurhasan. 2001. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan tes dan pengukuran pada komponen daya tahan aerobik

Mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan item tes pengukuran daya tahan aerobik

Kriteria:

Pemahaman prosedur tes pengukuran daya tahan aerobik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Praktik
2x50 menit

Materi: Instrumen tes dan pengukuran daya tahan aerobik
Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing

Materi: Instrumen tes dan pengukuran daya tahan anaerobik
Pustaka: Mackenzie, Brian. 2005. 101 Performance Evaluation Tests. London: Electric Word.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan tes dan pengukuran pada komponen daya tahan anaerobik

Mampu memahami dan mempraktikkan item tes pengukuran daya tahan anaerobik

Kriteria:

Pemahaman prosedur tes pengukuran daya tahan anaerobik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Praktik
2x50 menit

Materi: Instrumen tes dan pengukuran daya tahan anaerobik
Pustaka: Mackenzie, Brian. 2005. 101 Performance Evaluation Tests. London: Electric Word.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan tes dan pengukuran pada komponen daya tahan otot (muscle endurance)

Mampu memahami dan mempraktikkan item tes pengukuran daya tahan otot (muscle endurance)

Kriteria:

Pemahaman prosedur tes pengukuran daya tahan otot (muscle endurance)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Praktik
2x50 menit

Materi: Instrumen tes dan pengukuran komponen daya tahan otot (muscle endurance)
Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing
5%

8

Minggu ke 8

Menyelesaikan Ujian Tengah Semester (UTS)

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
2x50 menit

Materi: Instrumen Tes dan Pengukuran Olahraga
Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan tes dan pengukuran pada komponen kekuatan (strength)

Mampu memahami dan mempraktikkan item tes pengukuran kekuatan (strength)

Kriteria:

Pemahaman prosedur tes pengukuran kekuatan (strength)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Praktik
2x50 menit

Materi: Instrumen tes dan pengukuran kekuatan
Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan tes dan pengukuran pada komponen kecepatan (speed)

Mampu memahami dan mempraktikkan item tes pengukuran kecepatan (speed)

Kriteria:

Pemahaman prosedur tes pengukuran kecepatan (speed)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Praktik
2x50 menit

Materi: Instrumen tes dan pengukuran kecepatan
Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan tes dan pengukuran pada komponen daya ledak (power)

Mampu memahami dan mempraktikkan item tes pengukuran daya ledak (power)

Kriteria:

Pemahaman prosedur tes pengukuran daya ledak (power)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Praktik

Materi: Instrumen tes dan pengukuran daya ledak (power)
Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan tes dan pengukuran pada komponen kelincahan (agility)

Mampu memahami dan mempraktikkan item tes pengukuran kelincahan (agility)

Kriteria:

Pemahaman prosedur tes pengukuran kelincahan (agility)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Praktik

Materi: Instrumen tes dan pengukuran kelincahan
Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan tes dan pengukuran pada komponen kelentukan dan keseimbangan (flexibility and balance)

Mampu memahami dan mempraktikkan item tes pengukuran kelentukan dan keseimbangan (flexibility and balance)

Kriteria:

Pemahaman prosedur tes pengukuran kelentukan dan keseimbangan (flexibility and balance)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Praktik

Materi: Instrumen tes dan pengukuran kelentukan dan keseimbangan
Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing
5%

14

Minggu ke 14

  1. Mahasiswa mampu menyusun dan melaksanakan instrumen tes dan pengukuran sesuai cabang olahraga masing-masing
  2. Mahasiswa mampu melakukan proses analisis hasil tes dan pengukuran olahraga
  3. Mahasiswa mampu memberikan evaluasi dan rekomendasi dari hasil analisis tes dan pengukuran
  1. Mampu menyusun instrumen tes dan pengukuran berdasarkan karakteristik dan kebutuhan cabang olahraga
  2. Mampu melakukan proses analisis hasil tes dan pengukuran
  3. Mampu mengevaluasi dari hasil analisis tes dan pengukuran
Kriteria:

Ketepatan dalam menentukan instrumen tes yang digunakan pada cabang olahraga masing-masing, menganalisis dan mengevaluasi tes dan pengukuran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Penilaian hasil project
2x50 menit

Materi: Menentukan instrumen tes sesuai dengan cabang olahraga
Pustaka: James, LP., Haycraft, JAZ., Carey, DL., and Robertson, SJ. 2024. A framework for test measurement selection in athlete physical preparation. Front. Sports Act. Living. 6:1406997. Doi: 10.3389/fspor.2024.1406997

Materi: Proses analisis dan evaluasi hasil dari tes dan pengukuran
Pustaka: Morrow, James R., Jackson, Allen W., Disch, James G., Mood, Dale P. 2000. Measurement and Evaluation in Human Performance (Second Edition). Champaign, IL: Human Kinetics.
10%

15

Minggu ke 15

  1. Mahasiswa mampu menyusun dan melaksanakan instrumen tes dan pengukuran sesuai cabang olahraga masing-masing
  2. Mahasiswa mampu melakukan proses analisis hasil tes dan pengukuran olahraga
  3. Mahasiswa mampu memberikan evaluasi dan rekomendasi dari hasil analisis tes dan pengukuran
  1. Mampu menyusun instrumen tes dan pengukuran berdasarkan karakteristik dan kebutuhan cabang olahraga
  2. Mampu melakukan proses analisis hasil tes dan pengukuran
  3. Mampu mengevaluasi dari hasil analisis tes dan pengukuran
Kriteria:

Ketepatan dalam menentukan instrumen tes yang digunakan pada cabang olahraga masing-masing, menganalisis dan mengevaluasi tes dan pengukuran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Penilaian hasil project
2x50 menit

Materi: Menentukan instrumen tes sesuai dengan cabang olahraga
Pustaka: James, LP., Haycraft, JAZ., Carey, DL., and Robertson, SJ. 2024. A framework for test measurement selection in athlete physical preparation. Front. Sports Act. Living. 6:1406997. Doi: 10.3389/fspor.2024.1406997

Materi: Proses analisis dan evaluasi hasil dari tes dan pengukuran
Pustaka: Morrow, James R., Jackson, Allen W., Disch, James G., Mood, Dale P. 2000. Measurement and Evaluation in Human Performance (Second Edition). Champaign, IL: Human Kinetics.
10%

16

Minggu ke 16

Menyelesaikan Ujian Akhir Semester (UAS)

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
2x50 menit

Materi: UAS
Pustaka: Wiriawan, Oce. 2017. Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 55%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 10%
3. Praktik / Unjuk Kerja 15%
4. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.