Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Hukum
Program Studi S2 Hukum

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Hukum dan Kebijakan Publik

7410802079

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

25 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Hananto Widodo




Dr. Bahru Amiq, S.H., M.H




PUDJI ASTUTI

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu mengidentifikasi, mengkaji dan mengembangkan teori-teori hukum

PLO-7

Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab,bermoral, dan berintegritas

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis hubungan antara hukum dan kebijakan publik

PO - 2

Menjabarkan kebijakan publik apa saja yang dapat dikaitkan dengan hukum

PO - 3

Mengkaji diskresi dalam praktik hukum administrasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Hukum dan Kebijakan Publik pada prinsipnya mengkaji mengenai perspektif kebijakan publik tentang hukum dan perspektif hukum tentang Kebijakan Publik. Secara garis besar materi-materi yang dibahas mengenai, pemahaman dasar hukum dan kebijakan publik, kerangka hukum kebijakan publik, hukum sebagai instrumen Kebijakan Publik, proses hukum berpendekatan Kebijaan Publik, peristiwa publik dalam proses kebijakan publik.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

BACHRUL AMIQ

HANANTO WIDODO

Dr. Hananto Widodo, S.H., M.H.

Dr. Hananto Widodo, S.H., M.H.

Dr. Bachrul Amiq, S.H., M.H.

Dr. Bachrul Amiq, S.H., M.H.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menganalisis antara hukum dan kebijakan publik

benar dan salah

Kriteria:

benar dan salah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
100 menit

Materi: hukum dan kebijakan publik
Pustaka:
0%

2

Minggu ke 2

Mampu menganalisis antara hukum dan kebijakan publik

benar dan salah

Kriteria:

benar dan salah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
100 menit

Materi: hukum dan kebijakan publik
Pustaka:
0%

3

Minggu ke 3

Menjabarkan secara detail keterkaitan hukum dan kebijakan publik

benar dan salah

Kriteria:

benar dan salah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Case Study
100 menit
0%

4

Minggu ke 4

Menjabarkan secara detail keterkaitan hukum dan kebijakan publik

benar dan salah

Kriteria:

benar dan salah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Case Study
100 menit
Materi: Keterkaitan antara hukum dan kebijakan
Pustaka:
25%

5

Minggu ke 5

Mampu menganalisis kebijakan publik dalam praktik

benar dan salah

Kriteria:

benar dan salah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

case study
100 Menit
Materi: Praktik kebijakan publik
Pustaka:
0%

6

Minggu ke 6

Mampu menganalisis kebijakan publik dalam praktik

benar dan salah

Kriteria:

benar dan salah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

case study
100 Menit
Materi: Praktik kebijakan publik
Pustaka:
0%

7

Minggu ke 7

Kewenangan Pejabat dalam mengeluarkan kebijakan

benar dan salah

Kriteria:

benar dan salah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

case study
100 Menit
Materi: kewenangan pejabat pemerintah
Pustaka:
0%

8

Minggu ke 8

benar dan salah

Kriteria:

benar dan salah


Bentuk Penilaian :
Tes

Case Study
100 menit
Materi: uts
Pustaka:
25%

9

Minggu ke 9

mampu menganalisis negara hukum dalam praktik hukum administrasi

benar dan salah

Kriteria:

benar dan salah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

case study
100 menit
Materi: negara kesejahteraan
Pustaka:
25%

10

Minggu ke 10

mampu menganalisis negara hukum dalam praktik hukum administrasi

benar dan salah

Kriteria:

benar dan salah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

case study
100 menit
Materi: negara kesejahteraan
Pustaka:
0%

11

Minggu ke 11

mampu menganalisis negara hukum kesejahteraan dalam praktik hukum administrasi

benar dan salah

Kriteria:

benar dan salah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

case study
100 menit
Materi: negara kesejahteraan
Pustaka:
0%

12

Minggu ke 12

Menganalisis perbedaan aupb dan good governance

benar dan salah

Kriteria:

benar dan salah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Case Study
100 Menit
Materi: aupb dan good governance
Pustaka:
0%

13

Minggu ke 13

Menganalisis perbedaan aupb dan good governance

benar dan salah

Kriteria:

benar dan salah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Case Study
100 Menit
Materi: aupb dan good governance
Pustaka:
0%

14

Minggu ke 14

AUPB sebagai paramter pejabat pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan

Kriteria:

benar dan salah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Case Study
100 Menit
Materi: AUPB
Pustaka:
25%

15

Minggu ke 15

AUPB sebagai paramter pejabat pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan

Kriteria:

benar dan salah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Case Study
100 Menit
Materi: AUPB
Pustaka:
0%

16

Minggu ke 16

AUPB sebagai paramter pejabat pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan

benar dan salah

Kriteria:

benar dan salah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Case Study
100 Menit
Materi: AUPB
Pustaka:
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 75%
2. Tes 25%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.