
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
SOCIAL MEDIA MARKETING |
6120903062 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
7 |
23 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Fresha kharisma,S.E.,M.SM. Ika Diyah Candra Arifah, S.E., M.Com.
|
Ika Diyah Candra Arifah, S.E., M.Com.
|
HUJJATULLAH FAZLURRAHMAN |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh |
PLO-6 |
Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik |
PLO-8 |
Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat |
PLO-11 |
Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS untuk menyelesaikan masalah serta mampu beradaptasi dengan perkembangan media sosial
|
PO - 2 |
Menguasai konsep teoritis bidang teknologi-teknologi media digital secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang perkembangan teknologi media sosial, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang media sosial dan customer engagement
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat mempraktekkan pemasaran digital melalui berbagai platform media sosial
|
PO - 5 |
Mahasiswa dapat mengerjakan karya copywriting secara individu di media sosial untuk pemasaran produk/jasa perusahaan
|
PO - 6 |
Mahasiswa dapat berkerja dengan tim untuk merancang strategi pemasaran digital dan iklan melalui sosial media dalam jangka panjang
|
PO - 7 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi keberhasilan pemasaran sosial media dengan social media marketing analytics
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-8 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-7 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | PO-3 | ✔ | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-4 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah social media marketing dirancang untuk mengajarkan mahasiswa cara menggunakan platform media sosial secara efektif untuk mencapai tujuan pemasaran. Mata kuliah berbasis project ini mencakup berbagai topik, termasuk Dasar-Dasar Platform media sosial; Pembuatan Konten Pemasaran Media Sosial; Pengembangan Strategi pemasaran media sosial yang selaras dengan tujuan bisnis secara keseluruhan; Periklanan di media sosial; Analisis dan Pelaporan dan Manajemen Komunitas untuk terlibat dengan audiens perusahaan, menangani pertanyaan pelanggan, dan mengelola reputasi online. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Evans, Dave dan McKee, Jake. (2010). Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, Inc.
- Heggde, Githa, And G. Shainesh. 2019. Social Media Marketing: Emerging Concepts And Applications
- Zarella, D. (2010). The Social Media Marketing Book. Canada: O'Reilly Media, Inc.
- Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc
|
Pendukung : |
|
- David Meerman Scott. 2020. The New Rules of Marketing & PR: How to Use Content Marketing, Podcasting, Social Media, AI, Live Video, and Newsjacking to Reach Buyers Directly
- Artikel jurnal Elsevier/Emerald
|
Dosen Pengampu
|
RATIH AMELIA IKA DYAH CANDRA ARIFAH NADIA NUR THAHIRRAH FRESHA KHARISMA Dr. Ratih Amelia, S.E., M.M. Dr. Ratih Amelia, S.E., M.M. Dr. Ratih Amelia, S.E., M.M. Ika Diyah Candra Arifah, S.E., M.Com. Ika Diyah Candra Arifah, S.E., M.Com. Fresha Kharisma, S.E., M.SM. Fresha Kharisma, S.E., M.SM. Nadia Nur Thahirrah, S.E., M.SM. Nadia Nur Thahirrah, S.E., M.SM. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Social Media Marketing dan customer engagement |
- Mahasiswa mampu menjelaskan Social Media Marketing
- Mahasiswa mampu menjelaskan customer engagement
|
Kriteria:
Meringkas materi kuliah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discussion, course
Tugas 1:
Menyusun poster infografis perkembangan social media marketing selama 10 tahun terakhir
|
|
Materi: customer engagement Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc |
6% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan new role of the customer |
- Mampu menjelaskan perkembangan CRM di social media
- Mampu menjelaskan social business ecosystem
|
Kriteria:
Meringkas materi kuliah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Discussion, course
Tugas 2:
Menganalisis 2 perbandingan hasil penelitian di artikel jurnal yang membahas tentang perkembangan karakteristik CRM di social media
|
|
Materi: Evans, Dave dan McKee, Jake. (2010). Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, Inc. Pustaka: |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu merumuskan perencanaan dan penjadwalan Social Media Marketing |
- Mampu merancang perencanaan Social Media Marketing untuk perusahaan/brand
- Mampu mempresentasikan ide rancangan perencanaan Social Media Marketing untuk perusahaan/brand
|
Kriteria:
Merancang desain output perkuliahan secara berkelompok Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discussion, course
Secara berkelompok tentukan pembagian tugas sebagai:
1. Social Media Specialist
2. Social Media Strategist/Manager
3. Graphic Designer
4. Social Media Analyst
dan menyusun social media marketing plan selama 1 tahun untuk produk/jasa
|
|
Materi: Evans, Dave dan McKee, Jake. (2010). Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, Inc. Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengerjakan copywriting pemasaran digital melalui sosial media untuk produk/jasa dari sektor: industri, tourism, retail, jasa, pertanian/kelautan secara individu. |
- Mahasiswa dapat menyusun hasil copywriting untuk iklan melalui social media
- Mampu merumuskan Penjadwalan Social Media Marketingl
|
Kriteria:
meringkas materi kuliah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discussion, course
Menyusun minimal 2 materi iklan digital di minimal 2 social media platform
|
|
Materi: Copywriting Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengerjakan copywriting pemasaran digital melalui sosial media untuk produk/jasa dari sektor: industri, tourism, retail, jasa, pertanian/kelautan secara individu. |
- Mahasiswa dapat menyusun hasil copywriting untuk iklan melalui social media
- Mampu merumuskan Penjadwalan Social Media Marketingl
|
Kriteria:
meringkas materi kuliah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discussion, course
Menyusun minimal 2 materi iklan digital di minimal 2 social media platform
|
|
Materi: copywriting Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat mempraktekkan pemasaran digital melalui berbagai platform media sosial: Instagram, Facebook, X (Twitter), TikTok, LinkedIn< Youtube |
Mampu membuat output social media marketing secara utuh dalam bentuk iklan digital di platform media sosial. |
Kriteria:
merumuskan perencanaan dan penjadwalan social media marketing Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discussion, course
( [PB: 2x(3x50”)]
Tugas 5/project evaluasi tengah semester:
Menyusun iklan digital selama 3 pekan di minimal 2 platform media sosial
|
|
Materi: social media marketing multiplatform Pustaka: David Meerman Scott. 2020. The New Rules of Marketing & PR: How to Use Content Marketing, Podcasting, Social Media, AI, Live Video, and Newsjacking to Reach Buyers Directly |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat mempraktekkan pemasaran digital melalui berbagai platform media sosial: Instagram, Facebook, X (Twitter), TikTok, LinkedIn< Youtube |
Mampu membuat output social media marketing secara utuh dalam bentuk iklan digital di platform media sosial. |
Kriteria:
merumuskan perencanaan dan penjadwalan social media marketing Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discussion, course
( [PB: 2x(3x50”)]
Tugas 5/project evaluasi tengah semester:
Menyusun iklan digital selama 3 pekan di minimal 2 platform media sosial
|
|
Materi: social media marketing multiplatform Pustaka: David Meerman Scott. 2020. The New Rules of Marketing & PR: How to Use Content Marketing, Podcasting, Social Media, AI, Live Video, and Newsjacking to Reach Buyers Directly |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Evaluasi Tengah Semester |
Mampu membuat project |
Kriteria:
Mampu membuat project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan presentasi 3x50 |
Ceramah dan presentasi 3x50 |
Materi: Ujian Tengah Semester Pustaka: Evans, Dave dan McKee, Jake. (2010). Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, Inc. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis Social Analytics, Metrics, and Measurement. |
- Mampu melakukan analisis Social Analytics
- Mampu melakukan analisis metrics dan measurement.
|
Kriteria:
- Meringkas materi kuliah
- Menganalisis review dan ratings strategy serta konten dalam social media.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)
[PB: 2x(3x50”)]
Tugas
Mahasiswa menyusun social media marketing analytics pada 2 platform media social di Tugas 5
|
|
Materi: Word of Mouth (WOM) Versus Social Media WOM Pustaka: Heggde, Githa, And G. Shainesh. 2019. Social Media Marketing: Emerging Concepts And Applications Materi: analisis social media Pustaka: Artikel jurnal Elsevier/Emerald |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis Social Analytics, Metrics, and Measurement. |
- Mampu melakukan analisis Social Analytics, Mampu melakukan analisis metrics dan measurement. 3. membuat konten social media marketing youtube
- Mampu melakukan analisis metrics dan measurement.
- membuat konten social media marketing youtube
|
Kriteria:
Menganalisis review dan ratings strategy serta konten dalam social media. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)
[PB: 2x(3x50”)]
Tugas
Mahasiswa menyusun social media marketing analytics pada 2 platform media social di Tugas 5
|
|
Materi: social media marketing analytics Pustaka: David Meerman Scott. 2020. The New Rules of Marketing & PR: How to Use Content Marketing, Podcasting, Social Media, AI, Live Video, and Newsjacking to Reach Buyers Directly |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis Social Analytics, Metrics, and Measurement. |
- Mampu melakukan analisis Social Analytics, Mampu melakukan analisis metrics dan measurement. 3. membuat konten social media marketing youtube
- Mampu melakukan analisis metrics dan measurement.
- membuat konten social media marketing youtube
|
Kriteria:
Menganalisis review dan ratings strategy serta konten dalam social media. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)
[PB: 2x(3x50”)]
Tugas
Mahasiswa menyusun social media marketing analytics pada 2 platform media social di Tugas 5
|
|
Materi: social media marketing analytics Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc Materi: CRM social media marketing Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc Materi: social media marketing analytics Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis Social Analytics, Metrics, and Measurement. |
- Mampu melakukan analisis Social Analytics, Mampu melakukan analisis metrics dan measurement. 3. membuat konten social media marketing youtube
- Mampu melakukan analisis metrics dan measurement.
- membuat konten social media marketing youtube
|
Kriteria:
Menganalisis review dan ratings strategy serta konten dalam social media. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)
[PB: 2x(3x50”)]
Tugas
Mahasiswa menyusun social media marketing analytics pada 2 platform media social di Tugas 5
|
|
Materi: social media marketing analytics Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc Materi: CRM social media marketing Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc Materi: social media marketing analytics Pustaka: Social Media Marketing (The Next Generation of Business Engagement).2014. Dave Evans & Jake McKee. Wiley Publishings, Inc |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Mampu memahami implementasi CRM
- Mampu memahami implementasi ORM
- Mampu melaksanakan manajemen komunitas
|
- Mampu memahami implementasi CRM di sosial media 2. Mampu memahami implementasi ORM di social media 3. Mampu melaksanakan manajemen komunitas
- Mampu memahami implementasi ORM di social media
- Mampu melaksanakan manajemen komunitas
|
Kriteria:
Membaca artikel jurnal tentang CRM dan ORM di social media Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)
[PB: 2x(3x50”)]
Tugas 7:
Membaca artikel jurnal tentang CRM dan ORM di social media
|
|
Materi: artikel Pustaka: Artikel jurnal Elsevier/Emerald |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menyusun riset tentang implementasi sosial media marketing |
Mampu menyusun penelitian tentang implementasi sosial media marketing berdasarkan hasil project T3-6 |
Kriteria:
Menyusun artikel ilmiah tentang implementasi sosial media marketing berdasarkan hasil project Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)
[PB: 2x(3x50”)]
Tugas 8/evaluasi akhir semester:
Menyusun artikel ilmiah tentang implementasi sosial media marketing berdasarkan hasil project 3-6 dan submit di International Review of Management and Marketing
|
|
Materi: implementasi social media marketing Pustaka: Artikel jurnal Elsevier/Emerald |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menyusun riset tentang implementasi sosial media marketing |
Mampu menyusun penelitian tentang implementasi sosial media marketing berdasarkan hasil project T3-6 |
Kriteria:
Menyusun artikel ilmiah tentang implementasi sosial media marketing berdasarkan hasil project Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Discussion, project based method
(diskusi)
(discussion)
[PB: 2x(3x50”)]
Tugas 8/evaluasi akhir semester:
Menyusun artikel ilmiah tentang implementasi sosial media marketing berdasarkan hasil project 3-6 dan submit di International Review of Management and Marketing
|
|
Materi: implementasi social media marketing Pustaka: Artikel jurnal Elsevier/Emerald |
4% |
16
Minggu ke 16 |
Evaluasi Akhir Semester |
Mampu membuat project |
Kriteria:
Mampu membuat project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Mengerjakan project secara berkelompok 3x50 |
Mengerjakan project secara berkelompok 3x50 |
Materi: implementasi social media marketing Pustaka: Artikel jurnal Elsevier/Emerald |
11% |