
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Audit, Asurans, dan Etika Profesi |
6220103160 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
25 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Made Dudy Satyawan, SE., M.Si., AK., CA., CPA., CTA., BKP
|
Merlyana Dwinda Yanthi, SE., Ak., ST., M.SA, CA.
|
ROHMAWATI KUSUMANINGTIAS |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu menganalisis laporan keuangan dan melakukan audit sesuai dengan kode etik profesi dan standar audit dengan dukungan teknologi informasi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan pemikiran kritis dan sistematis dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang audit sesuai dengan standar professional akuntan publik;
|
PO - 2 |
Mampu melakukan audit sesuai dengan Kode Etik Profesi dan Standar Audit dengan dukungan teknologi informasi
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | | | ✔ | | | | ✔ | ✔ | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Audit, Asurans dan Etika Profesi merupakan mata kuliah inti yang wajib diambil oleh seluruh mahasiswa Prodi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya. Materi yang dibahas dalam audit meliputi pasar audit, teori audit, jasa audit dan asurans, kode etik profesi akuntan publik, audit berbasis risiko, tahapan proses audit: penugasan pra-audit, penilaian risiko, respons terhadap risiko yang telah dinilai, sampai dengan tahap penyelesaian dan pelaporan audit atas laporan keuangan. Selain itu terdapat materi terkait permasalahan penelitian terkini di bidang auditing dan profesi auditor. Materi kajiannya berasal dari berbagai macam materi mengenai perkembangan terkini teori, konsep dan praktik audit. Hasil pembelajaran mata kuliah ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan kompetensi dasar audit bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson
- Auditing : the art and science of assurance engagement, Alvin A Arens et.al (2019) Canadian edition-Pearson
- Auditing and Assurance Services An Integrated Approach,Alvin A Arens et.al (2019) Sixteenth edition-Pearson
- Audit Kontemporer, T.M Tuanakotta, 2015, Salemba Empat
- Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP, 2021). Undang-Undang No. 5 Tahun 2011 tentang
- Undang-Undang No. 5 Tahun 2011 tentang
- PP No. 20 Tahun 2015 tentang
- Kode Etik Profesi Akuntan Publik 2021
|
Pendukung : |
|
- Guide to Using ISAs in the Audits of Small and Medium-Sized Entities Vol 1 Core Concepts & 2 Practical Guidance- Third Edition (IFAC,2011).
- DeFond & Zhang (2014). A review of archival auditing research. Journal of accounting and economics, 58(2-3), https://doi.org/10.1016/j.jacceco.2014.09.002
- Titera, W. R. (2013). Updating Audit Standard—Enabling Audit Data Analysis. Journal of Information Systems, 27(1), 325–331. doi:10.2308/isys-50427
|
Dosen Pengampu
|
MADE DUDY SATYAWAN FRIZKANA MEILIA AISYATURRAHMI AMBAR KUSUMANINGSIH Frizkana Meilia, S.E., M.A. Frizkana Meilia, S.E., M.A. Aisyaturrahmi, S.E., M.A.,Ak. Aisyaturrahmi, S.E., M.A.,Ak. Made Dudy Satyawan, S.E., M.Si., Ak. Made Dudy Satyawan, S.E., M.Si., Ak. Ambar Kusumaningsih, S.E., Ak., CA., M.A. Ambar Kusumaningsih, S.E., Ak., CA., M.A. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menerangkan pasar audit dan membandingkan beberapa teori audit Mampu mengindentifikasi jasa asurans dan non asurans; |
- Ketepatan dalam menguraikan teori permintaan dan penawaran audit;& Teori Audit lainnya
- Ketepatan mengindentifikasi bermacam-macam profesi akuntansi, asosiasi profesi, serta standar dan etika profesi ;
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Materi: Chapter 1-2 Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis Peran, Fungsi, dan Tanggung jawab dari IAPI, Auditor dan Ancaman Litigasi |
- Ketepatan menjelaskan jasa-jasa asurans dan non asurans;
- Ketepatan memahami dan mengevaluasi peran, tanggung jawab dari IAPI, dan akuntan publik pada Perekonomian Nasional;
|
Kriteria:
- Rubrik Holistik
- Partisipatif Aktif; Kognitif; Kolaborasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Materi: Chapter 1-2 Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami dan menelaah Etika Profesi Akuntan Publik / Kode Etik Profesi Akuntan Publik 2021 ; Sistem Pengendalian Mutu KAP |
- Ketepatan memahami dan menelaah Prinsip Dasar Etika yang tercantum dalam Kode Etik Profesi Akuntan Publik;
- Ketepatan memahami aturan internal profesi, sistem pengendalian mutu dan review mutu;
|
Kriteria:
- Rubrik Holistik
- Partisipatif Aktif; Kognitif; Kolaborasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Materi: Chapter 3-4 Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memahami dan menelaah Standar Audit Adopsi International Standar on Auditing (SPAP:2021 Revisi) yang berbasis pada Risiko; Menguraikan komponen-komponen risiko audit |
- Ketepatan menjelaskan konsep utama audit berbasis risiko dalam SPAP 2013
- Ketepatan menjabarkan model proses audit berbasis risiko;
- Ketepatan menentukan kegiatan, tujuan dan dokumen pada tiap tahapan dalam model audit berbasis risiko secara umum;
- Ketepatan mengindentifikasi komponen-komponen risiko audit
|
Kriteria:
- Rubrik Holistik
- Partisipatif Aktif; Kognitif; Kolaborasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Materi: Chapter 6 Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menerangkan dan menganalisis kegiatan Pra-Perikatan Audit, Analisis Penerimaan dan Keberlanjutan Penugasan Audit |
- Ketepatan menerangkan dasar pertimbangan auditor menerima penugasan
- Ketepatan mengindentifikasi prakondisi suatu audit;
- Ketepatan menguraikan bagian-bagian dari surat perikatan penugasan audit;
- Ketepatan menelaah tahap pra-perikatan
|
Kriteria:
- Rubrik Holistik
- Partisipatif Aktif Kognitif Kolaborasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Materi: Chapter 5 Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu merancang tahap perencanaan audit, penetapan materialitas dan menyusun program audit |
- Ketepatan dalam merancang tahap perencanaan audit
- Ketepatan dalam menentukan materialitas
- Ketepatan dalam menyusun program audit
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Materi: Chapter 5-6 Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menilai Risiko Pengendalian Internal dan menerangkan tipe Komunikasi dengan TCWG terkait defisiensi sistem pengendalian intern klien |
- Ketepatan dalam menilai risiko-risiko yang timbul akibat defisiensi sistem pengendalian intern entitas klien
- Ketepatan menerangkan tipe komunikasi auditor tentang kelemahan pengendalian internal kepada Manajemen dan TCWG (SA 265);
|
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Materi: Chapter 7 Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu merancang respon audit atas risiko yang dinilai; mengindentifikasi dan menerangkan pengujian atas asersi-asersi dalam laporan keuangan |
- Ketepatan merancang prosedur-prosedur audit yang responsif terhadap risiko yang dinilai
- Ketepatan mengindentifikasikan Asersi Manajemen untuk kelompok transaksi, saldo akun, dan pengungkapan
- Ketepatan menerangkan asersi-asersi manajemen dalam laporan keuangan : kelengkapan, keterjadian, akurasi, hak dan kewajiban, valuasi, keberadaan, pisah batas, klasifikasi, penyajian dan pengungkapan
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Materi: Chapter 9 & 7 Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menguraikan prosedur analitis; Memahami bagaimana dan mengapa prosedur analitis dapat digunakan pada setiap tahapan audit; Memahami konsep dari risiko sampling audit dan menerapkan Teknik sampling |
- Ketepatan Menguraikan prosedur-prosedur analitis
- Ketepatan Menghitung trend dan rasio keuangan yang biasa digunakan selama tahapan perencanaan untuk menentukan akun-akun yang dapat merepresentasikan risiko-risiko penting terhadap likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, dan aktivitas entitas
- Ketepatan Menjelaskan metode dan Teknik sampling audit
|
Kriteria:
- Rubrik Holistik
- Partisipatif Aktif; Kognitif; Kolaborasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Materi: Chapter 8 Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menguraikan prosedur analitis; Memahami bagaimana dan mengapa prosedur analitis dapat digunakan pada setiap tahapan audit; Memahami konsep dari risiko sampling audit dan menerapkan Teknik sampling |
- Ketepatan Menguraikan prosedur-prosedur analitis
- Ketepatan Menghitung trend dan rasio keuangan yang biasa digunakan selama tahapan perencanaan untuk menentukan akun-akun yang dapat merepresentasikan risiko-risiko penting terhadap likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, dan aktivitas entitas
- Ketepatan Menjelaskan metode dan Teknik sampling audit
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Materi: Chapter 8 Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memahami dan merancang prosedur subtantif dan teknik-teknik pengumpulan bukti audit yang bersifat cukup dan tepat; Memahami bentuk dan konten dari Representasi Tertulis dari Manajemen; Mendokumentasikan Bukti Audit dan Mengelola Kertas Kerja Audit |
- Ketepatan menilai dan menentukan kecukupan bukti audit yang memadai
- Ketepatan menerangkan pertimbangan reliabilitas dan relevansi bukti audit
|
Kriteria:
- Rubrik Holistik
- Partisipatif Aktif ;Kognitif; Kolaborasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Materi: Chapter 9-10 Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memahami dan merancang prosedur subtantif dan teknik-teknik pengumpulan bukti audit yang bersifat cukup dan tepat; Memahami bentuk dan konten dari Representasi Tertulis dari Manajemen; Mendokumentasikan Bukti Audit dan Mengelola Kertas Kerja Audit |
- Ketepatan menguraikan penggunaan prosedur konfirmasi;
- Ketepatan menguraikan perolehan representasi tertulis dari manajemen;
- Ketepatan menguraikan dan men dokumentasi dan kertas kerja audit
|
Kriteria:
- Rubrik Holistik
- Partisipatif Aktif ;Kognitif ;Kolaborasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Materi: Chapter 9-10 Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Mampu Merancang Laporan Penyelesaian Audit;
- Menelaah Prosedur Audit Lanjutan; Membadingkan berbagai tipe opini audit dalam laporan audit atas laporan keuangan;
- Menerangkan bentuk dan konten surat kepada manajemen/Management Letter; Menelaah aspek Komitmen, Kotinjensi, Transaksi Pihak Hub Istimewa, Peristiwa Kemudian, dan Keberlangsungan Usaha Entitas
|
- Ketepatan Menguraikan prosedur-prosedur yang disertakan dalam reviu laporan keuangan, termasuk pengungkapan dan informasi lainnya yang disajikan bersamaan dengan laporan keuangan auditan
- Ketepatan Merancang prosedur-prosedur penyelesaian
- Ketepatan menguraikan bentuk dan redaksi dari Surat kepada manajemen
|
Kriteria:
- Rubrik Holistik
- Partisipatif Aktif; Kognitif; Kolaborasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Materi: Chapter 11-12 Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Menerangkan bentuk dan konten surat kepada manajemen/Management Letter;
- Menelaah aspek Komitmen, Kotinjensi, Transaksi Pihak Hub Istimewa,
|
- Ketepatan menelaah Komitmen, Kotinjensi, Transaksi Pihak Hub Istimewa, Peristiwa Kemudian, dan Keberlangsungan Usaha Entitas
- Ketepatan menerangkan arti dari komponen, auditor komponen, dan rekan penugasan kelompok usaha
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Problem-based Learning (Case-based method)
|
Materi: Chapter 11-12 Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
Problem-based Learning (Case-based method) 170 |
|
15% |