Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Audit, Asurans, dan Etika Profesi

6220103160

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

25 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Made Dudy Satyawan, SE., M.Si., AK., CA., CPA., CTA., BKP




Merlyana Dwinda Yanthi, SE., Ak., ST., M.SA, CA.




ROHMAWATI KUSUMANINGTIAS

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu menganalisis laporan keuangan dan melakukan audit sesuai dengan kode etik profesi dan standar audit dengan dukungan teknologi informasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan pemikiran kritis dan sistematis dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang audit sesuai dengan standar professional akuntan publik;

PO - 2

Mampu melakukan audit sesuai dengan Kode Etik Profesi dan Standar Audit dengan dukungan teknologi informasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6
PO-1 
PO-2 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Audit, Asurans dan Etika Profesi merupakan mata kuliah inti yang wajib diambil oleh seluruh mahasiswa Prodi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya. Materi yang dibahas dalam audit meliputi pasar audit, teori audit, jasa audit dan asurans, kode etik profesi akuntan publik, audit berbasis risiko, tahapan proses audit: penugasan pra-audit, penilaian risiko, respons terhadap risiko yang telah dinilai, sampai dengan tahap penyelesaian dan pelaporan audit atas laporan keuangan. Selain itu terdapat materi terkait permasalahan penelitian terkini di bidang auditing dan profesi auditor. Materi kajiannya berasal dari berbagai macam materi mengenai perkembangan terkini teori, konsep dan praktik audit. Hasil pembelajaran mata kuliah ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan kompetensi dasar audit bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini

Pustaka

Utama :

  1. Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson
  2. Auditing : the art and science of assurance engagement, Alvin A Arens et.al (2019) Canadian edition-Pearson
  3. Auditing and Assurance Services An Integrated Approach,Alvin A Arens et.al (2019) Sixteenth edition-Pearson
  4. Audit Kontemporer, T.M Tuanakotta, 2015, Salemba Empat
  5. Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP, 2021). Undang-Undang No. 5 Tahun 2011 tentang
  6. Undang-Undang No. 5 Tahun 2011 tentang
  7. PP No. 20 Tahun 2015 tentang
  8. Kode Etik Profesi Akuntan Publik 2021

Pendukung :

  1. Guide to Using ISAs in the Audits of Small and Medium-Sized Entities Vol 1 Core Concepts & 2 Practical Guidance- Third Edition (IFAC,2011).
  2. DeFond & Zhang (2014). A review of archival auditing research. Journal of accounting and economics, 58(2-3), https://doi.org/10.1016/j.jacceco.2014.09.002
  3. Titera, W. R. (2013). Updating Audit Standard—Enabling Audit Data Analysis. Journal of Information Systems, 27(1), 325–331. doi:10.2308/isys-50427

Dosen Pengampu

MADE DUDY SATYAWAN

FRIZKANA MEILIA

AISYATURRAHMI

AMBAR KUSUMANINGSIH

Frizkana Meilia, S.E., M.A.

Frizkana Meilia, S.E., M.A.

Aisyaturrahmi, S.E., M.A.,Ak.

Aisyaturrahmi, S.E., M.A.,Ak.

Made Dudy Satyawan, S.E., M.Si., Ak.

Made Dudy Satyawan, S.E., M.Si., Ak.

Ambar Kusumaningsih, S.E., Ak., CA., M.A.

Ambar Kusumaningsih, S.E., Ak., CA., M.A.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menerangkan pasar audit dan membandingkan beberapa teori audit Mampu mengindentifikasi jasa asurans dan non asurans;

  1. Ketepatan dalam menguraikan teori permintaan dan penawaran audit;& Teori Audit lainnya
  2. Ketepatan mengindentifikasi bermacam-macam profesi akuntansi, asosiasi profesi, serta standar dan etika profesi ;
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Materi: Chapter 1-2
Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson
5%

2

Minggu ke 2

Menganalisis Peran, Fungsi, dan Tanggung jawab dari IAPI, Auditor dan Ancaman Litigasi

  1. Ketepatan menjelaskan jasa-jasa asurans dan non asurans;
  2. Ketepatan memahami dan mengevaluasi peran, tanggung jawab dari IAPI, dan akuntan publik pada Perekonomian Nasional;
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Partisipatif Aktif; Kognitif; Kolaborasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Materi: Chapter 1-2
Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson
5%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami dan menelaah Etika Profesi Akuntan Publik / Kode Etik Profesi Akuntan Publik 2021 ; Sistem Pengendalian Mutu KAP

  1. Ketepatan memahami dan menelaah Prinsip Dasar Etika yang tercantum dalam Kode Etik Profesi Akuntan Publik;
  2. Ketepatan memahami aturan internal profesi, sistem pengendalian mutu dan review mutu;
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Partisipatif Aktif; Kognitif; Kolaborasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Materi: Chapter 3-4
Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson
5%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami dan menelaah Standar Audit Adopsi International Standar on Auditing (SPAP:2021 Revisi) yang berbasis pada Risiko; Menguraikan komponen-komponen risiko audit

  1. Ketepatan menjelaskan konsep utama audit berbasis risiko dalam SPAP 2013
  2. Ketepatan menjabarkan model proses audit berbasis risiko;
  3. Ketepatan menentukan kegiatan, tujuan dan dokumen pada tiap tahapan dalam model audit berbasis risiko secara umum;
  4. Ketepatan mengindentifikasi komponen-komponen risiko audit
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Partisipatif Aktif; Kognitif; Kolaborasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Materi: Chapter 6
Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson
5%

5

Minggu ke 5

Mampu menerangkan dan menganalisis kegiatan Pra-Perikatan Audit, Analisis Penerimaan dan Keberlanjutan Penugasan Audit

  1. Ketepatan menerangkan dasar pertimbangan auditor menerima penugasan
  2. Ketepatan mengindentifikasi prakondisi suatu audit;
  3. Ketepatan menguraikan bagian-bagian dari surat perikatan penugasan audit;
  4. Ketepatan menelaah tahap pra-perikatan
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Partisipatif Aktif Kognitif Kolaborasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Materi: Chapter 5
Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson
5%

6

Minggu ke 6

Mampu merancang tahap perencanaan audit, penetapan materialitas dan menyusun program audit

  1. Ketepatan dalam merancang tahap perencanaan audit
  2. Ketepatan dalam menentukan materialitas
  3. Ketepatan dalam menyusun program audit
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Materi: Chapter 5-6
Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menilai Risiko Pengendalian Internal dan menerangkan tipe Komunikasi dengan TCWG terkait defisiensi sistem pengendalian intern klien

  1. Ketepatan dalam menilai risiko-risiko yang timbul akibat defisiensi sistem pengendalian intern entitas klien
  2. Ketepatan menerangkan tipe komunikasi auditor tentang kelemahan pengendalian internal kepada Manajemen dan TCWG (SA 265);
Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Materi: Chapter 7
Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson
5%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER


Bentuk Penilaian :
Tes
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Problem-based Learning (Case-based method)
170
15%

9

Minggu ke 9

Mampu merancang respon audit atas risiko yang dinilai; mengindentifikasi dan menerangkan pengujian atas asersi-asersi dalam laporan keuangan

  1. Ketepatan merancang prosedur-prosedur audit yang responsif terhadap risiko yang dinilai
  2. Ketepatan mengindentifikasikan Asersi Manajemen untuk kelompok transaksi, saldo akun, dan pengungkapan
  3. Ketepatan menerangkan asersi-asersi manajemen dalam laporan keuangan : kelengkapan, keterjadian, akurasi, hak dan kewajiban, valuasi, keberadaan, pisah batas, klasifikasi, penyajian dan pengungkapan
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Materi: Chapter 9 & 7
Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson
5%

10

Minggu ke 10

Mampu menguraikan prosedur analitis; Memahami bagaimana dan mengapa prosedur analitis dapat digunakan pada setiap tahapan audit; Memahami konsep dari risiko sampling audit dan menerapkan Teknik sampling

  1. Ketepatan Menguraikan prosedur-prosedur analitis
  2. Ketepatan Menghitung trend dan rasio keuangan yang biasa digunakan selama tahapan perencanaan untuk menentukan akun-akun yang dapat merepresentasikan risiko-risiko penting terhadap likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, dan aktivitas entitas
  3. Ketepatan Menjelaskan metode dan Teknik sampling audit
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Partisipatif Aktif; Kognitif; Kolaborasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Materi: Chapter 8
Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menguraikan prosedur analitis; Memahami bagaimana dan mengapa prosedur analitis dapat digunakan pada setiap tahapan audit; Memahami konsep dari risiko sampling audit dan menerapkan Teknik sampling

  1. Ketepatan Menguraikan prosedur-prosedur analitis
  2. Ketepatan Menghitung trend dan rasio keuangan yang biasa digunakan selama tahapan perencanaan untuk menentukan akun-akun yang dapat merepresentasikan risiko-risiko penting terhadap likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, dan aktivitas entitas
  3. Ketepatan Menjelaskan metode dan Teknik sampling audit
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Materi: Chapter 8
Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson
5%

12

Minggu ke 12

Mampu memahami dan merancang prosedur subtantif dan teknik-teknik pengumpulan bukti audit yang bersifat cukup dan tepat; Memahami bentuk dan konten dari Representasi Tertulis dari Manajemen; Mendokumentasikan Bukti Audit dan Mengelola Kertas Kerja Audit

  1. Ketepatan menilai dan menentukan kecukupan bukti audit yang memadai
  2. Ketepatan menerangkan pertimbangan reliabilitas dan relevansi bukti audit
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Partisipatif Aktif ;Kognitif; Kolaborasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Materi: Chapter 9-10
Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson
5%

13

Minggu ke 13

Mampu memahami dan merancang prosedur subtantif dan teknik-teknik pengumpulan bukti audit yang bersifat cukup dan tepat; Memahami bentuk dan konten dari Representasi Tertulis dari Manajemen; Mendokumentasikan Bukti Audit dan Mengelola Kertas Kerja Audit

  1. Ketepatan menguraikan penggunaan prosedur konfirmasi;
  2. Ketepatan menguraikan perolehan representasi tertulis dari manajemen;
  3. Ketepatan menguraikan dan men dokumentasi dan kertas kerja audit
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Partisipatif Aktif ;Kognitif ;Kolaborasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Materi: Chapter 9-10
Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson
5%

14

Minggu ke 14

  1. Mampu Merancang Laporan Penyelesaian Audit;
  2. Menelaah Prosedur Audit Lanjutan; Membadingkan berbagai tipe opini audit dalam laporan audit atas laporan keuangan;
  3. Menerangkan bentuk dan konten surat kepada manajemen/Management Letter; Menelaah aspek Komitmen, Kotinjensi, Transaksi Pihak Hub Istimewa, Peristiwa Kemudian, dan Keberlangsungan Usaha Entitas
  1. Ketepatan Menguraikan prosedur-prosedur yang disertakan dalam reviu laporan keuangan, termasuk pengungkapan dan informasi lainnya yang disajikan bersamaan dengan laporan keuangan auditan
  2. Ketepatan Merancang prosedur-prosedur penyelesaian
  3. Ketepatan menguraikan bentuk dan redaksi dari Surat kepada manajemen
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Partisipatif Aktif; Kognitif; Kolaborasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Materi: Chapter 11-12
Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson
5%

15

Minggu ke 15

  1. Menerangkan bentuk dan konten surat kepada manajemen/Management Letter;
  2. Menelaah aspek Komitmen, Kotinjensi, Transaksi Pihak Hub Istimewa,
  1. Ketepatan menelaah Komitmen, Kotinjensi, Transaksi Pihak Hub Istimewa, Peristiwa Kemudian, dan Keberlangsungan Usaha Entitas
  2. Ketepatan menerangkan arti dari komponen, auditor komponen, dan rekan penugasan kelompok usaha
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Problem-based Learning (Case-based method)
Materi: Chapter 11-12
Pustaka: Principles of Auditing; An Introduction to International Standars on Auditing, Hayes.R, Wallage.P dan Gortemaker (2015), 3rd Edition - Pearson
5%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Tes
Problem-based Learning (Case-based method)
170
Problem-based Learning (Case-based method)
170
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 70%
2. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.